Rabu, 05 Agustus 2015

Selamat Ulang Tahun Radio Venus

Tanggal 5 Agustus 2015 di tengah kerempongan nyiapin bocah ke sekolah, saya menelepon ke radio Venus untuk mengucapkan, "Selamat Ulang Tahun Radio Venus..."

Awalnya sih Mbak Nila my (ex) boss nelepon ke hape, katanya Venus mau telepon saya. Kebiasaan memang kalo ultah ngundang penyiar-penyiar lama, siaran bareng dan kita reunian di udara. Tapi saya bilang biar saya aja yang telepon. Weits Mak Irits gituuu mau ya keluar pulsa hihihi. Jangan berbaik sangka dulu laaah. Emang sih keluar pulsa, tapi ngga banyak kok soalnya udah beli paket telepon rumah dari provider yang saya pake. Motong pulsa rp 1.250 tapi kita bisa free nelepon ke telepon rumah ampe Rp 20.000. Kemarin itu ngobrol mayan lama di telpon (padahal inlok) habisnya cuma 12 ribu aja looh.

Pas saya telepon ternyata udah ada beberapa penyiar yang rumpi di sana. Ada Toby sama Zaki yang emang penyiar sekarang dan Adi mantan penyiar, partner siaran saya dulu di acara Hallo Makassar.

Ditanya saya hal-hal yang paling berkesan selama siaran di Makassar. Wuih banyak banget sampe saking banyaknya saya pengeeen banget menerbitkannya dalam sebuah buku, ya macam buku Cado-cado, cenat-cenut reporter atau anak kos dodol tapi ini cerita tentang penyiar. Doain ya, moga kesampean :)


Saya ingat debut pertama saya di Venus membaca berita di Venus Hot News. Waktu itu pagi-pagi udah di Venus sesuai jadwal training, tahu-tahu bu Emmy program director kami telepon. Katanya saya disuruh baca Venus Hot  News buat jam 9 pag. OMG!! Saya langsung panik, bukan karena pertama kali mau mengudara sih. Tapi karena belum nyiapin nama udara hihihi. Dan secepat kilat sambil rembugan dengan Ratih si kanjeng mami yang sesama anak baru juga, akhirnya kami dapet sebuah nama siaran yang namanya ya gitu deh... Cuma sekali pake aja, habis itu gantiii hihihi. Habis namanya sama kaya penyanyi dangdut yang saya ngga suka, dan kayaknya ngga match aja sih kalo saya pake.

Setelah itu saya ditempatkan di acara Hallo Makassar yang mengudara jam tujuh pagi. Acaranya, bawakan berita secara santai gitu sambil ngobrol-ngobrol. Terus terima telepon keluhan layanan publik. Kadang ada nara sumbernya juga yang berkaitan dengan layanan publik.

Karena siarannya jam tujuh, dari rumah saya harus pagi banget, solanya rumah saya jauh sekitar 45 menitan lah ditempuh naek angkot. Saking terburu-burunya ngga sempet sarapan, bawa bekel. Tapi bekelnya dimakan sama banyak orang dan saya hanya kebagian beberapa sendok. Bawa peralatan kosmetik, dandan di angkot. Untung angkotnya pas sepi hihi. Kadang eh sering, berangkat dari rumah sampe ngga sempet pasang perekat sepatu. Niatnya direkatkan di angkot tapi yang sering terjadi sampai di Venus itu perekat sepatu masih terbuka gitu aja. Lupa.. paraaah :D

Kalo kamu denger habis penyiar sebelum acara saya, closing siarannya, dan nyetel lagu terus sampai lebih dari dua. Itu artinya, ada salah satu diantara kami (saya atau Adi) atau malah dua-duanya yang belum datang haha buka kartuuu.

Siaran lain yang pernah saya bawakan adalah kerlingan bintang (bacain ramalan zodiak), obrolan puasa(OPUS) bareng sama ustad, Alunan Tembang Malam (ATM) dan Venus Magazine.

Di Venus saya belajar banyak hal. Belajar siaran, membuat skrip, membuat cerpen radio, buat iklan, bikin rekaman suara pake cool edit dan adobe, bahkan belajar juga bikin laporan keuangan karena pernah dipercaya untuk pegang kas Venus dan mencatat segala pemasukan juga pengeluaran. Jadi kalo pas mau ngelamar pekerjaan gitu mayan bisa menuh-menuhin CV hihihi. Makasih ya Venus, makasih mba Nila, makasih Pak James, makasih Pak Erick hihihi.

Hal berkesan lainnya, masih banyaaak. Pernah makan nasi rasa sabun gegara OB ngga bersih nyuci wadah makan dari cateringan, Malakin sila si abang bakso, beli dua rebo dapetnya banyak dengan jurus rayuan gombal hihihi, Duduk di kursi kayu panjang pas training yang kami sebut dengan kursi pesakitan, Rebutan komputer buat bikin skrip. Ikan bumbu kuning sama sayur kacang ijonya Atik yang fenomenal hihihi. Ratih si ratu drama yang suka ngambek sama saya dan Amhy terus bikin surat. Ratiih suratmu itu masih kusimpan sampai sekarang loh :D


Oya foto seru bareng anak-anak Venus ada banyak di komputer tapi ngga berani pajang, soalnya ada beberapa teman yang dulunya belum berjilbab. Jadi ya yang diupload poto itu lagii, itu lagi. Satu-satunya poto pas siaran nih di Venus, kok dulu saya ga begitu narsis ya, nyesel deh hehe. Ada sih beberapa foto saya sendiri yang bareng artis pas di Venus tapi udah nempel di album foto, ga punya soft copynya.

Ya udah deh cerita-cerita nostalgianya sampe sini dulu, ntar dilanjut di buku terbaru saya yaa. Aaamiin hihhi. Sekali lagi selamat ulang tahun tadio venus, moga makin jaya di udara, makin makmur dan sejahtera penyiarnya. Aamiin :)

11 komentar:

  1. Aku tebak, mba Rahmi pastk jadi kangen siaran lagi yaa dg bernostalgia mengenang debut karir di venus. Btw, selamqt ultab kg venuuss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kangeeen, dalam pikiranku pengen siaran lagi begitu Hana udah sekolah, hehe ketuaan yoo

      Hapus
  2. saya juga masih siaran radio sampai skerang mbak salah satu pekerjaan yang fun dan menghasilkan uang. asik pokoknya deh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa asik siaran, streaming ngga mba radionya?

      Hapus
  3. Seru juga ya mengenang lagi jaman masih siaran, ayo deh ditulis cerita lucunya, kayaknya menarik banget, Mi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh mba, ini lagi bnayak2 baca buku yang bertema sejenis, kaya bukunya Wuri dll

      Hapus
  4. mau dong dengertin mak irit siaran lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar ya kalo aku udah siaran lagi Mak Lid hehehe

      Hapus
  5. Ohh dari Makassar?? Saya juga, hihihi.. Saya jg masih sering kangen waktu2 siaran di MADAMA dan Radio SPFM. Ehtapi yaa sebenanrnya sy kenal mba Nila dan beberapa (mantan) penyiar Venus loh. Kok gk pernah tahu saya ada juga yg ngeblog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngeblog setelah keluar dari Venus mbaa. Oh dulu penyiar Madama? tahun berapa mba? Kenal Eki ngga mba, eh nama aslinya siapa ya aku lupa

      Hapus
  6. ditunggu buku serunya ya mii..ayo daftar lagii dong siaran di Semarang, pengen denger rahmi cuap2...

    BalasHapus