Tuesday, May 14, 2024

3 PROFESI YANG NAIK DAUN SEIRING BERKEMBANGNYA NOVEL ONLINE

Hai-haiiii ada yang suka baca novel online. Maksud saya baca novel di platform online gitu. Jadi bacanya pakai perangkat macam HP gitulah. Nah, kalau ada jangan lupa baca novel saya. Lhooo, hahaha, frontal sangat ya buun.

Kali ini saya mau bahas, tentang tiga profesi yang ikut naik daun seiring berkembangnya dunia pernovelan online. Apa sajakah profesi itu?

1. Profesi Desainer Cover Buku

Profesi ini sudah lama ada sih yaaa. Tapi belum menjamur kek sekarang apalagi setelah ada canva. Banyak orang yang mulai bisa mendesain cover bukunya sendiri berkat bantuan canva, kek saya. Tapi kalau nggak mau repot, ada yang menawarkan jasa membuat cover novel online mulai dari 25 ribuan saja bahkan mungkin juga ada yang lebih murah.

Bisa dibilang ini peluang kerja baru loh. Karena pasarnya kan jadi lebih luas. Kalau dulu desain cover buu paling buat buku cetak, sekarang buat novel online. Yaang nulis novel online bisa dibilang lebih banyak dari buku cetak, bahkan seorang juga nulis novelnya nggak hanya satu. Ada yang sebulan bikin satu novel, jadi kalau nggak mau repot ya tiap bulan dia pesen jasa novel. Lumayan kamu buka jasa desain cver buku dua puluh lima ribuan, kalau ada 10 orang yang order udah dapat 250ribu kan.

2. Profesi Ghost Writer

Sama siih, profesi ini juga udah lamaa ada. Tapi menjadi lebih populer dan banyak dicari setelah adanya plaform novel online. Kenapaaa? Karena novel online ini kan menuntut kecepatan update kalau tidak mau ditinggal pembaca, tapi nggak semua penulis bisa nulis cepet. Solusinya yaa pakai jasa ghost writer.

Mungkin ada yang komen, waah kalau gitu nggak orisinil karya kita dong. Gini lo gaes, kita kan udah masuk ke indstri ya, menulis untuk menjual tulisan, jadi menggunakan jasa ghost writer itu sah-sah aja. Kalau kamu kerjakan sendiri semua, ya malah nggak berkembang, karyamu itu-itu saja. Dengan bantuan ghost writer, penulis yang punya banyak ide, bisa merancang gagasan, nanti dieksekusi dengan bantuan orang lain. Kamu nulisnya cepet, pembaca seneng, ghost writer dapat kerjaan.

3. Profesi Jasa Promo Novel

Jasa promo memang sudah lama ada, tapi yang buka jasa untuk promo di akun sendiri baik tiktok, FB, dan IG kayaknya baru muncul belakangan aja ya. Harganya juga bisa diblang murah meriah, jauh dari rate postingan endorse saya biasa di sosmed selama ini.

Saya yang termasuk buka jasa promo novel di tiktok. Tarifnya murah aja, cma 20ribu untuk tiga postingan masaaa. Model promonya gimana? Ya spill isi bab aja sih. Jadi nanti dibikinin cover promo, dikasih kalimat klik bait, isi babnya ada di caption. Ada juga model promo yang pakai skrinsutan isi babnya, jadi bacanya geser-geser slide foto gitu.

Gimana gaess, tertarik untuk mempromokan cerita kamu? Bisa kontak aku yaaa. Dih, ujung-ujungnya jualan wkwkwk.

No comments:

Post a Comment