Fokus! Pelajaran dari Asisten Rumah Tangga

Udah sebulanan ini saya menggunakan jasa asisten rumah tangga. Di rumah tugas dia ya bersih-bersih seperti nyapu, ngepel, ngelap-ngelap, nyuci piring dan baju, juga nyetrika.

Saya tidak pernah berhasil melakukan kesemua pekerjaan itu dalam sehari. Paling-paling sehari saya cuma nyapu, lap-lap semampunya, nyepel sama nyuci pakaian mah bias tiga hari sekali.

Saya pikir si mba ART baru bisa menyelesaikan itu dalam waktu 3-4 jam. Eh ternyata semua bisa terselesaikan hanya dalam waktu 2 jam!

Fokus. Saya kira itu kuncinya. Selama ini saya ngerjain pekerjaan rumah tangga kan sambil ini dan itu. Ya sambil momong kadang sok-sok di multitasking kan online dan nulis. Jadi berasa sehari kerjaan kagak kelar-kelar. Kerjaan hari ini belum selesai udah mau ganti hari ajah hihihi.


Sementara si mba ART pikiran dia terfokus hanya pada pekerjaaan rumah tangga tanpa interupsi. Saya kemudian berpikir, emang bener ya kalo kita fokus pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dan hasilnya juga baik. Tidak cuma dalam hal pekerjaan rumah tangga aja. Misalnya profesi saya sebagai penulis, seandainya saya fokus nulis aja, ngga buka-buka socmed pasti tulisan saya akan lebih cepat jadi. Timng juga harus diperhatikan, daripada nulis sambil momong bocah, lebih baik menulis saat mereka tertidur lelap. Lebih konsentrasi. Tidak perlu menduakan pekerjaan apalagi anak. Tidak baik juga kan.

Saat ini saya sedang belajar untuk fokus, meenyelesaikan suatu pekerjaan sampai tuntas dengan mencurahkan segenap hati maupun pikiran. Memilah-milah kembali mana yang bisa dimultitasking mana yang tidak. 

Bagaimana denganmu temans? Sudahkah fokus dengan pekerjaanmu?

@rahmiaziza

Komentar

  1. gak fokus nih. soalnya lagi kerja sambil blogwalking. hahaha.

    BalasHapus
  2. sekarang Fenny juga milih nulis pas Al tidur meski kadang tergoda ngantuk, ihiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anak melek ibunya nemenin, anak tidur ibunya kerja, lha ibu kapan tidurnya yak hihihi

      Hapus
  3. iyaa momong fokuus blogwalking fokus jangan dilakukan bebarengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuu, meski maish suka khilaf :p

      Hapus
  4. fokus dong... kalo lagi nulis pas ada anak di sekitar kita rasanya moodnya ganti-ganti dan memori udah nyusun kata-kata apa kadang jadi buyar :)

    BalasHapus
  5. Iya sih mak. Aku pernah fokus nyetrika. Dan trrnyata itu menyenangkan, tanpa diganggu notif2 sosmed dan anak2 yg manggil2. Tapiii begitu besok mau gitu lagiiii, ada anak, hp nyala, deuuuh. Sampe skrg ga kelar2. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama maak fokusnya ga bisa tiap saat yaa

      Hapus
  6. saya suka mikirin mcm2 klo lg ngerjain kerjaan art mak... klo lg kesel justru malah jd cpt beres, soalnya kerjanya sekuat tenaga hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha energinya berlebih kalo lagi kesel ya maak

      Hapus
  7. kalau waktunya nulis ya nulis. Biasanya sih harus ditentukan waktunya, Nulis kalau belum sampai 25 menit gak boleh lirak-lirik kemana-mana. Gak boleh online, gak boleh nonton tivi. 25 menit itu harus nulis berapapun hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bisa konsisten oke banget tuh, lagi nyoba cara ky gt juga akuu

      Hapus
  8. Aq kl fokus malah ngantuk mak. Ujung2nya ga jd nulis, kerjaan jg ga beres. Yg jelas aku kudu pasang target

    BalasHapus
  9. Aku paling ga bisa kalau lagi ngetik trus windows ddi peramban juga dibuka. Dijamin, lambreta beresnya. Kalau lagi dikejar detlen (tsaaaah) AKu jadi mahluk cuek, BBM atau WA diantepin dulu. Bukan apa-apa,, mending kalau nanya penting tapi kalau ngajak ngobrol malah jadi ga beres-beres. pernah lama respon BBM terus ditanya, Fi, sibuk, ya? Aku cuma nyengir baru bales kalau udah beres Wkwkwkwk..... Untung si Mbak ARTya bukan penggiat medsos ya, Mbak. :D

    BalasHapus
  10. Aku paling ga bisa kalau lagi ngetik trus windows ddi peramban juga dibuka. Dijamin, lambreta beresnya. Kalau lagi dikejar detlen (tsaaaah) AKu jadi mahluk cuek, BBM atau WA diantepin dulu. Bukan apa-apa,, mending kalau nanya penting tapi kalau ngajak ngobrol malah jadi ga beres-beres. pernah lama respon BBM terus ditanya, Fi, sibuk, ya? Aku cuma nyengir baru bales kalau udah beres Wkwkwkwk..... Untung si Mbak ARTya bukan penggiat medsos ya, Mbak. :D

    BalasHapus
  11. Iya sih intinya fokus dan bikin urutan apa saja yg mau dikerjakan dan mana yang dikerjakan duluan. Seringnya berhasil selesai tepat waktu. Kadang malah yang dikira bakalan lama eh taunya cepet kelar. :)

    BalasHapus
  12. setuju banget mba rahmi. kalo fokus saya bisa sikat 200 postingan temen temen buat bw dalam waktu dua jam. hihihi..

    BalasHapus
  13. bener, Mak. Kuncinya fokus. Di rumah, Mama saya juga pake jasa ART yang pulang harian. Gak lama kerjanya. Karena dia gak pegang gadget selama kerja. Jadi bener2 fokus sama kerjanya, makanya cepet :)

    BalasHapus
  14. Haduh..haduh...ini juga saya lagi gak fokus, ngerjain kerjaan kantor gak kelar-kelar gara-gara dibawa bewe, ehehe. Tapi saya juga termasuk yang gitu tuh sama kerjaan rumah, berasa gak pernah kelar2...

    BalasHapus
  15. Setuju mbak! Semenjak kuliah ini saya jadi jarang nulis dan ngerasa kualitas tulisan menurun. Semua ini gara-gara fokus banyak disedot sama tugas-kuliah-yang-datengnya-keroyokan.

    BalasHapus
  16. fokuuuuus...tadinya.. trus makin ke sini pegel juga. akhirnya BW lah..hahaha

    BalasHapus
  17. betul, setuju sama mbak rahmi, saya udah pake quote: focus on today dari dua tahun yang lalu. jadi apa yang mau dikerjain hari ini harus benar-benar maksimal.

    BalasHapus
  18. Baru bisa fokus kalau ada makanan. #eh. :D

    Aku kalau kerjaan kantor sih bisa fokus, Mba. Tapi, kalau udah buka inet dan niat mau ngeblog, aku blm bisa fokus. Maksimal 5 tab yang terbuka. Situs yg brbeda. :D

    BalasHapus
  19. betul juga mak harus tuntas, kadang aku tergoda mengerjakan yang lain lihat hp maksudnya hehehe

    BalasHapus
  20. Kalau pekerjaan rumah sih Insya Allah terselesaikan. Justru projec online ini yang keteteran. Masa iya aku harus cari pembantu juga buat ngerjakan pekerjaan online. Sok sibuk banget, sih aku hihi

    BalasHapus
  21. aku juga ndak bisa fokus mbak...apalagi kalau ada makanan..tuh buktinya aku gantengan #eh

    BalasHapus

Posting Komentar