Thursday, November 2, 2023

MANFAAT BLOG BAGI PENULIS FIKSI

Bagi teman-teman yang ngikutin saya di facebook pasti tahu kalau sekarang saya lebih banyak ngeshare postingan cerbung. Nggak cuma di facebook, begitupun di instagram, Twitter, TikTok sampai blog saya ini sendiri isinya belakangan ya tentang cerbung.

Padahal dulu yang biasa saya share kalo nggak link postingan blog ya Komik Mak Irits. Apakah saya telah beralih profesi dari seorang blogger menjadi penulis fiksi? Hmmm, bisa dibilang begitu. Sekarang profesi utama saya nulis cerbung. Tapi saya masih tetap ngeblog, kok.


Membuat tips nulis fiksi di blog


Apakah hasil di ngeblog kurang menjanjikan sehingga saya alih profesi+ Wkwkwkwk yaa nggak gitu juga. Justru di blog itu dapat duitnya bisa dibilang lebih cepat, dibanding nulis cerbung yang saya mulai dari nol lagi.

Tapiiii nulis fiksi ini cita-cita saya sejak lama. Bahkan sebelum saya ngeblog. Saya ngeblog kan waktu itu tujuannya untuk latihan nulis biar bisa nulis novel hehehe. Jadiii saat ada peluang ngefiksiii dan saya udah ngerasa enjoy banget jalaninnya ya saya jalani dengan sepenuh hati.

Saya itu ngefiksi sekitar setengah tahun baru dapat duit. Gajian pertama 20ribuan. Alhamdulillah sedikit demi sedikit penghasilan bertambah sehingga saya bisa mendapat medali ke-3 di KBM App yaitu medali silver yang artinya penghasilan kumulatif sebesar 25 juta selama saya menulis di sana. Nggak usah bayangin duitnya banyak, wong itu saya nulis ya selama dua tahun kok wkwkwk. Jumlah segitu dibagi 24 bulan jatoh ya sebulan cuma sejutaan, lebih banyak penghasilan kamu dari job blog kan yaaa...

Tapi yaa itu tadi namanya cita-cita terpendam semenjak lama dan memang menikmati banget saat nulis ya jadi lanjut aja, moga bisa mengikuti jejak para suhu yang sudah sampai medali emerald di sana. Aaamiin.

Lalu kenapa saya masih ngeblog? Yaa tentu karena I love blogging too. Batu loncatan saya untuk bisa menulis nggak mau saya tinggalkan begitu saja. Apalagi banyak manfaat blog untuk penulis fiksi apa aja? 

1. Pertama paling penting bagi saya adalah untuk mendokumentasikan proses menulis saya. Saya posting dari awal saya pecah telur di KBM dapat dua rebu perak, habis itu bisa dapat gaji nulis pertama di platform sebesar 20ribu. Lalu bisa menamatkan cerbung pertama saya. Semua itu saya tulis biar saya nggak lupa rasanya. 

2. Mempromokan cerbung saya. Meski sekarang eranya sosmed, masih ada kok yang cari-cari info lewat blog. Selain promo lewat tulisan, saya juga meletakkan cover cerbung di sidebar blog saya, yang kalau orang ngeklik bisa langsung ke aplikasi baca novel tempat saya bernaung. Ayo diklik diklik biar saya dapat bagi hasil adsesnsenya juga wkwkwk. Selain cerbung ada promo jual pentab murah juga di sidebar. 

3. Membagikan tips-tips nulis. Beberapa waktu lalu ada yang menghubungi saya di DM IG minta dibimbing nulis, katanya tahu saya dari blog. MasyaAllah senang rasanya kalau apa yang kita tulis bisa bermanfaat dan menginspirasi orang lain, semoga jadi pahala jariyah. Selain itu saya menuliskan tips-tips nulis itu biar saya nggak lupa. Misal saya udah mulai tersesat tak tau arah, saya bisa baca kembali tips-tips yang saya tulis sendiri itu. 

4. Buat cari cuan tambahan. Sayang, blog udah kebangun dianggurin gitu aja. Yaa buat cari-cari cuan tambahan oke lah, apalagi pas cerbung sepi wkwkwk. Salah satu postingan cari cuan saya, baca: Mau Beli Rumah? Hitung Dulu Yuk, Dengan Mortgage Calculator

Terus apa lagi? Hmm, sementara itu dulu.

Jadii begitu ya teman, jadi penulis fiksi tidak lantas membuat saya meninggalkan aktivitas blogging karena banyak manfaatnya terkait aktivitas baru yang saya jalani. 

Harusnya sih bukan hanya bagi penulis fiksi saja. Ngeblog bermanfaat banget bagi orang pada umumnya. Aktivitasmu sekarang yoga misalnya, kenapa nggak diceritain di blog manfaat yoga yang kamu rasakan, tips yoga untuk pemula, dll. Atau aktivitasmu sekarang bisnis kuliner, kenapa nggak diceritain apa yang membuatmu tertarik berbisnis, bagaimana cara mulai bisnis dari nol, pengalaman pertama jualan, dll.

Ada banyaaak hal yang bisa diceritakan yang di masa depan akan kamu syukuri karena kamu berhasil menyelamatkan memori penting dalam hidupmu. Bahkan bisa jadi ada banyaaak orang yang berterima asih karena terinspirasi atau terbantukan karena postinganmu. 

So, apa pun aktivitasmu sekarang, mari tetap ngeblog. Abadikan cerita hidupmu dalam tulisan. Suatu saat ada yang mau nulis buku biografi tentang kamu, gampang cari referensinya hahaha.

Alhamdulillah tanggal 27 Oktober kemaren, kami komunitas Blogger perempuan Semarang Gandjel Rel kopdar di hari blogger nasional sekaligus bikin event ngeblog kecil-kecilan dengan tema "Apapun Aktivitasku Sekarang, Aku Tetap Ngeblog." Mudah-mudahan bisa membangkitkan semangat teman-teman untuk tetap menulis blog, meskipun punya aktivitas utama lain di luar blogging sekarang.

Kalau kamu perempuan, suka ngeblog, tinggal di Semarang atua kota sekitarnya gabung yuk di komunitas blogger Gandjel Rel biar ngeblog ya makin semangat karena banyak temannya. 







7 comments:

  1. Keren banget mii akhirnya cita-citamu tercapai yaa semoga makin semangat berkarya ngefiksi dan ngeblog aamiin

    ReplyDelete
  2. Mantap deh yang namanya ngeblog tetep dibutuhkan walau ada kegiatan menulis lain ya

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah.. Mbak Rahmi kereen! Novel online-nya udah banyak 😍😍 masih rajin ngeblog juga 👍👍

    ReplyDelete
  4. Wow dapat 25 juta dari nulis fiksi. Selamat ya, Mbak Rahmi. Ngeblog tuh catatan online biar nggak lupa ya, Mbak. Aku merasa beruntung karena bisa gabung Gandjel Rel dan dapat semangat untuk tetap nulis di blog.

    ReplyDelete
  5. Suhuku nulis novellllll, aku masih terseok2 mbakkkkk. Hadeh ini gimana biar semangat non stop ngenovelnya ya...

    ReplyDelete
  6. Kereen lho dirimu ini. Novel2 terus ada yg baru..dan ngeblog jalan terus. Salam semangat yaaa...

    ReplyDelete
  7. Kapan ngadaun kelas novel lagi mbak? Pengin ikut belajar

    ReplyDelete