Belanja Online, Lebih Murah atau Lebih Mahal?

Yuhuuu tanggal muda....

Hayoo mana yang udah gajian? Traktir saya sinih!!! :D

Salah satu hal yang paling saya hindari saat tanggal muda adalah belanja ke supermarket. Ngantri cyiiin. Cuma beli baju sehelai, ngantrinya bisa dua jaman. Mulai jaman Phitecantropus Erectus sampai Megatropus Palaejavanicus, *berasa keren euy pakai bahasa latin kaya gitu, padahal artinya mah apa, kagak tau juga*.

Tapi untung ya, jaman sekarang pilihan tempat belanja semakin banyak. Kita bisa pilih mau belanja di supermarket A atau B, atau minimarket, atau pasar, atau... belanja online!

Setahun belakangan ini saya lumayan sering belanja online. Beberapa barang yang saya beli online diantaranya, baju renang anak, mainan anak, dress, ikat pinggang, kemeja, jilbab, jam tangan, handbag, dan underwear.

Kalo ngomongin soal belanja online, beberapa pertanyaan pasti akan muncul, terutama dari orang yang masih ragu untuk belanja online, seperti:

Belanja online itu lebih murah atau lebih mahal?

Belanja sambil leyeh-leyeh. Gambar: marketing.co.id

Ya wajar lah ya... yang pertama kali dibandingkan tiap orang saat memilih tempat belanja adalah harga, lebih murah atau lebih mahal.

Kalau menurut saya over all belanja online itu bisa jadi lebih murah loh. Kenapa?

  1. Ngirit ongkos taxi atau minimal angkotlah menuju tempat belanja. Ya kecuali kalo rumahmu letaknya di depan supermarketnya persis yang tinggal nyebrang ya. Kalo belanja online kan bisa dilakukan tanpa kemana-mana, cukup duduk manis di rumah buka laptop atau gadget. Kalau saya yang biasa kemana-mana sama duo bocah, dan ngangkot ke mall ngga cukup hanya sekali, kira-kira bisa menghemat Rp.20.000-Rp.100.000,-. LUar iasa yak, kalo dibuat belanja bisa dapet handbag cantik satu tuh!
  2. Ngirit karena ngga tergoda jajan di luar. Coba deh belanja ke mall, apalagi ngajak anak-anak, lewat restoran tiba-tiba perut menjadi lapar, akhirnya mampir makan. Belanjanya cuma habis Rp.20.000 (sengaja pilih barang obral yang paling murah biar irits) tapi makannya habis seratus ribu >.<
  3. Ngirit waktu. Karena belanja online ngga perlu ngangkot, ngga perlu ngantri di kasir, dan ngga perlu nunggu kembalian. Habis belanja bisa lanjut kerja, ngejar deadline, dapet duit, belanja lagi hahaha.


Tapi kan belanja online pakai ongkir juga?
Pasti deh bakal ada yang nyanggah kaya gini. Ngga ngangkot, tapi kan pakai ongkos kirim juga kak! Eit, siapa bilang ada kok toko online yang menggratiskan ongkir. Contohnya aja matahari mall. Saat ini eCommerce yang satu ini memberlakuakan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia. Jadi, kamu bisa belanja online murah di sini.

Nah gimana, bener kan kalo saya bilang belanja online itu bisa lebih murah? Tapi gimana kalau udah bayar barangnya ngga nyampe atau barangnya ternyata ngga pas, belanja online kan ngga bisa nyobain barangnya lebih dulu. Tenang, sekarang banyak eCommerce yang menyediakan fasilitas Cash On Delicvery (COD) artinya kita bayar setelah barangnya nyampe. 

Untuk barang yang ternyata ngga sesuai harapan, ada yang rusak atau warna dan ukuran ngga sesuai bisa ditukar kok dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selamat berbelanja online temans :)

twitter: @rahmiaziza
IG       : @rahmi.aziza

Komentar

  1. bener2 luar biasa ya...aku sekarang udah doyan belanja online loh mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii iya aku juga, ni balesin komen sambil intip2 online shop :D

      Hapus
  2. Hahaha semenjak punya Ghifa saya selalu ketagihan belanja online mbak. Nggak ribet hemat waktu pula. Seringnya belanja diaper harganya lebih miring di online daripada di toko2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah dulu aku pas anak2 maish pk diaper belinya di toko biasa, ternyata bisa lebih murah to?

      Hapus
  3. Iya.. Kalau dihitung2 kadang belanja online lebih murah. Kelebihan offline ya itu.. Bisa megang dan coba kalau untuk pakaian. Tp kalau untuk buku kan sama aja dipegang atau ga :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ngga bisa pegang bisa baca2 testimoni dr pembeli yg udah pernah beli di situ atau pakai produk itu

      Hapus
  4. iya sebelum belanja cek ricek duluu harga barang sejenis di toko biasa atau toko online lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nge BW-in online shop yo mak hihihi

      Hapus
  5. pilih belanja online yang free ongkir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo perlu barangnya juga free :D *beli apa malak hihihi

      Hapus
  6. Lebih murah dan lebih hemat kayaknya...aku sering sih belanja online..hehe :D

    BalasHapus
  7. Aku belanja online kalo beli gamis atau buku, yang lain belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah kalo beli buku mbak. Coba ah ntar hunting-hunting.

      Hapus
  8. saya pernah beli di suatu online shop. waktu itu barang gak sampai2. akhirnya pun saya pun diberi bonus konpesasi. yah walaupun begitu, toko online juga manusia pengurusnya. jadi tak apa lah kalo salah sedikit, gausah muluk2 pengen selalu sempurna :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting ada tanggung jawabnya ya

      Hapus
  9. Sejak memutuskan kerja dari rumah, belanja online lebih menggoda, nggak perlu keluar2 rumah, nggak perlu panas2an, klak klik aja, maksimal tiga hari barang udah nyampe ke rumah :) So far sih yang paling sering beli buku dan gamis, selainnya belum pernah deh kayanya hehehe, harganya juga jauh lebih murah. Apalagi buku, dibanding beli di toko yang terkenal itu, beli buku online diskonnya bisa banyak banget... biar hemat ongkir, belinya minimal dua atau tiga sekalian.. ada yang mo beli buku? Bisa lo di saya.. eeeh malah ngiklan.. kabuur sebelum dikejar mbak rahmi hihihi

    BalasHapus
  10. aku jarang banget belanja online. kayaknya kudu sering2 nih hihi

    BalasHapus
  11. Setuju mba rahmi belanja online lebih murah dan minim godaan. Eh tapi ga enaknya kita ga tahu asli barangnya gmn, cocok apa engga.

    Pengalaman beli baju pas di model kayaknya bagus, pas saya pake langsung kelelep... hikksss... salah sendiri juga sih ga lihat tinggi baju.. hiksss

    Eh tapi ga kapok kok ngonlen.. :-)

    BalasHapus
  12. belanja online lbih simpel, tinggal klik aja langsung deh nemu barang yg diiginkan

    BalasHapus
  13. Daku juga suka belanja online mba, ya baju, ya buku... aaaakk menggoda sekaliii :)).

    BalasHapus
  14. Sepatu, jam tangan, kasur, sampai lampu LED pakai online. Gampang banget gak pake pegel kaki

    BalasHapus
  15. lebih murah kalau udah free ongkir plus diskon :)))

    BalasHapus
  16. Aku biasanya bandingin dl. Kalo online lbh murah hayuk. Kalo toko lbh murah, waaa

    BalasHapus
  17. belanja teruss pokoknya... hahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar