Minggu, 06 Oktober 2019

5 Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Content Creator, Karena Ide Bisa Muncul di Mana Saja

Pernah ngga kamu berada di suatu tempat, tiba-tiba menemukan sesuatu yang menarik untuk dijadikan konten di blog, akun socmed atau kanal yutubmu. Tapi kamu ngga bawa semua perlengkapan yang kamu butuhkan untuk membuat content, akhirnya, semua berlalu begitu saja.

Saya pernah nih, dari rumah emang ngga ada niatan bikin content. Tiba-tiba di TKP ketemu seseorang yang menurut saya, bisa seru nih kalo bikin video collab membahas suatu hal, tapi karena perlengkapannya ga kebawa ya gagal deh bikin content.

Makanya, karena ide bisa datang di mana saja, ada 5 perlengkapan wajib yang harus selalu dibawa para content creator. Kemanapun kamu pergi dan kapanpun harus dibawa. 5 perlengkapan wajib content creator, apa sajakah itu?

1. Smartphone. Ini sih bagi siapapun, apapun profesinya, udah jadi benda wajib yang umum ya. Selain sebagai alat berkomunikasi, smartphone juga sebagai alat utama untuk mendokumentasikan kejadian baik lewat foto, video, ataupun suara. Sebagai content creator dokumentasi bukan hanya sekedar untuk kenangan, atau kegiatan iseng untuk upload di IG stories, tapi juga harta berharga yang bisa dijadikan content, maka kudu diperhatikan spek nya ya. Paling ngga smartphone yang dimiliki bisa untuk mengambil gambar maupun video yang baik, memori cukup biar bisa menampung banyak file dan ngga lemot.

smartphone untuk membuat konten
Baca juga: 3 Fitur ASUS Zenfone Zoom S Yang Bikin Jatuh Cinta Banget
2. Powerbank. Lagi asyik-asyiknya bikin content tiba-tiba batre low. Mana nyari colokan susah atau jauh dari posisi kita duduk. Makanya sedia power bank dong. Dalam kondisi darurat powerbank ini bisa banget diandalkan. Apalagi kalau kita bepergian dalam jangka waktu yang kumayan lama. Jangan lupa power bank harus selalu dalam keadaan penuh terisi uya. Kalau sampai rumah harus langsung diisi lagi dayanya. Jadi saat bepergian, bisa langsung angkut ngga sibuk nge charge dulu.

mengisi baterai smartphone dengan powerbank

3. Tongsis. Sebegitu pentingkah foto selfie atau wefie? Bisa jadi iya, bisa juga ngga. Sebuah foto pemandangan misalnya, dengan adanya foto diri kita, menurut saya bisa menambah efek personal touch. Lagipula fungsi tongsis bukan hanya buat selfie kok.

Saat kemarin saya butuh mewawancarai seseorang di tempat keramaian, saya menggunakan tongsis, agar saya sendiri bisa masuk dalam frame dan melakukan wawancara dengan lebih nyaman. Tongsis juga berguna ketika kita mau ambil gambar tapi terkendala jarak, tidak bisa mendekati objek, panjangkan aja tongkat tongsisnya.

Tongsis, alat bantu untuk membuat konten dengan smartphone
Atau ketika harus merekam gambar dengan durasi lama, lebih nyaman memegangnya dengan tongsis daripada dengan tangan doang. Lebih baik lagi sih dipegang dengan gimbal supaya video nya ngga goyang. Tapi mengingat gimbal harganya lumayan mahal, yaaa sementara pakai tongsis dulu lah yang harga 20 ribu aja udah dapet.

4. Tripod. Dengan tripod kita bisa memotret atau merekam gambar tanpa harus capek-capek memegang smartphone menggunakan tangan. Jangan selalu berpikir "kan bisa minta tolong orang lain buat motret atau merekam". Sebisa mungkin buatlah content tanpa merepotkan orang lain, kecuali kalo kamu emang mempekerjakan fotografer atau videografer secara profesional ya. Tripod ngga seberapa berat kok kan bisa diringkes sehingga cukup masuk tas. Atau kalau malas bawa yang panjang, tripot meja aja cukup.

syuting dengan menggunakan tripod

5. Laptop. Meski beberapa fungsi laptop untuk pembuatan content seperti menulis artikel, edit foto, atau mengedit video bisa juga dilakukan dengan smartphone, tapi menurut saya lebih nyaman jika dilakukan dengan laptop. Di samping banyak data-data juga tentunya yang tersimpan di laptop yang sewaktu-waktu bisa saja dibutuhkan. Tapi, kenapa harus dibawa juga kemana-mana sih laptop itu, bikin repot aja, kan bisa dikerjakan nanti-nanti kalau sudah sampai rumah.

Bikin content ya enaknya pas masih anget-anget ada di kepala. Begitu ada ide langsung eksekusi, begitu selesai event langsung bikin reportasenya.



Percayalah materi content yang sudah kita dapatkan semakin menunda kita mengolahnya maka semakin malas dan bisa jadi hanya menuh-menuhin folder HP saja. Bener lho saya kalo habis bikin video, langsung digarap bisa jadi cepat, sejam aja diedit, langsung siap publish. Tapi.. kalo ditunda, besok deh pas ada waktu, lusa deh pas udah sampai rumah, lama-lama malah jadi malas sendiri, kemudian lupa.

Lalu laptop seperti apa yang cocok menemani seorang content creator untuk berkarya?

Pas banget nih, hari Sabtu 29 September kemarin, saya dan teman-teman blogger Semarang baru saja mengikuti ASUS VivoBook Ultra A412 Blogger Gathering di Aston Hotel Semarang. Seperti judulnya, tentu saja dalam event tersebut kami diperkenalkan dengan produk ASUS VivoBook Ultra A412 yang menurut saya, speknya cocok banget untuk content creator seperti saya ini. Cocoknya gimana nih? Saya kasih tahu beberapa spek dan fitur dari ASUS VivoBook Ultra A412 ya!

1. Ringkas. Alasan utama kenapa seseorang malas bawa laptop kemana-mana adalah karena berat dan menuh-menuhin tas. Apalagi ditambah harus bawa dua bocah plus satu bayi, wara-wirinya pakai bus trans pulak #itusihsaya. Makanya laptop yang saya inginkan itu harus yang ringkas, ukurannya kecil, dan ringan. 

ASUS VivoBook Ultra A412 ini menyandang gelar sebagai “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook” atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan paling kecil di dunia. Gelar ini diraih berkat dimensi bodi yang diusungnya yaitu dengan panjang 32cm dan lebar 21cm sehingga sekilas terlihat seperti ultrabook yang mengusung layar 13 inci.

Ringkas yaa asik ditenteng kemana-mana
Bodinya yang ringkas ini juga didukung fitur premium NanoEdge Display, yaitu teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412 tampil dengan ukuran hanya 5,7mm. Berkat bezel yang tipis ini, dimensi bodi VivoBook Ultra A412 secara keseluruhan dapat diperkecil serta dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen. Beratnya hanya 1,5kg. Gendong bayi 10kg aja sanggup, bawa laptop seringan ini sih 7x lebih mudah yaa.

2. Powerful. Dulu, semakin kecil notebook, identik dengan semakin rendah juga performanya. Sekarang teknologi semakin melesat maju. ASUS VivoBook Ultra A412 meski bodinya kecil, tapi tetap powerful lho. Lihat saja jeroannya, dengan ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-8, VivoBook Ultra A412 termasuk salah satu ultrabook mungil paling gesit yang ada saat ini. Varian tertingginya yang menggunakan Intel Core i7-8565U mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread.

Dalam hal grafis, beberapa varian VivoBook Ultra A412 ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan VRAM sebesar 2GB, cocok untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti menikmati konten hiburan hingga menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa grafis. Ditemani oleh RAM DDR4 serta penyimpanan menggunakan M.2 SSD, VivoBook Ultra A412 bisa bekerja lebih kencang.

3. ErgoLift Design, merupakan mekanisme khusus yang membuat bagian bodi utama VivoBook Ultra A412 terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Jadi beda dengan laptop pada umumnya, yang bagian bawahnya rata menempel pada meja atau tumpuan di bawahnya.

Mas Danu dari ASUS menjelaskan fitur ErgoLift design VivoBook Ultra A412
Berkat ErgoLift Design ini, posisi keyboard saat VivoBook Ultra A412 digunakan menjadi lebih ergonomis dan nyaman digunakan.

ErgoLift Design juga membuat sistem pendingin di VivoBook Ultra A412 dapat bekerja lebih optimal. Karena bodinya sedikit terangkat sehingga membentuk rongga diantara laptop dan penyangga di bawahnya yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, hardware di dalam ultrabook ini dapat bekerja lebih optimal.

4. Baterai tahan lama. Berapa jam waktu yang kamu butuhkan untuk mengisi baterai laptopmu? ASUS VivoBook Ultra A412 disebut-sebut dapat mengisi baterai sampai 60% hanya dalam waktu 49 menit dengan teknologi fast charging. Waw kilat ya! Di samping itu kita tiak perlu takut lagi ketika lupa mencabut charger saat pengisian baterai telah selesai. Karena ada teknologi pengisian daya baterai yang eksklusif dari ASUS membantu melindungi baterai dari pengisian yang berlebihan, masa pakai baterai yang panjang dan mengurangi kemungkinan kerusakan akibat pembengkakan baterai. Intinya, bisa menjaga baterai dalam kondisi prima. 

5. Keyboard backlit. Seringkali kondisi memaksa saya untuk membuat konten di ruangan yang minim cahaya. Nah, lampu backlit membuat huruf di keyboard tetap mudah dilihat. Selain itu, keyboard ASUS VivoBook Ultra A412 ini juga memiliki konstruksi yang kokoh, desain kunci yang ergonomis, dengan key travel 1.3mm memberikan pengalaman mengetik yang nyaman. Key caps-nya sudah diuji hingga 10.000 ribu ketukan lho. Jadi ngga perlu kuatir dengan daya tahan keyboard ini ya!

Keyboardnya bisa nyala
6. Konektivitas yang lengkap dan mudah. Meskin bodinya ringkas, VivoBook Ultra A412 menyediakan beragam port, mulai dari USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan audio port. Jadi kita bisa dengan mudah mengkoneksikan berbagai macam perangkat dan aksesoris tambahan. Sebagai ultrabook ringkas yang mengedepankan mobilitas, VivoBook Ultra A412 juga dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel. Koneksi WiFi dual-band 802.11ac (2x2) membuat ultrabook ini tetap dapat terkoneksi dengan internet. Sementara Bluetooth 4.2 membuat berbagai aksesoris nirkabel dapat terhubung secara leluasa. Waw komplit plit ya!

Port konektivitas VivoBook Ultra A412

7. Login lebih mudah dan lebih aman dengan finger print yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello. Integrasi ini memudahkan pengguna untuk login dan masuk ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412 tanpa harus mengetikkan password. Selain mempermudah, dan mempercepat proses login, fitur ini juga membuat VivoBook Ultra A412 menjadi lebih aman.

Windows Hello

8. Empat varian warna unik. Bosan dengan warna laptop yang itu-itu saja? ASUS VivoBook Ultra A412 bisa jadi pilihan karena punya 4 varian warna yang unik yaitu transparent silver, slate grey, peacock blue, dan coral crush. Pilih aja yang sesuai dengan gaya kamu!

Warna-warni ASUS VivoBook Ultra A412

Ringkasan spesifikasi dari ASUS VivoBook Ultra A412 bisa dilihat dalam tabel berikut ya


Main Spec.
ASUS VivoBook Ultra A412F
CPU
Intel Core i3-8145U Processor
Intel Core i5-8265U Processor
Intel Core i7-8565U Processor
Operating System
Windows 10
Memory
4GB DDR4 RAM
8GB DDR4 RAM
Storage
512GB M.2 PCIe Gen3X2 NVME SSD
Display
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, NTSC 45%
Graphics
NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM
Integrated Intel HD Graphics 620
Input/Output
1x USB 3.1 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.1 (Gen1) Type-A, 1x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD card reader
Camera
HD Web Camera
Connectivity
Dual-band 802.11ac Wi-Fi (2x2), Bluetooth 4.2
Audio
Sonic Master audio, Array Microphone
Battery
37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion Battery
Dimension 
32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm
Weight
1.5Kg
Colors
Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush
Price
Start from Rp7.599.000
Warranty
2 tahun garansi global

Dalam acara gathering Sabtu kemarin selain perkenalan produk ASUS VivoBook Ultra A412 juga diramaikan dengan kuis. Salah satunya instagram photo competition. Foto yang terpilih mendapatkan hadiah voucher belanja dari team ASUS. Sayangnya saya ngga kebagian, huhuhu.

Para content creator berkumpul di acara ASUS VivoBook Ultra A412 Gathering

Nah itu tadi temans 5 perlengkapan yang wajib dibawa oleh content creator, karena ide bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Mana nih yang kamu belum punya? Sebaiknya segera dilengkapi supaya kegiatan berkarya semakin lancar jaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar