Sabtu, 03 Agustus 2019

Tips Berburu Buku Murah Berkualitas di Big Bad Wolf Yogyakarta

Hai hai.. Assalamualaikum....

Setelah kemaren lelah dan malas ngapa-ngapain, sepulang dari Jogja, sekarang saatnya nulis lagi. Mau cerita tentang pengalaman pertama berburu buku di Big Bad Wolf alias BBW. Mumpung masih berlangsung ini BBW nya di Jogja. Kali ada yang butuh info yaa.

Jadi.. ketika tahu BBW juga akan hadir di Jogja, saya berniat pengen liat-liat. Penasaran aja. Karena sebelumnya baca-baca cerita temen yang ke BBW, katanya bukunya di BBW diskon banyak, orang pada belanja sampai kalap, dan ngantrinya puanjang.



Mumpung deket dari Semarang pengenlah menyaksikan langsung. Nginep semalam sambil ajak bocah jalan-jalan. BBW Jogja ini ternyata perdana juga, sebelumnya biasanya yang kebagian tempat BBW itu area sekitar Jakarta Bandung gitulah di Indonesia.

Akhirnya janjian sama adik ipar ke BBW Yogya tanggal 1 pas pre sale nya. Adek ipar saya ini juga udah niat banget, setelah pre sale besoknya mau datang lagi ke BBW sebelum balik Semarang katanya.

BBW Jogja berlangsung tanggal 2-12 Agustus 2019. Sementara presale berlangsung 2 hari yaitu tanggal 31 Juli khusus buat nasabah BCA. Dan tanggal 1 Agustus, khusus untuk pemegang tiket presale BBW. Tulisan ini saya buat poin perpoin saja ya, supaya ada yang pengen tahu tentang detail acara BBW lebih mudah.

Masuk BBW Gratis?

Ternyata banyak yang tanya tentang bagaimana masuk ke BBW, apakah gratis atau berbayar. Jadi, masuk ke BBW itu gratis ya. Yang bayar, kalau kamu bawa bukunya ke kasir. Dan masuknya ya asal mausk aja, ga perlu tiket atau apapun, kalo udah buka buat umum. Kecuali pas pre sale.

BBW buka jam berapa?

BBW ini buka 24 jam. Tapi di hari pertamanya sih kayaknya buka jam 9 pagian. Setelah itu kamu bisa ke sana jam berapa aja, non stop 24 jam sampai tanggal 12 Agustus.

Bagaimana Cara Mendapat Tiket Presale?

Yang dimaksud pre sale adalah, sebelum buka buat umum. Jadi seperti yang udah ditulis di atas, kalo pre sale di BBW Jogja ada 2 hari, taggal 31 Juli khusus untuk nasabah BCA dan tanggal 1 Agustus untuk pemegang tiket pre sale.

Cara mendapat tiket presale dengan mendaftar menjadi member BBW. Cara daftar menjadi member, masuk ke website BBW bigbadwolfbooks.com klik aja tulisan DAFTAR. Isi data-data. Saya sehari setelah daftar mendapat email dari BBW berupa e-tiket, yang nanti bisa ditukar di lokasi BBW dengan tiket masuk presale. Satu tiket presale untuk 2 orang. Anak-anak di bawah 12 tahun bisa masuk tanpa tiket. Ohya mendaftar jadi member BBW ini gratis ya, tinggal isi data saja.

Lebih baik datang di presale atau setelah buka untuk umum?

Kalo dari segi kenyamanan saya lebih suka datang setelah BBW buka untuk umum karena ngga ngantri. Sementara saat presale, masuknya ngantri, sampai panjaaang. Karena apa? Petugas kudu ngecekin tiket satu-satu. Kalo soal koleksi bukunya banyak mana itu saya juga ga paham. Yang jelas sih katanya koleksi buku ditambah terus tiap harinya.

Baca juga: Ikut #PlayMessiChallenge di BBW Jogja Bisa ke Barcelona

Selain itu, tiket presale hanya buat sekali masuk. Tiketnya diambil petugas pas masuk. Jadi kalo udah keluar, dan kita ga punya tiket masuk lagi, ya gabisa masuk. Punya tiket pun mau masuk lagi udah lelah duluan liat antrian haha.


Di BBW beneran banyak diskon?

Sepengelihatan saya sih bener begitu, kaya board book yang biasa dijual 50ribu itu di sana 35 ribu. Tap saya juga ngga ngecekkin satu2 sih harga aslinya haha.

Tips Datang ke BBW

Sekalian saya kasih tips datang ke BBW biar nyaman dan bisa dapat banyak diskon ya

1. Daftar member. Ada buku-buku tertentu yang harganya bisa tambah mirng buat member. Kaya kemaren saya bei board book yang ada musik-musiknya, harga BBW 105.000 tapi buat member BBW harganya jadi 80 ribu.

2. Bayar pakai kartu kredit atau debit BCA dengan chip biar bisa dapat voucher cashback. Pembelanjaan Rp.1.000.000-Rp.2.499.999 dapat voucher 100 ribu. Pembelanjaan di atas itu lebih banyak lagi. Cashbacknya bisa sampai 500ribu, mayan nih buat para jastip. Oya untuk pembayaran menggunakan kartu antrian kasir juga lebih cepet.

3. Buka rekening BCA periode 1-12 Agustus bisa dapat voucher BBW senilai 50 ribu. Dan ini yang saya lakukan kemaren. Karena emnag udah niat pengen punya tabungan BCA yang expresi yg bea bulanan cuma 5ribu. Sebelumnya tabngan BCA saya kan yang tahapan, bea adminnya 17ribu, jadi mau pindah ceritanya. Buka rekening BCA di BBW juga cepet kok, ya 15 menitan lah.

4. Ikutan lomba BBW bisa dapat voucher 150 ribu setiap harinya. Jadi BBW itu bikin lomba foto dari tanggal 31 Juli sampai 11 Agustus. Ada 3 lomba dengan hastag #FOTODIBBWJOGJA2019 #BARBUKBBWJOGJA2019 #MOMENBUKUAJAIBBBWJOG19. Untuk detilnya bisa kamu cek di instagram BBW @bbwbooks_id

5. Datang di jam-jam sepi pengunjung. Sebenarnya saya juga gatau jam sepi itu jam berapa aja. Tapi kemaren dapat info jam abis Shubuh itu mayan sepi, jadi enak kan nyari buku leluasa di kasir pun ngga ngantri.

6. Bagi yang luar kota dan nginep, cari penginapan yang dekat dengan BBW. Kalo peru yang ke BBW nya bisa tinggal ngesot. Kemaren saya lihat ada 2 hotel yang persis di depan lokasi BBW yaitu Grand Dafam (rate 700an) sama Red Doorz (yang ini gatau tarifnya, tapi biasanya hotel budget). Saya sendiri nginepnya ngga deket-deket amat, jadi gabisa jalan kaki. Gatau kalo di depan JEC ada Red Doorz sih.

Nah kayaknya itu dulu ya cerita pengalaman pertama berburu buku ke Big Bad Wolf Yogyakarta. Oya bener lho yang belanja banyak yang bawa koper sendiri dari rumah. Saya sih totebag juga cukup. Karena emang udah niat belanja secukupnya saja, lain kali butuh, baru beli lagi. Bagi yang mau ke BBW yogya yuk buruan mumpung masih buka sampai tanggal 12 Agustus.

12 komentar:

  1. Wah seru ya, jadi pengen datang duh duh dilemaa..semoga bisa nyusul deh penasaran bukunyaa...

    BalasHapus
  2. Aku pernah ke BBW BSD Tangerang, dulu cuma beli buku 3 aja heu. Sayang gak beli buku buat bayi dan balita yang lucu2, padahal sekarang butuh buat anakku heuheu..

    BalasHapus
  3. Wah seruuu..tampaknya ya. Nggak bingung tuh nyari buku di antara gunungan buku bgtu? Hehe.. Tapi akupun ingiin bisa ke BBW.. Trims tips2nya ya...

    BalasHapus
  4. Kesel ih baca postingannya, bikin mupeeeeeeengggg huhuhu.. Pokoknya kalo ke bbw wajib banget borong hahaha kalo perlu bawa koper hihi

    BalasHapus
  5. Cukup penasaran juga sih sama BBW ini, Mbak. Cuman, ya, harus bersabar, siapa tahu ntar ada di Semarang juga. Kalaupun ada, aku bakal beli secukupnya saja.

    BalasHapus
  6. Makasih Mak Mi... semoga selanjutnya ada BBW juga di sini. tapi aku sangsi sih, mungkin kalau ada BBW pengunjungnya malah banyakan bule :D LOL

    AKu baru tahu ternyata tiket pre-sale nya itu didapat dari daftar jadi member, haha. Aku pikir masuk BBW tuh bayar sampe tanya ke Mba Arinda. dan aku yang nggak datang pun kalap, udah nitip Mba Rinda masih ada yang kurang tadi aku nitip DIko. duh.... habis ini kudu kejar setoran nih #tjurhat *tutupmuka*

    BalasHapus
  7. Masih penasaran dengan BBW Jogja ini, semoga duitnya cepat turun dan bisa main ke Jogja segera hihi..aku juga pengen nonton ArtJog akkk...

    BalasHapus
  8. Pengen banget sebenernya dateng. Tapi pas waktunya ga memungkinkan. Tapi tips datang habis subuh itu oke banget mbak. Masih sepi plus belum panas2 banget ya. Jadi nyaman juga buat si kecil. Kalau temenku datang tengah malam, lumayan juga ga terlalu rame.

    BalasHapus
  9. Tips-nya komplit. Aku sendiri ngerem buat nggak main ke BBW, takut kalap. Haha. Mengingat hasil perburan di BBW tahun kemarin masih belum kelar bacanya.

    BalasHapus
  10. Beneran memikat deh BBW ini *jeritan korban belanja kalap :))
    Tapi yg Jogja ini kayaknya bukan perdana lho Mi, sebelumnya udah ada kan ya di kota lain? Kapan coba yaaa buka di Semarang, kumenunggu niihh..

    BalasHapus
  11. Wah tau gt aku buka BCA Xpressi lagi ya, meski sdh punya hihi kan mayan voucher 50k,misal duit lgsung q ambil smua jg nyisa 10k doang 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  12. Asyiknya yg dekat dengan lokasi BBW.
    Semoga suatu hari nanti, bisa hadir pula di Lombok
    Aamiin..

    BalasHapus