Ke Jakarta dengan Kereta Brantas


Waktu kami merencanakan akan pergi ke Jakarta sambil membawa duo bocah, sempet mkir enaknya naik kereta atau pesawat ya.

Ngga sampe bingung lama sih, karena kondisi kantong denan cepat memberikan jawabannya hehehe. Sebenarnya tiket pesawat ke Jakarta ngga begitu mahal cuma tiga ratus lebih, kalo PP jadinya tujuh ratusan lah. Itu kalo sendiri, kalo kali tiga????

Akhirnya kami memutuskan ke Jakarta dengan kereta. Saya bilang sih mending malam aja, pas jam anak-anak tidur. Udah ngerasain riweuhnya bawa nak-anak naik mobil pas siang hari, terutama Hana nih yang ngga bisa diem kalo di mobil. Seringkali bosen juga kalo lama di dalam mobil.

Tante dari Kudus yang kami minati tolong membeli tiket kereta. Akhirnya dapet tiket yang lumayan murah cuma Rp 90.000 perorang, yaitu kereta api ekonomi Brantas, jurusan Jakarta-Kediri.

Bawa duo bocah naik kereta api ekonomi? Apa ngga kesian anaknya? Saya sih dari awal nyante aja, karena katanya sekarang kan kereta api ekonomi juga ber AC jadi ngga ada yang ngerokok, dan ngga bisa sembarang orang (kaya penjual) keluar masuk kereta jadi InsyaAlloh nyaman lah. Apalagi duo bocah juga udah pernah saya bawa naik bis dan angkot. Thifa malah pernah naik bis yang penuh sesak di siang hari. Selain itu kita perginya juga banyakan orang.
Kereta Api Brantas berangkat dari stasiun Tawang Semarang sekitar pukul 19.30 sampai Jakarta stasiun Pasar Senen sekitar pukul 02.30 dini hari. Pas pulang, dari jakarta sore sekitar pukul 16.00 sampai Tawang sekitar pukul 23.00.

Untuk anak usia tiga tahun free tapi ngga dapet tempat duduk sendiri. Kalo kita mau beliin tempat duduk harus atas nama orang dewasa. Tapi tetep harus dibuatkan tiket atas nama dia ya. Pengalaman kemarin karena kami pikir free pas pulang ngga dipesenin tiket atas nama Hana, ternyata harus, jadi di Senen kami ngurus dulu pembuatan tiket buat Hana. Ga bayar seh.

Kereta api Brantas kursinya berhadap-hadapan 3-2. Artinya satu sisi tiga-tiga, sisi satunya dua-dua. Kurang enaknya kalo yang berhadap-hadapan sama kita orang lain yang ngga dikenal, jadi kurang nyaman. Kakinya bisa senggol-senggolan, kalo kita tidur ngiler bisa ketahuan hihihi.

tempat duduk kereta api ekonomi
duduknya berhadapan

AC nya lumayan dingin, cuma kursinya aja yang agak keras, ngga bisa juga diatur kemiringannya jadi ya agak salting juga pas mau bobo, badan berasa pegel semua. Kalo anak-anak sih karena tidurnya ngga sambil duduk gitu, tiduran di pangluan pake bantal, kayaknya nyaman-nyaman aja. Buktinya mereka ngga sambat badan pegel tuh.

Di kereta ada rak penyimpanan barang di bagian atas tempat duduk, kalo ngga cukup, masih bisa dimasukkin ke kolong kursi. Ada meja kecil (banget) di deket jendela dan ada chargernya, jadi mayan bisa ngecarge hape yang lobet.

Ngga perlu bawa bantal sendiri dari rumah, ribet, males kan kalo bawa macem-macem pating printil, ntar malah ilang ato ketinggalan. Kaya saya dulu pernah bawa bantal kecil ke Malang, ketinggalan pas pulang.

Di kereta ada yang nyewain kok, cuma Rp 5000,- pake sepuasnya aal masih dalam kereta ya, jangan dibawa pulang hehe. Lapar? Ada juga kok yang jual makanan. Menunya lumayan banyak, ada nasi goreng, nasi ayam gorng, nasi ayam balado, terus apa lagi ya lupa. Harga sekitar Rp 20.000. Ada dijual minuman dan snack juga. Harganya masih wajarlah,Rp 3000,- untuk air mineral.

Kamar mandipun tersedia, tapi hanya digunakan saat kereta jalan ya. Pas kereta berhenti tahan dulu, atau kalo sempet lari bentar ke WC. Lumayan bersih meski agak pesing pas saya kemarin dua kali ngajak Hana pipis di situ. Klosetnya kloset jongkok dan disiramnya pake semprotan kaya yang boasa ada di kamar mandi mall itu.

wc kereta ekonomi
WC nya mayan laah

Itulah review saya untuk kereta api ekonomi Brantas, barangkali ada yang mau naik kereta ekonomi masih ragu, bayangannya kira-kira begitu lahya.. Moga bermanfaat :)

twitter: @rahmiaziza
IG       : @rahmi.aziza

Komentar

  1. Balasan
    1. Perorang, kalo berempat murah bingiiits hihih

      Hapus
  2. Sudah improve banget ya Mbak kondisi kereta api Indonesia. Nyaman meskipun untuk kamar mandi masih perlu peningkatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes agak pesiing hehe, karena yang makenya juga nih nyiramnya kurang bersih :D

      Hapus
  3. not bad ya kereta ekonomi nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap klo rame2 enak kereta ekonom, kalo sendirian mending eksekutip tapi kalo ada duit hehe

      Hapus
  4. baru tau kereta eknomi ada ACnya,enak ya sekarang mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang kereta ekonom ada ACnyaa

      Hapus
  5. Balasan
    1. ya mbaakcuth kaya yang kubilang d postnganku, kursiinya keras jad ya pegel-pegel gtu, tap cepet lang kok pegelnya kalo dah sampe rumah hehe

      Hapus
  6. Jarang naik kereta jadi rada ngeri gitu.
    Tapi liat liputannya ga ngeri2 amat yah, Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mayan dengan harga terjangkau aja, cuma belum nemu cara duduk yang enak biar ngga pegel hehe

      Hapus
  7. Aduuh mak closednya, heheheee... kalo yang bisnis closed duduk sih, harga juga beda jauh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lebih suka kloset jongkok mba Watii. Kalo yang tersedia kloset duduk aku dan anak2 tetep aja jongkok hihi

      Hapus
  8. kukira kereta ekonomi itu panas dan desek-desekan. Trus banyak pedagang bawa sayur, ayam... hehehe... Udah gak jaman yah yang kayak gitu :P

    Ternyata keliatannya gak seburuk itu toh :D

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah naik kereta ke jawa, kapan kapan coba naik kereta ini

    BalasHapus
  10. Kereta sekarang memang sudah cukup bagus gerbongnya, aku dulu dari surabaya ke semarang juga udah ada AC nya, nggak ada pengamen atau orang jualan dari luar gitu. Setiap beberapa jam ada layanan makanan datang dari pihak keretanya, nyaman deh pokoknya. :D

    BalasHapus
  11. skrng kereta api sudah enak enak ekonomi juga ac dan sudah tidak ada yang dagang asongan lagi.. :)

    BalasHapus
  12. Kereta ekonomi sekarang enak... 2 kali ke surabaya naik kereta maharani. bayarnya cuma 60rb, nyaman.
    ada AC tapi agak panas sih karena siang2 dan penumpangnya penuh ;)

    BalasHapus
  13. Belum pernah sih naik kereta ekonomi lagi. Tapi semua kereta sudah lebih nyaman koq

    BalasHapus
  14. Terbilang bagus yaa dengan harga segitu mah mbak ..

    BalasHapus

Posting Komentar