Minggu, 28 Juli 2019

Content Creator Rentan Alami Mata Kering, Insto Dry Eyes Solusinya

"Pukul 20.30," saya melirik jam yang ada di layar kanan bawah laptop.

Baby Sarah dan kakak-kakaknya sudah lelap tertidur. Buru-buru saya buka laman blogger. Ada lomba blog yang ingin saya ikuti, deadlinenya hari ini pukul 23.59.

"Ikutan lomba kok mepet deadline sih mak?"

Ya, saya tahu pasti kalian mau ngomong gitu kan. Ikut lomba itu idealnya, begitu lomba dibuka, langsung mikirin konsep, mulai nulis, ngga sampe seminggu kemudian tulisan jadi.

Tapi... tak semudah itu ferguso!

Mungkin banyak yang bilang, "Halah cuma nulis doang kan gampang!" Padahal nulis itu butuh ide. Dan entah kenapa ide seringkali datang di detik-detik menjelang deadline. Sebelumnya, sampai jungkir balik mikirin juga ngga dapet-dapet ide segar buat tema nulis.

Udah dapat ide, mau nulis nih ceritanya, eh anak udah bangun tidur, ya kudu ditemenin dulu lah. Belum lagi sederet pekerjaan rumah yang menanti. Pfiuuh.

Untungnya sepanjang hari tadi, sambil nyapu, ngepel, cuci piring, saya udah mikirin mau nulis apa. Draf udah ada di kepala, tinggal eksekusi. Bismillah.

Saya menuliskan beberapa kalimat dengan lancar, sambil sesekali membuka situs lain sebagai referensi. Tapi duuuh, kok mata sepet ya.


Mau terus lanjut nulis kok ngga kuat. Ngga nyaman banget di mata, kepala juga jadi ikutan pusing. Saya coba sebentar memejamkan mata, mungkin dengan begini bisa sedikit meredakan mata sepet yang saya alami. Dan kemudian.....

SAYA BABLAS KETIDURAN SAMPAI SHUBUH.

Deadline udah lewat huhuhuhu....

Mata Kering, Masalah Mata Yang Rentan Dialami Content Creator

Mata sepet merupakan salah satu gejala mata kering. Begitu yang saya baca dari beberapa literatur. Mata kering merupakan kondisi dimana produksi air mata berkurang. Padahal, air mata dibutuhkan untuk melumasi mata kita dengan sempurna sehingga dapat menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata.


Gejala mata kering selain mata sepet, yaitu mata pegel dan mata perih. Content creator seperti saya rentan mengalami masalah mata kering, karena memang mata kering dipicu oleh aktivitas yang membuat mata bekerja keras. Misalnya menatap layar gadget dalam waktu lama.

Sebagai content creator, dalam sehari, total waktu yang saya gunakan untuk bekerja dengan gadget bisa lebih dari 3 jam. Pekerjaan saya bukan hanya menulis di blog, tapi juga mengedit gambar, video, dan mencari-cari referensi di internet untuk bahan content. Ini belum termasuk yang sebentar-sebentar cek whatss app, scroll socmed, dan lainnya.

Dalam sebuah artikel kesehatan, ada studi yang menunjukkan jika normalnya mata berkedip sebanyak 22 kali dalam semenit. Tetapi, saat fokus menatap gadget, mata hanya berkedip sebanyak 5 sampai 7 kali dalam semenit. Kurangnya kedipan ini membuat mata semakin kering.

Selain menatap gadget, aktivitas yang membutuhkan fokus dan konsentrasi pada mata juga rentan mengalami mata kering ya, misal membaca atau menyetir terlalu lama.

Faktor lingkungan, meski bukan menjadi penyebab utama, tapi bisa memperparah kondisi mata kering. Misalnya: debu, asap, angin, matahari, cuaca kering, tiupan angin panas, berada di tempat tinggi, dan termasuk hembusan AC. Lho AC kan dingin kenapa bisa membuat mata kering? Karena ketika udara bersirkulasi melalui ventilasi atau kipas langit-langit, hal inilah yang akan membuat air mata menguap lebih cepat.

Mata Kering, Jangan Dikucek!



Mengucek mata merupakan reaksi spontan yang sering kita lakukan saat terjadi masalah pada mata. Entah itu gatal atau saat mata lelah. Sebenarnya mengucek mata adalah cara yang bisa dilakukan untuk merangsang air mata keluar dan kemudian melumasi mata yang kering. Akan tetapi mengucek mata ini punya dampak buruk juga lho! Apa itu?

1. Infeksi mata 
Tangan yang kita gunakan untuk mengucek, mungkin saja dipenuhi dengan bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan mata infeksi. Mata dilindungi dengan membran berlendir, yang berfungsi untuk menjaga kelembaban mata setiap saat merupakan tempat yang sangat disukai bakteri serta parasit sebagai tempat tinggalnya. Seringkali kita lupa mencuci tangan terlebih dahulu ketika akan mengucek mata kan.

2. Kantung mata hitam 
Kantung mata yang hitam bukan hanya ke disebabkan lelahan dan kurang tidur. Kebiasaan mengucek mata juga dapat mengakibatkan kantung mata menjadi semakin hitam. Oleh karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan mengucek mata agar kantung mata tidak bertambah besar dan hitam. 

3. Glaukoma 
Glaukoma adalah penyakit pada mata yang diakibatkan oleh rusaknya saraf mata, dan akan bertambah parah jika tidak segera ditangani. Kerusakan saraf mata ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada mata, yang bisa juga disebabkan oleh kebiasaan mengucek mata yang terlalu keras dan sering. 
Kebanyakan orang yang menderita glaukoma pada awalnya tidak merasakan gejala atau tanda apapun. Sehingga, sering kali penderita datang dengan tingkat keparahan glaukoma yang cukup tinggi dan mengakibatkan ia kehilangan kemampuan penglihatannya, atau bahkan buta.

4. Kornea mata berubah bentuk 
Keratoconus adalah gangguan yang terjadi pada kornea mata yang berubah bentuk. Normalnya, kornea berbentuk seperti kubah dan kadang-kadang berubah menjadi seperti bentuk bola. Namun pada penderita keratoconus, sel-sel kornea rusak kemudian tidak bisa menahan bentuknya dan berubah seperti bentuk kerucut karena kornea menonjol ke luar. Kondisi ini membuat penderitanya susah untuk melihat jika tidak menggunakan lensa atau kacamata. Keratoconus bisa diakibatkan karena kebiasaan mengucek mata yang sering. 

Mata Kering? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berdasar dari beberapa artikel kesehatan yang saya baca, mata kering, jika tidak segera diobati, bisa menyebabkan peradangan, nyeri, bisul, atau bekas luka di kornea. Pada kasus tertentu, mata kering menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian. Ihh serem ya..

Lalu bagaimana cara yang aman untuk meredakan gejala mata kering? Beberapa artikel yang saya baca menyarankan untuk menggunakan obat pelumas buatan atau air mata buatan berbentuk tetes mata.



Sekarang saya menggunakan insto dry eyes untuk meredakan gejala mata kering. Insto dry eyes, berfungsi sebagai air mata buatan. Mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata, dapat digunakan sebagai pelumas pada mata serta membunuh bakteri.

Saat mata terasa lelah, sepet, perih ataupun pegel, saya meneteskan insto dry eyes, rasanya segar di mata. Setelah itu sejenak saya istirahatkan mata, beberapa menit kemudian bisa lanjut mengejar deadline yang tinggal beberapa saat lagi.

selalu sedia insto di rumah

Selain menggunakan tetes mata insto sebagai pertolongan pertama pada mata kering, hal lain yang harus kita lakukan adalah menghindari faktor penyebabnya.

Misalnya dengan mengatur lama kerja di depan layar laptop. Setiap 30 menit sekali kita bisa mengalihkan pandangan sebentar atau melakukan aktivitas lain. Lindungi juga mata dari lingkungan yang menyebabkan mata kering, seperti cuaca berangin, panas, berasap, atau berdebu. Bisa juga dengan menggunakan kacamata sebagai pelindung jika sedang di luar ruangan, serta gunakan pelembab atau penyaring udara di dalam ruangan.

Banyak mengonsumsi asam lemak omega-3 juga disebut-sebut bisa memperbaiki kondisi mata kering. Omega-3 banyak terdapat pada beberapa jenis ikan, seperti makarel, tuna, sardine, atau salmon.

Alhamdulillah sekarang problematika mata kering teratasi. Deadline di depan mata, hajaar!!! Kalo tiba-tiba mata sepet, pegel atau perih, redakan dengan insto dry eyes yaaa....




Sumber referensi:

https://insto.co.id/
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2679697/awas-jika-dibiarkan-mata-kering-bisa-menyebabkan-kebutaan
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguan-mata-dan-penglihatan/dampak-mengucek-mata/

26 komentar:

  1. Content creator seperti kita emang wajib banget punya INSTO Dry Eyes ini Mak.
    Soalnya MATA kan jadi PIRANTI WAJIB tatkala bekerja. harus dijaga!!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Bener banget nih mbak...kita sering berlama-lama di depan monitor dana lapto/PC/layar hp..untung ada insto dry eyes nih...jadi lebih leluasa berlama-lama di depan laptop..

    BalasHapus
  3. Kerja di depan layar laptop. Setiap 30 menit sekali kita bisa mengalihkan pandangan sebentar atau melakukan aktivitas lain..--noted. Aku sering lupa ini. Hikss
    Makasih sudah diingatkan, selalu siap sedia Insto Dry Eyes buat mata sepet, pegel dan perih.

    BalasHapus
  4. Haduuhh sumber omega 3nya kok aku ga doyan semua huhuhuuu... ada yang lain gak mak?

    Sebagai pengguna laptop dan smartphone yang hampir tiap jam pakai, kayaknya aku juga butuh menyediakan Insto Dry Eyes nih. Biar mata enggak pegel, sepet dan kering.

    BalasHapus
  5. Ya amplop, Kornea mata bisa berubah bentuk juga ya...hmmm....

    Aku pun sering merasakan mata yang pegal saat menatap kompi terlalu lama, jadi aku selingi dengan jalan2 di sekitar area kantor, sambil melihat penghijauan dan cowok ganteng...eh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat yg ijo termasuk liat duit yaa mata jadi ijoo xixixi

      Hapus
  6. Bwahahaha ikut lomba mepet deadline atau setor kerjaan mepet2 itu ternyata banyak juga ya yg ngelakuin 😂 karena akupun gt. Jadi mau ga mau ngantuk pun harus selesai.
    Kalo dah sepet matanya suka gak sengaja dikucek atau kasih air aja. Eh malah perih dong 😂

    Enak yaa pakai insto ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kenapa sih ide suka datangnya mepet deadline hahaha

      Hapus
  7. Si imut yang wajib sedia buat kita-kita ini ya mbak. Insto dry eyes top banget deh

    BalasHapus
  8. Haha deadliner sejati, sampai ketiduran dan kelewat deh waktunya.
    Saya juga sedia insto dry eyes mbak, klo udah sepet seharian di depan laptop langsung pakai

    BalasHapus
  9. Aku harus nahan tangan untuk gak ngucek mata kadang reflex padahal itu gak bagus ya. Kalau mata kering mending tetesin aja pakai Insto Dry eyes ya

    BalasHapus
  10. Bener mba lama2 laptopan hp an bikin mata sepet untung ada insto dry eyes

    BalasHapus
  11. Ini tuh sepertinya emang menjadi permasalahan para content creator ya mbak. Aku sekarang selalu sedia Insto kemanapun loh.

    BalasHapus
  12. Bener banget saaay. Kalau terlalu sering di depan layar memang bikin mata terasa perih ya. Aku juga sedia insto di rumah . Biar kalau mulai gak nyaman matanya, bisa disegerin pakai insto.

    BalasHapus
  13. Kembaran insto nya mba, bener banget, mata kering sungguh bikin nggak nyaman saat ngedit content ya.

    BalasHapus
  14. 😂😂kocak bener gambarnyaaaaaa
    Iya\ ini karena keseringan depn kompi ya mataku kering bnget huhuhu

    Biar airnya terjaga pakai ini ya mak. Coba ah

    BalasHapus
  15. Wah, ternyata efek msta kering ngeri ya.. Bisa menyebabkan kebutaan. Harus diantisipasi nih... Cuzz beli insto dry eyes...

    BalasHapus
  16. Andalan banget emang pakai Insto. Mataku ya sering kering dan ini buat aku nggak nyaman banget. Trus belakangan kantong mataku malah kliatan euy :(

    BalasHapus
  17. Iyess karena banyak banget di depan komputer ya, belum lagi baca buku biar tambah wawasannya. Insto wajib stock di rumah biar mata fresh

    BalasHapus
  18. Bener bnget Akupun selalu sedia nih mba insto jadinya kalau kemana2 aplg hampir setiap hari motoran jugs insto ngebantu bngt utk mnepis debu

    BalasHapus
  19. Penggunaan Insta Dry Eyes ada batas maksimalnya ga? Kalo sehari beberapa kali tetes aman gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaboleh dipakai terus menerus dalam waktu lama, ada aturan pakainya maak.

      Hapus
  20. Iya banget nih. Lama-lama di depan laptop gampang banget ya mata pegel dan perih alias mata kering. Kalo pake Insto, mata seger lagi deh

    BalasHapus
  21. Aku sering ngalami mata gatal atau perih, tapi enggak mau ngucek. Kan aku selalu sedia Insto, ya udah tinggal diteteskan aja di mata. Bikin nyes, enak dan mata jadi seger lagi

    BalasHapus