Pergi Bareng Duo Balita

Apa yang ada di benakmu ketika harus bepergian bersama duo balita? Hanya bertiga, kamu dan dua balitamu. Kebanyakan teman saya sih pada wegah alias males, ngga mau kalo ngga karena terpaksa-terpaksa banget. Tapi kalau saya malah sukaaa banget.

Yang sering ketemu offline ma saya pasti sering melihat saya kemana-mana bertiga aja sama duo bocah. Entah itu acara santai sampai undangan brand buat blogger. Tapi belakangan saya mulai membatasi keikutsertaan mereka dalam acara-acara yang berkaitan dengan pekerjaan. Ngga enak juga sama pihak pengundang, yang diundang satu, datangnya bertiga >.<  Kecuali kalau saya sudah tahu ini acara santai sekedar ramah tamah atau udah minta ijin bawa anak dan diperbolehkan.

Saya bilang sama Thifa dan Hana, "Kalau acaranya jalan-jalan, boleh ikut Mama, tapi kalau pekerjaan tidak boleh. Thifa dan Hana d rumah nenek atau sama Ayah dulu." Alhamdulillah udah dua kali saya berhasil pergi acara tanpa duo bocah :)

Kalau untuk quality time saya memang suka pergi bertiga aja sama duo bocah. Yang bener-bener murni bertiga aja, biasanya jaraknya ngga jauh, paling ya sekitaran Semarang aja yang medannya udah saya kuasai. *Loh Semarang atau Medan sih?*
Kaya beberapa waktu lalu saya ajak Thifa dan Hana ke perpustakaan daerah yang ada di Jl.Sriwijaya. Jaraknya dari rumah lumayan juga. Pertama untuk menuju ke tempat angkot diantar sama si Ayah dulu. Habis itu ngangkot sampai depan Java Mall, lanjut naik becak ke perpus.

Di Perpustakaan Daerah ini ada ruangan khusus untuk anak-anak. Di sana tersedia berbagai macam buku bacaan buat anak juga mainan seperti perosotan, rumah-rumahan, boneka, scooter anak, dll. Pada hari-hari tertentu juga mengadakan les untuk anak-anak. Ada les gambar, nari, bahasa Inggris, dan pelajaran sekolah.



Hari itu selain ke perpus kami juga ke gedung wantia yang ada di sebelahnya, makan siomay sambil duduk di emperan, liat pameran buku, balik lagi ke perpus main-main, sholat di mushola, ke Mall makan paket gocengan, lanjut belanja. Kami pergi dari jam sepuluh pagi pulang sekitar jam empat sore.

Makan paket goceng dulu untuk mengembalikan stamina :D

Saya juga udah biasa ngebis bertiga aja sama duo bocah Kudus-Semarang. Biasanya kalo pas ke Kudus saya pengen agak lamaan tingal di sana. Karena Ayahnya kudu kerja, pulangnya duluan. Saya nyusul dua atau tiga hari lagi. Ya daripada dijemput si ayah naik mobil, kesian capek, udah gitu mengahabiskan bensin, taruhlah Rp 75.000,- mending ngebis aja, naik Patas Rp.24.000 bertiga udah nyampe Semarang. Selisih uangnya buat foya-foya hahaha *yaampuun foya-foya apa dengan uang lima puluh ribuu?*

Kalo yang agak jauhan misal ke Jogja, saya belum berani yang bener-bener pergi menggelandang bertiga aja. Tapi kalo bareng rombongan piknik gitu beranilah, meski ga bawa baby sitter khusus.

Kaya kemarin pas IIDN dan Gandjel Rel ngadain kunjungan ke penerbit di Jogja, saya berani aja ngajak duo bocah tanpa asisten khusus. Soalnya kan bis udah disewa, ada banyak temen-temen juga yang pasti sigap bantuin laah. Kemarin aja pas Hana tidur waktu kami jalan-jalan ke Jogja ada Mak Winda yang bawain tas. Pas Thifa mau pipis ada Mak Dedew yang mau nganterin ke kamar mandi dan bantu nyiramin. Makasih ya mak-mak semua atas bantuannya :*

Di kantor penerbit Bentang Pustaka

Bagi saya menyenangkan bisa quality time sama anak-anak di luar rumah sesekali. Ngga lelah? Saya justru lebih lelah kalo di rumah terus, lihat mainan yang berantakan, rumah yang baru dipel kotor lagi, dll. Kalo di luar rumah ngga peduli sama itu semua hahaha.

Apa yang harus dipersiapkan ketika jalan-jalan hanya bertiga aja sama duo bocah? Saya sih biasanya bawa tas ransel, biar mudah aja bawanya, apalagi kemungkinan jalan sambil gendong Hana sangat besar.

Lagian bawaan kan juga lumayan banyak ya. Bawaan wajib saya basanya baju ganti masing-masing anak minimal satu stel, sama air putih.

Selain itu sebelum pergi anak-anak biasanya saya bilang-bilangin dulu, :"Kita mau pergi bertiga aja, Ayah ngga ikut, nurut sama Mama, jangan minta yang macem-macem, kita ke mall cuma lihat-lihat aja. Kalo mau pipis bilang, ngga boleh ngompol. Kalo ada anaknya temen Mama mai loh ya, berani ngajak kenalan duluan, kalo ngga, ngga usah ikut aja besok-besok kalo Mama jalan-jalan lagi." Ya yang kaya gitu-gitu deh. Alhamdulillah pas diajak ke KFC ngga ribut minta paket yang mahal, kami makan menu goceng ajah *emak pelit*, trus kemaren pas ke Jogja juga mau ngajak main duluan Alde anaknya Mak Dedew, hehehe.

Semacam uji nyali juga kemarin pergi bareng duo bocah. Insya Alloh Mei mau ngetrip ke Belitong, bareng temen-temen juga (yang kebanyakan blogger), jadi latihan dulu sedari sekarang huehehe.

Kalo temen-temen gimana? Suka juga pergi jalan-jalan bareng balitanya juga?

twitter: @rahmiaziza
IG       : @rahmi.aziza

Komentar

  1. aku paling seneng kalo jalan2 bawa anak.
    dari umur balita aku sering bdua aja ma olive keliling2 entah itu pake motor atao angkot, seruuu maak!! sensasinya luar biasa, yang ga bakalan terulangh lagi keriweuhannya hahhaa ..

    Aiihh Thifa ma adeknya seneng tuuh ngintil emaknya, ayoo truss ekoot yaa jangan ampe emaknya pergi sendiri hihiih

    BalasHapus
  2. Aku sering Mak :) kadang bareng kakaknya yang 10 tahun, kalo pas pengajian semua ikut, ya salaam berasa pindah tempat momongan aja hahahha... tapi menikmati kok mak kalau sesakli keluar rumah :)

    BalasHapus
  3. iya yang penting bawa baju ganti, minum dan snack, udah pasti aman lah :D

    BalasHapus
  4. Aku belum punya balita, Mak (ya iyalah kang single :D) Jadi kalaupergi-pergian biasanya kalau ga sendirian ya ama temen. Foya-ffoya 50 rebu aja? Bisa banget, hehehe. Kuliner jalanan bisa dapet, kok hehehe Eh tapi kalau bertiga kayaknya kurang kenyang.

    BalasHapus
  5. ah senangnya mba, waktu bareng anak memang berharga banget, besok besok malah belum tentu mereka mau diajakin pergi ya,, *love*

    BalasHapus
  6. Iyaa... pergi bertiga juga. 1 bayi dan 1 balita.. kadang heboh kadang seru.. hihi

    BalasHapus
  7. suka jalan-jalan bareng boyz. cape juga kalo sendirian bawa 3 bocah pecicilan. etapi makin gede, makin aman ga terlalu lari2an :D

    BalasHapus
  8. Ga apa2 dibawa kesana kemari biar pinter dan berani. Ribet sih tapi ayem kan klo mereka dibawa :)

    BalasHapus
  9. Saya suka bawa kalau dibolehin panitia, tp seringnya ga boleh jd ga ikut deh :D

    BalasHapus
  10. Kalau saya udah kayak anak ayam dan induknya bu kemana mana bertiga dengan anak anak. Maklum singel parent yg memang hidupnya bertiga. Kl kerja anak sekolah jadi pulang sekolah dan pulang kerja kumpul lagi bertiga gak pernah berpisah.

    Kalau ada tugas dr kantor baru dititip ke rumah embahnya itupun harus direncanakan jauh jauh hari karena anak anak dr kecil tidak pernah jauh dr saya.

    BalasHapus
  11. Aku gak pernah ngajak anak2 ngangkot, ya karena bapaknya selalu ngantar kemana2. Seru kalo lihat thifa ama hana ngintil emak, gaya mereka menghibur juga, apalagi pas mainan ama alde, wkwkwkk

    BalasHapus
  12. Salut, keren banget. Memang kudu dilatih. Aku dulu nggak sanggup, pasti bawa asisten kalau anak2 krucils ikut. Mamah2 skrg lebih mandiri.

    BalasHapus
  13. Kalo ngebis ber 2 pake bangku 1 atau 2 bunda ??? #EhGwKepo hahhaa

    BalasHapus

Posting Komentar