Tahun 2015, Ngapain Aja?

Tahun 2015 sudah mau berakhir. Tahun 2015 ngapain aja saya?

Yaa... seperti manusia kebanyakan pengen ikut-ikutan mereview apa saja hal positif yang saya lakukan dan dapatkan di tahun 2015. Yamasa mereview produk orang lain terus, sesekali pengen ngereview pencapaian diri sendiri juga, sebagai wujud syukur, dan introspeksi.

foto keluaga duluuu


Pencapaian
Di bidang ngeblog, awal tahun 2015 saya mendapat kejutan manis dengan memenangkan sebuah lomba yang suer sama sekali saya ngga nyangka dan ngga ngarep. Ih tumben saya ngga ngarep menang. Ya soalnya waktu itu katanya hadiah buat pemenang hanya tiket PP kota domisili-Singapura buat berdua. Kalo saya dapet, terus mau pergi pasti anak-anak harus ikut kan. Karena Hana baru setahunan umurnya, dan Thifa kasian juga kao mau ditinggal. Nah itu artinya harus nomboki biaya pesawat Thifa, belum lagi biaya nginep sama makan di sana. Pas lagi ngga punya duit pulak.


Jadi yaudah ikutan lomba itu bener-bener ngga ngarep. Saya iseng aja ikut lomba karena tulisan yang buat reportase acara yag udah saya buat bisa skalian dilombakan.

Eh ngga nyangka menang, juara satu pulak. Akhirnya tiket PP Singapura saya kasih untuk adik saya. Dan yang surprise ternyata dapet uang saku lumayan, sebagian saya kasih buat adik yang mau ke Singapura, sebagian saya tabung deh hehehe.

Bulan Februari 2015 saya dan beberapa orang teman (Dedew, Uniek, Wuri, dan Taro) membentuk komunitas blogger perempuan Semarang, yang kami namai Blogger Gandjel Rel. Sengaja kami pilih nama ini supaya ada ciri khas Semarangnya, mengingat gandjel rel merupakan makanan khas Semarang.

Alhamdulillah, saya ngerasain atmosfir yang berbeda setelah keberadaan komunitas GR. Blogger-blogger perempuan Semarang jadi lebih menunjukkan potensi dan eksistensinya, menurut saya sih begitu. Atau jangan-jangan cuma saya yang ke -GR-an ya hihi.

Bulan Maret 2015 saya memberanikan diri menjadi salah satu kontributor di web traveling HelloSemarang.com. Menurut saya ini tantangan banget, karena sebelumnya saya paling sulit menulis traveling. Liat aja di blog ini, sebelum bulan Maret tulisan traveling kayaknya cuma satu deh. Waktu baru gabung menjadi kontributor sempat terlintas perasaan cemas,mau mulis apa saya ini, mengingat saya jalan-jalan atau makan di luar juga jarang banget. Tapi Alhamdulillah, semua bisa saya jalani dengan baik. Gara-gara nulis di web itu saya sekarang tiap makan apa atau pergi kemana pasti ngga lupa poto-poto dulu, uda ngeluarin duit buat makan, harus jadi satu tulisan, atau lebih kalo bisa hahaha ngga mau rugi banget.

Mulai bulan Maret itulah saya dapet penghasilan tetap perbulan, selain dari job sebgaai kontributor, ada satu lagi kerjasama dengan brand yang kontinyu berjalan sampai saat ini. Alhamdulillah banget, saya ingat sebelumnya pernah menuliskan impian saya, bisa dapet penghasilan tetap bulanan dari blog. Waktu itu saya juga ngga tahu gimana caranya blogger dapet penghasilan tetap. Tapi sungguh Alloh maha kaya dan maha pemurah, saya dibukakan jalan untuk itu. Selain penghasilan tetap ada penghasilan tambahan juga dari job review dan job sebagai buzzer. Alhamdulillahhh... Apalagi, tahun ini lumayan rame event blogger di Semarang. Moga tahun depan juga demikian yaah.

serunya event blogger ^_^


Tahun 2015 ini beberapa kali juga saya menjadi pembicara pada pelatihan ataupun seminar. Jadi inget saya pernah curhat-curhatan sama si Ayah, Saya bilang, "Setelah menerbitkan komik, selanjutnya saya ingin menjadi speaker." Alhamdulillah, Alloh membukakan jalan lagi. Dimulai dari mengisi pelatihan ibu-ibu di RT saya yang pengen bisa internetan, setelah itu datang tawaran ngisi pelatihan blog di Ungaran, ngisi seminar personal branding di kampus, dan pelatihan menulis socmed di Kendal.

Tahun ini juga saya mulai mempekerjakan asisten buat membantu saya mengerjakan komik Mak Irits, dan ilustrasi-ilustrasi lain yang saya butuhkan. Ahamdulillah dengan begitu ide-ide saya yang berkaitan dengan komik bisa tereksekusi dengan baik. Mak Irits bisa lumayan rajin update di fanpage, instagram, dan webtoon. ((LUMAYAN))

Yang Belum Tercapai
Kalo tadi udah pamer-pamer pencapaian, sekarang saatnya introspeksi, apa yang belum tercapai di tahun ini. Seingat saya, saya pengen bisa nerbitin Komik Mak Irits yang kedua dan nerbitin buku lain. Ngga ada yang tercapai hehe. Eh bukan ngga ada, tapi belum, berarti masih ada harapan ya :p.

Untuk komik Mak Irits cetak yang kedua memang saya memutuskan pending dulu. Sebagai gantinya saya menerbitkan cerita-cerita baru di Webtoon. InsyaAlloh rutin setiap Rabu. Komiknya bisa dibaca gratis. Caranya kamu tingga bikin akun di line, trus instal Webtoon. Udah deh bisa baca komik gratis di sonoh! Hayoo, mana kemarin yang ribut aja minta komik Mak Irits gratis? ^^'

Yang Ingin Dicapai Tahun Depan
Ngga perlu nunggu tahun depan kali ya, untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. Harusnya mulai saat ini juga. Tapi kebanyakan orang suka cari momentum, kaya momen tahun baru, kenaikan kelas, ulang tahun, dll. Yagapapalah tinggal bentar ini tahun baru, sekarang leyeh-leyeh sik hihihi.

Taun depan pengennya bisa lebih mendisiplinkan diri sendiri dan anak-anak terutama dalam hal sholat. Terus pengen lebih fokus ke pendidikan Thifa yang masih belum mau kembali ke sekolah. Kemarin sih dia bilang pengen ikut les lukis di Merby, jadi tahun depan mau coba kelas trial dulu.

Dalam hal blogging mau belajar menulis lebih baik lagi. Kalo dulu masih pemula, prinsip ngeblog menulis untuk diri sendiri, sekarang harus mengalami peningkatan, ngeblog memang diniatkan juga agar bermanfaat bagi orang lain. Pengen juga bisa lebih banyak menang lomba blog hahaha.

Tetep lanjut komik Mak Irits, rencana ke depan pengen bikin animasi pendek komik Mak Irits, doakan terlaksana ya temans. Moga-moga melalui komik Mak Irits, saya dapat mendulang pahala dengan membuat orang lain tertawa dan bahagia, aamiin ^_^

Satu hal lagi nih, pengen bisa terus sharing ilmu dan pengalaman, di bidang nulis dan blogging. Melanjutkan program kerja dari komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang dan Gandjel Rel, yaitu roadshow menulis gratis. Jadi buat kamu yang di Semarang dan sekitarnya, yang pengen belajar nulis (cerpen, cerita anak, personal literatur, dll) atau ngeblog, kami siap mengisi materi secara GRATIS, syaratnya cuma satu, kamu yang koordinir acaranya, jadi kami tinggal datang memberi materi. Harap maklum ya, kami di sini kebanyakan emak-emak rempong, yang lajang juga ada tapi sama rempongnya hihihi. Makanya, untuk saat ini masih agak repot menghandle acaranya. Jadi ini salah satu solusi bagi kami yang rempong tapi tetep ingin berbagi.

Founder Gandjel Rel (minus Dedew) ngobrolin masa depan, uhuk. Foto by Vivinya mak Uniek K

Itulah sedikit cerita tentang apa yang saya lakukan di 2015. Bagaimana denganu temans? Tahun 2015, ngapain aja?


twitter : @rahmiaziza
IG        : @rahmi.aziza

Komentar

  1. Pencapaiannya sudah banyak yak, mb Rahmi? Aku masih iyik-iyik.... baru mau melangkah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ika juga keren, rajin banget ngeblognyaa

      Hapus
  2. Saluuuut, keren banget Mak Irits nya. Semoga semakin sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba ety.. sudah turut mengalirkan royalti komik Mak Irits ^_^

      Hapus
  3. Alhamdulillah, ikutan senang juga, ikut kecipratan rezeki dari ngeblog setelah aktif di komunitas, hihiii

    Moga makin sukses dan barakallah ya Rahmi :D

    BalasHapus
  4. asyik ya bisa menang lomba dapat tiket gratis. wah ternyata komikus juga ya? semoga semakin sukses di tahun-tahun berikutnya mak. saya juga ada kesan di tahun 2015 kisahnya saya tulis di blog judulya: Yang teristimewa di tahun 2015.

    BalasHapus
  5. Semoga tercapai mak target di tahun mendatang

    BalasHapus
  6. Aku kok malas ya mau bikin refleksi tahun ini dan resolusi tahun depan. Bukannya apa-apa, banyak yang meleset..hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa kong kalo meleset jadin resolusi tahun berikutnya lagi hihihi.

      Hapus
  7. Kereen kereeen keereeen! semoga nular ke saya Mak, tapi harus banyak belajar nih, biar kaya Mak Irits hihihi -blogger balita :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama belajar maak akupun masih blogger balita, wong mulai aktif ngeblog tahun 2011 akhir hehehe

      Hapus
  8. di tahun 2015 saya udah punya motor sendiri he

    BalasHapus
  9. Pencapaiannya heubat bgt mak...

    BalasHapus
  10. Selamat mak, mantap sekali nih sampai bikin komik juga. Kalo aku targetnya saat ini sih yang penting bisa konsisten ngeblog aja. Sempet lama vakum soalnya :D

    BalasHapus
  11. banyak sekali yang udah dilakuin di tahun 2015 ini :)

    BalasHapus
  12. Semoga program roadshownya ntar berjalan dg lancar ya, Mbak. ;)

    BalasHapus
  13. Semoga ditahun yang akan datang semua yang diresolusikan tercapai ya mak :), btw aku kan engga tinggal di semarang tapi dipekalongan boleh tak gabung di Blogger Gandjel Rel secara di pekalongan komunitas blogger perempuannya engga ada :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mbaa, join aja dulu di grup facebook Gandjel Rel

      Hapus
  14. Barakallah Mba Rahmi...
    keren deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dibilang keren hehehe

      Hapus
  15. Mbaa, foto palingbawah itu, kok bajunya engga asing ya? #GagalFokus

    BalasHapus
  16. Waaah alhamdulillah pencapaiannya banyak banget ya mba...smoga tahun depan makin cemerlang

    BalasHapus
  17. Keren mak yang ke Singapura. Apa ga bisa anak2 dititipin dulu eheheh *kompor. Semoga makin sukses tahun depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu pas lagi butuh duit mak, jadi mending sangu yang dikasih sama penyelenggara ditabung hehehe

      Hapus
  18. Keren euy tahun 2015 bertaburan pencapaian yg menggembirakan. Semoga makin bersinar ditahun 2016 ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah apapun pencapaiannya aku syukuri mak. Mak Muna juga keren, beberapa buku baru terbit tahun 2015 kaan?

      Hapus
  19. RESOLUSI 2016-ku adalah ketemu para emak blogger hits semaraaaaanggg!!

    *aamiiiin*
    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayolah ke Semarang, ntar kusambut dengan karpet meraah hihihi

      Hapus
  20. Mantap sekali yang sudah dilakukan di tahun 2015 :). Suksess selaluu, mba Rahmi

    BalasHapus
  21. keren banget tetanggaku satu ini hehe...

    moga moga taun depan makin sukses ya mak aamiin...

    aku masih bole ga sih gabung sama IIDN dan ganjel rel...secara udah ga di semarang...hiks...kadang pengen share ke situ tapi takut ga relevan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh lah mbaaa, gapapa, santai aja, ntar pas mudik kita kopdar yes ;)

      Hapus
  22. waah, jd skrg rajin ngewebtoon ya... aku mau intip lg deeh. btw, smoga resolusi th depan tercapai yaa.. Sukses buat Gandjel Rel juga.. muach

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoolah baca terus Mak Irits di webtooon, dan kaish like sama komennya ya kakakkk

      Hapus
  23. semoga prestasinya terus meningkat yaaa mbak di dunia blogging serta nama makirits trus berkibar. Suksesjuga untuk th 2016 dan terwujud semua resolusinya :)

    BalasHapus
  24. maju teruuuus ya mbaaa...ditunggu mak irits keduanya hehehehe :)..fans niiih :)

    BalasHapus
  25. Keren, Mak Irits prestasi nya. Amin semoga komik nya bisa jadi animasi yah. Pasti ngehits abiiss :*

    BalasHapus
  26. Pencapaian tahun 2015 luar biasa (hadian ke S'pore, GR, Hello Semarang, kontributor, Mak Irit yang bikin gemes, dll) itu butuh perjuangan yang hebat kan mbak Rahmi..?

    *Semoga di 2016 semakin hebat lagi dan paling penting tetap berbagi dan menginspirasi, terutama menginspirasi saya yang masih kebingungan mo ngapain..wkwk.. :)

    BalasHapus

Posting Komentar