Friday, February 25, 2022

Alhamdulillah Dua Cerbung Tamat di KBM App

Postingan ini telat banget nget nget, sehingga vibe nya udah berkurang hahaa.

Saya mau cerita tentang dua cerbung yang alhamdulillah sudah tamat di KBM App. Cerbung pertama berjudul "Dijodohkan dengan Adik Suamiku" yang saya repost dengan judul "Ipar Posesifku". Jadi kedua judul buku itu isinya sama ya. Buku kedua berjudul "Merawat Istri Sang CEO"

Jadi dipost ini saya mau cerita behind the booknya. Buat kenang-kenangan ntar kalo bukunya meledak dipasaran, lalu difilmkan, diadaptasi jadi drakor, dracin, dan dorama, saya masih ingat cerita di balik buku ini. Ehm misi buk buk bangun bu, mimpinya tinggi amat, liftnya ngga kuat nanjak, wkwkwk. Aamiinkan laahh, ngga ada mimpi ketinggian, bagi saya semustahil apapun tetaplah bermimpi, karena ga ada yang mustahil kalau Allah berkehendak. Ahseek nggak tuh!


Di Balik Pembuatan Buku Dijodohkan dengan Adik Suamiku/Ipar Posesifku

Ide cerita untuk buku ini udah lama ada dalam pikiran saya, kalo ngga salah semenjak saya hamil anak kedua, artinya dah sekitar 8 tahun lalu. Diekseskusi baru 7 tahun kemudian. Ide cerita memang mainstream ya bunda, karena banyak penulis fiksi mengangkat cerita turun ranjang ataupun anik ranjang alias nikah dengan mantan ipar. Tapi yang ada dalam bayangan saya sih, meski banyak ide yang sama, saya akan buat yang lebih uwuw.


Pertama saya publish cerita ini di tahun 2019 kalo ngga salah, yaitu di FB grup KBM app. Hnaya dua atau tiga bab, trus vakum satu setengah tahun dan mulai saya publish lagi di aplikasi KBM di bulan Januari 2021.

Setelah itu Mbak Achie, teman penulis, woro-woro kalo dia bikin grup support untuk penulis KBM. Gabunglah saya. Saya pikir kalo gabung grup support bisa terintimidasi supaya lebih rajin update. Liat temen lain update cerita saya nggak, kan malu gitu.

Alhamdulillah grup support ini memang memotivasi saya banget. Meski nggak kaya temen lain yang bisa update setiap hari, bagi saya bisa update seminggu sekali aja udah bagus banget nget nget. Pernah juga sih molor lebih dari seminggu baru bisa update.

Cerbung ini beberapa kali ganti judul. Pertama judulnya "Jodoh untuk Nadia". Terus diganti dengan "Jodoh Pilihan Mertua" habis itu saya ganti lagi "Ipar Tampan vs Bos Menawan" sampai akhirnya jadi judul yang ini.

Tiap kali saya menyelesaikan satu bab, ntah mengapa ada rasa bahagiaaa sekali, seperti saya berhasil memenangkan pertempuran. Perempuran dengan diri sendiri yang mager wkwkwk. Saya selalu bersyukur dan mengapresiasi diri saya sendiri, saya hebat. Kenapa sampai selebay itu? Ya karena sebelumnya saya selalu merasa tidak mampu membuat tulisan panjang yang indah. Saya terbiasa nulis naskah komik dengan naskah yang lugas, paling main di dialog aja. Sementara novel kan ada narasi yang harus dibuat enak dibaca. Sampai d bab dua puluhan ke atas, saya kadang suka heran, sebenarnya saya nulis kok panjang amat cerita apa aja sih hahaha.

Waktu awal menulis saya pikir banyaknya bab paling bakalan tiga puluhan lebih dikit lah. Tapi ternyata di bab 43 baru saya tamatkan, beberpa saat setelahnya saya bikin satu bab ekstra lagi, yang kata Mbak Lia lebih bagus daripada Bab ending wkwkwk. Sekitar setahun cerita ini tamat. SUngguh tabah para embacaku yang ngikutin cerota ini dari awal sampai akhir. Lha bayangin nyelesaikan satu buku dalam satu tahun cyiin!

Setelah cerita ini tamat, Alhamdulillah pembaca malah tambah banyak. Penghasilan saya di KBM sebulan naik lebih dari tiga kali lipatnya. Banyak yang baca cerbung ini secara maraton rupanya. Sampai tulisan ini publish cerita saya sudah mendapat 5000 lebih unlock. Alhamdulillah biidznillah... InsyaAllah cerbung ini akan saya terbitkan cetak secara self publish. Ada yang mau pesan? :D

Di balik Penulisan Cerbung Merawat Istri Sang CEO

Kalau cerbung ini, saya tulis saat sedang diadakan lomba di KBM. Cerbung yang saya ikutkan lomba secara iseng tapi ya ngga bisa masuk ke tahap penjurian, karena ngga bisa selesai sesuai waktu yang ditetapkan. Ide cerita juga mainstream sih ya. Seorang gadis yang menjadi perawat istri seorang CEO, lantas si istri meinta suaminya menikahi gadis ini. Udah banyak tema sejenis tapi lagi-lagi tekat saya, saya akan bikin yang lebih uwuw.


Konflik di cerita ini simple banget. Pokoknya cerbung ini hanya akan bikin kamu tersenyum ngga sampai bikin keningmu berkerut hahaha. Jumlah bab lebih sedikit hanya 33. Sampai tulisan ini diterbitkan, umlah unlock di cerbung ini mencapai 1000+ Kamu bisa baca cerbung ini juga cerbung lainnya gratis sampai bab 10. Bab selanjutnya bisa dibaca dengan koin senilai Rp.1.500,- murah lo itu, bayangin saya nulis sebab aja sampai berasap. Kamu yang baca senyum-senyum, saya yang nulis sampai berdarah-darah huahaha lebayyy.

Cerbung Baru "Menikahi Ibu Guruku"

Menjelang ending cerbung yang kedua, saya membuat cerbung lagi berjudul "Ibu Guru Galak Itu Istriku" yang kemudian saya ganti dengan "Menikahi Ibu Guruku". Cerbung ini saya buat dalam rangka mengikuti challenge dari komunitas Kanaka milik Mbak Anifah dan Mbak Etty. Tantangannya membuat 20 bab cerbung dalam waktu sebulan. Saya gagal sih memenuhi minimal bab.

Pada saat deadline saya baru bisa menulis sebanyak 11 bab, masih kurang 9. Banyak ya bun, haha. Tapi nggak apa-apa, cerbung ini saya lanjut. Mencoba lebih konsisten dari kedua cerbung pendahulu saya bikin jadwal terbit yaitu setiap hari Senin dan Kamis. ALhamdulillah memang jadi lebih disiplin, efeknya kalau dah jadwal terbit, bab baru belum tayang suka ditagih pembaca hahaha.

Cerbung ini jauh beda dari cerbung sebelumnya. Kalau cerbung sebelumnya segmen usia dewasa muda, ini segmennya lebih mudaan lagi, karena mengangkat kehidupan anak SMA. Pemeran utama saya si cowok anak SMU dengan POV pertama. Saya harus mendalami betul-betul gimana sih karakter anak SMA, dialog yang digunakan kaya apa karena tentu beda dengan orang dewasa. Sampai tulisan ini diterbitkan, cerbung ini sudah sampai bab 23 dan mendapatkan 200+ unlock.

Cerbung Baru "Benci dan Rindu untuk Papa"

Sebenarnya saya punya cerbung baru lagi, judulnya "Benci dan Rindu untuk Papa". Cerbung yang diniatkan untuk lomba KBM tema Rindu. Tapi baru bab 1 sudah hiatus wkwkwk. Nggak sanggup ongoing dua cerbung sekliagus dan saya nggak mau ngoyo karena ada pekerjaan lain yang harus saya utamakan juga. Jadi niatnya cerbung Bu Guru selsesai, cerbung ini bakal dilanjut, Selain ini udah ada beberapa cover buku yang saya buat, tapi ceritanya belum ada hahaha. Moga satu persatu bisa dieksekusi.


No comments:

Post a Comment