Wednesday, December 16, 2020

Bardi Smart Light Bulb, Lampu Pintar Yang Bisa Berubah Warna

Bismillah, kali ini saya mau review Bardi Smart Light Bulb. Ini adalah lampu pintar dari Bardi yang bisa berganti warna dan pencahayaan sesuai kebutuhan kita.


Dalam satu ruangan, biasanya kamu membutuhkan berapa lampu? Kalo saya sih khusus untuk kamar tidur, paling tidak saya membutuhkan dua lampu. Satu lampu utama yang terang benderang satunya lagi lampu tidur yang redup.

Gimana kalau ada lampu yang bisa berubah warna dan pencahayaan? Ya, lampu Bardi ini satu lampu yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pencahayaan. Ngga cuma dua warna atau dua mode yaitu terang dan redup, tapi lampu ini bener-bener bisa diatur tingkat pencahayaannya mulai dari 90 lumens sampai 900 lumens, kombinasi warna RGB sampai 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). 


Model bohlam, seperti lampu pada umumnya. Jadi mudah dipasang, tinggal diputar pada ulir E27 fitting lampu paling umum di Indonesia. Hemat listrik, karena maksimum power hanya 9 watt.

Menariknya, setting lampu bisa dilakukan dari smartphone bahkan bisa juga hanya melalui suara yang kita koneksikan ke Google Assistant.

Halo Google nyalakan lampunya, jadikan lampunya berwarna merah. Tara.... lampunya langsung berubah jadi warna merah.

Baca juga: Review IP Camera Bardi


Cara Setting Lampu Bardi di Smartphone

Nah supaya lampu Bardi bisa digunakan dan dikendalikan melalui smartphone, tentu kita harus setting lampu Bardi ke smartphone. Sudah ada buku petunjuk penggunaan yang berisi tutorial setting lampu pintar ke smarthone, yang bisa kamu ikuti. Tapi tetep saya tulis di sini ya siapa tahu ada yang buku petunjuknya ketlingsut kan, terus bingung gimana setting lampunya.

1. Instal aplikasi Bardi Smart Home melalui playstore.

2. Register dengan alamat email

3. Tambahkan perangkat, setelah kamu berhasil login ke aplikasi Bardi Smart HOme Di sudut kanan atas ada opsi dengan tanda + diklik

4. Pilih perangkat yang sesuai, saya pilih smart bulb 9w sesuai perangkat yang saya punya

5. Sambungkan ke wifi rumah, klik next

6. Pasang lampu, reset perangkat lampu dengan cara menekan tombol on off secara cepat sebanyak 3x sampai lampu berkedip cepat.

7. Klik opsi "confirm indikator rapidly blink", jika lampu sudah berkedip cepat. Klik next dan tnggu sampai perangkat berhasil ditambahkan ke smartphone mu.

Lampu smart dari Bardi ini bisa kamu on off kan secara manual pakai saklar, bisa juga menggunakan perangkat smartphone.  Akan tetapi, untuk mengatur tingkat pencahayaan atau warna lampu hanya bisa melalui smartphone, tidak bisa manual.

Menghidupkan Lampu Menggunakan Perintah Suara ke Google Asisten

Udah tau google assistant kan, kita bisa bertanya banyak hal misal cuaca, berita hari ini, dan lainnya. Ternyata kita juga bisa lho mengintegrasikan lampu pintar dengan google assistant. "Nyalakan lampunya google, matikan lampunya," asalkan saklar lampu dalam posisi on ya.

Nah supaya bisa memberikan perintah pada google asisten untuk menghidup matikan lampu atau mengatur pencahayaannya,kamu harus menginstal Google Home. Bagaimana cara pairing Bardi Smart Home dengan Google Home bisa dicek di web Bardi. 

Asiknya kita bisa mengendaikan lampu Bardi ini dari jarak jauh. Jadi saya coba lampu di kamar atas, lalu memberikan perintah pada google asisten dari teras rumah, dan ternyata bisa. Asalnya lampu masih terjangkau oleh wifi rumah ya... Cuma saya belum tes lagi untuk jarak maksimalnya berapa sih.

Itu tadi review Bardi Smart Lamp. Dengan Bardi Smart Lamp satu lampu bisa untuk segala kebutuhan pencahayaan kita. Dan bisa mengendalikan lewat smartphone dari jarak yang cukup jauh. Praktiss. Harga bardi smart lamp 9W ini juga murah hanya 100 ribuan.


1 comment:

  1. Cakep banget ini lampunya ya bisa kayak lampu disko hihi kelap-kelip dan bisa dimatikan dari jauh

    ReplyDelete