Selasa, 11 Maret 2014

Hana dan Clodinya

Di postingan kemaren udah cerita kan ya kalo Hana (4bl) udah bisa tengkurap, berbalik, dan merambat mundur. Senang sih, kebisaan dia bertambah, tapi repot kalo pas ngompol, jadi kemana-mana.

Kalo pas ngga pake popok sekali pakai (pospak) Hana pasti kan dialasin perlak ya. Baru ditinggal bentar, eh Hananya di mana, perlaknya kemana. Jadi dia suka nggeser-nggeser badannya gitu. Mau ngelarang dia bergerak ngga mungkin lah.. mau makein pospak sepanjang hari jugak kasian. Pasti dianya ngga nyaman, emaknya bakalan malas lagi deh natur, ngga ramah lingkungan juga jadinya.

Akhirnya Hana saya pakein cloth diapers (clodi) di saat-saat tertentu. Itu loh, popok (yang katanya) tahan bocor, macam pospak tapi terbuat dari kain, jadi bisa dicuci en dipake lagi.

Dari jaman Thifa bayi saya udah beli clodi. Cuma tiga biji karena harganya lumayan, tiga itu sekitar Rp.150rb. Sekarang sih clodinya Hana banyak minjem punya Fatih, kakak sepupunya hihihi.


Kalo berdasarkan pengalaman saya, clodi itu daya tahannya beda sama pospak. Kalo pospak bisa dipake 4-5 jam, ya sekitar untuk empat kali pipis, tapi kalo clodi sekali pipis aja udah bau pesing. Pipis kedua biasanya mulai bocor. Tapi mungkin ngga semua merek clodi ya. Kan mereknya banyak banget tuh, harganya juga bervariasi.

Menggunakan clodi lumayan membantu saya dikala Hana semakin aktif. Meskipun pake clodi Hana tetep saya tatur juga lho. Terutama pas bangun tidur, atau sejam setelah pipis sebelumnya. Habis itu dicek clodinya, kalo udah kena pipis diganti, kalo belum pake lagi. Jadi fungsi clodi di sini biar kalo ngompol ngga kemana-mana. Saya rajin mencium clodinya, kao udah pesing harus segera diganti, karena kalo kelamaan bisa bocor. Dengan begini, Hana bisa bebas bergerak, saya juga jadi tenang.

Hana pake clodi

7 komentar:

  1. Dulu saya masih penggemar berat clodi. Tapi setelah berkenalan sama pospak kok yaaaa. Ahahahaha.

    BalasHapus
  2. pakai clodi besar gitu apa si kecil nyaman ya? kan keganjel tuh ...

    BalasHapus
  3. sampe sekarang penasaran sama bentuk aslinya clodi q mbk hehehe

    BalasHapus
  4. wah bener tuh clodinya kebesaran tuh.....

    BalasHapus
  5. Naia juga dulu sempet make clodi mbak. tapi setelah berhasil ditatur Alhamdulillah udah gak lagi. pake pospak tapi kalo kemana2 buat jaga2 aja walaupun jaraaaang banget ngompol :D

    semoga cepet berhasil yaa taturnya, hehe

    BalasHapus
  6. lebih irit kalau aku bilang ya mbak pakai clodi, waktu alvin juga aku pakaikan clodi

    BalasHapus
  7. pernah punya clodi tapi kok kalo dipakai berasa percuma ya..cepet bocor dan kalau dicuci lama keringnya.hehehe..

    BalasHapus