Membersihkan Rumah Dengan Gula

gambar: medianita.com
Punya gula di rumah?? Kayaknya hampir setiap rumah punya gula di dalam dapurnya.  Kecuali kalo rumahnya, rumah kos tanpa induk semang. Gula buat apa cobak? Buat dicemal-cemil? Ya sapa tahu mau ngeteh atau ngopi gitu. Anak kos mah lebih milih ngeteh di warteg daripada di kosan-> pengalaman pribadi :D

Lupakan tentang anak kos, kita bicara tentang gula. Gula biasanya gula kamu pakai buat apa? Kalo saya sih yang standar-standar aja, ya buat masak sama bikin teh biar manis. Udah itu saja.

Nah kemarin pas lagi ngubek-ngubek internet kok nemu cara membersihkan rumah dengan gula. Wah menarik nih untuk dicoba! Gula bisa buat membersihkan rumah? Gimana caranya?

1. Gula dan Baking Powder
Tahu baking powder kan, yang suka dipake sebagai bahan tambahan pembuat kue dan cake. Selain di toko khusus bahan kue, di warung-warung biasa banyak kok yang jual. Caranya, campurkan tiga sendok makan gula serta satu sendok makan baking powder. kemudian tambahkan dengan sedikit air ke dalam campuran tadi. Campuran ini dapat digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga seperti piring, menjadikannya supaya lebih bersinar. Cling, cling!

2. Gula dan Air Mawar
Bagi perempuan air mawar pasti udah ngga asing dong. Itu loh cairan yang suka dipake untuk campuran masker. Bisa dicari di toko-toko kosmetik, atau kalo mau sedikit ribet bikin sendiri juga bisa sih. Campuran bahan alami ini dapat digunakan sebagai pembersih perabot rumah tangga yang berbahan  perak untuk membuatnya menjadi lebih bersinar. Untuk membuatnya, ambil tiga sendok makan gula simpan ke dalam mangkuk kemudian tambahkan satu sendok makan air mawar campurkan hingga gula mencair. 

3. Gula dan Lemon
Ada karat yang menempel pada peralatan rumah tangga? Coba hilangkan dengan campuran gula dan lemon. Peras sebuah lemon, masukkan dalam mangkuk yang sudah diisi tiga sendok makan gula. Aduk sampai gula mencair. teteskan pada peralatan rumah tangga yang berkarat.

4. Gula dan Cuka
Saya sedia cuka di rumah bukan untuk masak. Ngga pernah sih masak-masak yang pake cuka. Saya gunakan cuka untuk membersihkan panci atau wajan yang gosong dengan mencampurkan beberapa tetes di air hangat *buka kartu suka nggosongin panci*. Nah ternyata kalau dicampur dengan gula bisa membersihkan noda segar yang menempel di lantai. Caranya, tuangkan empat sendok makan cuka ke dalam sebuah wadah lalu tambahkan gula. Kemudian celupkan kapas ke dalam bahan alami ini, usapkan pada noda.

5. Gula dan Tomat
Biasanya saya membersihkan noda di pakaian putih dengan mengunakan cairan pemutih. Tapi ternyata ada bahan alami yang bisa kita gunakan yaitu campuran gula dan tomat. *kemudian terbayang-bayang jus tomat*. Tomat disebut-sebut sebagai bahan pemutih yang sangat kuat. Carannya cukup dengan merendam pakaian bersama campuran alami ini.

Itulah lima kegunaan lain dari gula yang saya rangkum dari berbagai sumber. Ada yang sudah pernah mencoba keampuhannya? 

Komentar

  1. Yg terakhir malah baru tahu, ngertinya kan enak dibikin jus tomat aja

    BalasHapus
  2. gula dan cuka,yah...jadinya kuah mpek2 dong hahahaha...*waktunya sarapan*
    Coba ah,wajanku lumayang gosong nih mak hehehe..makasih tipsny^^

    BalasHapus
  3. waah... ternyata gula banyak manfaatnya ya selain utk buat teh. Makasih infonya ....

    BalasHapus
  4. baru tahu ternyata gula bisa dijadikan pembersih

    BalasHapus
  5. Bwlom pernah nyoba.. Dan baru tau ini. :D

    BalasHapus
  6. Aku di kosan sedia gula buat ngopi :D.
    Wah, banyak manfaat sbg pembersih ya. Tapinya yg kebayang malah buat diminum :D

    BalasHapus
  7. ish, ini mantep banget sih triknya, aku save aaah :D

    BalasHapus
  8. kalo bajunya dirubung semut piye mak? Jus tomat baju. haha

    BalasHapus
  9. Walah gula sama tomat? Jangan sampai masuk muutku terus gagal bersih-bersih hehehe

    BalasHapus
  10. waahh..cuka bisa membersikan wajan gosong ya...coba ah, *buka kartu wajannya sering gosong* :v

    BalasHapus
  11. Wahh gula sama tomat jadinya jus suger mak. Baru tau.. Save juga ahh

    BalasHapus
  12. manfaatnyaaaa banyaaak yaaah...tapi saya di rumah menghindari gula hehehehe...soalnya menjaga dari diabetes :)

    BalasHapus
  13. kalo gula dan tomat, blm sampe jd pembersih udh kuabisin mba ;D... paling suka nyemilin tomat sambil naburin gula di atasnya ;p

    BalasHapus
  14. Mksh tipsnya. Aneh aja merendam dg jus tomat mak mending sy minum. Tp patut dicoba ya.. Semuanya blm sy coba..

    BalasHapus
  15. Serius aku baru tau trik ini. Unik, hehe. Jadi ngga bahaya buat anak-anak ya.

    BalasHapus
  16. cukanya aja aku pernah pakai mak, ternyata ditambah gula ya. Nanti aku cobain ke panci gosong. oops ketauan punya panci gosong karena asyik ngeblog :)

    BalasHapus

Posting Komentar