Wisata Belanja di Sekitar Masjid Menara Kudus

Halo temans,

Ada yang udah pernah berwisata ke Kudus? Sudah mampir ke masjid menara Kudus apa belum?

Beberapa waktu lalu saya mengajak sodara dari Medan jalan-jalan ke masjid menara Kudus. Anaknya minta dibelikan blangkon. Perkiraan saya, mungkin di sekitar masjid menara Kudus sana ada yang jual, jadi saya bersama suami, anak-anak, dan juga Papa saya ngajak sodara saya itu ke sana.

Sebelum nyari blangkon, saya mengajak mereka masuk masjid menara Kudus dulu. Masjid ini adalah salah satu bangunan bersejarah di Kudus. Sebenarnya saya belum pernah masuk ke masjid menara Kudus sampe ke dalam. Baru di terasnya aja sama ngintip-ngintip ke dalemnya. Padahal dari semenjak SMA saya sudah tinggal di sana. Mungkin karena merasa tinggal di Kudus jadi saya mikir gampanglah sewaktu-waktu kan bisa ke sana hehehe.

Baca dari berbagai sumber tentang sejarahnya, masjid ini dibangun pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 HijriahKonon,  Ja’far Sodiq atau yang dikenal sebagai Sunan Kudus  pernah membawa kenangan berupa sebuah batu dari Baitul Maqdis di Palestina, yang kemudian dijadikan batu pertama pendirian masjid yang diberi nama masjid Al-Aqsa. Masjid tersebut kemudian lebih populer dengan sebutan masjid Menara Kudus, merujuk pada menara candi di sisi timur bangunan utama.



Thifa bergaya di depan Menara Kudus
Setelah puas lihat-lihat masjid, kami melanjutkan untuk wisata belanja di sekitar menara Kudus. Seperti tujuan utama kami tadi mencari blangkon. Ternyata saya tidak salah duga, persis di depan masjid ada los yang menjual blangkon. Selain blangkon di sekitar menara sini banyak yang menjual kaos bercorak Kudus, tasbih, jenang, batik, baju muslim, jilbab, dan lain-lain.

Yang menarik perhatian saya adalah baju muslim anak seharga Rp. 20.000,-. Murah bingits kan ya. Saya langsung ambil satu buat Thifa, satu lagi yang buat Hana harganya cuma Rp 8.000,- beneran loh ngga kekurangan nol ituh!!! Ya kayaknya sih memang itu bahannya dari kain perca yang disatu-satuin gitu tapi bagus kok!



Oya Kudus emang terkenal dengan konveksinya.Banyak pabrik kaos, baju muslim, jilbab di sini. Di pasar dekat tempat tinggal saya aja, kulakan jilbabnya di Kudus katanya. 


ini loh baju seharga 20 ribu, minus jilbabnya yaa

Baju yang buat Thifa masih agak kebesaram, pikir saya ntar pas lebaran kan pas, jadi ngga usah beliin baju lagi hihihi.


Kalau menjelang bulan puasa, menara Kudus dan sekitarnya lebih ramai lagi. Karena ada tradisi unik menjelang Ramadhan yang rutin diadakan tiap tahun. Yaitu dandangan.


Menurut keterangan beberapa sumber, awalnya, dandangan adalah tradisi berkumpulnya para santri di depan Masjid Menara Kudus setiap menjelang Ramadan untuk menunggu pengumuman dari Sunan Kudus tentang penentuan awal puasa. Setelah keputusan awal puasa itu disampaikan Sunan Kudus, maka dipukullah beduk di Masjid Menara Kudus, yang bunyinya “dang-dang-dang”. Nah, dari suara beduk itulah, istilah dandangan lahir.



Karena banyaknya orang berkumpul, kemudian dimanfaatkan para pedagang untuk berjualan di lokasi itu. Lama kelamaan lokasinya ngga cuma sekitar menara, melebar sampai ke perempatan Jember dan dekat alun-alun simpang tujuh.

Kemarin pas ke Kudus. Alhamdulillah saya juga sudah mampir ke dandangan, Berasa ada yang kurang aja sih kalo ke Kudus menjelang puasa tapi belum ke dandangan hihihi.

Oya selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ya manteman, mohon maaf lahir dan bathin ;)

@rahmiaziza

Komentar

  1. Bagus loh bajunya. Serius 20 ribu?
    Awalnya untuk kumpul santri, lama2 murni pasar rakyat ya mbak

    BalasHapus
  2. Mbok tadinya aku ditalangi, mbak.. Hehe

    BalasHapus
  3. Murah banget ya gamisnya, bagus juga modelnya, knaoa gak dijualin aja mak

    BalasHapus
  4. blm pernah ke Kudus mak... Thifa lucu baget, dgn harga 20 ribu, bajunya memang bagus :)

    BalasHapus
  5. Murah sekaliiii, dan cantik Thifa memakainya. Ramadhan gini penjualan baju muslim pasti meningkat ya mak

    BalasHapus
  6. Murah bangeet... bajunya bagus deh. :)

    BalasHapus
  7. wah...murah banget ya Mbak....rejeki banget ya dapet yg seharga 20 ribu utk baju anak...

    BalasHapus
  8. waduh murah banget mbak 20 ribu, baju nya bagus

    BalasHapus
  9. Adat tiap daerah menjelang bulan Ramadhan beda" yah mba,.

    BalasHapus
  10. itu baguus ko harga 20.000 .. murah banget

    BalasHapus
  11. Aku sudah pernah ke sana, Mak. Tp krna sampainya malam, jadinya ga bisa menikmati arsitekturnya dg baik

    BalasHapus
  12. bagus juga mba bajunya, engga kelihatan itu baju harganya 20rbuan

    BalasHapus
  13. bajunya bagus mbak,itu seriusan harganya 20.000??

    BalasHapus
  14. Harganya murmer ya, Mbak. Apik bajunya. Pas. ..

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah ke Kudus. Met berpuasa juga mbak...

    BalasHapus
  16. Murah bgt hrgnya, bagus juga bajunya. saya pernah ke masjid kudus dulu bgt. Tapi belum ada yg jual baju anak murah hehe

    BalasHapus

Posting Komentar