Rabu, 24 Januari 2018

Family Staycation di Hotel Pandanaran Semarang

Ini postingan late post banget nget nget. Malahan duluan ditulis Thifa di postingan Jalan-jalan ke Hotel.


Jadi ceritanya kapan hari itu saya dapet voucher dari Ezytravel senilai Rp.200.000,- karena isi survey gitu. Karena bulan November udah mau expired, saya jadi buru-buru cari hotel yang asik buat family staycation, eman-eman kan kalo sampai hangus. Tapi saya ngga mau hotel yang mahal, pengen saya nomboknya jangan sampai 200 lah.

Karena tujuan saya ke hotel untuk family staycation, pastilah ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Pertama tempat hotel harus ada di pusat kota, yang dekat dengan tempat makan atau tempat hiburan lainnya kaya mall. Jadi biar kemana-mana deket. Kalo habis waktu di jalan, ya bukan staycation namanya. Selain itu harus ada fasilitas yang bikin betah di hotel minimal ada kolam renang lah.

Hasil pencarian saya menemukan dua kandidat hotel, yaitu Quest Hotel Semarang yang ada di jalan Plampitan dan Hotel Pandanaran Semarang yang ada di jalan Pandanaran. Awalnya saya pengen di QUest aja, mencoba pengalaman baru mengingat saya udah pernah sekali nginap di Pandanaran Hotel. Tapi baca review dari internet katanya tempat parkir agak sempit dan tempatnya agak mblusuk. Di samping itu saya mikirnya, kalo nginap sini cari makan malamnya dimana ya. Mengingat suami baru nyusul ke hotel agak malaman, jadi saya pengen cari tempat makan yang tinggal jalan kaki aja. Kalo di Quest deketnya sama daerah Pecinan atau Pasar Semawis. Denger-denger di situ banyak makanan non halal juga jadi saya urungkan deh.

Akhirnya saya memutuskan nginap di hotel Pandanaran saja.Pilih kamar yang paling murah tapi sepaket sama sarapan juga. Ratenya Rp.375.074. Jadi nambahnya cuma 175ribuan.



Kenapa saya pilih hotel ini?

Pertama ratenya lumayan murah dan berada di pusat kota. Deket dengan mall Ciputra, bisa dengan naik angkot sekali, nyegat dari depan hotel. Ada halte BRT (Trans Semarang) juga tak jauh dari sini. Kalau mau naik taxi atau gocar juga ga mahal. Selain itu hotel Pandanaran Semarang juga dekat juga dengan tempat makan. Kemarin saya ke KFC sama duo bocah jalan kaki, deket kok. Bahkan pulangnya saya sambil gendong Hana karena dia tidur. Alhamdulillah masih kuat hihi. Kalo mau ke McD juga dekat jaraknya kira-kira sama dengan hotel-KFC. Dekat pulak dengan toko tempat jual oleh-oleh Semarang. Tempat wisata yang dekat hotel Pandanaran ada Lawang Sewu, Museum Mandala Bhakti, dan Kampung Pelangi.

Fasilitas Kamar

Fasilitas kamar hotel standar sih ya. Ada tv, AC, perlengkapan mandi, air mineral, teh dan kopi. Yang saya suka, di kamar ini ada beberapa meja, untuk meja kerja dan juga meja untuk meletakkan barang-barang. Ada lemari besar juga untum mengimpan tas, dan menggantung baju.




Kolam Renang

Ini merupakan salah satu syarat wajib untuk staycation, karena anak-anak suka banget main air di kolam renang. Di sini ada kolam yang dalam ada juga yang dangkal. Jadi saya bisa mengawasi anak-anak aja sambil duduk santai di tepian kolam, ga perlu ikut nyemplung. Kamar ganti dan kamar mandi juga cukup bersih. Dekat kolam renang juga ada ruang gym, cuma saya kemaren ngga menggunakan fasilitas ini sama sekali.



Menu Sarapan Variatif

Menu sarapan juga menjadi pertimbangan saya nginap di sini. Karena sebelumnya pernah nginap dan sarapan di Hotel Pandanaran bareng temen-temen kontributor Hello Semarang, dan saya merasa cocok dengan menunya, makanya saya lebih mantap memilih holtel ini buat family staycation. Oya karena anak saya yang satu si Thifa udah ngga balita, jadi nambah bayar buat sarapan sebesar 35rb. 

Menunya antara lain ada roti, pancake, waffle, mie godog, soto, buffe, cereal, omelet, popcorn, buah, dan aneka minuman seperti teh, kopi, jus, dan jamu.



Tempat makannya relatif luas, Ini juga penting karena ada hotel yang kamarnya banyak tapi tempat makan sempit, sampai bingung mau duduk dimana pas makan, karena penuh semua.

Hotel Pandanaran ini banyak menyediakan hall-hall buat disewakan. Jadi sering juga ada acara-acara kantor macam seminar atau pelatihan gitu di sini.

Over all saya suka nginap di sini dengan beberapa alasan yang udah saya tulis di sini. Cuma Thifa bilang agak serem, mungkin karena perjalanan menuju kamar dari lobby cukup panjang dan sepi, trus ada pernak-pernik tradisional kaya ukir-ukiran gitu. 

10 komentar:

  1. Aku pernah nginep di sini dan pancen steategis. Setuju makanannya banyak. Sampe bingung milih. Ruang makannya juga terbagi buat smooking area dan non. Ntaps

    BalasHapus
  2. Kadang aku mikir, aneh ga sih staycation di kota sendiri? Tapi ternyata ada juga yang kaya gitu.. malahan bisa jadi alternatif yang bagus ya kalau mau liburan bareng keluarga dan us time gitu :)

    BalasHapus
  3. Wahh asyiknya staycation di sini. Kolam renangnya bikin mupeng.
    . Semoga ad ksempatan ke sini. Thx infonya mbak Mi

    BalasHapus
  4. Kolam renangnya itu mba yang pasti paling mbuat anak2 betah..
    Btw, makasih reviewnya.. bisa jadi masukan klo suatu hari mo nyari tempat nginep di Semarang.

    BalasHapus
  5. Suka nginap di sini, dekat kemana-nana dan kolamnya ngga dalam hihi..

    BalasHapus
  6. Keliatan nyaman banget ya, udah gitu ada kolam renangnya. Cocok buat nginep bersama keluarga ya..

    BalasHapus
  7. aku juga suka nginep sini *tos

    BalasHapus
  8. Oke juga nih hotelnya. Bisa jadi alternatif kalo lagi liburan di semarang. Bersih dan dekat dengan banyak tempat wisata juga lagi. Thanks a lot ya review-nya.

    BalasHapus
  9. Mba staycation gini enak ya, apalagi sm keluarga. Enak lagi kalau hotelnya juga fasilitasnya lengkap ya mba. Jadi gak perlu keluar deh, dihotel aja udah asyik...

    BalasHapus