Tips Sukses Bangun Pagi

huaaah segarnya bangun pagiii
Bangun pagi? Kalo bagi saya sih ngga masalah. Somboong hihi. Iya, soalnya udah jam biologisnya, tiap Subuh bahkan seringnya sebelum Subuh ya udah otomatis kebangun aja gitu.

Tapi bukan bawaan orok sih kebiasaan bangun pagi ini. Dulu jaman saya masih sekolah bangun Subuh juga lumayan susah, dipaksa-paksain karena ada kewajiban sholat. Jadi inget Papa dulu suka membangunkan kami anak-anaknya dengan mencipratkan air ke muka. Atau kalo ngga jam weker yang udah kita matiin dihidupin lagi. Kadang juga suka dengan sengaja menelpon ke telepon rumah pake hapenya. Begitu kami mak jenggirat bangun mau angkat telepon, kecele, ternyata Papa yang telepon.

Setelah berumah tangga terutama pas udah punya anak, karena saya cuma punya waktu bebas ngapa-ngapain saat anak tidur, jadinya sering aja bangun dini hari, bablas sampe Subuh ngga tidur lagi. Lumayan bisa buat update blog, blogwalking, atau ngonsep tulisan. Konsekuensinya habis Magrib biasanya udah ngantuk. Ngelonin bocah, bocahe masih lelumpatan emaknya udah ngorok hehehe.


Kalo udah jadi jam biologis, bangun pagi emang ngga susah. Yang susah itu bagaimana merubah jam biologis dari asalnya bangun siang menjadi bangun pagi. Terutama anak kuliahan yang ngekos nih. Bebas merdeka karena ngga ada ortu yang patroli subuh-subuh bangunin anaknya, apalagi jadwal kuliah juga ngga pagi-pagi amat. Kalo jaman saya kuliah dulu, kaerna D3 dapet jatah kuliah siang. Giliran di semester berikutnya dapet jadwal kuliah pagi karena kuliahnya ngikut fakultas lain (dulu kuliah FISIP, untuk mata kuliah bahasa Inggris dan Jepang ngikut di fakultas Sastra) gilaa tersiksa booo.

Tapi tenang aja ada tips sukses bangun pagi yang akan saya bagi buat kamu


  • Niat. Yak betul niat. Sebelum tidur harus kamu niatkan betul-betul dalam hati kalau kamu mau bangun pagi. Saya udah sering ngalamin sendiri, kalo saya niat sebelum tidur gitu pengen bangun jam berapa, ntah gimana caranya pasti saya bangun jam segitu, tapi kalo ngga niat, suka bablas aja ketiduran.
  • Pesan sama orang minta dibangunin. Tentu saja orang yang biasa bangun pagi ya, jangan orang yang sama kebluknya sama kamu. Bilang sama mereka jangan segan-segan menggedor-gedor pintu kamar kalau perlu didobrak sekalian. Jangan lupa bilang juga, merusak artinya membeli. Ganti pintu gue yang rusak woooy!!
  • Pasang alarm. Kalo jaman sekarang alarm biasanya disetel di hape, ga masalah. Tapi yang perlu kamu lakukan adalah, setelah menyetel alarm, taruh hape kamu jauh dari jangkauan, misalnya di atas genteng. Jadi ngga ada cerita tuh alarm bunyi, kamu sambil merem matiin alarmnya trus tidur lagi. Atau bisa juga kamu isntal alarm, yang kalo mau matiin bunyinya harus menjawab soal yang rumit. Misalnya perkalian, akar-akaran, pangkat, atau logaritma sinus, cosinus, tangen. Saya udah pernah nyoba instal di samsung galaxy tab tapi di un instal lagi. Lah buat apa wong saya juga ga pake itu udah bisa bangun pagi kok.


Nah itulah sedikit tips sukses bangun pagi yang bisa saya bagi. Kamu mau nambahin tipsnya? Monggo lho!

@rahmiaziza


Komentar

  1. Hehe! Jadi ketawa bacanya. Di sini hanya aku saja niy yang jam biologisnya bangun subuh. Mungkin karena dari kecil udah biasa bangun subuh. Jadinya dapet jatah ngebangunin 5 orang kebluk setiap pagi :D

    BalasHapus
  2. Lucu banget pas bagian. Minta dibangunin orang lain, tapi jangan yang sama kebluknya. Wkkkk

    BalasHapus
  3. Nambahin Mbak Rahmu, kalo niat yang spesifik. Niat bangun jam 5 pagi misalnya. Mejik jam 5 bakalan bangun. Berhasil buat saya.

    BalasHapus
  4. Saya tipe yang susah bangun pagi Mbak. Tapi belakangan punya strategi baru sama kayak Mbak, yaitu tidur lebih cepet supaya subuh bangun trus gak tidur lagi. Trus pasti jam 8-an malem udah ngantuk lagi. Hehehehe.

    BalasHapus
  5. Jadi ingat, suka matiin alarm dan mengulur waktu bangun. :D

    BalasHapus
  6. Niat emang paling utama. Mau tidur jam berapa pun, mau pasang alarm pun, tetep aja bangun jam segitu....

    BalasHapus
  7. Ternyata nyipratin air berlaku pada banyak ortu ya, Mi. Dulu aku digituin, sekarang aku ngelakuin hal yg sama pd anak kalo gak bangun2, wkwkwkk

    BalasHapus
  8. Ternyata nyipratin air berlaku pada banyak ortu ya, Mi. Dulu aku digituin, sekarang aku ngelakuin hal yg sama pd anak kalo gak bangun2, wkwkwkk

    BalasHapus
  9. tapi kadang niat udah lebih dari 100% eh tetep kesiangan buat sahur akhirnya g jadi puasa,gara2 tidurnya juga kemaleman hehhe...

    BalasHapus
  10. Wah, makasih tipsnya, nanti aku coba. Tapi sekarang yang pertama dibenahi jam tidurku yang berantakan. Gimana mau bangun pagi kalau jam 4 aja masih belum tidur, hihihi :D

    BalasHapus
  11. ahh dakuw hobi moloor huhuhu

    BalasHapus
  12. iya buat gua juga bangun pagi gak pernah masalah. malah yang masalah adalah gimana bangun siang. abis kok kebiasaan bangun pagi ya. mau bangun siang malah gak bisa. haha

    BalasHapus
  13. kalo saya sih sebelum tidur diset dulu otaknya kalo besok harus bangun pagi karena ada ini atau itu, eh ini mah sama kek niat ya mbak. tapi kalo uda kebiasaan ya pasti kebangun terus kecuali kalo lagi capeekkk banget biasanya bangun siang

    BalasHapus
  14. Niat udah ada tapi pas alarm nyala matiin hehehe. Tapi sih sebetulnya kalau sudah niat pasti bisa bangun pagi ya mak

    BalasHapus
  15. kebiasaan pake alarm smartphone, malah sering aku snooze mbak,jd beberapa kali bunyi,tapi kebanyakan lolos,aku tidur lagi..#happyblogwalking

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. bener banget kalo sudah niat bangun pagi pasti cepet bangunnya kalo gak niat ya balik tidur lagi

    BalasHapus
  18. saya kalau mau bangun lebih awal ya set alarm. nah alarm nya jangan ditaruh dekat dgn tempat tidur. letakkan barang 10m dari tempat tidur :)

    BalasHapus
  19. Wahahahah.. Itu matanya masih kriyep-kriyep getoooh :P

    BalasHapus
  20. hihiihihi....niat memang yang paling penting yaaa :)...kalau ngg dibanjuur :)

    BalasHapus
  21. memang pertempuran banget yah kalau mengalahkan nyamannya tidur. saking kesalnya saya sampai ngomong di depan cermin tiap malam: Ingat, besok bangun jam sekian.
    tapi tetep aja besok paginya nyahutin balik: Bentar, lima menit lagi. :3 akhirnya kebablasan lagi. :3

    BalasHapus

Posting Komentar