Pancake Abal-abal

Beberapa hari lalu, pas sore-sore kok pengen jajan gorengan. Udah siap mau keluar rumah, eh malah hujan. Ya udah ngga jadi, trus saya bilang ke Thifa, "Bikin makanan sendiri aja yuk."

Niatnya sih mau bikin kue bandung mini, tapi ngga punya cetakan. Ya udah gapapa lah pake wajan model teflon (tapi dari stainless) aja pikir saya, yang penting rasanya kan sama.

Bahan adonannya waktu itu telur, terigu, mentega cair, sama gula dicampur air. Udah gitu tarok diatas wajan, trus kasih isian meses. Pas dicobain rasanya kok kaya telor dadar tapi versi manis. Menurut saya sih gagal, etaoi Thifa malah suka, bahkan minta dibuatin lagi!

Ya udah coba searching resep yang bener tu kayak mana. O ternyata pake susu dan sebenarnya ada bahan lain juga kaya soda kue. Tapi malas ke toko bahan roti ya udah susu aja, soda kuenya skip.

Beberapa kali trial n error bikinnya. Pernah sampe hancur karena lengket, mungkin ketebelan. Hampir saya buang eh Thifa sama temen-temennya ternyata suka pada minta disuapin tu kue gagal. Anak-anak yang aneh :D

Belajar dari situ akhirnya saya bisa bikin kue bandung mini yang bentuknya lumayan lahh, rasanya juga lumayan, hihi lumayan semua, chef macam apa. Yang terpenting sih anak-anak suka. Sebenarnya agak bingung juga sih ini namanya kue bandung mini atau apa. Tapi kok ya lebih mirip pancake. Oke kita sebut aja pancake abal-abal ya. Ini nih resep yang saya pake:

Tepung 5sdm, susu setengah sachet yang udah dicairkan, 1sdm mentega cair. Kasih air sampe kental. Panaskan wajan, kalo udah tuang. Jangan terlalu banyak ntar adonannya terlalu melebar susah baliknya. Taburi gula di atasnya. Isian tambahan terserah aja, mau dikasih meses atau keju. Habis itu bisa ditambahkan juga dengan susu kental manis. Lipat pancake, jadi isiannya ketutup. Trus dibalik sebentar. Hasilnya kaya gini nih!



Kalo kata Thifa sih lebih enak daripada kue bandung yang dijual di pasar. Tapi abis itu dia ngomong lagi "Mama seneng to kalo aku bilang enak." Jadi ragu beneran enak apa hanya untuk menyenangkan hati emaknya ya. Tapi kayaknya sih beneran lha wong saya sampe bikin tiga adonan sehari dan kita habisin bareng-bareng hehe.

Ya namanya chef abal-abal, pancake nya juga abal-abal, dan ngga mau ngajakin orang untuk nyoba praktekin yang kayak gini. Banyak resep dengan hasil yang lebih yahud soalnyah :D

@rahmiaziza

Komentar

  1. hahahaha..thifa beneran mak bilang kayak gitu??xixixixi..dewasa banget yaa tai lucu,q mbayangin dia ngomong gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maak, apa maksudnya cobak pake kalimat penutup kyk gituu

      Hapus
  2. yang paling penting anak-anak suka mak. Aku bingung loh awalnya di Semarang kok menyebutnya kue Bandung ternyata martabak manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kue Bandung, martabak roti, martabak manis, terang bulan sama maak

      Hapus
  3. saya kira pancake abak2 itu kayak gimana gitu.... hehehe
    Berarti Thifa tau bagaimana cara menyenangkan hati ibunya :D

    BalasHapus
  4. Pengen nyoba ah... tapi dengan resep yang lebih mapan.. dan jangan sampe di bilangin kaya difa dewasa banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa cari resep yang lebih bener :D

      Hapus
    2. sama. aku juga jadi kepngn buat sendiri dirumah pancakenya..hihi :D

      Hapus
  5. yang penting anak-anak suka, Mak hehehe

    Tapi, dulu pancake termasuk masakan yang susah buat saya. Gagal terus wkwkwk. Saya diajarin bikin pancake sama suami :D

    BalasHapus
  6. umi juga suka buat pancake kak, tapi aisyah lebih suka kue kamir/dorayaki.. ^_^

    BalasHapus
  7. Thifa so sweet bgt....

    Ga masalah tampangnya ga cantik yg penting enak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mak, yang pnting inner beautynya *halah*

      Hapus
  8. walaupun abal2 tapi rasanya enak banget nih mak...

    BalasHapus
  9. belum pernah bikin pancake, pengen nyoba...tp waswas liat abal-abalnya xixixii :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, cari resep yg lebih meyakinkan maak

      Hapus
  10. Thifaaa...celotehanmu. hahaha
    Asyik bisa bikin pancakesama anak2 ya, Mbak.

    BalasHapus
  11. wahh boleh juga tuh mak diseriusin..siapa tahu jadi ide bisnis ber brand "pancake abal-abal"" hehee unik..Kalo anak-anak sudah suka, rasanya resepnya sudah sempurna xixixix..

    BalasHapus
  12. walau abal-abal tapi keliatannya enak..
    apalagi ada coklat yang melumer dari dalam..pasti enak banget..hihi :D

    BalasHapus
  13. owh kirain pncakenya emang abal abal gan....ternyata namaya ya...unik gan
    tema untuk android cara upgrade android

    BalasHapus
  14. Bagi yang punya usaha kue terang bulan, ada kemasan yang bagus nih untuk kamu.
    Cocok untuk kue terang bulan yang berminyak maupun panas. Dapat juga dimasukkan ke dalam microwave. Gratis cetak brand kamu kuga lho di atas kemasan kamu. Selengkapnya bisa kamu temukan di sini http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus
  15. Bikin nelen ludah aja mbak. :D

    BalasHapus

Posting Komentar