Wednesday, November 17, 2021

Pengalaman Belanja Kebutuhan Pokok di HappyFresh, Banyak Diskon Hargolnas

Bismillah, Assalamualaikum temans. Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya belanja groceries online lewat HappyFresh Indonesia.

Awalnya saya pikir HappyFresh tu jual makanan yang fresh-fresh saja macam sayur dll tapi rupanya gak cuma sayur dan buah yang bisa kita beli lewat HappyFresh, tapi juga berbagai macam kebutuhan pokok.


Mungkin ada yang belum tahu apa itu HappyFresh, bagaimana cara belanja di HappyFresh?

Jadi HapyFresh merupakan platform layanan online grocery Indonesia yang bekerjasama dengan banyak pilihan supermarket untuk membelanjakan kebutuhan kita. Di Semarang misalnya, pilihan tempat belanja HappyFresh Semarang ada FreshMart hotel Tentrem, Re-Juve, Best Meat, HyperMart, dan Prima. Di kota lain mungkin ada lebih banyak lagi supermarket atau tempat belanja yang bermitra.

Bagaimana dengan harganya? Pasti itu yang ada di benak emak-emak sekalian kan saat hendak berbelanja. Samaaa hahaha. Hal pertama yang saya cek di HappyFresh selain store tempat belanja adalah harga. Beberapa kebutuhan pokok yang saya cukup hapal harganya saya cek, eh ternyata secara umum, rata-rata harga sama dengan supermarket. Bahkan ada yang harganya lebih murah karena di HARGOLNAS (Hari Grocery Online Nasional) di HappyFresh ada banyak produk diskon, promo + ongkirnya murah. Plus: Setiap Selasa, telur pasti diskon 30% dan tiap Jumat semua produk susu pasti diskon 30% sampai Desember 2021.




Beberapa pilihan kupon promo bisa dipilih, saat belanja kemarin saya memilih promo gratis ongkir, sehingga ongkir yang seharusnya bayar Rp.13.000, menjadi 0 rupiah. Horeee. Lumayan irit kan

Nah, sekarang bagaimana cara belanja di HappyFresh?


Belanja di HappyFresh ini cukup mudah menteman, caranya

1. Pertama, donlot aplikasi HappyFresh, kemudian bikin akun dulu di sana dengan alamat email dan nomor ponsel.

2. Masukkan alamat pengiriman di kolom bagian atas yang ada tulisannya “deliver to” untuk tahu bisa belanja di store mana saja yang menjangkau area pengantaran.



3. Setelah itu akan keluar toko mitra HappyFresh terdekat. Tinggal kita pilih aja mau toko yang mana, lalu mulai berbelanja.

4. Pilih waktu pengiriman. Kita bisa minta dikirim di hari yang sama sampai tiga hari ke depan, jamnya pun ada beberapa opsi yang bisa kita tentukan sendiri.

5. Pilih metode pembayaran. Cara pembayaran di HappyFresh bisa menggunakan OVO, DANA, virtual account, kartu debit, dan kartu kredit.

Bagaimana jika ada barang yang out of stok alias stoknya kosong?

Jadi setelah selesai melakukan pembayaran akan ada notifikasi untuk konfirmasi penggantian produk kalau produknya kosong. Opsinya ada tiga, pilih produk penggantian, biar shopper memilih, dan jangan diganti.

Kemarin saya mungkin ngga terlalu memperhatikan ini, jadi saya juga lupa ngisi apa. Tapi ada satu produk yang stoknya kosong, personal shopper langsung mengirimkan pesan dan memberi tahu, lalu saya bilang pilih aja yang harganya hampir sama. Produk pengganti yang dia pilih harganya sedikit lebih murah, nah selisih harga itu otomatis keitung system, dikembalikan ke saldo OVO.

Keuntungan Belanja Online HappyFresh

Setelah saya mencoba belanja online di HappyFresh, ada beberapa keuntungan yang saya rasakan.

1. Pertama, saya jadi hemat waktu. Belanja kebutuhan pokok maupun sayur mayur dari rumah aja, ngga perlu jalan ke toko, ngga perlu ngantri di kasir.

2. Lebih hemat. Di samping ada diskon HARGOLNAS (Hari Grocery Online Nasional) jadi #BerasaHematnya, saya ngga perlu keluar uang untuk biaya transportasi. Kalo saya itung-itung biaya taksi PP minimal lima puluh ribu, bisa lebih kalau ngga ada promo hahaha. Belum lagi kalau bawa bocah, pada minta jajan, duuh pening pala berbie hihihi.

3. Sudah bisa memperhitungkan sejak awal, karena harga udah tertera jelas. Kalau pas mau check out eh kok out of budget tinggal dikurangin aja belanjaannya mana yang kurang penting. Beda kalo belanja langsung, udah diitung sama kasir, totalnya sekian mau dibalikin kan tengsin yak. Selain itu bisa kita gunakan juga app HappyFresh nuat cek-cek harga secara online.

Saran Untuk HappyFresh

Meski saya overall puas belanja di HappyFresh tapi ada satu masukan yang sekiranya bisa menjadikan pelayanan HappyFresh lebih memuaskan lagi di kedepannya. Yaitu mengenai jangkauan pengiriman. Jadi di rumah saya Sendang Mulyo itu kalau saya masukkin lokasinya di kolom deliver to, ngga muncul toko mitra HappyFresh di Semarang satupun. Saya coba geser ke kantor suami di Klipang, baru bisa muncul satu toko. Saya geser lagi coba di rumah kerabat yang posisinya lebih deket ke tengah kota, baru muncul cukup banyak opsi mitra HappyFresh di Semarang. Makanya kemaren saya titip kirim belanjaan ke tempat kerabat saya itu aja.

Nah mungkin ke depannya HappyFresh bisa lebih memperluas lagi jangkauan pengirimannya. Konsekuensi ongkir lebih mahal nggak apa-apa, namanya lebih jauh dari toko, ongkir lebih tinggi ya wajar kan. Jadi, supaya lebih banyak lagi yang terbantukan dengan kehadiran HappyFresh.

27 comments:

  1. Yes, ada diskon Hargolnas di HappyFresh, mau dong belanja, mumpung hemat, pesan, ada aneka pilihan pembayaran, ditinggal selonjoran dan barang datang. Mudah dan praktis ya kalau gini groceries. Setuju semoga jangkauannya makin meluas sehingga bisa dinikmati layanannya oleh siapa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener mbaa, enak banget udah ini layanannya tinggal perluas jangkauan dan perbanyak kerjasama dengan supermarket.

      Delete
  2. Wah, pantas saja wajah mbak Rahmi sumringah begitu :D Belanja online kebutuhan dapur di Happy Fresh sih. Segar2 semua ya produk2nya. Udah gitu ada promo, diskon, ongkir gratis dan sebagainya. Kepengen coba juga ah. Me time jadi lebih banyak nih rebahan aja bisa order :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha iyaa hepi bener ketemu diskon dan promo. Namanya juga mak emak yee

      Delete
  3. wahh iya, lagi HARGOLNAS
    emang pas banget buat belanja kebutuhan groceries di Happy Fresh
    selain lengkap produknya, pastinya ada banyak promo ya mbak

    ReplyDelete
  4. Wah baruu tahu ada HARGOLNAS loh akuu. Seneng banget ya berlimpah diskon. Happy Fresh ini cocok banget buat kaum mageran, males ketemu orang, dan ibu dengan bayo atau balita. Tinggal duduk manis, pilih-pilih, bayar, belanjaan dateng deh. Gak perlu repot-repot lagi

    ReplyDelete
  5. Bikin happy banget ya belana di Happy Fresh.. aku pun jadi pengen belanja nih...banyak produk pilihan berkualitas..dan promonya wow bangettt

    ReplyDelete
  6. wah tempat tinggalku masuk ga ya ke jangkauan happyfresh? Harus dcoba nih. Lokasi di kabupaten tp memang mepet ke kota. Pernah dulu pakai aplikasi fastfood, dan "di luar jangkauan" padahal outlet fast foodnya ga paling 5 km dr tempat tinggal.

    ReplyDelete
  7. Dulu tuh cuma mimpi belanja supermarket tapi di ujung jari. Dengan happy fresh sekarang impian tersebut terwujud. Saya senang banget dengan aplikasi ini, karena termasuk tipe gagal yang malas keluar hanya untuk belanja. Apalagi mereka kerjasama dengan banyak supermarket. Jadi pasti barang-barang yang kita butuhkan angkat lengkap disini. Tinggal perbanyak isi walet digital aja nih 😃

    ReplyDelete
  8. Udah lama ga belanja lagi di HappyFresh sejak supermarket kesayanganku tutup, karena biasanya aku milih supermarket G itu di HappyFresh. Oh jadi tiap Jumat semua produk susu pasti diskon 30% ya mbak. Telat ya aku, mestinya tadi siang belanja susu di HappyFresh aja. Padahal tadi belanja susu segar banyakan buat anak-anak. Jumat depan ah pesen susu. Biar hemat.

    ReplyDelete
  9. wah asyik ya belanja di Happy Fresh jadi hemat watu dan tenaga. Mana banyak diskonnya juga ya pas hargolnas begini yaa. Nanti coba aku cek, apakah di dekat rumahku bisa gak ya pesan belanjaan ke mitra Happy Fresh, kalau bisa kan enak nih, belanja tinggal pesan aja dari rumah

    ReplyDelete
  10. Semoga ke depannya jangkauan HappyFresh bisa lebih luas lagi, ya. Sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan kemudahan berbelanja kebutuhan pokok secara online.

    ReplyDelete
  11. Saya suka belanja di happy fresh nih. Selain banyak pilihan marketnya, pelayanannya komunikatif banget. Begitu barang ga ada langsung di telepon, ga asal main ganti yang serupa. Suka deh pokoknya.

    ReplyDelete
  12. Happy Fresh ini komplit ya mbak. Lebih praktis karena nggak perlu keluar rumah. Cukup pesan lewat hp, nggak lama datang deh pesanan kita

    ReplyDelete
  13. Siapa yang nggak hepi kalo bisa belanja groceries online dgn cara yg super nyaman?
    Beneran bikin happy dan fresh ini ya Mak.
    Promo2nya super menariik

    ReplyDelete
  14. Nah kalau jangkauan pengiriman semakin luas, makin banyak tentunya yang menikmati kemudahan belanja, hemat belanja melalui HappyFresh ya mba. Suka deh belana di HappyFresh :)

    ReplyDelete
  15. Memudahkan banget nih buat belanja kebutuhan sehari-hari, tinggal pakai HappyFresh. Apalagi saat ini ada diskon di Hargolnas.

    Dan HappyFresh ini cocok buatku yang suka sok sibuk malas belanja.

    ReplyDelete
  16. Happfresh ini tuh memang penolong sekali ya, karena aku pun semenjak pandemi ini kalau mau groceries selalu online. Selain memang menghemat waktu juga kebutuhan yang diperlukan ada semua.

    ReplyDelete
  17. Hppy Fresh ini bikin ibu2 lebih happy belanjanya ya. Banyak promo diskon, jadi bisa lebih hemat uang belanja bulanan juga. Kalau barang kosong, proses refund juga nggak ribet yak. Setuju ama usulnya mbak, please dong happy fresh perluas layanannya, mpe ke solo sekalian gitu. Biar aku bisa belanja juga

    ReplyDelete
  18. Aku lihat ada es krim.
    Aaah...nikmat banget belanja di HappyFresh. Kabar barangnya selalu fresh ini beneran banget yaa.. Bisa belanja sayur dan buah-buahan juga.

    ReplyDelete
  19. Wah ada diskon hargolnas serunya mbak. Aku baru tahu kalau pakai kemitraan gitu sistem nya. Aku kira happy fresh baru ada di Jabodetabek aja. Ternyata di semarang juga udah ada ya.

    ReplyDelete
  20. Mak, layanan ini apakah sudah ada di kota Bengkulu kah, semoga ada deh, semoga bisa bantu suport emak-emak dalam belanja yang smart

    ReplyDelete
  21. Iya ya semoga HappyFresh bisa lebih luas lagi jangkauannya. Aku dulu awal2 pindah Bogor juga belum bisa mengcover area tempat tinggalku. Namun bbrp tahun ini bisa akhirnya bisa belanja pakai aplikasi HappyFresh ini. Apalagi pas pandemi gini mbak, makin mager aku tuh belanja ke supermarket. Dahla serahkan ke personal shopper dari HappyFresh aja hehehe

    ReplyDelete
  22. Bener sih belanja dengan menggunakan aplikasi HappyFresh banyak keuntungannya. Terutama bisa menghemat waktu, enggak perlu ganti bajuk rapi, bisa sambil rebahan, hahahaa.
    Aku kemarin berasa sultan, belanjanya dibantu personal shopper, hihii

    ReplyDelete
  23. Ooh jadi sistemnya itu membaca peta tentang mitra Happy Fresh gitu ya. jadi personal shoppernya belanja di supermarket atau minimarket yang menjadi rekanan Happy Fresh. Paham deh.

    ReplyDelete
  24. Ternyata pilihan tempat belanjanya kurang banyak ya Mi, di kota lain kayaknya superindo bisa masuk. Jadi penasaran nih pengin belanja juga lewat Happy Fresh biar ga usah rempong keluar rumah untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

    ReplyDelete
  25. Aku pun sejak lama langganan belanja di Happy Fresh, seneng karena banyka pilihan supermarket mitra deket rumah. Promo dan diskonnya juga manteb.

    ReplyDelete