Rabu, 14 Desember 2016

Cari Souvenir Unyu Khas Semarang? Ikikuwi Tempatnya!



"Aku mau pergi ke kota XX, mau dioleh-olehin apa?"

Jauh sebelum artikel tentang "Ngga boleh minta oleh-oleh pada orang yang bepergian" viral, saya memang kurang suka minta oleh-oleh kecuali ya ke orang terdekat aja, kaya suami. Bepergian aja butuh modal, nabungnya lama, direwangi puasa ga makan siomay setahun bahkan mungkin lebih, masih tega membebani dengan oleh-oleh?

Tapi beda ya, kalo ditawari. Itu artinya si calon pemberi oleh-oleh udah siap lahir batin, materil maupun spirituil. Kagak nolak lah yaaaa.

"Hmmm apa ya... apa aja deh asal jangan kaos dan gantungan kunci deh!"

Kadang suka bingung juga kalo ditanyain mau oleh-oleh apa. Secara kita kurang paham yang ada di kota itu apa? Pengennya sih sesuatu yang tahan lama, bisa buat kenangan. Berarti harus barang kan, bukan makanan. Karena ga tau yang available apa, akhirnya cuma jawab gitu. Asal bukan kaos dan gantungan kunci.

Lha emang kenapa dengan dua barang itu?

Pertama, kenapa jangan kaos? Karena saya sudah sering dioleh-olehin kaos. Kaosnya bertuliskan nama kota tertentu atau tempat yang ngehits di kota itu. Jadi saya punya banyaaak banget kaos. Karena lengannya pendek, bahannya juga agak kaku dan panas, akhirnya kaos itu hanya dipakai di rumah, buat kostum umbah-umbah.

Yang kedua gantungan kunci, kenapa ngga juga? Ya saya bingung aja, nanti mau digantungin dimana, karena kunci saya saat ini udah punya gantungan semua. Apa saya kudu beli rumah baru demi dapet kunci lagi, atau duplikatin kunci-kunci apa sembarang yang ada di rumah? Ribet amat idup lo mak >.<

Begitupun sebaliknya kalo pas saya ada temen dari luar kota main Semarang, mau kasih souvenir ke mereka bingung, cari dimana ya, souvenir selain kaos dan gatungan kunci? Kenapa yaa souvenir khas Semarang ga sebanyak souvenir khas Jogja atau Bali?

Sampai akhirnya saya bertemu dengan "Ikikuwi" salah satu UKM yang menjual souvenir khas Semarang.

Gerai Ikikuwi

Di Ikikuwi, banyaaaak banget pilihan souvenir unyu khas Semarang. Yang mainstream kaya gantungan kunci dan kaos ada. Tapi kaosnya istimewa nih, karena bahannya combed 30's yang nyaman dipakai. Kalo kaos dengan bahan ini sayang banget lah ya hanya dibuat kostum umbah-umbah, pasti diajak mejeng dooong ;)

Pilihan lainnya ada magnet kulkas, mug, tumbler, jam dinding, pouch, dan bantal yang motifnya khas Semarang banget.

Tentang Iki Kuwi

Leli dan Intan adalah dua orang yang berada di balik Iki Kuwi. Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mewawancara salah satu dari mereka.

Awal mulanya mereka kepikiran bisnis ini, dari hobby traveling, suka koleksi souvenir dan sering dapat oleh-oleh dari luar kota maupun luar negeri. Kemudian berpikir, "Kayaknya di Semarang ini belum banyak yang menjual souvenir khas Semarang".

Akhirnya pada tahun 2012 mereka sepakat untuk berbisnis souvenir khas Semarang yang mereka beri nama Ikikuwi. Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang pemberian nama ini. Jadi, ikikuwi berasal dari dua kata, iki yang artinya ini dan kuwi yang artinya itu. Nah dua kata ini sering diucapkan orang Semarang, jadi khas banget kan yah. Harapannya juga katanya, biar yang belanja di ikikuwi ngga cuma beli iki aja tapi kuwi juga. Maksudnya banyak yang dibeli gitu yaa, larissss.

Leli Fatimah, salah satu owner Ikikuwi

Perkembangan Ikikuwi sendiri menurut Leli cukup bagus, dilihat dari semakin banyaknya jumlah konsumen yang berbelanja. Ada yang berasal dari kota Semarang, luar kota, bahkan luar negeri.

Selain menjual souvenir khas Ikikuwi juga menerima pesanan souvenir ulang tahun, souvenir wisuda, dll. 

Saat ini gerai Ikikuwi berada di Jl. Bendungan Raya 1157 B Semarang Barat (Banjir Kanal Barat). Rencananya pada awal tahun depan akan pindah ke Jl.Kapten Piere Tendean No.12 (depan hotel Whiz) yang lebih dekat dengan kota dan aksesnya lebih mudah.

Produk Ikikuwi juga bisa dibeli di toko oleh-oleh Banaran Jl.Mugas dan Gedung Dekranasda Jl.Pahlawan.

Bagi yang mau belanja secara online bisa menghubungi nomor WA, 085 727 80 6680. Intip-intip dulu produk yang available apa aja di web Ikikuwi.com

Di akhir wawancara Leli mengatakan impiannya agar Semarang punya identitas souvenir yang mendunia, untuk itulah Ikikuwi dengan aneka produknya ada.

Sukses terus buat Ikikuwi. Berawal dari souvenir semoga bisa memperkenalkan kota Semarang ke seluruh penjuru dunia. Menarik banyak wisatawan untuk datang, menyerap lebih banyak tenaga kerja, sehingga bisa menjadi roda penggerak perekonomian rakyat.



“Tulisan ini diikutkan dalam giveaway UKM Sebagai Roda Penggerak Perekonomian Rakyat yang di adakan Agustina D.J

16 komentar:

  1. Trims infonya jadi tau yang jualan souvenir di semarang nih

    BalasHapus
  2. Waduuhhh...jadi pengin iki lan kuwi juga ki, piye ki Miiiiii....pundhutke Mi ;)

    BalasHapus
  3. Souvenirnya pada unyu semuanya...

    BalasHapus
  4. Somay lagi Mbak Rahmi hihihi. Penggemar somay ya Mbak?
    wah lihat penampakannya ikikuwi memang layak dikunjungin :)
    Sukses ya lomba GA nya :)

    BalasHapus
  5. Saya berharap, semoga "Ngga boleh minta oleh-oleh pada orang yang bepergian" akan selalu berlaku sampai orang-orang sadar akan artinya oleh-oleh. Hehe. Tapi Ikikuwi ini tempatnya lucu banget deh. Dan ikikuwi itu bahasa semarang ya ternyata kak?

    BalasHapus
  6. Ikikuwi, kreatif banget yaaaa, cantik-cantik pula produknya

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas partisipasinya, good luck :*

    BalasHapus
  8. kalo semarang mah, oleh2 yg slalu aku beli udh pasti dan ga pernah bosen cuma lumpia mbak :D.. penggila berat lumpia aku ;p.. untungnya krn deket jkt, jd selalunya masih bgs pas nyampe..

    tapi kalo nemu toko yg jual souvenir lucuk2 bgini mah, aku doyan juga ;p.. apalagi magnet.. koleksi soalnya :D..

    BalasHapus
  9. Mau buka di depan hotelku mbak ...haha
    Lama tak bersua di blog mbak rahmi yang makin aduhai inih...

    Mulai rajin BW lagi ah...

    BalasHapus
  10. kak, itu mbak nya masih available?

    BalasHapus
  11. Wah baru tau kalau ada toko unik seperti itu di semarang..

    BalasHapus
  12. lagi blog walking dan kaget pas lihat side bar, mbak ini author Mak Irits ya? saya suka baca di webtoon tapi emang nggak perhatian sama nama authornya hihi *maap*. Mak irits bagus banget, mewakili emak-emak pada umumnya hihi.


    Nah baca postingan ini juga pas banget karena suami saya orang Pati, jadi setidaknya setahun sekali kami ke Pati dan mampir ke Semarang. Biasanya beli oleh-oleh di simpang lima, ternyata ada toko kece seperti ini ya. Besok-besok kesana lagi coba mampir ah.

    Salam kenal ya mba, Enny - Jambi ^_^

    BalasHapus
  13. souvenir nya bagus bagus kalaw ke semarang pasti mampir dulu ke ikikuwi

    BalasHapus
  14. Mantep! Nambah lagi referensi belanja di Semarang

    BalasHapus
  15. Wuihh aku baru ngerti yang namanya ikikuwi hihi..ntar mlipir ahh kalovdah pindah ke gerai baru..sukses yaa ikikuwi..

    BalasHapus
  16. Wah kebetulan saya orang semarang, boleh juga ini mbak.. pengen nyari beginian buat sodara..

    BalasHapus