Senin, 24 Juli 2017

Belajar Pijat Bayi Sebelum Melahirkan (Lagi)


Belajar pijat bayi sebelum melahirkan (lagi)? Eit, jangan sangka saya sedang hamil ya. Biar kata ni perut udah kaya orang hamil 3 bulan kalo ngga tahan napas, pelis laah, jangan ditanyain gitu. Udah cukup pedih ditanyain muluk sama petugas di bandara ngga usah ditambahin lagi ma kamu, hiks.

Tapi kalo rencana pengen hamil lagi sih, emang iya. Pengennya nambah lah satu lagi, anak-anak pun udah sering nanyain kapan mereka punya adik lagi.

kangen punya bayi lagi >.<

Saat ini anak saya yang kedua sudah berumur 3,5 tahun, saya rasa sudah pas kalo saya memulai promil lagi. Awalnya sih sempet ragu, “Sudah siapkah saya hamil, kemudian punya bayi lagi?” Sudah siap ini mencakup banyak hal, fisik, mental maupun materil.

Saya jadi teringat dulu, mendekati HPL Thifa, anak pertama. Sempat saya ngeblank. “Ini saya udah mau jadi ibu? Saya harus ngapain nih, apa yang harus saya persiapkan, apa yang harus saya pelajari tentang bayi?”


Kalo soal printilan perlengkapan bayi sih udah siap ya, kaya popok, baju bayi, ember, sabun, dll. Tapi... serius nih cuma ini aja? Akhirnya saya memilih learning by doing, karena aseli ngga ngerti harus ngapain. Taunya kalo punya bayi ya ntar disusuin, saya ngga tau kalo dalam proses menyusui aja bisa terjadi banyak drama, ya belum pernah ngalamin sih, apalagi socmed dulu belum seramai sekarang.

KEMATIAN BAYI BARU LAHIR (NEONATAL) YANG BIKIN PARANOID

Saya kaget, ketika beberapa waktu lalu mendapat kabar, bayi dari teman saya meninggal. Padahal belum lama saya mendengar berita kelahiran sang bayi. Subhanalloh...

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya mendengar berita kematian bayi baru lahir, cuma karena ini datangnya dari temen sendiri rasanya cukup shock dan... ada rasa paranoid juga.



Berdasarkan data WHO pada tahun 2015 yang saya baca di salah satu literatur, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari (masa neo natal). Penyebabnya macam-macam, ada yang karena lahir prematur, sehingga organ tubuhnya belum siap. Ada yang terkena infeksi sehingga terjadi sepsis, karena diare, dll.

SENTUHAN PENUH HARAPAN

Salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan sebagai ibu untuk menjaga kesehatan bayi neonatal adalah dengan sentuhan penuh harapan. Dr. Bernie Endiarini Medise, Sp.A(K), MPH, Dokter Spesialis Anak, dalam sebuah wawancara mengatakan, sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting, karena selain dapat memperlancar peredaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya, sehingga bayi akan lebih sehat, dapat bertumbuh dan hidup lebih panjang.

Lantas sentuhan yang seperti apa?

Salah satu sentuhan yang penting untuk dipelajari adalah sentuhan saat mandi dan memijat. Saat Thifa berumur sebulan ke bawah, terus terang saya belum berani terlalu sering menyentuh, apalagi memandikan. Yang memandikan Thifa, budhenya suami dari desa yang waktu itu didatangkan khusus demi membantu saya yang mesti kerepotan setelah punya bayi.

Setelah anak kedua, lumayanlah, saya udah berani memandikan bayi sendiri setelah pulang dari rumah sakit, tapi untuk memijat, saya belum berani dan akhirnya memanggil mbah pijat secara berkala untuk memijat Hana.

Padahal pijatan yang terbaik adalah pijatan yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri. Ini dikatakan sendiri sama terapis yang membuka baby spa lho, waktu saya pernah membawa anak saya ke sana. Katanya bayi baik dipijat setiap hari oleh orang tuanya, kalo di bawa ke baby spa atau tukang pijat, ya sebulan sekali saja cukup. Kenapa? Karena sentuhan adalah cara yang kuat untuk menyampaikan cinta ibu/ayah pada sang buah hati.

BELAJAR PIJAT BAYI SEBELUM MELAHIRKAN (LAGI)

Yes karena saya dan suami saat ini sedang berikhtiar untuk punya anak lagi, kami bertekad ingin jadi orang tua yang lebih baik dalam hal mengurus bayi. Ingin benar-benar menikmati me time mengurus bayi salah satunya dengan melakukan sentuhan maupun pijatan.

Apalagi pengalaman punya anak sebelumnya pernah terkena sembelit, perut kembung, dan kulit iritasi. Kalo punya anak lagi amit-amit jangan sampai terkena masalah ini lagi, kasian bayinya merasa ngga nyaman, ibunya ikut-ikutan setres.

Untuk belajar pijat bayi bisa kita lakukan sendiri di rumah lho. Tutorialnya banyak di internet. Saya sendiri saat ini sedang mempelajari cara memijat bayi dari website www.johnsonsbaby.co.id. Di sana ada tutorial lengkap mulai dari bagaimana memijat bayi yang baru lahir, memijat bayi usia enam minggu ke atas, memijat bayi usia enam bulan ke atas, teknik memijat bayi, sampai manfaat dari memijat bayi itu sendiri. Informasi lain mengenai perawatan dan tumbuh kembang bayi juga ada lho. Atau bisa juga dari instagram @jhonsonsonsbaby_id



Oh iya saat ini JOHNSON’S® Baby sedang mengadakan kampanye “JOHNSON’S® Baby Sentuhan Penuh Harapan”, untuk menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat, terutama selama masa neonatal.

Sekarang ibu maupun ayah sudah tahu kan tentang pentingnya sentuhan untuk bayi ini, yuk bantu sebarluaskan pesan ini kepada kerabat, orang di sekitar, maupun masyarakat luas. Supaya pesannya viral sebarkan pula melalui media sosial yang ayah dan bunda miliki.

Atau bila mau berkontribusi lebih, ada program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, dimana JOHNSON’S® Baby menggandeng Alfamart dan Save the Children, memberikan para Ibu cara termudah bagi seluruh ibu untuk berpartsipasi, yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk JOHNSON’S® Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, JOHNSON’S® Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children.

Meskipun saat ini belum mempunyai bayi lagi, produk Johnson's baby masih saya pakai terutama produk baby oil. Karena baby oil ngga cuma bergna untuk pijat bayi saja, tapi pijat anak yang udah gedean maupun orang dewasa juga bisa. Baby oil juga biasa saya gunakan untuk membersihkan daerah yang sulit dibersihkan, misal daun telinga, ada kotoran kan yang digosok menggunakan air biasa sulit bersih, nah saya biasanya mengusap terlebih dahulu dengan menggunakan baby oil yang dioles di cotton bud, dengan begitu kotoran lebih mudah terangkat saat mandi.



Untuk informasi lebih lanjut mengenai campaign “JOHNSON’S® Baby Sentuhan Penuh Harapan”., bisa cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu @johnsonsbaby_id (Instagram), @JohnsonsBaby_ID (Twitter) dan https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia (Facebook)”

58 komentar:

  1. yuk belajar lagi biar bonding dengan anak tercipta y mba 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah lupa aku mba cara pijat bayi, dulu juga ga diapalin banget sih hihi

      Hapus
    2. Sebagai lelaki pastinya ingin tahu cara bagai mana merawat anak atau si beby.

      Hapus
  2. Aku dan suamiku juga biasa memijat anak-anakku tiap habis mandi waktu mereka bayi, bahkan sampai setahun masih aku pijitin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menikmati bener yaa saat-saat punya bayi mbaa

      Hapus
  3. Semoga dimudahkan ya promilnyaaaa, aamiinn. ^_^

    BalasHapus
  4. Kl.beli produk johnson.yg satu set itu dpt cd tutorial pijat bayi tp.sy blm liat ci.hehe
    Paliing takut mijit bagian perut
    Takut malah jd sembelit , melilit dsb mbak
    Semoga promilnya lancar ymbak
    Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah dapat CD nya kayaknya dulu, tapi berhubung alat pemutar CD ngga ada ya nganggur haha. Untung sekarang banyak video tutorialnya.

      Hapus
  5. Semakin ingin punya baby sendiri ini mah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin moga segera ya mba vitaa

      Hapus
  6. Aku jg pkek baby oil ini mbk waktu mijitin bocah, lebih mudah mijitnya mmg klok pakek baby oil, trus skalian ngebolotin bocah mbk, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa daki2 lebih mudah bersihinnya ya mbaa

      Hapus
  7. Hihi...Sama, Mbak. Pas habis IMD aku kayak orang bego, loh, aku ini jadi ibu to. Hihihi.

    Soal mandiin, aku baru berani pas Kak Ghifa sudah usia 2 bulan ke atas. Kalau masalah pijat, sampai sekarang kalau mau tidur Kak Ghifa ketagihan dipijit perutnya gerakan ILU atau punggungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara percaya ngga percaya udah jadi ibu ya ika, ngga kebayang sebelumnya haha

      Hapus
  8. Aku juga udah download video pijat bayi dr johnson ini pas hamil kamila. Tapi sayang dlm keberjalanannya jarang dipraktekkan, hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pas anak pertama mungkin banyak riweuhnya krn ibu baru jadi yaa gitu, aku puun

      Hapus
  9. Setuju banget.. Dulu jg ngepasin banget pas aku hamil ada teman yg ngadain pelatihan pijat bayi krn blio perawat dan baru dpt pelatihan dr Johnson. Habis itu jd sering mantengin yutub buat belajar pijat dr video. Banyak banget manfaatnya.. 👍👍 paling mudah pijat ILU pas pencernaannya terganggu. Hihi malah cerita dsini 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku yang bisa cuma pijat ILU doang krn Thifa pernah sembelit dulu.

      Hapus
  10. Dulu pernah jama Kenzie lihat tutorial pijat bayi.Turorialnya sih paling lama kyknya 10 menitan pijatnya, tp prakteknya jelas lebih lama. Gmn nggak, tiap gerakan musti liat tutorialnya dulu hehehe...Kyknya hrs belajar lg nih, biar pas Kenzie dah pny adik wes lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha iyaa yang apal cuma pijat ILU aja nih.

      Hapus
  11. Ifa aja sampai segede itu masih suka dipijitin.. Cuma kadang aku masih gak pede, jadi tetap dibawa ke baby spa hehe. Tapi mijat bayi memang bonding yg oke banget :) nyenengin sambil gemessssa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thfa ngga suka dipijit, sukanya digaruk hihi. Hana yang suka dipijit.

      Hapus
  12. Karena jarak nadia n keumala jauh bgt jd udah lupa semuanya termasuk mijet baby. Jadilah pas awal2 mijet keumala sambil nonton YouTube hehhehe....
    Semoga segera berhasil promilnya ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAha iyaa maak, tiap mau lahiran belajar lagi ya tentang bayi biar makin faseh

      Hapus
  13. semoga promilnya berhasil ya mbak..
    eh saya juga semoga segera diamanahi dedek bayi lucu..biar bisa praktekin cara pijat bayi yang sudah beberapa kali lihat di youtube..hehe..

    BalasHapus
  14. Karena aku sudah nggak ada promil lagi, sekeluarga sedang 'hijrah' ke cara 'sentuhan' baru, peluk dan cium.
    Jadi sebelum pada tidur semua, ngebiasaain saling peluk cium dan saying 'i love you'..

    Selamat promil ya Mak Mi..
    InsyaAllah lancar, dimudahkan, selalu sehat ibu dan bayi plus lulus ASIX..
    Duh, intinya semua semua doa baik.

    Kiss2 & hug ke Hana & Thifa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai gede tetep butuh sentuhan dari ortunya ya bunsaal

      Hapus
  15. pijat bayi itu penting banget ya mba.. aku juga selalu memijat anak - anakku.. sampai sekarang si baby 2,5 tahun masih aku pijat kayak babyborn..

    BalasHapus
  16. Pijat bayi banyak manfaatnya, plus bisa bikin bonding sama anak lebih mendalam #tsaah, dulu anakku seneng banget kalau dipijat sambil becanda2 & ngobrol, meski masih bayi sepertinya hepi diajak ngobrol sambil pijat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKupuun anakku udah diatas tiga tahun masih suka kupojet meski kadang ngga mau dianya haha

      Hapus
  17. artikelnya bagus.. memang sebaiknya ibu-ibu punya keterampilan memijat bayi, minimal bisa bermanfat utk anaknya sendiri. Untuk mencuci baju bayi juga tidak boleh pakai deterjen sembarangan, seperti di artikel saya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul bayi butuh treatment khusus

      Hapus
  18. Jadi udah fix nih mba mau nambah lagi? Ahaha
    Semoga terkabul yak.
    Menyentuh bayi baru lahir itu emang bawaannya rada takut gimana gituu.. Tapi sekali dicoba ya maunya dikelon terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAlloh, kangen punya baby lagi nih hihihi

      Hapus
  19. baca ini jadi diingetin lagi, udah berapa bulan bayiku enggakku pijat, besok pijat deh hehe :D

    BalasHapus
  20. Wah...pijat bayi hehe jd ingat dulu. Pas anak2 masih bayi..pijat2 pakai Jhonson ini cocok deh. Aku belajar juga kan di rs biasanya diajarin. Bayi happy. Aentuhan lembut kita menambah kasih sayang yang supeeerrrr.

    BalasHapus
  21. Aku ampe sekarang terus belajar memijat, soalnya kalau lahiran temen yg sama-sama merantau, pasti deh pada minta ajarin juga atau bantuin mandiin bayi yg pertama lahir, karena masih takut. Produk baby oil Johnson sampe sekarang aku masih pake.

    BalasHapus
  22. bisa di praktekin nih pijatan untuk si kecil nya

    BalasHapus
  23. Aku dulu juga pake baby oil nya Johnson's kalo mijet krucils

    BalasHapus
  24. Aku beraninya mijet sendiri waktu anak ke 3 Mi, duh telat juga yaa...

    BalasHapus
  25. Produk anak-anak dulu, aromanya natural. Kalo untuk pijat cocok banget ini.

    BalasHapus
  26. Asyeek, ada yg mau promil lagiii. Hihi. Aku juga nih, udh lama gk pijat bayi baru lahir. Kan ranu udh 2 th. Belajar lg aah

    BalasHapus
  27. Pijatan tuh kesannya sepele ya..tapi ternyata efeknya luar biasa buat bayi kita... dulu aku nggak pakai jasa dukun bayi sama sekali.jd pulang rs aku sama suami belajar buat mandiin intan sendiri...ya keliatan sih meski kadang nakal2 gt sama aku tapi tetep dia nggulet emboknya.hahaha.. harus belajar juga nih buat adeknya intan nanti xixixi

    BalasHapus
  28. Semoga promilnua sukses mbak
    Aku yo pengen juga sebenarnya, tapi umur segini kok malah parno duluan rasanya huhuhu

    BalasHapus
  29. Pijat bayi banyak manfaatnya ya. Sampai sekarang aku masih sedia baby oil di rumah, meski anak2 sudah gede :)

    BalasHapus
  30. kayaknya aku mau nih belajar pijat bayi buat mijat cucuku nanti insya Allah *eh

    BalasHapus
  31. Yeeee mau promil lagiii. Bareng ayuh, mbak. Hihihi. Liat bayi2 itu, asli emanga pingin punya bayi lagii. :D

    BalasHapus
  32. Waaaah.. ikut ngedoain deh. Semoga sukses promilnya ya mbak.. Aku dulu sebelum lahiran juga belajar pijat bayi. Eh pas udah lahir, malah grogi hehehehe...

    BalasHapus
  33. zaman Aiman dlu gak berani mijat sendiri, mesti dibawa ke spa. Nah pas Aira ini baru berani deh.

    BalasHapus
  34. aku pun pengen dipijiiit hehehe...memang oke banget ya mba utk belajar pijat bayi..

    BalasHapus
  35. ayo promil lagi Mbak. kalo aq terus terang lumayan berat kalo pny bayi lagi, soalnya menguras tenaga, emosi dan smuanya, hehe jujur banget ya. mungkin ada yg kehamilannya berat, persalinan nya berat, nah ndilalah kalo aq paska kelahiran itu alias ngurus anaknya. maklum lah LDR juga

    BalasHapus
  36. Harus belajar minat bayi nih.. buat ntar kalo ada baby. Hehe.

    BalasHapus
  37. Hihihi belum sempet menyangka yg bukan2 udah dikasi tau biar gk berasumsi hamil.
    Anak2 balita emang suka pijat ya, terutama kalau yg mijat ortu jd emang kudu belajar gtu spy tau cara mijat yg bener :D

    BalasHapus