Tuesday, March 30, 2021

ASUS ZenBook Flip S (UX371) dengan Pen Stylus Untuk Si Calon Komikus

Apa resolusimu tahun ini temans? Lho, udah bulan Maret kok ngomongin resolusi sih? Ya gapapa, justru resolusi itu harus dievaluasi paling ngga tiap bulan, sudah sampai mana progressnya. Jangan sampe, nanti akhir tahun baru sadar, resolusi tahun ini hanya sekedar tulisan di atas kertas (atau di atas layar), tak ada eksekusi, dan akhirnya menjadi resolusi tahun depannya lagi.

Semenjak berkeluarga, resolusi yang saya buat bukan hanya sekedar resolusi pribadi, tapi juga nambah dengan resolusi keluarga, terutama sih yang berkaitan dengan anak. Saya selalu menyelipkan target perkembangan anak ke dalam list resolusi. Tahun ini anak-anak punya target apa, ditulis, di-break down gimana cara biar bisa tercapai.


Misalnya aja, pengen anak-anak udah bisa baca quran atau anak bisa bahasa Inggris berarti kudu ngapain aja. Atau anak sudah menunjukkan minat dan bakatnya di suatu bidang, saya sisipkan di list resolusi saya untuk mengeksplor minat bakatnya.

Eh anak kecil kok udah ditarget gitu, apa ngga kesian? Kan masa kecil masanya bermain.

Iya bener, masa kecil masanya bermain tapi menurut pengamatan saya sendiri, anak kecil itu pembelajar yang baik karena mereka cepat meresap apa yang mereka lihat dan mereka dengar.

Sarah, si bungsu usia batita, hapal surah Al Fatihah karena sering mendengar Ayah Ibunya baca saat sholat, atau denger kakaknya waktu hapalan.

Ngga hanya itu dia hapal lagu Ampar-ampar Pisang, mars pelajar, sampai puisi yang dibawakan saat kakaknya lomba. Apakah dia dituntut untuk menghapal, ya ngga, dia hapal sendiri karena mendengar berulang-ulang.

Sekarang Sarah juga udah mulai bisa mewarnai, apakah dia dituntut untuk bisa? Ya jelas tidak. Dia sering lihat kakaknya mewarnai, kemudian ikut-ikutan. Paling saya cuma bilang, “Jangan keluar garis dek warnainnya,” kalaupun tetep keluar garis ya maklum. Tapi saya takjub kemaren lihat hasil pewarnaan dia. Cukup rapi lho, hanya keluar garis dikit.

Dari situ saya menyimpulkan kita bisa mentarget perkembangan anak, dengan cara yang menyesuaikan usia maupun karakter mereka.

TIDAK MAU MENGULANGI KESALAHAN DI MASA LALU


Ada hal-hal yang cukup saya sayangkan di masa lalu. Jadi ceritanya, saya itu baru menyadari minat dan bakat, kemudian bener-bener mengembangkannya setelah menjadi ibu-ibu. Ya ampuun lama sekali kan. Jadi sebelum itu saya ngapain aja? Ya terombang-ambing melakukan ini itu tapi belum ada yang serius dikembangkan.

Dari kecil saya udah kepengenn banget jadi penulis. Tapi, karena ngga ada yang mengarahkan, minat saya ini akhirnya menguap begitu aja. Sempat kirim beberapa kali artikel ke majalah, tapi ngga diterima, hiks tragis. Ngga tau juga mau belajar nulis di mana, karena di circle saya ngga ada orang yang berprofesi sebagai penulis. Sempat merasa hopeless, kayaknya ga bakalan bisa tercapai cita-cita jadi penulis. Sampai akhirnya di hari tua ((HARI TUA)) maksudnya setelah jadi emak-emak, ketemu sama komunitas penulis yang membuka jalan kembali untuk menggapai cita-cita.

Memaklumi sih, jaman dulu arus informasi belum seterbuka sekarang. Ortu jaman dulu masih banyak yang belum sadar untuk mengembangkan skill anak. Taunya ya anak disekolahin mulai dari TK sampai kuliah biar bisa dapat kerja yang mapan. Makanya saya ngga pengen mengulangi kekeliuran itu dan berupaya untuk cepat tanggap dengan minat bakat anak.

PENTINGNYA MENGASAH MINAT DAN BAKAT ANAK SEMENJAK KECIL


Apa sih pentingnya mengasah minat dan bakat anak semenjak kecil? Ya supaya mereka tidak bingung menentukan langkah di kedepannya. Kita sebagai orang tua juga jadi paham mau memfokuskan anak ke mana sesuai minat dan bakatnya.

Misalnya. anak sejak kecil udah terlihat minat atau bakat di bidang musik fokuskan di sana. Dengan berlatih semenjak kecil diharapkan saat besar ia sudah punya keterampilan dan keahlian yang mumpuni.



Kaya saya nih, mulai belajar nulis kan setelah dewasa, saya suka bayangin coba saya udah belajar nulis semenjak kecil mungkin udah melahirkan banyak novel sekarang hahaha.

Perlu digarisbawahi dulu perbedaan dari minat dan bakat ya. Bakat merupakan potensi yang ada dalam diri anak semenjak lahir, dengan kata lain bakat merupakan gift alias pemberian (dari Tuhan). Sementara minat merupakan kecenderungan menyukai suatu hal. Minat dan bakat ini bisa saja sejalan bisa juga tidak. Orang yang bakat menggambar bisa jadi dia suka menggambar tapi bisa juga tidak. Begitupun sebaliknya, orang yang punya minat besar akan suatu hal belum tentu juga dia punya bakat di bidang itu.

Dengan memiliki bakat, proses pengembangannya akan lebih mudah dan cepat daripada yang tidak punya bakat. Akan tetapi orang yang punya bakat jika tidak terus menerus diasah bisa kalah jauh dengan orang tanpa bakat, yang dilatih secara konsisten.

Kalo menurut saya, minat juga bisa timbul saat kita menyadari bahwa kita punya bakat. Misalnya kita awalnya ngga minat sama nyanyi, tapi begitu ada orang bilang “Eh suara kamu bagus banget, kamu cocok jadi penyanyi.”

Setelah itu kita bisa saja terpikir untuk mencoba jadi penyanyi. Karena merasa sayang menyia-nyiakan bakat.

RESOLUSI 2021, MENGEMBANGKAN MINAT BAKAT HANA DI BIDANG GAMBAR DAN MEWARNAI


Nah udah bicara panjang lebar tentang minat dan bakat, sekarang saya ceritakan resolusi 2021 saya, tentunya ada banyak. Tapi yang ingin saya ceritakan saat ini adalah salah satu resolusi mengembangkan minat dan bakat Hana, anak kedua saya, di bidang gambar dan mewarnai.

Hana ini kalo ditanya cita-cita, dia akan jawab banyak profesi, mulai dari dokter, chef, komikus, sampai musisi. Wajar aja sih anak-anak, masih dalam tahap eksplorasi, yang diinginkan bisa jadi banyak atau berubah-ubah. Bisa jadi karena memang kegemarannya berubah atau ikut-ikutan dengan role modelnya. Dalam hal ini si Hana role modelnya adalah si kakak. Kakak suka apa, dia seringkali mengikuti sampe kakaknya sebel hihihi.


Tapi kalo saya amati, semenjak balita, Hana sudah menunjukkan minatnya di bidang gambar dan mewarnai. Beberapa kali dia ikut lomba mewarnai dan dapat juara. Guru gambarnya di TK juga sempat bilang kalau gambar Hana bagus bisa diikutkan lomba. Mungkin saaja dia emang ada bakat gambar nurun dari Ayahnya yang berprofesi sebagai ilustrator.

Hana suka minta ayahnya menggambar dengan pensil kemudian ia akan menebalkan garisnya dengan spidol. Dia juga sering menggambar di balik gambar. Jadi kalo ada gambar, di balik kertasnya kan keliatan tuh samar-samar garisnya, nah dia suka inisiatif sendiri nebelin. Ya siapa tahu nanti gedenya, Hana bisa jadi komikus seperti ayahnya. Obsesi pribadi ada sedikit sih hahaha, tapi kan saya lihat juga anaknya ada minat ke sana ngga. Karena nampaknya Hana ada minat, jadi yuklah gaskeun!

FASILITASI MINAT DAN BAKAT ANAK


Salah satu yang penting kita lakukan untuk mengembangkan bakat anak adalah dengan memfasilitasi. Karena minat dan bakat Hana yang saya tangkap saat ini adalah menggambar dan mewarnai, saya fasilitasi dia dengan membelikan peralatan gambar seperti skecth book, drawing pen, crayon, spidol dan pensil warna.

Sehari, Hana kalo pas lagi mood banget bisa gambar berkali-kali. Satu sketchbook bisa habis digambar dalam beberapa hari saja! Boros juga, hahaha #pelit

Kadang dia menggambar digital dengan pen tablet milik ayahnya. Enaknya menggambar digital ini, hemat kertas tentu saja, karena paperless. Mudah dihapus dan disimpan dalam bentuk soft copy tidak perlu di scan.

Tapi ada kekurangan juga menggunakan pentab ini. Yaitu kurang praktis. Karena kita masih harus menghubungkan ke laptop atau dekstop. Cara kerjanya, kita menggambar di atas tablet, tapi gambarnya muncul di laptop/dekstop. Jadi tidak bisa langsung gambar di atas layarnya.

Pengennya sih saya punya alat 1 aja, yang bisa buat gambar digital langsung pada alat tersebut. Jadi lebih praktis, mudah kalau mau dibawa ke mana saja, ngga banyak kabel ting crentel, bahasa Indonesianya apa ya kabel yang berserakan gitu lah. Lalu kemaren sempet lihat Lapop ASUS ZenBook Flip S UX371. Waah sepertinya ini laptop yang saya cari. Laptop dengan pen stylus untuk si calon komikus. Aamiin...



ASUS ZENBOOK FLIP S (UX371) FASILITAS MUMPUNI UNTUK MENGGAMBAR DAN MEWARNAI DIGITAL


Udah lama sebenarnya saya naksir sama laptop dengan pen stylus. Dalam bayangan saya, asik banget pasti bisa gambar langsung di layar yang cukup lebar.

Tipe laptop dengan pen stylus yang saya incar saat ini adalah ZenBook Flip S (UX371).

Kenapa ZenBook Flip S (UX371)?

1. ZenBook Flip S (UX371) merupakan laptop layar sentuh yang dilengkapi pen stylus. Tentu saja ini menjadi alasan utama, karena dari awal memang saya mencari laptop yang mempunyai fasilitas pen stylus agar dapat menggambar langsung pada layar.

Mungkin orang menganggap laptop dengan pen stylus sangat cocok untuk yang berprofesi di bidang grafis. Iya memang benar. Akan tetapi untuk penggunaan secara umum pun, pen stylus ini sangat bermanfaat dan membantu, karena berfungsi sebagaimana layaknya kita menggunakan pensil atau pulpen sehari-hari. Bedanya, pen stylus untuk menulis di gadget sementara pensil di atas kertas.



Dengan menggunakan pen stylus pada zenbook flip S UX371 kamu bisa membuat coretan langsung pada dokumen. Di era pembelajaran daring saat ini, penggunaan pen stylus sangat cocok untuk guru yang mau mengoreksi tugas siswa atau sebaliknya siswa yang ingin langsung menulis jawaban pada file lembar soal yang diberikan guru. Praktis!

Asus pen stylus mempunyai pressure level support yang cukup tinggi yaitu 4096. Kalo kata suami saya yang menggunakan digital pen juga untuk menggambar, level pressure support tersebut sudah sangat ideal untuk merasakan sensasi layaknya menulis di atas kertas biasa.

2. Performa tinggi menggunakan prosesor intel Core i7 Generasi ke-11 terbaru ditenagai oleh GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics. Menurut beberapa review yang saya baca, Intel Xe Graphics ini sangat bagus untuk encoding video dan pengeditan grafis. Cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai ilustrator, arsitek, fashion disigner dll yang berkaitan dengan grafis.

Penyimpananmya berupa NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas 1 TB serta RAM berkapasitas hingga 16GB. SSD adalah Slid State Drive yang merupakan inovasi terbaru dalam bidang penyimpanan di perangkat komputer, menjadi alternatif lain penyimpanan internal komputer selain Hard Disk Drive (HDD)

Apa sih kelebihan SSD:

1. Mempercepat booting, komputer hidup dalam beberapa detik saja
2. Trasfer file lebih cepat 2x lipat dari HDD
3. Multitasking lancar tidak lemot, karena mesin SSD membaca lebih cepat
4. Tidak berisik. Saat perangkat dinyalakan, SSD tidak mengeluarkan suara karena materi komponennya hanya terdiri dari sekumpulan memori
5. Ringan. Bobot SSD jauh lebih ringan daripada HDD.
6. Lebih hemat daya listrik, SSD hanya membutuhkan 10% daya listrik dari HDD

Saya sudah membandingkan sendiri perbedaan perangkat yang menggunakan HDD dan SSD. Komputer di rumah menggunakan SSD 120GB jauuuh lebih cepat proses booting, buka file, save file, dibanding laptop saya yang mengggunakan HDD. Pertamakali ngidupin, takjub saiah, ih cepet bener, karena selama ini terbiasa menggunakan laptop dengan HDD, nungguin proses booting bisa ditinggal nyuci, nyetrika, ngepel dulu #lebay. Menggunakan SSD waktu kita akan menjadi lebih efektif dan efisien, bisa lebih produktif dalam berkarya.

3. Visual tajam dan detail, juga aman untuk kesehatan mata. Tentu ini penting karena tujuan utama penggunaan adalah untuk kepentingan grafis. Layar sentuh ZenBook Flip S (UX371) menggunakan panel OLED beresolusi 4K UHD denan ukuran 13,3 inchi. Selama ini mungkin kita lebih familiar dengan layar LCD untuk laptop. Lantas apa kelebihan dari layar OLED?

Layar OLED memiliki jagkauan wilayah warna, tingkat terang, dan tampilan sudat pandang yang sangat luas. Piksel OLED memancarkan cahaya secara langsung, sedangkan layar LCD menggunakan teknologi cahaya belakang (backlight) sehingga tidak memancarkan warna yang sebenarnya. Layar laptop ini memiliki colour coverage 100% pada color range DCI-P3 dan sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated. Jadi udah lulus uji kemampuan reproduksi warna Pantone secara akurat ya!

OLED memiliki waktu reaksi yang lebih cepat, kurang dari 0,01ms sementara LCD waktu reaksinya 8-12 miliseken, jauh ya bedanya. Selain itu layar OLED biasanya memiliki ukuran yang sangat tipis, bobot sangat ringan, juga hemat energi.

Layar OLED mampu menghasilkan warna yang kaya dan akurat pada tingkat kecerahan yang rendah (low brightness), sehingga lebih aman dan nyaman bagi mata. Sudah mengantongi sertifikasi dari TUV Reinland yang memastikan laptop tidak mengganggu kesehatan mata dari radiasi gelombang biru dan efek flickering.

4. Laptop Convertible dengan engsel ergolift 360реж membuat laptop ini dapat dilipat dan digunakan dalam beberapa mode: laptop, tenda, dudukan, dan tablet. Ini menarik banget bagi saya sih. Kita bisa menentukan sendiri mode laptop yang paling nyaman sesuai kebutuhan kita untuk penggunaan laptop.



Sebenarnya sih 4 hal di atas sudah cukup bagi saya untuk memilih ZenBook Flip S (UX371) sebagai laptop yang mumpuni untuk mendukung minat bakat anak di bidang gambar dan mewarnai. Betul-betul laptop kekinian yang mengerti kebutuhan para pengguna dengan profesi khusus. 

"Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern."

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern."




Selain spek yang sudah saya uraikan di atas, masih ada keunggulan lain dari ASUS ZenBook Flip S (UX371) yang turut menjadi nilai tambah mengapa laptop ini layak untuk dimiliki. Kebetulan pas banget juga dengan profesi dan kegemaran yang sedang saya jalani. Apa saja itu?


ASUS AI noise-cancelling untuk suara lebih jernih dan jelas. Fitur ClearVoice Mic di aplikasi MyASUS bisa menyaring kebisingan sekitar. Ini sangat bermanfaat untuk aktivitas podcast yang sedang saya tekuni saat ini. Karena kondisi pandemi, membuat podcast dengan nara sumber tidak bisa tatap muka langsung, solusinya ya dengan video confrence. Masalahnya saya ngga punya studio kedap suara, jadi saya harap dengan teknologi ASUS AI noise cancelling ini bisa menghasilkan suara yang lebih jernih dan menghilangkan gangguan suara sekitar saat saya memproduksi podcast.

Fitur Numberpad pada ZenBook Flip S (UX371) sangat bermanfaat bagi saya yang sehari-hari pekerjaannya tak jauh dari angka. Bukan... saya bukan bandar togel yah. Angka di sini maksudunya DUIT. Ngga sekedar ngitung uang belanja sendiri, saya juga harus menghitung dan mencatat keuangan perusahaan. Wih perusahaan kesannya gede banget yo, tapi aminin lahhh yaa. Jadi saya itu mengurus keuangan di studio ilustrasi, toko pen tablet, dan toko komik anak milik suami bersama beberapa rekannya. Kalo pas lagi itung-itung duit sambil ngetik laporan keuangan gitu kan agak ribet ya, bolak-balik ganti tab. Dengan adanya fitur numberpad, saya bisa menghitung kemudian mengetik pencatatan keuangan tanpa harus bolak balik ganti tab di laptop.



Desain keyboard edge to edge, mengetik jadi lebih nyaman. Keyboardnya yang membentang dari ujung bagian kanan dan kiri lapotop, memungkinkan setiap tombol pada keyboard memiliki ukuran yang lebih besar. Ditambah dengan fitur backlit sehingga akan tetap nyaman bekerja meski berada di ruang minim cahaya. Selain blogging, saya sekarang lagi giat bikin cerita bersambung yang diupload di platform online, jadi fitur ini penting banget utuk kenyamanan saya mengetik setiap hari. Ohya baca dong cerita saya di wattpad judulnya DIJODOHKAN DENGAN ADIK SUAMIKU wkwkwk sekalian promosi lah ya.

Ultrafast WiFi 6 membuat internetan lebih lancar dan cepat. Kita bisa menikmati streaming video online 4K UHD dengan lancar juga mentransfer file besar dalam sekejap. Dilengkapi teknologi WiFI stabilizer yaitu teknologi yang dapat menstabilkan koneksi antara lapotop dengan router. Juga WiFi Smartconnect yang memungkinkan laptop terkoneksi dengan router yang memberikan sinyal paling uat dan stabil secara otomatis. Ini penting banget mengingat sekarang semua serba online yah. Sekolah online, kerja online, hiburan juga online, jadi internet kudu bagus koneksinya biar ga bikin darah tinggi hihi.

Baterai berkapasitas tinggi. Teknologi pengisian cepatnya memungkinkan kita mengisi ulang hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit! Mendukung ASUS USB-C easy charge sehingga bisa mengisi daya dengan cepat menggunakan pengisi daya bersertifikasi USB C Power Delivery atau USB-C standar seperti pengisi daya di dalam pesawat, pengisi daya portabel atau bank daya.

Ringkas dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Sebagai perempuan terutama ibu, isi tas udah penuh dengan segala macam keperluan diri sendiri dan bocah, mulai dari make up, baju ganti bekal makanan dan minum. Belum lagi suka mbungkus makanan kalo pergi ke acara #eh. Jadi kalo pilih laptop kudu yang ringan dan ringkas, ngga menuh-menuhin tempat. ZenBook Flip S (UX371) beratnya hanya 1,2kg dan sangat tipis hanya 13,9 mm saja lho!




Ultratough, memenuhi standar militer MIL-STD 810G. Meski penampilannya cantik dan manis, ternyata ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini super tangguh. Sudah melalui serangkaian pengujian untuk bekerja di lingkungan yang keras, seperti uji getaran, uji benturan, dan uji di suhu ekstrem. Punya tiga bocah-bocah aktif, ditambah aslinya saya juga ceroboh, ketangguhan laptop jadi penting banget. Biar kalo ngga sengaja kesenggol atau jatoh laptop masih dapat melanjutkan hidup xixixi.

Audio Harman Kardon menghasilkan audio berkualitas setara bioskop! Amplifier pintar khusus memastikan volume maksimum dengan distorsi minimum, menghasilkan suara yang bertenaga dan jernih. Di era pandemi di mana rata-rata bioskop pindah ke rumah, audio laptop menjadi penting banget. Hiburan saya selama #dirumahaja ya nonton, biasanya ngedrakor. Langganan streaming yang murah 15K aja sebulan dapat film dan serial-serial ori. Kalo sama anak-anak ya nonton kartun. Dengan ZenBook, hiburan murah meriah itu bisa menjadi wah!

Konektivitas mudah dan cepat dengan dua port thunderbolt 4 USB-C di ZenBook Flip S (UX371). Mendukung pengiriman daya USB C, tampilan UHD 4K eksternal, dan menyediakan kecepatan transfer data hingga 40Gbps.

Dukungan software MyASUS untuk memaksimalkan kinerja laptop. Dalam fitur Link to MyASUS terbaru, kita bisa melakukan banyak tugas menggunakan iOS atau ponsel Android dengan PC seperti: mentransfer file, URL transfer, melakukan panggilan telepon dengan laptop, remote file acces. Waww asik ya!

Desain cantik dan elegan dengan tepian diamond cut warna merah tembaga. Ditambah hiasan dengan finishing brushed-aluminium di sepanjang tepian keyboard menciptakan kesan yang mewah tapi tidak berlebihan. Ini menjadi nilai tambah, meski tidak berpengaruh pada kinerja laptop secara langsung tapi sangat berpengaruh pada mood pengguna. Dengan menggunakan sarana yang memikat hati menjadi mood booster tersendiri loh, sehingga kreativitas menjadi lebih terpacu.



Membaca spesifikasi di atas apakah membuat kamu jatuh cinta juga pada ZenBook Flip S (UX371) seperti saya? Hana saya tunjukkin laptop ini lagsung excited banget, begitupun Ayahnya langsung mbatin kalo punya ini bisa ikut pakai hihihi. Bismillah semoga ada rejeki memiliki ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini biar bisa memfasilitasi Hana supaya lebih baik lagi dalam mengeksplor minat dan bakatnya di bidang gambar. Aamiin...

Kalau kamu kepikiran juga untuk mulai mencari dan mengeksplore minat bakat anak, di saat pandemi sekarang ini, menurut Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana, merupakan waktu yang baik untuk melakukannya. Anak-anak masih sekolah dari rumah, ortu pun sebagian ada yang kerja dari rumah, jadi kita bisa mengamati anak dengan lebih leluasa. Tapi hati-hati ya, jangan rancu dengan obsesi pribadi. Orang tua juga jangan buru-buru menentukan bakat anak karena mereka masih dalam tahap eksplorasi. Lihat dulu seberapa konsisten anak menyukai sesuatu dan perkenalkan mereka pada banyak aktivitas untuk mengeksplorasi minat bakatnya.

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

2 comments:

  1. Wow Hana harus punya laptop keren ini biar makin semangat ya gambarnya.. GO go..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

    ReplyDelete