5 Tempat Yang Harus Dikunjungi Jika ke Medan (Lagi)

Seumur hidup saya, baru dua kali saya ke Medan. Padahal ibu saya lahir dan besar di Rantau Prapat. Rantau Prapat merupakan ibukota Kabupaten LabuhanbatuSumatera Utara. Kalau ke Rantau Prapat, tentulah kami ke Medan dulu naik pesawat kemudian lanjut ke Rantau Prapat naik kereta api dengan waktu tempuh 6,5 jam.

Di Medan sendiri biasanya kami menginap sehari atau dua hari, karena ada saudara juga yang bermukim di sana. Waktu ke Medan yang pertama, saya masih usia TK, lupa juga ke sana kemana aja dan ngapain aja. Pas ke Medan yang kedua kalinya, tahun 2006, saya udah kuliah semester akhir. Rentang waktu masa TK dan tahun 2006 ortu ke Medan juga tapi ngajaknya anak yang lain. Maklum lah ya, biaya besar kalo pulkam jadi anak yang diajak ganti-gantian hehe.

Tapi saya sih ngerasa masih kurang mengeksplore kota Medan. Ya karena emang tujuan ke sana ngunjungin sodara. Dan sodara ibu ada banyaaak banget yang harus didatangi satu persatu. Jadi waktu buat jalan-jalan ngga banyak. Tahun 2006 kami hanya sempat jalan-jalan ke daerah Berastagi. Padahal banyak loh tempat menarik di Medan dan sekitarnya.

Suatu saat kepengen lagi mengunjungi Medan bersama suami dan anak-anak tentunya. Selain mengunjungi saudara, ada lima tempat yang ingin saya kunjungi d Medan dan sekitarnya. Apa sajakah itu?

1. Hill Park Sibolangit
Nomor satu tentu ingin menyenangkan anak-anak dong. Hillpark Sibolangit ini merupakan taman bermain yang terletak di Sibolangit. Waktu tempuh dari Medan jika naik mobil sekitar satu jam. Ngga terlalu jauhlah ya. Tiket masuknyapun murah hanya Rp.10.000,- sementara tiket terusan Rp.45.000,-. Tapi taman bermain ini hanya buka pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Apa saja tema permainan yang ada di HillPark Sibolangit?

  • The Heritage yang memiliki nuansa kastil yang megah. Arstitektur bangunan berupa kastil, jadi kita berasa kayak putri-putrian gitu. Di sini ada permainan indoor seperti komedi putar, ombang ambing, bom-bom car, bumper boat. Bisa juga menonton film dengan teknologi 4D.
  • The Lost City: memiliki nuansa arsitektur kuno purbakala bebatuan dengan kerangka Dinosaurus. Di zona ini terdapat berbagai permainan seru seperti Gelegar (Rooler Coaster), Kincir Raksasa (Ferries Wheel), Telecombat, Ulang Alik, Kereta Hillpark.
  • Toon Town dengan nuansa kartun. Di Tema ini terdapat berbagai wahana seru atau permainan khas seperti: Puting Beliung, Mini Bom-Bom, Ajut-Ajut, Baling-Baling, Battery Car, Kincir Mini, Taksi Gila, Tulalit. 
Pic: hillparksibolangit.com


2. Danau Toba
Danau Toba ini tempat yang populer banget di Sumatera Utara. Tiap ada yang sebut Medan, pasti nomor satu yang diingat adalah Danau Toba. Danau Toba merupakan danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini ada sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Dari Medan jarak tempuhnya sekitar 175km, tapi ada yang bilang wkatu tempuhnya bisa mencapai 5 jam bahkan lebih karena harus melewati daerah-daerah macet.

Danau Toba. Sumber: wikipeda.org

3. Istana Maimun
Istana Maimun merupakan istana Kesultanan Deli yang terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Menurut yang saya baca dari Wikipedia, Istana Maimun didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan DeliSultan Mahmud Al RasyidIstana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan. Tiket masuknya murah. Tahun lalu hanya dikenakan Rp.5000,- perorang. Yang menariknya, di sini disewakan baju adat Melayu. Jadi kita bisa foto-foto ala bangsawan Melayu jaman dulu. Mayanlah ya bahan update instagram.



4. Museum Sumatera Utara
Museum Sumatera Utara atau yang lebih dikenal warga Sumut Museum Negeri Provinsi Utara (disingkat Museum Negeri Provsu). Di Museum ini terdapat replika hewan khas Sumatera, replika fosil manusia purba, diorama kehidupan prasejarah, serta beragam perkakas prasejarah.[5]
Peninggalan lainnya ada arca peninggalan zaman Hindu-Budha, masa kerajaan Islam, dan perkakas zaman Kolonial Belanda. Adapula koleksi senjata tradisional dan modern, obat-obatan tradisional, peralatan komunikasi yang digunakan melawan penjajah, juga foto-foto serta lukisan dari para pahlawan dan mantan gubernur Sumatera Utara juga dikoleksi di sini
Salah satu ruangan di Museum SUmatera Utara. Pic: medan.panduanwisata.id

5. Merdeka Walk
Merdeka Walk dikenal sebagai tempat nongkrong paling lengkap di Medan. Mulai dari pusat makanan, hiburan, hingga arena pertunjukkan. Terletak di Lapangan Merdeka Medan yang tepat berada di jantung kota Medan dan berseberangan dengan Stasiun Medan. Buka setiap hari dari siang sampai tengah malam.

Merdeka Walk Medan. Pic: infomedan.net

Menginap di Hotel Murah dan Nyaman di Medan

Hal lain yang harus dipikirkan selain objek wisata yang akan dikunjungi tentu saja penginapan. Menginap di tempat saudara bisa-bisa saja kalau memang memungkinkan. Tapi kalau saya lebih suka ada waktu semalam atau dua malam menginap di hotel. Pertama ngga enak juga nginep di rumah orang lama-lama, kedua untuk privacy.

Saat keluar kota saya lebih memilih untuk booking hotel murah tapi tetep nyaman untuk meminimalisir budget. Jika ada anggaran lebih menurut saya lebih asyik dialokasikan untuk memaksimalkan objek wisata yang dikunjugi atau berburu kuliner khas.

Kalau kamu cari hotel murah di Medan coba deh di Airy Rooms. Tarif mulai dari dua ratus ribuan sudah termasuk sarapan dan fasilitas kamar hotel seperti AC, tv layar datar, air hangat, welcome drink, peralatan mandi, juga free wifi.




Gimana temans, tertarik untuk mengunjungi Medan juga?

Komentar

  1. Kemarin lihat liputan di Medan di TV. Wuiiih.. Kulinernya bikin ngiler... Pengin deh ke Medan juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa aku pencinta kuliner SUmatra Utara banget, masakannya pedes2 kalo makan di sana mesti nambah terusss

      Hapus
  2. kalo ke Medan pengen banget ke Istana Maimon sama ke Pulau Samosir, pernah liat di TV pemandangannya baguuus banget.

    BalasHapus
  3. Asyiiik dikasi listnya
    #buru buru kasi kode jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak lagi sebenarnya, tapi kalo mau dikunjungi semua ya mungkin harus seminggu kali ya di Medannya hihiii

      Hapus
  4. aku sejak 2006 di Medan mbak. Dari semua tempat yang mbak sebut, cuma Hillpark yang belum saya datangi. entah kenapa belum kepingin kesana hehhehee...

    mengenai Danau Toba, emang banyak banget yang mikir kalau ke Medan itu maunya ke Danau Toba juga, banyak yang mikir jaraknya dekat, padahal lumayan jauh.

    btw, kapan ke Medan lagi mbak?! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah paling pertama pengen ke Hill Park, kayaknya anak2 bakal suka kalo ke sana

      Hapus
  5. Yang rumah pohon itu kekinian banget mb Rahmi. Satu lagi Masjid Raya Al Mashun seberang jalan Istana Maimun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masjid Al-Mashun aku satukan dengan istana Maimun karena satu kompleks

      Hapus
  6. Kampung halamanku ^o^ . Kalo k medan sih aku lbh suka wiskul nya mba. Tp bbrp tempat yg mbak tulis di atas aku pernah dtgin kecuali hillpark :D. Kmrn mudik sbnrnya mw ksana, tp sinabung lg ga bersahabat, jd kita mnghindari pergi k arah berastagi sibolangit sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah ngga di Medan yah? Mudik bareng po? :D

      Hapus
  7. Aku penasaran banget dengan Merdeka Walk, asik ya kayaknya ngabisin malam di sana. Kulineran sama cuci mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopdar GR di sana asik kali ya mbak hihi jauh amiir

      Hapus
  8. istama Maimun itu bikin penasaran deh, kapan ya bisa ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuuk mba agendakan biar terlaksana

      Hapus
  9. gw jadi sedih kalo liat orang share ke medan, soalnya gw stu satunya anak emak gw yang gak pernah di ajak ke medan ampe opung udah tiada, iyah sih bener, mahal banget itu uang pergi ke sana nya kalo bawa anak.

    mau kesana sekarang udah gak ada yang bisa dikunjungi selain jalan-jalan #malah jadi curhat.


    buleipotan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sodara yang lain ngga di sana mba? Gapapalah mbaa jalan2 skalian sowan ke makam opung

      Hapus
  10. Waaa ... dirimu baru ke Medan, ya? Aku yang asal Medan malah belum pernah nyobain Hill Park Sibolangit wkwkwk. Setiap pulkam yang dituju selalu pusat kuliner. *dasar si gembul*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa mba Haya aku lihat beberapa kali share makanan Medan ya di IG. Aku baru dari Medan mba, baru 10 tahun yang lalu hihi. Kangenn pengen ke sana lagi >.<

      Hapus
  11. Sepertinya saya nggak mungkin ke Medan deh, secara nggak ada siapapun di sono. Kecuali ada yang sponsorin, baru mau deh, hahahahahahahahaahaha.... *kaboooooor

    Very nice share mba... Ternyata orang medan toh. Horas!!!

    BalasHapus
  12. kalau saya penasaran sama danau toba dan rumah pohonnya, sepertinya menarik ini untuk keluarga kecil.hehe

    BalasHapus
  13. Saya sudah pernah ke Medan tapi belum ke Danau Toba karena waktunya sempit.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  14. Danau Toba keliatannya wajib dikunjungi deh kalo ke Medan :)

    BalasHapus
  15. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Pariwisata

    BalasHapus
  16. Aku udah dua kali ke Medan, mba. Tapi belum sempat ke Danau Topa. Padahal pemandangannya indah banget yaa ...

    BalasHapus
  17. Medan memang seruuu ya mba..aku suka deh

    BalasHapus

Posting Komentar