Kamis, 31 Maret 2016

Maksimalkan Keuntungan Jualan Online dengan MyJNE

Malah promosiin toko orang lain XD

"Kak, beli komiknya dimana?" tanya seorang follower komik @emakirits di instagram.

"Cari aja di toko buku online, kaya bukabuku, bukukita, dll," jawab saya. Padahal kamu tahu, di rumah, saya masih punya banyak stok komik Mak Irits.

Padahal stok komik Mak Irits di rumah sebnayak ini cyiint!
Entahlah, sekarang agak malas rasanya melayani pesanan komik Mak Irits ke luar kota. Stok di rumah biasanya saya gunakan untuk gift atau temen-temen yang mau beli pas kopdar. Jadi ngga ribet, ngga kudu bungkus-bungkus. Hm okelah bungkus ga susah sih, cuma dimasukkin amplop cokelat aja, trus tulis alamat. Tapi saya kok malas ya harus cek ongkir, nungguin transfer, cek ke rekening uang udah masuk belom, chit-chat panjang sama konsumen, dll.

Sebenarnya keuntungan jualan buku itu lumayan loh. Sebagai penulis saya kan dapet diskon khusus kalau pesan komik sendiri ke penerbit. Nah diskonnya itu bisa tiga kali lipat lebih besar dari royalti. Royalti dari pembelian buku oleh saya sendiri masih tetep dapet. Itung-itungannya tiap enam bulan sekali.

Apalagi banyak pembeli juga yang lebih suka membeli langsung ke penulis. Ada yang ngerasa males kalo harus ngubek-ngubek tobuk online, kalo beli sama penulis juga kan bisa dapet bonus tanda tangan plus kata mutiara. Itu kata mereka loh ya bukan kata saya.

Suami udah bilang sih, kalo ada yang mau beli udahlah layani aja. Kalau dialihkan ke tempat lain takutnya dia malah ngga jadi beli. Mungkin lupa, atau mungkin juga males. Beli komik itu kan bukan kaya beli nasi. Kalo orang laper mau beli nasi, di warteg A habis pasti cari warung lain, karena kalo ngga bisa mati kelaparan. Kalo beli komik? Kayaknya ngga ada deh kejadian orang mati gara-gara ga baca komik :D 

RUMUS LABA

Laba sama dengan selisih uang yang didapat dari penjualan komik ke konsumen dikurangi harga beli ke penerbit. Benarkah? Hmm tunggu dulu, untuk mendapatkan keuntungan bersih, nominal itu masih harus kita kurangi lagi dengan effort yang kita keluarkan untuk menjualnya, termasuk tenaga dan waktu.

Taruhlah keuntungan perkomik Rp.10.000,- ya. Kurangi dengan amplop cokelat untuk bungkus komik Rp.500, transport menuju kantor JNE. Dan karena kata pepatah "waktu adalah uang" jadi jangan lupa juga hitung berapa menit waktu yang kita habiskan buat cek tarif, chit-chat sama konsumen, cek ATM atau internet banking buat mastiin konsumen beneran udah transfer uang untuk membayar ordernya.

Itung-itung untung :D Gambar dari pgp.no


APLIKASI MY JNE DI SMARTPHONE

Beberapa waktu lalu saya dapat informasi, kalau JNE sudah ada aplikasinya untuk smartphone. Katanya mau cek tarif, cek kantor JNE terdekat, tracking, bisa langsung melalui smartphone. Jadi melayani pembeli bisa sambil gegoleran di kasur, ngawasin anak main di halaman, nungguin anak ngaji di masjid. Bukan hanya itu aja JNE juga menyediakan fasilitas semacam rekening bersama yang disebut MY COD kependekan dari Cash On Digital.

Waw, ini jelas kabar gembira bagi kita semua kan ya yang sering jual-beli secara online. 

Sayapun segera mendownload aplikasinya. Dan mari kita bahas satu persatu apa saja yang ada di My JNE ini.



1. Search Air Waybill
Resah dan gelisah nunggu paket ga kunjung dateng atau bolak-balik ditanya sama konsumen paketnya kok belum nyampe. Kamu bisa gunakan fasilitas ini. Tinggal ketik nomor resinya di kolom yang sudah disediakan kemudian klik "search" atau bisa juga dengan mengklik gambar kamera mungil, arahkan ke barcode yang ada di resi.

2. Check Tarif
Sebelum download aplikasi My JNE di smartphone saya biasa cek ongkos kirim di web JNE. Nah ini yang bikin saya males, karena harus buka laptop. Padahal ngga setiap saat saya bisa online di deoan laptop. Ngga enak juga kalo low respon apalagi saya suka lupa, ntar berhari-hari baru inget kalo kemarin ada yang order komik Mak Irits.

Kok ga buka web JNE di ponsel aja bu? Pernah coba, tapi jadi kurang ena navigasinya. Ya tampilan web kan lebar ya cocoknya untuk layar besar macam laptop atau PC. Kalo dibuka di smartphone, jadinya pusing lihatnya. Lagipula aplikasi My JNE menurut saya lebih cepet loadingnya dibanding via web.

Pernah nih saking malesnya saya bolak-balik buka laptop cek tarif, saya pukul rata aja buat ongkir. Pikir saya subsidi silanglah antara yang dekat dengan yang jauh. Eh ndilalah kok yang pesen pada jauh smeua, udah kadung kasih harga masa ya diubah lagi. Mau jualan biar dapat bati (untung) eh dapetnya malah rugi. Gapapalah itung-itung promo yaaa *menghibur diri*





3. JNE Nearby
Mau cari kantor JNE yang terdekat dari rumah? Gunakan fasilitas ini. Pastikan GPS sudah on ya. Nanti otomatis akan muncul gambar joni di lokasi yang ada agen JNE nya. Untuk Semarang sepertinya belum masuk data agennnya ya. Soalnya saya cek dari tadi nyariin si Joni kagak nemu. Tapi beberapa teman di kota lain yang sudah nyobain fasilitas ini bilang muncul kok gambar Joninya. Mungkin masih dalam tahap pengembangan yak. Aplikasi ini juga launchingnya kan baru akhir februari kemarin. Kalau kata seoarang coach, jangan nunggu sampai sempurna, kita bisa perbaiki sambil jalan. Bagi saya sih kalo masalah lokasi kan ngga setiap saat kita butuh ngecek, paling sesekali aja pengen ngecek ulang siapa tahu ada agen baru yang lebih dekat lagi dengan tempat tinggal kita. Jadi kalo dengan aplikasi ini belum bisa silakan cek di web www.jne.co.id ya!

4. MY COD
COD singkatan dari Cash on Digital. Jadi ini semacam rekening bersama yang bisa digunakan penjual dan pembeli online supaya transaksi lebih aman dan nyaman. Alurnya begini. Pertama penjual dan pembeli harus sama-sama sudah punya akun di My COD. Saat penjual dan pembeli sudah deal dengan suatu transaksi, tinggal bayar dan kirim, si penjual membuat form order di My COD. Isilah nama pembeli, nomor HP pembeli (yang didaftarkan di akun My COD), nama barang yang dibeli, lengkap beserta harganya.

Kalau sudah My COD akan mengirimkan itu ke pembeli, baik via SMS maupun email (yang sudah didaftar). Jadi pembeli tahu jumlah yang harus dibayar.

Nanti kalau uang sudah ditransfer, si penjual akan mendapat pemberitahuan dan harus segera mengirim barang. Kalo barang udah dikirim, jangan lupa laporan nomor resi ke My COD ya. Uang yang ditransfer pembeli akan sampai ke Wallet My COD penjual, nanti setelah barang diterima oleh pembeli. Kalo barang ga dikirim-kirim sama penjual? Tenang aja, uang akan balik kok ke wallet My COD pembeli dan bisa ditarik ke rekening. Jadi aman, dan sama-sama enak untuk penjual maupun pembeli. Selain itu juga lebih simpel dan hemat waktu. Ngga perlu ceki-ceki inet banking apalagi lari ke ATM.

5. MY COD Wallet

My COD Wallet semacam profil My COD yang memuat data-data kita. Ada empat fitur di My COD Wallet  yaitu transfer, top up, cah out, dan history.

Kalau kita mau membayar order belanjaan dengan My COD klik "transfer". Tapi tentu saja untuk melakukan transfer kita harus punya deposit di sana. Gimana cara ngisi deposit, silakan baca syarat dan ketentuannya dengan mengklik opsi "top up". Ngisinya ngga harus senilai persis barang yang kita beli, dilebihin gapapa, biar kalo mau belanja lagi ngga bolak-balik ngisi. Tenang aja, kalo kita pengen sisa uangnya balik bisa kok, klik aja opsi "cash out" dan isi data-datanya.



MY JNE MAKSIMALKAN KEUNTUNGAN JUALAN ONLINE

Melihat fitur yang ada beserta manfaatnya, menurut saya, aplikasi My JNE bisa memaksimalkan keuntungan bagi yang berjualan online. Lha kok bisa? Mari kita kupas keuntungan menggunakan My JNE ya

- Menghemat waktu. Menurut pengalaman saya, loading aplikasi My JNE lebih cepat dari web JNE. Jika satu detik dihargai seribu rupiah misalnya, coba hitung berapa rupiah yang sudah kamu hemat dengan menggunakan aplikasi ini.

- Fast respon. Dengan menggunakan aplikasi My JNE kita sebagai penjual bisa memberi respon yang cepat kepada pembeli terutama dalam menginformasikan ongkos kirim dan membuat invoice. Dimanapun, sambil ngapainpun kita bisa buka aplikasi ini. Smartphone pasti kemana-mana dibawa dong, beda dengan laptop atau PC yang lebih rempong bawanya. Nah, kalo fast respon pembeli juga akan senang

- Lebih Dipercaya. Pernah ngadepin konsumen yang bawel? Yang dari gelagatnya bawaannya curiga aja sama online shop. Temen saya pernah, sampe dimintain foto KTPnya segala, haha. Ya ngga nyalahin juga, emang ada kan online shop nakal, yang habis terima transferan mengilang entah kemana. Gara-gara mereka kita online shop baik budi nan tidak sombong jadi kena imbasnya deh. Nah dengan adanya My COD kita bisa lebih meyakinkan pembeli. Karena uang tidak akan diterima penjual sebelum barang sampai ke tangan pembeli. Apalagi My COD ini yang punya perusahaan ternama yang udah dikenal oleh masyarakat luas yaitu PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).

Nah itu tadi ulasan saya tentang My JNE. Masih ada yang belum paham? Mending langsung download aplikasinya aja yes. User friendly banget kok. Kalo baru dibayang-bayangin aja emang suka gitu, bikin bingung hehe. Klik banner di bawah ya, ntar langsung menuju link download aplikasi buat android :D





Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Aku dan MyJNE

29 komentar:

  1. Balasan
    1. Di Gudang penerbit pasti lebih banyak lagi mba hehe

      Hapus
  2. Wow.. lengkap ni penjelasannya, myjne bnr2 membantu u transaksi online ya.. bisa tracking pula yg bantu pembeli dan penjual dah sampe mana nih paketnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa berguna buat yang sering jual-beli onlen

      Hapus
  3. Wow.. lengkap ni penjelasannya, myjne bnr2 membantu u transaksi online ya.. bisa tracking pula yg bantu pembeli dan penjual dah sampe mana nih paketnya :)

    BalasHapus
  4. Dengan aplikasi MyJNE jadi lebih simpel buat cek resi, cek tarif, dan cek lainnya apalagi JNE langganan saya. Makasih ulasannya ternyata sambil ikut lomba toh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaaa review skalian ngelomba :D

      Hapus
  5. Dengan aplikasi My JNE, belanja online jadi semakin menyenangkan ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya paling manfaat sih bagiku yang cek tarif sama search air waybill

      Hapus
  6. Aku belum pasang nih...tapi entar kalo bisnis cilok sama siomay ku mulai, boleh juga nih pasang aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiik pengen nyicipin cilok ma siomaynya, ada free tester kaan hihihi

      Hapus
  7. Untuk kirim cilok juga sy pakai aplikasi ini Mak. Ngikutin kata Mak Irit, saya bandingin dulu ongkir antara JNE sm ekspedisi lain. Kalau ke Surabaya dari Solo, ternyata JNE lbh murah lho daripada ekspedisi orange negara kita (hahaha..). Dan yg paling membahagiakan, sm JNE bs dikirim sehari alias YES. Sementara kalo pake yg itu kata bapaknya 3 hari baru sampai.
    Yaaa..meskipun kadang ada kurang puasnya jg sih..hehe.. Tiap ekspedisi kan ada plus minusnya yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa mba Arita pengen icip ciloknya deeeh, Info produk ada dimana mbaa?

      Hapus
  8. Udah ada aplikasinya ya mak? Asik nih, jadi nggak perlu repot-repot cek tarif ke website dong? Mantap juga ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa enak kalo bisa buka di smartphone lebih mobile friendly

      Hapus
  9. Mak Iriiiits udah keluarin buku Mak Irits vol 2 belom? Cepetan yaaa! *pembaca nafsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca di webtoon Mba Hayaa updatenya ;)

      Hapus
  10. wah saya baru tahu...
    makasih ya admin, pas banget nih buat saya yang baru mau memulai bisnis online...
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk langsung donlot aplikasonya :D

      Hapus
  11. Halo Mbak Irits,

    Makasih yaa udah ikutan giveaway ini. Semoga beruntung! Aheu :D

    Salam,
    @pungkyprayitno

    BalasHapus
  12. Wah, sekarang apa-apa bisa di cek dari gadget ya mak...

    BalasHapus
  13. benar-benar membantu ya maaak...semoga makin laris maniiis

    BalasHapus
  14. baru tw ada aplikasi JNE, thanks ifonya mbak sangat membantu

    BalasHapus
  15. jadi lebih praktis pake aplikasi MY JNE
    gak perlu repot lagi buka websitenya :D

    BalasHapus
  16. Setelah ada aplikasi ini jadi lebih nyaman ya mba buat kirim brang. Jadi tahu progress semua dan ga bikin dag dig dug lagi..

    BalasHapus
  17. Nah ini, ulasannya juga lengkap dan detil.
    Semoga menang ya Mak Irits.

    BalasHapus
  18. Keren banget ini aplikasi JNE. Jadi lebih nyaman bagi penjual ya.

    BalasHapus
  19. tetep ya ngitung laba :) good luck mak irit

    BalasHapus