Monday, April 6, 2020

Persiapan Ramadhan di Tengah Pandemi Virus Corona

Kurang dari satu bulan lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Antara senang dan sedih juga, karena pandemi virus corona ini masih belum saja berakhir. Saat ini sholat Jumat di kebanyakan tempat ditiadakan, lalu bagaimana saat Ramadhan nanti apakah tidak ada sholat tarawih berjamaah di masjid? #sosad


Tapi yaa mau bagaimana lagi, kenyataannya inilah yang harus kita terima dan jalani, di samping tentu saja terus berdoa semoga pandemi ini bisa berakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan. Aamiin ya Alloh.

Menjelang Ramadhan tentu banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambutnya. Di tengah pandemi corona ini, persiapan menjadi lebih ekstra lagi. Karena ada imbauan #socialdstancing sehingga kita harus #dirumahaja ketika ngga merasa penting-penting banget keluar rumah.
Layaknya menyambut tamu istimewa tentu saja sebelumnya ada persiapan yang harus dilakukan. Lha kalo ada temen atau mertua mau datang aja kan harus persiapan segala macam. Misal menyiapkan sugatan agar si tuan rumah disangka hobi masak, dan bebersih rumah biar dicap rajin #eh. Makanya anak-anak seneng banget kalo ada orang ke rumah karena rumah mendadak bersih dan banyak makanan hahaha.

Baca juga: Tentang Virus Corona, #dirumahaja, dan Situasi Yang Membingungkan

Kembali ke persiapan Ramadhan apa saja yang harus dilakukan?

Beberes dan Bebersih Rumah Agar Nyaman dan Khusuk Beribadah di Bulan Suci Ramadhan

Alangkah nikmatnya jika kita beribadah di bulan Ramadhan ini dalam kondisi rumah yang bersih dan rapi. Bener lho rumah yang berantakan itu bikin mood jadi rusak, kepala berasap dan tetiba muncul tanduk, bawaan pengen marah aja. Kalo marah pahala puasa nantinya berkurang. Jadi menjelang Ramadhan ini ajak anak-anak ikutan bebersih rumah. Mumpung mereka ngga sekolah juga kan. Kelar nggarap tugas-tugas dari gurunya, bisa dikaryakan hohoho. Bebersih rumah bisa dilakukan secara bertahap, misal bersihin lemari Mama dulu. Keluarkan aja semua pakaian, pilih mana pakaian yang kepake mana ynag ngga. Yang sekiranya jarang banget dipakai atau ngga mau dipakai lagi bisa disumbangkan sehingga mengurangi kepadatan lemari. Besoknya bisa dilanjut dengan merapikan lemari anak-anak atau membersihkan rak buku. Bebersih harian kaya nyapu dan ngepel tetap dilakukan setiap hari ya.

Baca juga: Mengisi Waktu di Bulan Ramadhan Membuat Nastar Keju

Membuat Jadwal Harian Selama Ramadhan

Jam biologis selama bulan Ramadhan tentu berbeda dengan hari biasanya. Kalo biasanya bangun saat subuh, di bulan Ramadhan bangunnya harus sebelum shubuh untuk sahur. Meski kalo saya sih kayaknya hampir sama ya, karena selama ini sebelum shubuh juga udah bangun ngoyak nggarap kerjaan sebelum anak-anak bangun hahaha. Paling yang berubah jam anak-anak aja. Di samping, ibadah juga inginnya diperbanyak saat Ramadhan. Anak-anak, terutama yang baru belajar puasa juga harus diberi kegiatan yang fun yang membuat mereka lupa akan rasa lapar dan dahaganya namun jangan sampai juga menguras energi. Nah ini kudu dipikirin baik-baik sebelum Ramadhan tiba.

Menyusun Menu Buka Puasa Dan Sahur

Suka bingung ngga mikirin menu buka puasa dan sahur tiap harinya. Saya jujur iya haha. Apalagi kalo udah melewati minggu pertama, akhirnya masaknya malas-malasan 🤭🤭

Nah untuk mensiasatinya bisa kita susun menu buka puasa dan sahur sedari sekarang. Supaya ngga bosan juga kan kalo menunya itu-itu terus gegara kita ngga ada ide mau masak apa. Menu serta resep buka puasa dan sahur ini banyak bertebaran di internet kok. Tinggal kita pilih mana yang sesuai selera dan kemampuan kantong kita.

Tempel di pintu kulkas
Ngga perlu bikin 30 list menu juga buat sebulan. Kalo ribet atau merasa kemampuan masak paspasan, bikin aja buat seminggu. Nah menu seminggu itu dirolling terus aja selama sebulan. Dalam sebulan ada 6 menu saya rasa cukup deh. Eh kenapa 6 menu bukan 7? Karena biasanya di weekend saya pulang ke rumah orangtua yang masih satu kota dengan kami. Jadi buka dan sahurnya di sana.

Belanja Kebutuhan Pangan

Jika kita sudah membuat daftar menu, belanja kebutuhan pangan akan semakin mudah. Karena udah tahu apa-apa yang dibutuhkan selama Ramadhan yang harus dibelanjakan.

Ada baiknya kita nyetok kebutuhan selama Ramadhan di awal. Terutama di masa pandemi corona ini dimana kita diimbau untuk tidak sering keluar rumah. Saat ini saja saya sudah mulai mengurangi aktivitas keluar meski hanya untuk belanja kebutuhan pokok. Sembako dan bahan pangan kering disiapkan untuk satu bulan ke depan. Bahan pangan basah kaya ayam, daging, ikan, langsung beli buat seminggu sampai 2 minggu, tarok di freezer. Paling-paling ke pasar lagi 3 hari sekali buat beli tempe atau sayuran yang ngga bisa tahan terlalu lama. Tapi kan ngga memakan waktu lama karena yang lain-lainnya udah nyetok duluan.

Kebutuhan Pangan Wajib Selama Bulan Ramadhan

Selain sembako dan lauk pauk seperti hari biasanya, kebutuhan pangan wajib di bulan Ramadhan adalah KURMA. Yes bagi saya wajib banget makan kurma selama bulan Ramadhan. Kurma mempunyai banyak manfaat kesehatan dan merupakan sunnah nabi berbuka dengan kurma. Selain itu berasa banget Ramadhannya dengan kehadiran kurma. Iyaa kurma kan sebenarnya bisa juga didapat selain bulan Ramadhan, karena bukan merupakan buah musiman. Yang membedakan, selain bulan Ramadhan kurma biasanya dijual di toko oleh-oleh haji, kalo bulan Ramadhan dimana-mana orang jualan kurma, mau di supermarket sampai warung-warung, termasuk penjual online.

Selain kurma yang wajib ada di rumah adalah MADU. Manfaat madu untuk kesehatan bahkan sudah tertuang dalam Al-Qur'an surah An-Nahl 68-69.

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (Al-Quran Surat An-Nahl Ayat 68-69).

PR kita bertambah kala berpuasa di masa pandemi seperti saat ini. Selain menjaga tubuh agar tidak lemas karena berpuasa, juga harus semakin ekstra menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Kabarnya beberapa suplemen vitamin menjadi langka di saat sekarang, adapula yang menjual dengan harga tinggi. Kalo bagi saya sih kurma dan madu saja InsyaAlloh sudah cukup. Biasanya sih saya tambah dengan air jeruk nipis atau buah-buahan yang harganya terjangkau, Jangan sampai stres karena ngga mampu membeli, malah daya tahan tubuh menjadi turun nantinya.

Physical Distancing Belanja Dari Rumah Aja

Di masa social dan physical distancing seperti sekarang saya mengupayakan kalau bisa belanja dari rumah aja. Gunakan layanan delivery atau belanja di online shop. Salah satu online shop favorit langganan saya adalah TOKOPEDIA.

Enaknya belanja online di Tokopedia selain ngga perlu keluar rumah kita bisa leluasa membandingkan harga. Cari toko yang harga produknya murah tapi kualitas terjamin dengan membaca review konsumen. Bisa juga lho pilih toko yang domisilinya dekat dengan kita supaya pengiriman lebih cepat dan ongkir lebih murah, caranya di opsi filter pilih kota yang kita inginkan.

Selain itu, Tokopedia memiliki banyak promo menarik  menyambut bulan Ramadhan ini, yaitu:

1. Bebas Ongkir 
2. Crazy Deals (Mulai 1 April): Promo menarik dengan kategori berbeda-beda setiap harinya. 
3. Brand Deals (Mulai 1 April): Penawaran menarik dari brand-brand ekslusif di Tokopedia. 
4. Flash Coupon (Mulai 1 April): Kupon-kupon promo yang bisa dipakai untuk transaksi. 
5. Kejar Diskon (Mulai 1 April): Promo flash sale. 
6. Tokopedia Play - Live Shopping (Mulai 20 April): Untuk menikmati pengalaman berbelanja yang lebih seru serta mendapatkan promo ekslusif, diskon dan cashback. 
7. Kotak Kejutan (Mulai 6 April)
  • Kotak kejutan (tap di app untuk dapat hadiah) 
  • Scan QR (user bisa menemukan tanda QR yang bisa di-scan untuk mendapatkan hadiah pada setiap partner offline store Tokopedia) 
  • Kotak Kejutan dan Scan QR berkesempatan mendapatkan hadiah: Kupon Diskon + Ovo Points, Kupon Cashback + Ovo Points, dan Kupon Undian Grand Prize (1 mobil, 5 motor, 50 smartphone, 500 emas 1 gram & 1.000 powerbank) + Ovo Points. 
8. Gajian Ekstra (27-29 April) 

Sudah ada bayangan kan mau belanja apa untuk persiapan menyambut Ramadhan. Jika mungkin ada kebutuhan yang harus dibeli secara langsung pun, tetap menggunakan masker saat keluar belanja  ya (masker kain gapapa) dan jaga jarak. Amannya pilih aja tempat jualan yang lagi sepi pembeli.

Selamat menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. Semoga wabah corona ini bisa segera berlalu sebelum Ramadhan tiba ya. Aamiin.

2 comments:

  1. Duh iya sebentar lagi Ramadan, di masa ini pula ya, semoga berkah dan lancar, maaf lahir batin ya Mi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 maak sedih yaa gabisa kumpul2 dulu sebelum puasa kitaa

      Delete