Rabu, 18 Oktober 2017

Bertemu Teman Lama di Facebook

Duluuu awal-awal saya memutuskan untuk membuat akun facebook, tujuan utama saya adalah, menyambung tali silaturahim dengan teman-teman lama yang jaraknya jauh. Maklumlah saya tinggalnya nomaden dari kecil. Lahir di Kudus, bayi sampai kelas 3 SD di Bandung, kelas 4SD sampai 3SMP pertengahan di Makassar, namatin SMP di Denpasar, SMA di Kudus, dan kuliah di Semarang.

Seneng sih bisa jelajah banyak kota di Indonesia, tapi sedihnya ga bisa ikut reunian karena jauh, huhuhu. Makanya paling ngga saya pengen tetep terhubung lah dengan teman-teman lama di social media. Dulu waktu jamannya friendster pernah ketemu temen SD di Makassar sama temen SMP di Denpasar, seneeeeng banget.


di Pantai Losari Makassar tahun 2008

Sama beberapa teman dekat saya emang surat-suratan sih setelah pindah, tapi lama-kelamaan frekuensi surat-suratan berkurang seiring adanya HP, lebih murah SMS an kan, lebih-lebih setelah adanya socmed.


Itulah kenapa saya pakai nama asli di Facebook, Rahmi Aziza. Ngga pakai nama Rahmi Bundanya Thifa atau Rahmi ayanknya Alfa #apaseh hahaha... Ya biar memudahkan kalo ada temen lama yang mungkin mau cari-cari diriku di socmed *geer amat eykeh yak.

Karena saya juga suka sengaja nyari temen-temen lama di facebook dengan mengetikkan nama lengkap mereka di kolom pencarian. Alhamdulillah masih ingat dengan jelas nama beberapa orang secara lengkap, dan ketemu juga. Ada juga beberapa yang ga ketemu, entah apa orangnya ngga punya facebook atau di facebook ga pake nama asli.

Suatu hari, entah gimana awal mulanya saya teringat sama seorang teman SMP di Makassar, namanya Yusvita Batara. Kami sekelas waktu kelas 1 dan lumayan deket, suka baku, ejek becandaan gitulah. Tapi kelas dua sama tiga ga pernah sekelas. Dan kayaknya juga jarang interaksi lagi meski masih satu sekolah. Saya mengetikkan nama dia di kolom pencarian, dan ketemu... Alhamdulillah nama Yusvita Batara ngga pasaran jadi gampang nemunya di facebook huahaha. Langsung saya add dan nanya benarkah dia Yusvita teman SMP 12.

Alhamdulillah ternyata dia masih ingat padahal udah 18 tahun sama sekali ngga pernah kontak-kontakan. Diinbox, kita nostalgia jaman-jaman SMP dulu. Yang bikin saya terharu dia masih ingat hal-hal detil seperti: dulu saya pulang selalu bareng Risna lewat asrama yonkav (asrama ABRI). Sekarang kami lagi mencari keberadaannya Risna, nyari di FB yang namanya Risnawati banyak benerrrr. Sampe capek ngecekin profpict nya satu-satu ngga ada Risna yang kami cari hahaha. Tolong ya manteman kalo ketemu orang yang namanya Risnawati, dulu SMP 12 Makassar angkatan tahun 97. Bapaknya dia tentara. Terakhir saya ketemu, dia masih tinggal sama ortunya di Sudiang. Trus anaknya (risnanya maksudnya, bukan anaknya Risna) gokil abis.

Terakhir saya ketemu Risna waktu masih kerja di Makassar mungkin tahun 2007an. Kami juga pernah jalan-jalan bareng beberapa teman lainnya ke Bantimurung, Maros yang ngga jauh dari kota Makassar.

Selain Yusvita teman lama yang saya temui di Facebok adalah Novida. Kalo ini temen SD. Ini lebih lama lagi kita ngga kontek-kontekan. Karena semenjak lulus SD meski saya masih di Makassar, tapi ga pernah hubungan. Tiba-tiba Novida inbox nanyain apakah saya dulu temannya di SD IKIP. Terharu karena dulu di SD, saya dan Novida ini ngga satu genk, tapi dia inget sama saya. Ya Alloh amazing banget temen yang udah 20 tahun ga ketemu bisa ketemu di Facebook. Kami lantas saling nostalgia di inbox, saya kirim potonya jaman SD yang masih saya simpan.

Sebenarnya masih banyak lagi sih temen-temen lama yang ketemu di FB. Cuma yang lain kebanyakan sih masih kontek-kontekan setelah kami pisah entah itu lewat SMS atau telepon. Nah kalo dua orang ini kan blas, ngga pernah berhubungan lagi tapi ternyata kami masih saling ingat. Iiiih so sweet ngga siiih hihihi.

SD di Makassar, beberapa udah ketemu di FB.

Moga suatu saat kita bisa jumpa langsung ya Yusvita, Novida, dan temen-temen lainnya. Moga ada rejekiku datang ke Makassar lagi atau rejeki kalian datang ke Semarang menemui saya.

Omong-omong tentang Makassar, Makassar emang saya anggap kampung halaman kedua, karena saya melalui dua periode perkembangan di sana, kanak-kanak dan remaja. Banyak kenangan berkesan. Apalagi setelah luus kuliah saya sempat balik Makassar lagi, kerja di sana 1,5tahun. Makanya suka ngerasa seneng kalo ketemu blogger yang asal Makassar, baca-baca cerita tentang Makassar di blognya.

Salah satunya temen blogger Rahmah Chemist. Rahmah ini blogger asal  eh Makassar eh tepatnya sih kabupaten Maros ya (kabupaten yang berbatasan dengan Makassar) yang sekarang tinggal di Surabaya. di blognya chemistrahmah.com ada beberapa cerita tentang Makassar. Masih ada blog lain Mba Amma yaitu istanacinta yang banyak menceritakan tentang tumbuh kembang Salfa buah hatinya. Ayok Mba Amma cerita-cerita lagi dong tentang Makassar biar saya makin kangen hehehe.

8 komentar:

  1. itu fotonyaaa imut bangeeet mba hehehe...tapi beneer ya..FB tuh tempat kita reunian

    BalasHapus
  2. Aku juga sama mba pindah-pindah karena FB juga aku akhirnya ketemu sobat SDku waktu di Bekasi dan dari FB aku bisa reunian sama teman-teman SD deh jadinya alhamdulilah banget. Malahan dulu bikin FB ga kepikiran deh mau silaturahmi ya dulu bikin karen friendster ga musim aja wkwkwk
    ternyata mba Rahmi lebih banyak pindah2nya seneng y mba punya banyak kenalan di berbagai kota :)

    BalasHapus
  3. Seneng ya mba kalo bisa ketemu sahabat lama di Fb. Bisa jalin silaturahmi lagi.

    BalasHapus
  4. Bertemu teman lama memang bahagia, apa lagi udah jarang ketemu.

    BalasHapus
  5. Meskipun sudah jarang nyepam status di facebook, saya tetap sering buka facebook untuk menjalin silaturahim dengan teman-teman lama. Dan seneng banget kalau ada yang add ternyata temen SD/SMP.

    BalasHapus
  6. Pakai nama asli jadi banyak ketemu teman lama ya, sama aku juga. Kayak reunian di dunia maya 😊

    BalasHapus
  7. wah senengnya ketemu teman lama

    meskipun di ujung dunia
    tapi bisa ketemu di internet ya

    BalasHapus
  8. seneng pisan kangen-kangenan hihihi

    BalasHapus