Minggu, 21 Juni 2015

Sinetron Para Pencari Tuhan, Menghibur di Kala Sahur

Halo temans, apa tayangan televisi yang paling kamu tunggu saat sahur? Kalo saya sih Para Pencari Tuhan (PPT) yang sekarang udah sampai jilid ke sembilan. Berarti dari tahun 2007 sinetron PPT inih tayang, pas saya masih kerja di Makassar ituh!

Tayangan TV garapan Deddy Mizwar kebanyakan saya suka sih. Sebelum PPT ada lorong waktu yang sampai jilid enam dan tayang sore hari menjelang berbuka.

Apa yang saya suka dari PPT? Menurut saya sih PPT itu gambaran real dari kehidupan manusia. Ngga lebay. Islami, tapi tidak menggurui. Saya suka sama dramanya Aya dan Azam. Aya yang cemburuan dan selalu cari perhatiannya Azam, itu kok saya banget ya sama ayahnya duo bocah hihihi.

dari webnya SCTV, tapi sekarang udah PPT 9 ya


Karakter para pemain di PPT unik dan kuat. Selain itu menggambarkan manusia pada umumnya yang punya kelebihan maupun kekurangan. Sering banget nih kalo saya nonton sinetron karakternya suka pada ekstrem, terutama untuk tokoh utama. Yang baik, baiknya kebangeten, udah gitu pinter, cantik, atau ganteng. Yang antagonis jahatnya ngga ketulungan, ngga ada sifat baek-baeknya.

Tapi coba lihat PPT, ada Aya yang cantik tapi angkuh. Bang Jack yang kadang bijak kadang asal nyablak dan nyeleneh sampai pernah saingan sama tiga muridnya pedekate ke Kalila. Ada Pak RW yang suka bilang "wedus" tiap kali modusnya untuk dapetin duit dengan cara yang ngga bener nyaris ketahuan warga. Ada si Bonte yang dulu suka bilang ciye, ciye, ciye tapi sekarang udah insyaf. Ada si Loli mantan pembantu Pak Jalal yang setia tapi suka lebay dan masih banyak lagi.

PPT berhasil mengaduk-ngaduk perasaan saya. Nonton ini membuta hati saya gembira, seringkali ketawa, terkadang sedih juga.  Beda banget sama sinetron kebanyakan, yang kalo adegan sedih udah deh bakalan selama hampir satu hari tayang isinya nangis-nangis. Lebay menurut saya mah!

Selain itu sinetron PPT ngga dipanjang-panjangin. ramadhan berakhir, ya berakhir juga sinetron ini.

Almost perfect sih kalo menurut saya. Dari 1-10 saya kasih nilai 9. Kekurangannya mungkin nih ya PPT agak kurang memperhatikan detail aja. Saya suka bertanya-tanya, kok di kampung ini ngga ada anak-anak sih kayaknya. Iya emang jarang ditunjukkin ada sekumpulan anak-anak lagi main misalnya, kecuali kalo pas nyeritain keluarga Asrul yang memang punya banyak anak.

Ada satu episode PPT yang sempet bikin saya sebel banget juga. Kalo ngga salah episode 7. Waktu itu lagi banyak banget sponsor kali ya, jadi iklannya buanyaaak banget. Sebenarhnya sih bersyukur juga, jadi paling ngga saya yakin sinetron ini bakalan tetap ada karena ada sponsor. Cuma yang paling menyebalkan adalah di sela-sela filmnya juga ada kuis yang siaran langsung, dan suka hore-horean ngga karuan, ketawa-ketiwi ngga jelas gitulah kaya stasiun tivi tetangga hehehe. Maunya saya sih kalo ada kuis, ya monggo tapi ngga usah lebay gitu lah, biasa aja jawab pertanyaan trus dapet hadiah. Hanya sekedar masukan aja hehe.

Untungnya kuis geje itu sekranag udah ngga ada lagi, tapi mudah-mudahan sponsor tetep banyak ya, karena saya jujur ngga pernah bosen nonton ini. Bahkan kadang udah nonton menjelang sahur. Siaran ulangnya, di sore hari juga saya tonton lagi. Dan pengen banget deh rasanya nonton dari episode pertama, pengen nostalgia. Ada ngga ya kira-kira dijual dvd nya? Pengen beli ih kalo ada. Yang tahu plis info yaa.

Oya di PPT jilid sembilan inih ternyata ponakan saya (anaknya sepupu) yang dari Medan masih ikut main. Berperan jadi Domino ponakannya Bang Jack. Waktu pas acara kumpul keluarga di Kudus, dia ngga bisa ikutan datang karena lagi syuting PPT kata bapaknya.

Itulah temans, tontonan menghibur di kala sahur menurut saya. Kalo kamu mau nonton juga, pantengin aja SCTV selama bulan puasa ini jam tiga pagi mulainya. Atau kamu punya tayangan favorit lain? Share yuk!

@rahmiaziza

10 komentar:

  1. Sama mb, aku ngikutin ceritanya dari jilid 1 sampai sekarang. Menurutku sinetron yang bagus ya yg kayak gini, nggak dibuat-buat ...semoga lanjut terus sinetronnya.

    BalasHapus
  2. Sama Mak. Dari Kiamat Sudah Dekat sampe PPT ini aku suka. Bener2 beda dari sinetron kebanyakan yg ada di TV. Semua kejadian seperti keseharian kita dan natural. Banyak dialog yg ngena plus ada pelajarannya. Ga lebay.

    BalasHapus
  3. Meskipun ga ngikutin banget tp aku juga suka sinetron ini. Seenggaknya jaaauuhh lebih baik dr acara2 sahur lain yg geje n lumayan juga buat hiburan :)

    BalasHapus
  4. Dulu awal2 nonton. Belakangan bukan nggak suka PPT lagi, tp emang sudah pada jarang nonton tv.

    BalasHapus
  5. Klo saya nunggu acara Ini Sahur mba :D

    BalasHapus
  6. aku belum sempat liat nih ppt jilid 7 soalnya sibuk kerja

    BalasHapus
  7. Aku nontone kadang2 mbak! Gonta ganti chanel

    BalasHapus
  8. saya juga suka mak. apalagi PPT jilid 1 2. itu the best deh.

    BalasHapus
  9. PPT emang menghibur, ngga basi ceritanya. Aku jg sukaa. Sayang di ppt 9 ini bajaj gk ikut main :D

    BalasHapus
  10. aku abis nonton ini langsung pindah ke kang mus... :D

    BalasHapus