Kamis, 22 Agustus 2019

Pengalaman Bisnis Sablon Kaos: Bagaimana Memilih Penyedia Kaos Yang Tepat

Tahun 2005 saya pernah mencoba bisnis sablon kaos bersama calon suami (waktu itu masih calon). Dimulai dari keinginan kami mencoba nyetok kaos sablon  bertema komik ke distro-distro sampai akhirnya menerima pesanan sablon kaos untuk organisasi atau institusi.

Salah satu hal yang penting dalam bisnis sablon kaos adalah menentukan penyedia kaos untuk keperluan produksi dari berbagai variasi kaos yang dimiliki. Duluu awal banget memulai bisnis ini, saya membeli kaos polos dari Pasar Kliwon Kudus. Bahkan pernah sampai ke Surabaya segala belanja kaos polos. Setelah itu kaos polos dibawa ke tukang sablon dengan terlebih dulu kita membuat filemnya untuk keperluan sablon. Ribett.

Jaman masih bisnis kaos sablon, ini barang dagangan saya
Sekarang, sudah banyak penyedia kaos yang tersebar luas di Indonesia. Mereka menyediakan mulai dari kaos sampai pengerjaan sablon. Kita tinggal kirim desain dan terima jadi saja. Tapi bagaimana memilih penyedia kaos dan sablon yang tepat?
Mendapatkan penyedia kaos dengan layanan terbaik dan produk yang berkualitas bahkan murah tentu menjadi salah satu harapan para pelaku bisnis. Tapi tidak semua orang memiliki informasi mengenai layanan ini. Apalagi jaman dulu ya. Tahun 2005 itu socmed yang terkenal baru friendster. Belum eranya FB, twitter, apalagi IG. Buka-buka internet buat browsing info juga masih jarang. Karena paling-paling kita engakses internet dari warnet saat itu.

Beruntunglah sekarang informasi begitu mudah dan murah untuk diakses ya. Segala info dan tips sangat mudah didapatkan di internet. Kali ini saya mau mencoba merangkum bagaimana memilih penyedia kaos yang cocok untuk bisnis sablon kaos berdasarkan info yang saya dapat di internet juga pengalaman saya dalam berbisnis kaos.

Memiliki Produk Lengkap dan Detail
Untuk memilih penyedia kaos yang baik untuk bisnis, wajib memikirkan ketersediaan produk yang ada. Produk yang lengkap serta detail tentu akan meyakinkan kita untuk memahami sebuah layanan ini benar – benar dapat dipercaya atau tidak. Penyedia kaos masa kini biasanya punya website yang memajang dengan jelas produk-produk yang dimilikinya, lengkap dengan jenis kaos, ukuran, maupun warna. Saya lebih suka mempunyai satu vendor saja yang produknya lengkap daripada harus berhubungan dengan beberpa vendor karena memakan lebih banyak waktu juga energi.

Layanan Berkualitas dan Harga Bersahabat 

Selain produk lengkap tentu layanan penyedia haruslah dipilih yang berkualitas. Misalnya dia melayani sablon jenis apa saja, bisakah satuan atau ada jumlah minimalnya. Selain itu tentu saja harus memperhatikan harga dari produk yang ditawarkan. Karena kita memilih penyedia kaos untuk bisnis berarti kita harus memperhitungkan berapa keuntungan yang akan kita dapatkan nantinya.

Bagaimana mengetahui kualitasnya, bisa dengan melihat review para customer atau bisa juga mencoba sablon dengan jumlah paling minim (sesuai ketentuan vendor penyedia kaos tersebut). JIka hasilnya baik, maka bisa di kedapannya lanjut bekerjasama. Sementara untuk harga, karena sekarang jaman online tentu lebih mudah melakukan perbandingan harga ya karena dalam katalog produk biasanya suda tercantum harga.

Kecepatan Layanan 

Berapa lama penyedia kaos dapat mengerjakan pesanan kita ini juga harus menjadi pertimbangan. Kita tentu tak mau konsumen menunggu terlalu lama kan. Jadi faktor ini juga sangat harus dipertimbangkan. Kecepatan ini juga berhubungan dengan kualitas ya. Meski ingin layanan cepat jangan abai dengan kualitas yang dihasilkan. Intinya bukan cepat tapi asal jadi. Cepat dan berkualitas. Tnetu itu harapannya.

Packing dan Pengiriman Kaos Yang Terjamin

Meski terdengar sepele, proses pengemasan kaos dan pengiriman juga harus diperhatikan. Seringkali kejadian barang rusak karena packing yang buruk, atau lama di pengiriman. Dulu saya pernah membuka paket kaos dengan cutter, eh cutternya pas nyobek kardus kemasan kena ke kaos, jadi kaos ikut sobek. Seharusnya ini tidak akan terjadi jika dipacking dengan lebih aman, misalnya di lapisan paling luar diberi tutupan dus lagi sehingga jika terjadi apa-apa tidak langsung kena pada produk.

Nah ini beberapa informasi yang mungkin kamu butuhkan jika mau berbisnis sablon kaos. Moga bermanfaat dan barokah usahanya ya....

23 komentar:

  1. Mantap Banget Sharingnya terimakasih, sangat bermanfaat ilmunya

    BalasHapus
  2. waktu pas baru nikah suamiku resign mba ingin buat usaha kaos juga, bahannya udah bikin eh ga jadi sampe skerang wkwkwk karena kesulitan tukang sablon dan tukang jaitnya :( bahannya masih ngejogrog aja

    BalasHapus
  3. Dulu aku juga pernah bisnis kaos distro gitu mbak, seru dan asik banget dapet uang tambahan buat kuliah dulu itu.

    BalasHapus
  4. Nah iya banget nih Mak.
    Kalo mau bisnis yg cuan, kudu jeli teliti pilih vendor yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Yap bener banget, kualitas dari vendor nih harus bagus. Kalau udah nemu 1 yang cocok, gak bakal pindah ke lain hati. Jadi langganan terus kalau urusan cetak-cetak kaos sablon

    BalasHapus
  6. Dengan maraknya penjualan online lewat medsos, penjualan seperti kaos sablon juga menjamur ya mbak.
    Tapi kita memang harus jeli piloh produk kaos yang nyaman, yaitu halus dan gak bikin gerah.

    BalasHapus
  7. Semoga lancar selalu usahanya ya kak.. saya juga pengen buka usaha.. semoga ada hasilnya

    BalasHapus
  8. Asik ya kalo bisa bisnis sablon kaos sendiri, jadi bisa menggunakan desain sendiri pula. Aku punya desain untuk kaos alumni, jadi pengen bisa nyablon sendiri

    BalasHapus
  9. Sablon kaos memang masih banyak dicari sama orang apalagi kalau pengen buat kaos custom gitu biar kembaran, aku juga suka pesan kaos custom buat ponakan :)

    BalasHapus
  10. aku paling seneeeng kalau bias berikan desain sendiri..soalnya pasti jadinya bagus dan sesuai keinginan mba

    BalasHapus
  11. Makasih infonya mba. Soal harga dan kualitas...iya nih, sekarang makin banyak usaha serupa, jadi kudu pinter ngelola soal harga+kualitas ini..karena rata2 konsumen maunya harga terjangkau, kualitas bagus

    BalasHapus
  12. bisnis kaos sablon kayak gini tuh emang rame terus kayaknya ya mba,,
    secara kaos itu masih dan selalu jadi pakaian favorit karena nyaman dan fleksibel gt

    BalasHapus
  13. Pas banget nih, temenku ada yang pengen bisnis sablon juga.

    BalasHapus
  14. Kakakku dulu bisnis sablon. Sejak bordir dan sablon digital muncul, dia berhenti. Gak kekejar katanya. Lebih praktis dan lebih murah memang ya bisnis sablon digital dab mesin ini

    BalasHapus
  15. Persaingan di dunia usaha, memang siap bersaing Harga, kualitas, kecepatan dan ketepatan layanan, jika ingin survive.

    Belum lama ini saya order kaos utk seragam di kantor. Utk mempercepat pemilihan penyedia kaos, minta rekomendasi dr teman.

    1 konsumen puas dengan hasil kaos sablon, bisa jadi media promosi gratis bahkan tanpa diminta

    BalasHapus
  16. sekolah anak anak aku pasti selalu beli kaos dan sablon setiap 17an atau pas mau outing class. Infonya bagus banget niiihh, makasi sharingnya yaaaa

    BalasHapus
  17. saya pernah kecewa soh beli kaos sablonan secara online. tapi salah saya juga yg gak tanya ini sablon jenis apa biar lebih jelas dan tahu cara nyucinya

    BalasHapus
  18. Kalau jamab dulu saya juga pernah hunting kaos ke cigondewah dan otista, hihihi...
    Makasih sharingnya ya mbak, penting nih buat teman-teman yang mau bisnia kaos sablon...

    BalasHapus
  19. kalau kaos gitu ada tipe tipenya gitu nggak sih? jadi udah pasti gitu jenisnya jadi bisa beli dari jarak jauh, dan tinggl terima barang

    BalasHapus
  20. Tenyata mesti lebih teliti ya Mak kalau mau bisnis kaos gitu. Soalnya sekali rusak atau kualitas jelek kita rugi banget dan ngecewain pelanggan

    BalasHapus
  21. seru bisnis sablon juga bisa profit, selama masih bisa dikelola secara profesional, tetap semangat ya

    BalasHapus
  22. dikotaku bisnis seperti ini sangat menjajikan, karena kaos polos disini sangatlah murah..

    BalasHapus