Friday, May 29, 2020

Aplikasi Edit Video Paling Mudah dan Ringan di Android

Halo temans, Assalamu'alaikum. Kali ini saya mau membahas tentang aplikasi edit video paling mudah dan ringan di HP.

Saya isi channel youtube itu udah seitar 7 tahun lalu. Waktu itu sih cuma mau menyimpan dokumentasi aja. Jadi no edit, video yang ada langsung aja upload. Video pertama yang saya upload adalah video Thifa sama anak tetangga, durasinya cuma 26 detik.

Tiga tahun kemudian mulai mengenal editing vdeo di windows movie maker. Lalu baru di tahun 2016 akhir mulai coba edit video pakai HP, menggunakan viva video.

Cukup lama saya pakai viva video, karena edit pakai viva video lumayan mudah, beksonnya juga mayan banyak, bagus-bagus. Sampai suatu hari video yang saya edit di viva, suaranya cempreng kaya panci rombeng pas di upload di instagram, cobalah nyari aplikasi edit video lain.

Atas rekomendasi kakak ipar coba pakai video show, mirip-mirip viva video sih cara kerjanya. Karena saya merasa cocok akhirnya beli premiumnya. Waktu itu masih murah sih, lupa juga berapa. Jadi enak kan udah premium, lebih leluasa pakai pernak-pernik saat editing.

Cumaaa, ngga tau kenapa nih, udah beberapa bulan belakangan, saya mengalami kendala saat mengexport video dari videoshow. Gagal muluk. Padahal udah coba hapus-hapus foto dan video biar memori ngga penuh, udah restart, udah instal ulang videoshow, tetep ngga bisa.

Setelah segala macam prahara yang terjadi saat edit video akhirnya saya memutuskan menggunakan inshot. Sebelumnya saya udah pernah juga cobain pakai kine master, power director, dan filmora. Tapi karena saya menganggap inshot yang paling mudah dan ringan akhirnya saya putuskan untuk sementara ini menggunakan inshot.



KELEBIHAN APLIKASI EDIT VIDEO INSHOT

1. Mudah. Kelebihan paling utama sih ya mudah banget, nget, nget pakai aplikasi edit video inshot di HP. Karena saya pemula, belum yang expert saya butuh aplikasi yang simpel cara kerjanya, dan inshot ini emang simpel banget, belajar sebentar pakenya aja pasti langsung bisa. Jadi aplikasi inshot cocok digunakan untuk pemula.

2. Ringan. Dibanding aplikasi edit video lain yang udah pernah saya coba, saya ngerasa, inshot aplikasi edit video paling ringan dan cepat loadingnya. Dibanding videoshow misalnya, inshot proses export atau save videonya cepat dan bisa disambi buka-buka aplikasi lain. Sementara videoshow kudu stay di aplikasi itu kalo ngga suka error mulai dari nol, kaya pertamina #eh. Selain itu, di aplikasi video lain ada yang kalo add video atau mengubah speed harus proses transcoding alias loading dulu yang mayan makan waktu dan saya ngga sabar haha. Udah gitu pernah waktu mau add video di videoshow suka ngga bisa karena katanya resolusi terlalu tinggi. Akhirnya kudu restart HP dulu baru bisa.

3. Inshot gratisan tanpa watermark bisa. Asalkan iklan yang muncul dibiarkan saja ngga usah ditutup. Iklannya juga sebentar dan dikit kok.

4. Music backsound bisa dengan mudah extract audio dari video yang kita unduh. Aplikasi videoshow tidak smeudah itu extract audio from video, ngga tau yang lain.


KEKURANGAN APLIKASI EDIT VIDEO INSHOT

Kalo kekurangannya, dibanding videoshow yang gratisan, inshot ini ga punya theme yang bisa dipakai. Kalo di videoshow kan ada kaya theme ulang tahun, travlloga friendship, dll. Backsound music bawaannya ngga terlalu banyak, lebih banyak dan bagus-bagus videoshow kalo menurut saya.

Begitulah teman-teman aplikasi edit video paling mudah dan ringan di HP bagi saya saat ini adalah inshot. Ohya selain buat edit video, indhot juga bisa buat edit foto dan bikin kolase foto. Mungkin kamu ada rekomendasi aplikasi edit video mudah dan ringan lainnya? Kasih tau di kolom komen ya...

Ini contoh video yang saya edit menggunakan inshot.


11 comments:

  1. Tjakep Kak videonya, btw boleh nyoba aplikasi edit videonya nih buat nambah referensi. Maklum penggemar gratisan :-D

    ReplyDelete
  2. Wah mau coba instal ah siapa tahu aku bisa pakainya hihi kudeet

    ReplyDelete
  3. Inshot belum pernah nyoba. Mau nyoba ah, soalnya aku masih pakai gratisan hahaaa. Belum konsisten bikin videonya. Kapan itu ada teman yg review apps lain, tapi nggak bisa bedain apps resmi playstore & crack pakai link illegal. Udah bangga banget bisa kasih rekom yg tanpa marking padahal itu illegal. Hadeeeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo maklus tutorial2 jahit, kerajinan yang cari videonya banyak bangett

      Delete
  4. Inshot aplikasi kesayangan aku banget buat ngedit video para oppa di hape hehehe

    Kalo di PC sih, aku biasa ngedit video pake filmora. Ngedit meme paling asyik pake picsart

    Blogger zaman sekarang udah gak bisa modal nulis aja yah Rahmiii, kudu bisa bikin konten lain dan belajar ngedit ini-itu biar makin gregets hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul bii kudu mengikuti perkembangan jaman xixixi

      Delete
  5. Wah mantep banget ya skrg bisa edit-edit video dari HP. terus mudah digunakan pula. zaman dulu mah repot banget mau edit video tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu langsung aja upload ga pakai edit hahaha

      Delete
  6. wah, pas banget nih. lagi cari-cari info tentang edit video pakai hp. belum pernah coba sih, baru pengen mulai aja. hehe.. makasii infonya

    ReplyDelete