Jumat, 12 Juni 2015

Wisata Murah Meriah di Museum Palagan Ambarawa

Halo temans..

Udah masuk masa liburan anak sekolah kan... Pengennya ngajak anak-anak kemanaa gitu ya, tapi dana minim. Yuk cari tempat wisata murah meriah ajah!

Kemarin waktu hendak menghadiri undangan munduh mantu seorang kawan di Ambarawa (dari Semarang sekitar 1,5jam), dalam perjalanan menuju rumahnya, saya sekeluarga melewati Museum Palagan. Keliatannya menarik nih, saya lalu bilang ke ayahnya anak-anak, "Pulangnya kita mampir sini ya!"

Sekitar jam setengah satu setelah puas makan-makan di tempat cara (yang mana Thifa menghabiskan empat mangkuk bakso), langsung capcus ke museum. Tengah hari panas-panas, masih pakai long drees ala kondangan, warna hitam pula hihi. Ya maklum dadakan jadi ngga bawa baju ganti. Saya pikir mumpung ada di Ambarawa sekalian aja, daripada besok-besok harus datang ke sini lagi kan boros bensin. Eh ini dalam rangka go green ya bukan ngirits hehehe.

Karcis masuknya murah, cuma Rp 5.000,- aja perorang karena hari libur, kalo hari biasa Rp 4.000,-

Begitu masuk melewati pintu gerbang langsung nampak sebuah monumen yang disebut monumen Palagan Ambarawa. Monumen ini merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember -15 Desember 1945.

Ke museum siang bolong pake longdress ala kondangan warna item, saltum ngga sih? Hihihi


Mengenai pertempuran Palagan mungkin udah pernah juga kita pelajari jaman sekolah dulu ya. Tapi saya kok lupa, maklumlah jaman dulu ngga terlalu suka pelajaran sejarah karena males ngapalin nama orang, tempat, dan tanggal peristiwa yang banyak banget dan suka ketuker-tuker. Tapi entah kenapa justru setelah selesai sekolah saya jadi lumayan tertarik sama yang namanya sejarah. Jadi googling deh di wikipedia hehehe.

Jadi ceritanya, ketika itu pasukan Sekutu yang terdesak dari Magelang mengadakan pengunduran ke Ambarawa, dan pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Sekutu pada tanggal 15 Desember 1945, dimana kini tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Infanteri atau hari juang kartika.
Sebenarnya, gambaran singkat sejarah pertempuran bisa dilihat pada relief yang dibuat pada dinding Monumen Palagan Ambarawa. Tapi waktu itu saya ngga sempet lihat-lihat karena bocah udah ribut aja minta kesana dan kemari *alesyan.

Selain Monumen Palagan, di sana ada juga Museum Isdiman yang berisi benda peninggalan sejarah seperti seragam yang digunakan para tentara dan persenjataan. Sedikit-sedikit saya menerangkan sama Thifa juga tentang barang-barang tersebut. Dia sih cuma ber-o aja, sepertinya tanda ngga mudeng hahaha.

Di sekitar Monumen Palagan ada kereta api tua buatan Jerman pada tahun 1902truk kuno merek dodge buatan USA pada tahun 1941, mobil tank, beberapa meriam, dan pesawat mustang P.51. Benda-benda ini asli keren, apalagi buat foto-foto hihihi.


jadi kernet kereta :D



Dan... yang paling menyenangkan bagi Thifa adalah.... taman bermainnya. Ya, museum Palagan dilengkapi juga arena bermain anak yang cukup banyak, seperti ayunan dan jembatan gantung. Jadi liburan di museum terasa lebih menyenangkan, karena meskipun murah tapi meriah :)


Sekitar jam setengah dua kami pulang dengan hati riang, kemudian nyampe di jalan tol Manyaran tali kipas mobil putus. Kami berhenti menunggu pertolongan bengkel :D :D

@rahmiaziza



19 komentar:

  1. pergi ke museum emang hemat dan edukatif ya. bagus buat anak2 :)

    BalasHapus
  2. Keretanya jadul banget itu ya

    BalasHapus
  3. Wah asyik, kalo deket, aku pasti ke sana. Kereta api sama tanknya anak-anak suka...

    BalasHapus
  4. Beneran deh setuju nih kalau ngajak anak jalan-jalan ke tempat bersejarah gini, mbak :3
    Anak jadi lebih deket sama pahlawannya ^ ^

    BalasHapus
  5. Yang murah2 biasanya seru ya mak..ala mak irits banget ini mah..hehe

    BalasHapus
  6. itu tempat PKL saya waktu kuliah bu :)

    BalasHapus
  7. Memang asyik kalai ada museum plus sarana bermain buat anak, jadi emak yqng punya anak kecil nggak repot jejar2 anak jdnya

    BalasHapus
  8. keretanya jadul banget ya mba dan juga masih mulus :)

    BalasHapus
  9. pergi ke museum memang satu pilihan yang pintar kalo dengan anak2 ya mbak, dibadning sekarang banyak orang tua yang lebi senang mengajak anaknya ke emol.

    BalasHapus
  10. anak2 pasti suka kereta ya...

    BalasHapus
  11. jalan2 ke museum bisa jd alternatif hiburan yg bagus ya. bosen jg k mall mulu. yg ada boros hehehe

    BalasHapus
  12. Sering banget lewat tapi belum pernah mampir. Thanks infonya

    BalasHapus
  13. Asyiknya kalo di Jawa banyak tempat2 wisata murah meriah yaa... kalo di Depok banyak mall! :D

    BalasHapus
  14. kalau ke sini anak-anak suka nih banyak arena bermainnya

    BalasHapus
  15. Seru nih liburan ke Museum Palagan Ambarawa,. Banyak tempat bermainnya

    BalasHapus
  16. tiketnya murah banget ya mbak...sdh lama ga kesana..bs buat alternatif klo liburan nanti

    BalasHapus
  17. pengen ke sana juga, karcis masuknya murah

    BalasHapus
  18. Aiih pernah mampir ke sekitar monumen Palagannya, cuma istirahat buka bekal makan doang , blom nyampe ke wisata stasiun KA tuanya :)

    BalasHapus
  19. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    BalasHapus