Senin, 13 Januari 2020

Jawaban Jujur, Kenapa Komik Mak Irits Ngga Update Lagi di Line Webtoon

Selama ini kalo ada yang bertanya kenapa komik Mak Irits ngga update lagi di line webtoon, jawaban saya diplomatis aja: Iya lagi hiatus, doakan bisa segera update lagi, sementara komik baru akan publish di instagram @emakirits.

Padahal sebenarnya ada jawaban jujur yang sangat ingin saya ungkapkan kenapa kami stop update komik di line webtoon, jawabannya adalah karena di sana kita tidak bisa menembus official, hanya di challenge sehingga tidak mendapatkan bayaran.

Komik Mak Irits cetak
Kesannya materialistis, melas, yang dipikirin kok hanya duit. Iya makanya saya ngga mau jawab kaya gitu, saya masih butuh pencitraan positif hahaha, kek mau nyalon jadi pejabat pemerintah aja.


Permasalahan utamanya adalah, saya sebagai kretor dan pemilik hak cipta komik Mak Irits, ngga bisa gambar, hanya bisa bikin cerita. Otomatis urusan gambar saya serahkan pada ilustrator. Dulu, ilustrator buat gambar komik Mak Irits saya bayar, pakai uang pribadi saya, sementara saya ngga dapat uang sepeserpun dari sana. Lho kan suaminya bisa nggambar, mungkin begitu pertanyaan sebagian orang. Iya suami saya bisa nggambar, tapi ia ngga sempet handle Mak Irits karena ada pekerjaan gambar lain yang lebih diutamakan karena duitnya langsung keliatan. Selesai gambar  langsung dapat bayaran. Kami masih butuh uang untuk membayar segala kebutuhan.

Lama-lama berasa juga berat ya, bayar ilustrator. Ahamdulillah sekarang komik Mak Irits udah di manage sama Papillon Studio. Jadi pengembangan komik Mak Irits ngga cuma saya yang pegang tapi ada tim yang bareng-bareng menjalankan.

Ya meskipun ada tim yang menjalankan, kami tetep butuh biaya operasional kan. Bikin komik mulai dari ide, nulis naskah, gambar komik, mewarnai, sampai promote konten butuh pemikiran, tenaga, dan kreativitas, akhirnya memikirkan jalan tengah, gimana kalau bikin komik berbayar tapi murah.

Saya mulai dengan bikin survey di instagram stories @emakirits. Bertanya jika Mak Irits dibuatkan komik online degan membayar 10ribu bisa membaca 10-30 judul, mahal apa ngga? Jawabannya hampir fifty-fifty sih, 48% mau beli, sementara 52% bilang mahal.

Lalu saya tanya lagi untuk yang bilang mahal, harga yang pas berapa. Pilihannya 5000 atau gratis. Dan ternyata 20% jawab 5000, 80% jawab GRATIS AJA MAK!  πŸ˜…πŸ˜…Alamaak.


Terus terang lho ada perasaan sedih sedikit melihat jawaban ini, seolah kreativitas tidak dihargai, tapi positif thinkingnya ya mungkin mereka mendoakan kami udah kaya raya, atau didoakan banyak endorsement sehingga bisa menyajikan komik gratis bagi pembaca. Aamiin.

Komik Mak Irits terbit di Karya Karsa

Nah komik online berbayar ini sekarang udah terbit di KARYA KARSA.

KaryaKarsa adalah Platform Apresiasi Kreator tempat fans dapat langsung mendukung kreator favorit mereka dengan tipping atau berlangganan bulanan untuk mendapatkan konten ekslusif. Visi  Karya Karsa, semua pekerja karya bisa hidup dari karya mereka. Aamiin.

Ada beberapa pilihan tier berlangganan. Yang termurah Rp.5000,-. Ini merupakan komik reguler yang akan tayang di socmed @emakirits. Dengan memberi dukungan di sini kamu bisa membaca komik Mak Irits 2 hari lebih awal sebelum tayang di socmed.

Tier dukungan lainnya Rp.10.000 merupakan komik tematik. Untuk saat ini baru ada satu tema yaitu "Pengantin Baru" Meski begitu aman dikonsumsi segala usia kok, tenang aja, karena kami tau yang baca komik kami selama ini selain ibu-ibu muda banyak juga ternyata anak-anak SD. Sampai bingung saya ketika anak SD mengirim pesan chat, "Kamu kelas berapa?" Kudu jawab gimana cobaaa...


InsyaAlloh komik Mak Irits tematik akan terbit seminggu 2x yaitu tiap hari Senin dan Kamis. Komik Mak Irits tematik ini eksklusif ya belum terbit di manapun. Kami juga belum ada rencana untuk mempublish ulang komik yang publish di Karya Karsa ini di instagram atau socmed dan platform lainnya dalam jangka waktu dekat.

Ada pilihan tier lainnya juga bisa langsung dicek di akun Karya Karsa Komik Mak Irits ya...

Cara Baca Komik Mak Irits di Karya Karsa

Cara baca komik Mak Irits di Karya Karsa tentu saja dengan memberi dukungan.

Pertama, klik akun Mak Irits di Karya Karsa https://karyakarsa.com/emakirits klik dukungan yang kamu pilih. Pembayaran bisa bayar via transfer, OVO, maupun GOPAY.

Akhir kata makasih banyak untuk dukungan iriters selama ini. Makasih udah follow, ngelove atau komen di tiap komik yang publish. Makasih juga untuk yang udah beri dukungan di Karya Karsa. Alhamdulillah sampai sekarang udah ada lima dukungan, terharuuu. Semua itu memberikan motivasi bagi saya untuk terus berkarya. πŸ’–πŸ’–πŸ’–

15 komentar:

  1. Semangat Mak Irits, semoga sukses ya di Karya Karsa, Nailah udah bilang mau langganan komik Mak Irits niiih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sistaaah udah dukung selama ini yaaa

      Hapus
  2. Oooh jadi ini ya maksudnya karyakarsa. Seneng kalo bisa mendukung karya konten kreator dalam bentuk materi supaya semangat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betuuul krn kadang kreator blm bisa dapat materi apa2 dr karya yg dibuat.

      Hapus
  3. Semangat Mak Irits...memang semua itu butuh modal..kalau aku sih nggak masalah beli koin buat baca komik atau novel sepanjang ceritanya oke dan sesuai selera. Semoga makin sukses ya..amin

    BalasHapus
  4. Semangaaat, Mak Irits.. Semoga sukses selalu yaaa.. Semoga dukungannya makin banyaaak... Aamiin..

    BalasHapus
  5. semangat, Mi. tapi aku masih menanti versi cetak, hehehe, kalau ada versi cetak wajib beli dong

    BalasHapus
  6. Bikin komik mulai dari ide, nulis naskah, gambar komik, mewarnai, sampai promote konten butuh pemikiran, tenaga, dan kreativitas....aku baca itu langsung benerbener sadar bahwa kita emang harus apresiasi karya teman dan ngga boleh minta gratisan terus yaak.... Semoga dilancarkan dan terus produktif ya Mba Mi

    BalasHapus
  7. Semangaaaat Rahmi n team, aku jarang baca kalo online karena suka lupa. Tapi kalo bayar tetep mau juga kok

    BalasHapus
  8. Bikin komik teenyata butuh proses yg ga gampang ya mak, kadang kita suka lupa menghargai kreativitas orang lain. Semangat terus makmie insyaallah aku bakalan dukung di karya karya, cuuz abis ni langsung vote

    BalasHapus
  9. Mak Irits, dari dulu jadi favorit komiknya anak-anak. Relate sama kelakuan simboknya keknya hahah... Semangat berkarya ya Mi?

    BalasHapus
  10. Sukses terus Mak Irits... ayo dibikin juga aja di elexkomputindo yang biasa ada di gramedia. Aku dulu doyan banget baca komik terbitan elexkomputindo (ketauan deh hidup di zaman purba). Namun sekarang zaman serba online, semoga via karyakarsa ini sukses ya.

    BalasHapus
  11. Sedih ya karya divl bidang desain dan tulisan masih dipandang sebelah mata.

    Btw, aku sih nunggu versi cetaknya mbak. Soalnya lucu banget. kebetulan Ifa lagi senang baca komik nih.

    BalasHapus
  12. Terus semangat berkarya ya Mak Irits... semoga makin lancar ide-idenya agar kisah berikutnya bisa segera dinikmati oleh para fans.

    BalasHapus
  13. Versi cetak aku udah baca sampai berkali-kali...nunggu cetak lagi..tpi kalau lewat platform dan bayar it's oke lah..karena sudah saatnya memang kita harus mengapresiasi karya orang. Aku juga sedih loh kalau mau ya cuma gratisan aja.. ngrasain banget, les aja maunya gratis πŸ˜‚

    BalasHapus