Sunday, November 27, 2022

Membuat Cerita Spin Off, Apa Keuntungannya?

Kamu tau cerita spin off? Gapapa kalo nggak tau, saya juga baru tahu kok. Apa jangan-jangan kalian udah tau lama, saya yang baru tahu sendiri?

Jadi gini, kalau dalam cerita baik novel atau kartun kan ada tuh pemeran lain selain tokoh utama, nah biasanya ada yang karakternya udah kuat di sana, lantas dibikinin cerita sendiri dengan judul baru.

Kaya saya nih, pertama bikin novel romantis, di platform wattpad dan KBM App berjudul Dijodohkan dengan Adik Suamiku (Ipar Posesifku) yang di versi Karya Karsa judulnya diganti Bila Jodoh. Tokoh utama di novel online itu adalah Nadia dan Arman. Beberapa saat setelah novelnya tamat saya bikinkan spin off dari second leadnya yaitu Galang, dengan judul "Dear, Sugar Enemy".

Lalu apa sih keuntungannya membuat cerita spin off?

Dengan membuat cerita spin off kita bisa menarik pembaca lama untuk membaca cerbung terbaru kita. Banyak pembaca Ipar Posesif lanjut baca Sugar Enemy karena yah, mereka seperti ingin tahu aja kisah tokoh lain yang udah mereka baca sebelumnya. Sebaliknya, banyak juga pembaca Sugar Enemy yang lalu membaca Ipar Posesif karena ingin tahu cerita sebelumnya si Galang ini kaya apa sih?

Keuntungan lainnya, membuat pembaca terasa dekat dengan tokoh-tokoh yang kita buat, karena antara satu cerita dengan certa lainnya ada keterkaitan. Paling nggak terkait kekerabatan kan. Apalagi kalau tokoh dari cerita sebelumnya, kembali dimunculkan pada cerita spin off atau ada kejadian di cerita baru yang dikaitkan dengan cerita lama. Jadi pembaca tuh kaya yang, "Oh ini kan kejadiannya yang waktu di cerita sebelumnya begini yaa ..." 

Bagi penulis sendiri, membuat cerita spin off merupakan ajang penebusan rasa bersalah hahaha. Jadi misalnya gini di buku pertama tokoh A sebagai second lead patah hati, di cerita spin offnya buatlah dia bertemu cinta sejatinya. Eeeaaa. Pada cerbung Sugar Enemy sebenarnya mirip sekuel ya, karena setting waktunya lanjutan setelah Ipar Posesif, tapi karena tokoh yang ditonjolkan beda jadi kayaknya lebih tepat kalau disebut spin off. CMIIW 

Btw, kalian udah pada baca cerbungku Dear, Sugar Enemy? Kalau kata pembaca cerita ini ngegemesin. Galang-Kinara musuh dari jaman mereka masih SD, bertemu kembali tiga belas tahun kemudian saat Kinara melamar menjadi asisten artis, yang ternyata, tanpa dinyana artis itu adalah Galang. Dueeer. Apakah mereka akan masih tetap berantem kaya dulu, atau malah muncul benih-benih cinta diantara keduanya? Cerbung romantis wattpad Dear, Sugar Enemy bisa dibaca gratis sampai sepuluh bab, sisanya berbayar yes di KBM App dan KaryaKarsa, murah kok, Rp.1.500 doang perbab. Atau bisa juga beli paket hemat Dear, Sugar Enemy hanya 31K bisa baca sampai tamat (34 bab).

Saya bocorin blurb novel Dear, Sugar Enemy di sini ya, nanti kalau mau baca sepuluh bab gratis bisa ke wattpad, KaryaKarsa, atau KBM App.


Hijrah ke Jakarta demi melupakan mantan dan mendapat pekerjaan yang lebih mapan, mempertemukan Kinara dengan Galang, siswa pindahan berprestasi yang menjadi saingan beratnya sampai lulus sekolah dasar.

Kinara bimbang, jika ia menerima pekerjaan menjadi asisten Galang,  berarti posisinya berada di bawah lelaki itu, ia merasa kalah.

"Mau posisimu di atasku? Nanti kalau sudah halal gampang, mau di atas atau di bawah, aku oke saja."

Edan! "Itu mulut apa comberan?"

 

Baca cerbung Dear, Sugar Enemy:

Dear, Sugar Enemy - wattpad

Dear, Sugar Enemy - KBM App

Dear, Sugar Enemy - KaryaKarsa


No comments:

Post a Comment