Mencermati Potensi EdTech Startup Di Indonesia




Masyarakat kelas ekonomi menengah ke atas di Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan internet. Internet memang membawa banyak perubahan besar bagi kehidupan, termasuk perubahan di bidang pendidikan. Potensi EdTech (education technology) di Indonesia juga memiliki peluang besar untuk berkembang lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Dilansir dari situs Gess Indonesia, Ambient Insight pernah melakukan penelitian mengenai produk mobile learning. Dan hasilnya, penelitian di tahun 2012 tersebut memprediksi bahwa Indonesia akan jadi salah satu dari 3 pembeli utama produk mobile learning. Ya, Indonesia diprediksi akan bersanding dengan China dan India dalam kategori pembelian produk mobile learning.


Bagaimana dengan Kemajuan Mobile Learning Di Masa Kini?

Hingga bulan September 2015, setidaknya tercatat ada beberapa EdTech startup asing yang mulai melakukan ekspansi ke Indonesia. Konsep mobile learning yang diusung pun sangat beragam, mulai dari teknik belajar bahasa asing, ranah pendidikan formal, hingga bantuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di tingkat sekolah tertentu.
Tak mengejutkan kalau EdTech startup tersebut bisa berkembang pesat. Mengingat saat ini para siswa memang dibimbing untuk mengenal teknologi sejak usia dini.

Startup Asli Indonesia Pun Tak Mau Kalah

Indonesia juga punya lho sederet EdTech startup yang tak kalah inovatif dari startup asal luar negeri. Dikembangkan oleh generasi muda tanah air, EdTech startup asli Indonesia diharapkan membawa banyak perubahan bagi perbaikan dunia pendidikan.

Penyedia konten pembelajaran online akan membantu siswa untuk memperdalam materi pelajaran di luar sekolah. Sehingga sisi kemandirian dan tanggung jawab siswa pun bisa dilatih dengan baik sejak usia muda.

Masih banyak sekali informasi tentang potensi EdTech startup di Indonesia. Ekosistem pendidikan yang kondusif akan membuat dunia pendidikan Indonesia semakin maju dan berkualitas.Kalau ingin tahu lebih banyak tentang EdTech startup di Indonesia ikuti saja seminar di Gess Indonesia.

Rangkaian seminar pendidikan Gess Indonesia akan diadakan pada tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2015 di JCC. Gess Indonesia (Global Educational Supplies and Solutions Indonesia) adalah organisasi bidang pendidikan yang sudah lebih dulu berdiri di Meksiko dan Dubai. Kehadiran Gess Indonesia diharapkan dapat pengambilan keputusan dan kemajuan kualitas pendidikan di tanah air.
Salah satu materi seminar akan membahas tentang potensi dan ekosistem EdTech di Indonesia. Mari mendaftar via online di http://bit.ly/1WfsBNU. Memperkaya diri dengan informasi teknologi di bidang pendidikan tentu sangat menarik, ya.

Komentar

  1. Waah makin advance ajanya teknologi pendidikan...harus ikut melaju agak tidak tertinggal dan SDM pendidikan harus mengambil peran dalam hal ini yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul tak bisa dipungkiri kemunulan internet memudahkan ya maak

      Hapus
  2. Semoga saja Indonesia mampu bersaing dengan China dan India

    BalasHapus
  3. makin keren nih perkembangan teknologi skrg ya mba...
    mudah2an orang2nya juga semakin keren...amiiinnn...

    BalasHapus
  4. Menyangkut dunia pndidokan selalu menarik yahhh

    BalasHapus
  5. Anak Bangsa makin kreatif. Ngga mau ketinggalan dengan negara lain ITnya. :)

    BalasHapus
  6. wahhh hari kerja, tak bisa aku mbak, ternyata hari terakhir pula ya hari ini

    BalasHapus
  7. Insan kreatif Indonesia memang tak kalah dengan luar negeri. Saya percaya itu. Anak-anak AMIKOM Jogja juga banyak berkarya. Semoga dunia pendidikan di Indonesia kian maju.

    BalasHapus

Posting Komentar