Sunday, April 19, 2015

Tips Menaklukkan Hati Ibu Mertua


welfie bareng ibu mertua
Udah beberapakali saya cerita tentang ibu mertua di blog, salah satunya bisa dibaca pada tulisan saya yang berjudul My SuperMom. Makanya sekarang agak bingung mau cerita apalagi tentang ibu mertua ya untuk menyemarakkan posting serentak Kumpulan Emak Blogger (KEB) menyambut hari Kartini. Hmm Gimana kalau saya sharing tentang Tips Menaklukkan Hati Ibu Mertua aja? Pasti banyak yang butuh nih huehehe *pede* yang penting ada kaitannya dengan ibu mertua kaan?

Alhamdulillah sih ya, ibu mertua saya tipikal orang yang nyante. Dari awal saya diperkenalkan dengan beliau, udah welcome banget orangnya. Tapi teteeep bukan berarti saya cuek aja ngga ada usaha pedekate ke beliau. Apalagi saya sempet setahun tinggal numpang mertua. Ya masa di rumah mau ongkang-ongkang kaki gitu, ya ngga mungkin kan ya.

Tips menaklukkan hati mertua yang saya maksud di postingan ini bukan hanya untuk yang mertuanya galak trus mau kita jinakkan #eh. Tapi juga tips bagaimana membina hubungan baik dengan mertua. Yang asalnya ngga baik jadi baik, yang udah baik ya teteap baik atau malah jadi tambah baik.



Mengamati kebiasaan ibu mertua. Kebiasaan ibu mertua saya tiap habis sholat Shubuh adalah langsung masak. Menu utama tempe biasanya dibuat mendoan, sekalian masak lauk buat siang. Tak lupa bikin teh hangat untuk semua penghuni rumah. Ini penting untuk kita ketahui, jangan sampe mertua sendirian ngoprek dapur, eh kita meneruskan kebiasaan jaman lajang yaitu tidur lagi setelah Shubuh.

Ajak ngobrol. Biar hubungan antara ibu mertua dan menantu lebih cair dan hangat, rajinlah mengajak ngobrol mertua. Tapi ngomongin apa, kadang suka bingung kan ya. Coba cari bahan obrolan yang sekiranya menarik bagi ibu mertua, misal cerita tentang perkembangan cucunya (anak kita), minta saran atau nasihatnya, tanya resep masakan yang ia kuasai, ngobrolin acara favorit di televisi, atau ajukan pertanyaan yang bisa membuat beliau bernostalgia. Biasanya orang tua suka tu ditanyain tentang masa mudanya, ceritanya bakal panjang kali lebar, kita tinggal dengerin dan sesekali menimpali.

Sayangi anak-anaknya yang lain, alias saudara kandung suami, terutama sih adik-adiknya. Kayak suami saya kan sulung empat bersaudara, nah saya berusaha menjadi kakak yang baik bagi ketiga adiknya juga. Dari sejak sebelum nikah malah, saya dan (calon) suami suka kemana-mana ngajak adik, ke bioskop, kondangan, kadang juga jemput adik pulang sekolah.

Beri hadiah. Hadiah bisa merekatkan hubungan. Cari tahu apa kesuakaan ibu mertua. Kalo ibu mertua suka banget makan martabak misalnya, ya sesekali beliinlah martabak. Kalo ibu mertua ngepens sama hello kitty, pas ultahnya beliin pernak-pernik hello kitty. Tapi mengenai hadiah ini, mertua justru lebih banyak memberi daripada saya. Ibu mertua selalu tahu kebutuhan saya. Kayak kemarin pas di arisan ada yang jual wadah lauk dan sayur, beliau suruh saya milih, katanya beliau yang akan mencicilnya untuk saya. Pernah juga, saya pinjem vacuum cleanernya dibawa ke rumah. Udah beberapa kali memang saya pinjam, biasanya minggu depan pas mengunjungi mertua saya balikin. Eh suatu hari pas vacuum cleaner itu masih di rumah saya, ibu mertua menelepon katanya baru aja beli vacuum cleaner portable, jadi yang lama buat saya saja. Duh jadi merasa ngga enak.

Kunjungi ibu mertua. Setelah tinggal di rumah sendiri, saya tetep rutin mengunjungi mertua, biasanya sih seminggu sekali atau paling lama dua minggu sekali. Selain itu saya juga  menghubungi beliau lewat telepon, kadang sekedar tanya kabar, menceritakan perkembangan cucunya, dll. Dengan begitu ibu mertua merasa kita selalu mengingatnya.

Begitulah tips menaklukkan hati ibu mertua yang bisa saya bagi. Mengenai hasilnya pasti tiap orang belum tentu sama ya, banyak faktor yang mempengaruhinya. Alhamdulillah selama ini hubungan saya dan mertua mulus-mulus saja, meskipun sesekali ada perbedaan pendapat tapi bersyukurnya semua bisa kita lalui dengan baik. Semoga demikian juga dengan ibu mertuamu ya temans :)



@rahmiaziza


37 comments:

  1. mkasih nieh mak tipnysa
    kayanya buat camer juga bisa di pke caranya :D

    ReplyDelete
  2. Ibu Mertuanya suka sama hello kitty ya Mak? kekinian banget ya.. btw mertua saya sudah meninggal. Saya baru sempat sekali ketemu dengan beliau. Hiks

    ReplyDelete
  3. yang penting kitanya kudu baik2 aja lah. kalo kita baik2 pasti ibu mertua juga baik ama kita :)

    ReplyDelete
  4. Senangnya yang masih punya ibu mertua ^-^

    ReplyDelete
  5. Cieeee, dapat vacum gretongan. Weeks :D

    ReplyDelete
  6. Bisa lah ya Mbak, dipakek buat menaklukan hati calon ibu mertua.. Wahahahah :D

    ReplyDelete
  7. Kayaknya daku ngasih kadonya pas lebaran doank. Kue lebaran ma uang lebaran..hihihi..Biar dibelikan sendiri lah

    ReplyDelete
  8. Tfs ya mba..tambah lagj mba tips tips lainnya hehehe *ngelunjak

    ReplyDelete
  9. Mak..mak...tipsnya sangat cucok nih....mari2 yang lagi PDKT..setelah hati anaknya di takklukkan giliran hati emaknya di rengkuh hu hu hu...

    ReplyDelete
  10. ajak ngobrol itu kadang yang susah ya mak, takut kehabisan bahan

    ReplyDelete
  11. Tipsnya oke banget tuh, Mak.. sayangnya saya gak punya ibu mertua :)
    btw kayaknya bahagia benget yaa hubungan Mak dengan ibu mertua :)

    ReplyDelete
  12. Mbak Rahmi makasih buat tipsnya yaa... tau aja kalo aku lagi ngegalau soal ibu mertua kikikik. Lagi pedekate nih. :))

    ReplyDelete
  13. Untungnya gak pernah ada masalah sama mertua meski tampang garang semua :D

    ReplyDelete
  14. cari bahan obrolan itu yang suka aku bingung mak :)

    ReplyDelete
  15. hihihii jadi inget sama ibu mertua kl udah gini.
    Nice sharing maaakk :)

    ReplyDelete
  16. Saya juga setidaknya tiap hari Sabtu ke rumah ibu mertua. Tidak hanya berkunjung, tapi juga bersama istri memabtu kulakan kerupuk mentah di Pasar Beringharjo kemudian dijual ibu mertua di Pasar Gowok.

    Semoga sukses ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  17. aku sejak nikah dah gak punya mertua nih... jadi gak ngerasain hal2 di atas.... cuma kakak iparku banyak... ada 9 orang... hehehe

    ReplyDelete
  18. Tips nya oke banget mak, bagi yang membutuhkan, aku ga perlu tips soalnya beda situasi mak, jadi ga applicable gitu deh hihi

    ReplyDelete
  19. iri deh, bisa welfie sama mertua. Ibu mertua saya orangnya gak suka di ajak foto-foto, kontras sama mantunya yg narsis poll ini

    ReplyDelete
  20. iri deh, bisa welfie sama mertua. Ibu mertua saya orangnya gak suka di ajak foto-foto, kontras sama mantunya yg narsis poll ini

    ReplyDelete
  21. kalau urusan bikin teh, saya selalu tidak pernah bisa bikin teh ala ibu mertua.

    ReplyDelete
  22. Weeew...
    Such smooth relationship :)

    ReplyDelete
  23. wahh asyik ya ibu mertuamu mak...:)

    ReplyDelete
  24. beri hadiah, sering dikunjungi dan komunikasi juga point waktu saya nulis gerakan sayang mertua kemarin... tos mak

    ReplyDelete
  25. Siip...semoga sukses di keg KEB ini yaa... Salam hormat utk ibu mertua... :)

    ReplyDelete
  26. Keren tipsnya Mak. Bisa dipraktekin ini nanti hihihi

    ReplyDelete
  27. Mbak aku tersindir yang poin pertama soalnya aku termasuk golongan menanatu baik yang habis shubuh tidur lagi hihi.. yah daripada didapur cuman jadi pajangan dan nyepet-nyepetin mata mendingan tidur lagi aja :D (moga-mooga ibu mertua gak baca komenku ini)

    ReplyDelete
  28. kayaknya tips okaynya patut dipraktekin biar bisa jadi menantu kesayangan nih mbak :)

    ReplyDelete
  29. Tips yg bagus banget mbak. Seperti pengingat kembali krn aku kurang akrab dgn mertua

    ReplyDelete
  30. Wuihh komplit nih tulisannya, bisa jadi panutan istri-istri/calon istri agar sayang pada mertua :D

    ReplyDelete
  31. Betul, Mbaaak.. Sama Ibuknya Febri, aku alhamdulillah cocok.. Trus deketin anaknya yang paling kecil deh. Mueheheeh :P

    ReplyDelete