Wednesday, October 25, 2023

Seru! Main Game Solitaire di HP Tanpa Instal Aplikasi

Kalau ngomongin game solitaire, bagi saya bukan hanya tentang permainan tapi tentang kenangan di dalamnya, cieee.

Siapa coba yang nggak pernah memainkan game kartu solitaire? Kalau ada, berarti usia Anda kurang tua hahaha.


Sejarah Permainan Solitaire

Game solitaire merupakan game yang sudah disertakan oleh microsoft ke windows sejak tahun 1990. Game ini konon diciptakan oleh seorang anak magang bernama Wes Cherry pada tahun 1988 saat ia sedang gabut eh maksudnya waktu ia sedang ada waktu senggang dan merasa bosan. Gabutnya dia bikin game yang dipakai orang sedunia loh gaesss. Kalo gabutnya kita diem-diem main game solitaire, pas bos datang  cepet-cepet buka file kerjaan wkwkwk.

Nah setelah menyelesaikan pengkodean untuk solitaire, konon ceritanya si Cherry ini pamer ke atasannya. Respon yang diterima positif dan sampai ke sang bos besar - Bill Gates yang akhirnya merestui game itu untuk windows.

Meski versi digitalnya baru diciptakan di ujung tahun 80-an tapi game soitaire ini sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tidak tahu kapan persisnya sih, tapi ada yang menyebutkan permainan solitaire sudah ada sejak tahun 1700-an di Eropa Utara.

Main kartu konvensional (gbr: wsj.com)


Pada awalnya, permainan ini disebut sebagai patience, merujuk cara bermainnya yang butuh kesabaran, lalu tahun 1870 saat mulai dikenal di daerah USA dan Kanada, permainan ini disebut Klondike Solitaire.

Manfaat Bermain Game Solitaire

Selain sebagai sarana hiburan, rupanya permainan solitaire versi komputer ini dimanfaatkan untuk membiasakan orang menggunakan mouse lho. Pada tahun 90an penggunaan mouse belum terlalu familiar, orang masih tunak tunuk lah. Nah dengan permainan solitaire pengguna komputer jadi terbiasa memakai mouse, belajar klik kanan dan kiri dengan tepat juga belajar drag and drop menggunakan mouse.

Saya jadi ingat, dulu di rumah Papa ada komputer yang dihidupkan hanya untuk Papa bermain solitaire. Aseli, nggak ada kegunaan lainnya selain itu.

Saya juga termasuk yang senang main solitaire. Karena di samping cara mainnya mudah dipahami, manfaat bermain solitaire untuk mengasah ketelitian dan ketangkasan lho. Nggak hanya asal mindahin kartu, tapi butuh juga strategi gimana caranya agar kartu bisa terbuka semua dan bisa kita susun urut untuk memenangkan permainan.

Terakhir saya main solitaire itu pas HP jadul saya masih bisa nyala. Jadi meski udah pakai smartphone saya masih suka pakai HP itu buat mainan solitaire dan kawan-kawan yang memang sudah terinstal di situ. Setelah HPnya wassalam, blas ga pernah main lagi. Apalagi saya juga udah nggak mau instal game apa pun di smartphone yang saya gunakan sehari-hari supaya memorinya nggak penuh.

Nah untungnya sekarang kita bisa main solitaire di HP tanpa harus INSTAL aplikasi cara langsung aja ketik di browser solitaire.org. Nggak cuma di HP sih, bisa juga main Solitaire di laptop atau komputer, kan tinggal ke webnya aja.



Cara Bermain Game Solitaire

Masih inget nggak bagaimana cara bermain game solitaire. Mungkin kamu udah lupa karena lama tidak memainkan. Kadang ingatan juga ketuker-tuker sama permainan kartu lain seperti spider yang serupa tapi tak sama. Tapi kalau kamu coba mainkan lagi pasti cepet langsung inget dan ngerti kok cara bermainnya.



Jadi, aturan mainnya kita disuruh mengurutkan kartu gambar sama, mulai dari kartu As, lanjut angka 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J,Q, K.

Sebelumnya tentu saja kita harus bisa membuka semua kartu yang tertutup. Membuka kartu tertutup hanya bisa dengan memindahkan kartu lain yang menumpuk di atasnya.


Gabisa asal pindah ya gaes. Kita bisa pindahkan kartu itu ke tempat lain harus urut nomor tapi beda warna. Misal kartu 5 sekop, bisa kita tempelin ke bawah kartu 6 wajik biar kartu di belakangnya terbuka (harus ditempel ke kartu yang beda warna).

Cukup menantang ya gaess. Saya sendiri nggak selalu bisa menyelesaikan permainan ini. Karena meski perasaan udah teliti banget mindahin kartu tapi ada faktor luck juga sih memainkan game solitaire ini. Karena kan kartunya dikocok random ya, jadi bisa aja pas kartu yang terbuka ga bisa kita pindahin meski udah dikocok berkali-kali. Akhirnya yaa restar ajaa deh, mulai mainbaru kalo udah mentok hehe.

Oh, ya di solitaire.org nggak hanya bisa bermain game solitaire aja loh. Ada opsi permainan seru lainnya yaitu card dan mahjong. Masing-masing kategori itu juga ada berbagai jenis permainan yang bisa kita coba. Selamat bermain :)

No comments:

Post a Comment