Rabu, 04 November 2015

Menimba Ilmu Passionpreneurship di Tokopedia Roadshow

Alhamdulillah hari Minggu kemarin saya habis menimba ilmu passionpreneurship di Tokopedia Roadshow Semarang.

Sejak awal, ketika mendapat kabar roadshow Tokopedia akan menyambangi Semarang, saya sorak-sorak bergembira dalam hati. Yeaaay akhirnya. Bukan knapa-napa, tapi seriing banget event-event gede yang keliling Indonesia melompati kota Semarang. Padahal Semarang ibukota provinsi tapi yang didatengin malah kota sebelah, entah kenapa. Ada yang tahu jawabannya? Kasih tahu doong...

Makanya saya langsung aja capcus daftar waktu ada yang share link form pendaftarannya, setelah sebelum bilang dulu sama si Ayah bahwa tanggal satu saya mau menghadiri acara Tokopedia di Tembalang, biar dia bisa jadi supir n baby sitternya anak-anak *ops.

Begitu datang ke TKP, saya cukup tercengang, yang ngantri di depan pintu masuk banyak bo!!! Tapi kemudian bersyukur, karena ternyata untuk blogger dan media, pintu masuknya dipisah, jadi kami ngga perlu ngantri. Awalnya saya tanya ke si Ayah, mau ikut saya acara atau mau pergi ke tempat lain bersama anak-anak, (ntah kemana terserah situ yang penting saya hepi-hepi hihihi). Si Ayah bilang ikut aja karena dia ngga ada ide mau kemana. Akhirnya saya tanya ke panitia, saya sama suami, boleh masuk kan, ternyata boleh, Alhamdulillah :)

narsis diantara ratusan (eh apa ribuan ya) peserta, foto punya Lestari

Saat saya datang waktu sudah menunjukkan pukul 08.30. Setelah diberi gudibek plus snack, kami diantar panitia menuju kursi yang sudah disediakan untuk blogger dan media yaitu baris dua dan tiga dari depan. Ngga lama setelah duduk disuguhi puisi musikalisasi oleh beberapa mahasiswa UNDIP yang keren.

Beberapa teman blogger yang datang lebih dulu mengingatkan saya untuk narsis dulu di fotobooth yang sudah disediakan panitia, daripada ntar-ntar make up udah luntur rame. Yaudah saya ajak Mba Wati yang baru dateng untuk ke area photobooth. Di sana udah ada kameramennya, kita bisa minta difoto trus fotonya diprint. Kalo mau foto berali-kali bisa juga tapi pake kamera sendiri dong ah :D

Tak lama setelah saya kembali ke tempat duduk, duo MC membuka acara. Setelah say hello bla-bla-bla.. MC meminta kita ngecek di bawah kursi masing-masing, katanya ada 10 voucher Tokopedia yang disebar di situ. Langsung kalap deh nengokin kursi, sampe kursi-kursi yang masih kosong juga ditengokin yakali kan ada di situ hihihi. Selamat untuk Abinya Noofa dan mas Slam yang dapet, aye belum beruntung nih hiks.

disetrap eh, dapet pocer ding hihihi

Habis itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, takjub. Jarang-jarang loh acara macam begini ada nyanyi Indonesia raya sama dbacain Al-Quran segala.

Setelah itu ada sambutan dari Presiden UKM Research and Business UNDIP, dan beberapa pihak yang selama ini bekerjasama dengan Tokopedia yaitu JNE sebagai jasa pengiriman dan Bank Mandiri.

Sambutan yang bukan hanya sekedar sambutan loh. Ada berbagai macam ilmu yang mereka sampaikan, seperti ajakan presiden UKM R&B untuk sukses sejak muda mari berwirausaha, sampai bagaimana tips mengelola keungan yang disampaikan Bapak Saptija dari Bank Mandiri.

Nyimak acara sambil nyuapin bocah, bau ayam deh andromax eykehh

Setelah itu masuk ke acara talkshow, duo MC menyerahkan acara kepada moderator. Materi pertama disampaikan oleh Deddy Dahlan, Passion Coach dan penulis buku best seller "Ini Cara Gue".

Dengan gayanya yang kocak coach Deddy mengajak kami yang hadir ngobrolin tentang passion. Apa itu passion? Apa bedanya passion dan hobby? Kalau sekedar sennag, itu namanya hobbi. Tapi kalau ada dorongan untuk melakukan lebih, itulah yang disebut passion.

Menurut coach Deddy bisnis itu sebaiknya passsionpreneurship. Karena passion, bukan hanya karena uang semata tujuannya. Biar apa, biar kita mengusahakannya selalu dengan riang gembira. Bukan sukses yang membuat kita bahagia, tapi bahagia yang membuat kita menuju kesuksesan. Itu!

Coach Deddy juga banyak cerita gimana perjuangan dia yang berasal dari keluarga dokter untuk tidak menjadi dokter, melainkan menjadi dirinya yang sekarang ini. Di awal pasti berat, karena banyak yang menyayangkan dan meragukan jalan yang dia pilih bisakah membawanya menuju kesuksesan. Tapi lama-kelamaan setelah ia menunjukkan hasil dari apa yang diperjuangkan barulah sekitarnya mulai support.

Ada beberapa quote dari coach Deddy yang saya suka salah satunya: Jangan tunggu nanti, kita bisa mulai dari sekarang, jangan tunggu sempurna kita bisa perbaiki sambil jalan.

Selain coach Deddy dihadirkan juga CEO dari Tokopedia Bp. Leon dan salah satu penjual batu akik, partner Tokopedia Mbak Mustika yang penghasilannya sudah mencapai ratusan juta perbulan. Glek!



Pak Leon cerita bagaimana awal mula ia kepikiran membuat Tokopedia bersama rekannya. Dulu temannya di salah satu forum ada yang kena tipu puluhan juta saat belanja online. Dari sinilah beliau berpikir membuat konsep online shop yang aman bagi penjual maupun pembeli.

Sistem pembayaran di Tokopedia menggunakan rekening bersama Tokopedia. Jadi saat kita sudah memilih barang, kita harus mentransfer sejumlah tagihan ke rekber, nanti kalau barang sudah sampai barulah dana itu diteruskan ke penjual. Dengan sistem ini, pembeli maupun penjual dihindarkan dari segala macam bentuk penipuan. Saya baru aja beberapa hari lalu belanja di Tokopeda, ntar saya ceritain detailnya di post berkutnya ya..

Sementara itu Mba Mustika menceritakan awal mulanya dia hanya pembeli di Tokopedia, yang kemudian tertarik untuk ikut jualan. Menurut dia, berjualan di Tokopedia caranya mudah, ngga perlu orang yang gape internet karena sistemnya sudah dibuat semudah mungkin.

Menjelang pukul 12 sesi tanya jawab dimulai. Yang mau tanya banyak, tapi sayang karena waktu terbatas hanya lima saja yang dipersilakan. Saya termasuk yang ngga, hiks lagi.

Setelah semua pertanyaan dijawab acara dikembalikan pada duo MC. Acara terakhir adalah pemberian doorprize dan pengumuman pemennag live twit berhadiah Smartfren Andromax. Alhamdulillah yang menang livetwit sobat baikku Taro. Selamat ya say.

Senangnya, hari itu banyak ilmu terutama tentang passionpreneurship yang kami dapat, sekalian kopdar juga tentunya hehehe, waktu sekitar empat jam sungguh tidak terasa :)

Oleh-olehnya dapet photobooth, yeayy. Foto by Lestari.



31 komentar:

  1. Wahh... seru mbak acaranya. Jadi ngak sabar nunggu tangal 5 roadshow Toped di Surabaya. Sayangnya malam hiks, semoga tidak aral melintang jadi bisa datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat bersennag-senang dan menimba ilmu di roadshow Tokopedia SUrabaya ya maak :)

      Hapus
  2. Acaranya emang seru abiisssss. Semoga sering2 bikin event di Semarang :)

    Alhamdulillah maacii makmii :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruuu apalagi yang baru dapet hapee hihihi

      Hapus
  3. Ilmu banget ini Mak.
    Eniwei saya jadi tambah bangga jadi blogger meski masih sangat piyik dan blm pernah ikutan acara yg melibatkan blogger. Ternyata blogger di mana2 jadi tamu istimewa ya. Pintu masuknya beda, tempat duduknya juga di depan. Kereeennn! Moga2 kota kecil saya ada event keren yg ngampiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah ngga perlu rebutan kursi hehehe

      Hapus
  4. Seneng banget ikutan acara Tokopedia ini ya Mi, coba ada lagi roadshow sejenis gini di Semarang, kita pasti ikutan lagi, hihihiiii... *pemburu gudibek dan bahan postingan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya dan untung acara ngga ngebosenin awalnya aku mbayangin empat jam di situ ngapainnn

      Hapus
  5. Pak Deddy Dahlan keren bangeet!!

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Iya banyak katanya yang daftar 1700 an bo!!!

      Hapus
  7. tokopedia lambat laun sudah semakin berkembang ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dan semakin dekat dengan masyarakat :)

      Hapus
  8. Oooh gitu. Yaudah besok kudu siapin amunisi yang banyak bisa menang livetweet. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes jangan sampai kehabisan kuota internet hehehe

      Hapus
  9. wih dapet kursi VIP
    apa memang khusu tamu blogger mak tempat VIP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger dan media di belakang kursi VIP, baris kedua dan ketiga. VIP itu buat narasumber, pengisi acara, dll

      Hapus
  10. Ramenya acaranya ya mba pengen banget ikut acara seminar kayak gini sekali" *Ngenesbgtdaku apalagi yang ngadain Tokopedia *mukamupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa banyak mahasiswa yang ikut kemarin

      Hapus
  11. Seru ya mbak.. Aku juga mau deh klo ada event kayak gini. Jogja udah kelewatan blm sihh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jogja udah mak sebelum di Semarang, Sabtunya kalo ngga salah. Kelewatan yak?

      Hapus
  12. seruuu sayang aku g melok kemaren pas jakarta :"( ga dapet ilmunya huhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapet ilmunya dari reportase yang ikut mbak cuth hehehe

      Hapus
  13. sistem pembayaranya siiip dah menguntungkan kedua belah pihak..
    wuih, blogger itu termasuk yg diprioritaskan toh, kece bener jadi blogger :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah untung daftar sbg blogger hehehe

      Hapus
  14. Semoga makin banyak acara seru dan penuh ilmu gini mampir ke Semarang lg ya mak supaya blogger semarang makin berkibar ;)

    BalasHapus
  15. Aih seruuu aja... aku belon kebagian nih buat dapat kesempatan ini

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, event2 besar sudah mulai melirik dan datang ke Makassar. Kapan Tokopedia ke Makassar, yah ... jadi ngiriiiii hehehe.

    Passionpreneurship .... aih istilah keren, seperti kita2 ini yah Mbak Rahmi. Blogger yang amat menikmati aktivitas ngeblognya. Dapat duit alhamdulillah, gak dapat duit, ngeblog jalan teruuuus :)

    BalasHapus
  17. yang tengah pake jilbab merah siapa ya mbak? hehehe aku gak ikutan juga di Jakarta

    BalasHapus
  18. btw itu penampakan selalu ada mas Seno Smartfrend yah bu :)) kmrn juga yg di solo saya ikutan

    BalasHapus