Selasa, 14 Oktober 2014

Dari Mama Untuk PLN

Halo PLN! Namaku Hana, Putri kedua dari Ayah Alfa dan Mama Mie, pemilik blog ini. Aku baru lihat nama kamu disebut-sebut di timeline Fesbuk loh! Eh kok anak bayi punya FB sih. Ngga, bukan FBku, tapi FB nya Mama.

Iya.. Mama kan kadang-kadang suka gitu tuh, mimi’in aku sambil fesbukan. Multitasking katanya. Tapi bagiku itu meyebalkan, aku pasti dicuekin ngga diajak ngobrol atau yah paling ngga sekedar dipandang dengan penuh cinta laah *tsaah*

"Mati lampu=mati gaya" begitu tulis seorang teman Mama di timeline FB nya. Namanya kurahasiakan ya, ntar aku kena pasal pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan lagi! Hihihi…

Aku jadi ingat, waktu listrik padam seisi rumah langsung bĂȘte. Ayah pulang ke rumah, karena di kantor ngga bisa ngerjain gambar digital. Mama beranjak dari depan komputer, berhenti fesbukan. Kakak selesai deh nonton Upin Ipinnya. Kalo aku? Aku senang doong itu artinya Ayah, Mama, dan Kakak bisa main sama aku. Horeee!

mati lampu = mati gaya, kecuali untuk Hana ;)

Kalau lagi kumat bijaknya, saat listrik mati Mama akan mem-pukpuk Ayah dan Kakak sambil bilang “Udahlah ambil aja hikmahnya, dengan mati lampu berarti tambah waktu untuk quality time bareng keluarga.” Hmm kayaknya efek nonton Eyang Mario Teguh semalam. Tapi habis itu Mama asyik fesbukan pakai tab yang baru saja di charge sebelum listrik padam tadi. "Mamaaa.. katanya quality time!!!"

Mama, sok bijakkk

Kata Mama, listrik padam bisa disebabkan beberapa alasan. Mungkn pas lagi ada perbaikan atau pemeliharaan jaringan. Bisa juga karena cuaca seperti hujan deras, angin kencang dan petir, sehinga listrik sengaja dimatikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Atau mungkin belum pada bayar tagihan listrik sampai batas waktu yang ditemukan? Haha, eh tapi ngga mungkin lah yaa, kan udah banyak yang move on pake listrik pra bayar. Yang terakhir nih yang memprihatinkan, listrik sengaja dipadamkan bergilir untuk menjaga persediaan listrik.

Mama pernah baca di internet, katanya konsumsi listrik masyarakat naik terus, tapi pasokan tidak bertambah.. Padahal listrik sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang ya.. Tiap hari aku lihat mama masak nasi pakai rice cooker, mencuci menggunakan mesin, juga menghidupkan lampu. Semua itu membutuhkan listrik. Nah kalau listrik terpaksa harus padam karena pasokan tidak mencukupi gimana dong? Hemm sepertinya kalo nulis buku berjudul “101 hal yang bisa dilakukan saat listrik padam bakalan laris yee, hihi dasar otaknya anak penulis. Apa-apa dijadiin ide tulisan.

Eh ngomongin soal ide, Mama ternyata punya ide untuk PLN lho!

Ide pertama Mama, seharusnya PLN lebih dekat dengan masyarakat. Hem, maksudnya?

Mama bilang Mama salut banget lho sama PLN yang selalu berinovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Misalnya aja dengan dibuatnya program PLN bersih, listrik pintar dan program #BloggerBicara yang baru-baru ini diselenggarakan bareng BLOGdetik. Yang bikin sebel adalah kenapa acaranya selalu di Jakarta? Mama mupeng sama doorprize tuuh. Beras bo! Emak mana yang ngga ngiler cobak? Program yang diadakan PLN tersebut selain sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan tapi juga semakin mendekatkan PLN dengan masyarakat.

Selama ini PLN sudah cukup aktif menjalin komunikasi dengan pelanggan lewat Fanpage maupun twitter. Melalui kedua socmed tersebut PLN dapat menampung aspirasi masyarakat baik itu keluhan, kritik maupun saran. PLN juga kerap menggunakannya sebagai tempat berbagai info jika terpaksa harus dilakukan pemadaman di suatu daerah, sehingga masyarakat dapat mempersiapkan diri sebelum listrik padam. Tapi menurut Mama komunikasi ini bisa lebih ditingkatkan lagi efektivitasnya dengan komunikasi offline. Karena belum semua lapisan masayarakat melek teknologi internet.

Komunikasi offline bisa dilakukan dengan mendatangi pertemuan ibu-ibu PKK misalnya. Kebetulan Mama adalah ketua PKK *maksud lohhh?* *pamer aja gituhhh*. Apa saja yang disampaikan dalam komunikasi offline tersebut?

  • Mendengarkan keluhan, kritik, saran dari masyarakat tentang PLN
  • Menjelaskan tentang krisis energi, penyebab, dampak, dan pentingnya menghemat energi serta cara menghemat energi yang bisa dilakukan masyarakat.
  • Mensosialisasikan social media PLN yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk menyampaikan aspirasi
  • Memperkenalkan benda-benda hemat energi seperti lampu LED yang jauh lebih hemat dari lampu biasa, monitor LED yang jauh lebih hemat listrik dari LCD, dll
  • Memperkenalkan teknologi panel surya yang bisa digunakan masyarakat untuk membangkitkan listrik dengan tenaga matahari
  • Mengkampanyekan tentang listrik pra bayar. Yang mempunyai manfaat lebih daripada listrik pasca bayar. Banyak loh yang sebenarnya mau menggunakan listrik pra bayar, tapi masih ragu karena takut suatu hari nanti kesulitan mendapatkan vouchernya. Nah PLN bisa menjawab dan meyakinkan masyarakat akan hal ini.
  • Meminta dukungan masyarakat mendukung program PLN demi peningkatan pelayanan diantaranya program PLN bersih.

Tentunya materi yang sudah PLN lakukan dalam komunikasi offline ini juga bisa kemudian disampaikan kembali secara online melalui, website, fanpage FB maupun twitter.

Ide kedua: memberikan reward pada pelanggan yang berhasil menghemat energi

Selama ini PLN memang cukup gencar melakukan kampanye hemat energi di media. Efektifkah? Tentu saja aku ngga tahu, Mama sama Ayah kan bukan pegawai PLN hihihi. Biar orang-orang tambah semangat melakukan penghematan energi, Mama punya ide kedua, yaitu memberi reward pada pelanggan yang sudah berhasil menghemat energi. Misal untuk pengguna daya 900 watt, jika tagihan di bawah sekian, dapat satu nomor undian untuk mendapatkan satu unit mobil (hihii ide hadiahnya ngga tanggung-tanggung yak) atau bisa dengan membuat award pelanggan terhemat misalnya. Yang penting berhadiah lah, pasti banyak orang-orang berlomba-lomba melakukan penghematan listrik terutama Mama. Mama mah dapet hadiah piring atau payung cantik udah seneng hehehe.

Ide ketiga: Mencari sumber energi baru

PLN bisa menggandeng sekolah-sekolah atau kampus-kampus, duduk bersama para ilmuwan untuk membahas hal ini, juga mendorong para generasi muda untuk berinovasi mencari sumber energi baru demi mengatasi krisis energi. Untuk sementara ini aku sih baru bisa melakukan penghematan energi aja kan masih bayi hehe.. Mungkin sepuluh atau lima belas tahun lagi aku bisa menciptakan sebuah inovasi untuk kemajuan listrik Indonesia, hehe aamiin.

cocok dinobatkan jadi duta listrik nih hehe

Mudah-mudahan ide dari Mama untuk PLN bisa semakin meningkatkan pelayanan PLN terhadap pelanggan. Semoga krissis energi segera berlalu. Suatu saat aku juga kan pengen nonton film kartun kayak kakak, ngeblog kayak mama, dan nggambar digital seperti Ayah. Jadi aku pasti butuh listrik ;).

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog #ideKUUntukPLN


33 komentar:

  1. Wow.... lucu bangeeett ini mak! Sangat informatif.... Anak saya aja sukaa.... Good luck yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih maak salam buat anaknyaa hehe

      Hapus
  2. semoga menang ya lombanya! :)

    BalasHapus
  3. Kreatif bangeeet ilustrasinya, apalagi posisi mama pas lagi facebookan :P

    BalasHapus
  4. mulai memancar nih aura pemenangnya hehehe,,,makin kreatif ^^
    sukses ya mbk,wh gimana rasanya gigit keyboard hahaha

    BalasHapus
  5. Mak, fotomu yang pake kaos kuning tak liak-liaki kok kayak tyas mirasih ya?
    *langsung ge-er ki mesthi*

    BalasHapus
  6. Aih...dah bikin aja. Belum dapat ide nih :( Kali ini postingannya beda yak. Moga menang..

    BalasHapus
  7. keren iki mie, nek aq jurine takmenangke hehehe... mantep n kreatif, idenya juga masuk akal. menang bancakan yo mie ;)

    BalasHapus
  8. betul mak, kalo mati lampu jadi mati gaya hehehe

    BalasHapus
  9. Ih... kreatip! Kece badai tulisannya. Ditambah ilustrasi yang menghibur dan tepat sasaran. Semoga menang Mak. Haruss! Hehe

    BalasHapus
  10. Sayang banget PLN baru aja naikin tarif, hiks :( Seoga jadi pemenang deh Mbak!

    BalasHapus
  11. dukung ide ketiga mak...mencari sumber energi baru...btw, semoga sukses kontesnya

    BalasHapus
  12. kereenn banget ihh... ilustrasinyan jg TOP BGT...
    semoga menang ya, terus tarif listrik diturunin lagi (mungkin ga ya)

    BalasHapus
  13. Hahaha ini baru penulis mak irits pesannya ngena lewat meme, manstab mak. Ituh gaya pesbuknya boljug haha

    BalasHapus
  14. permisi bu saya petuga PLN mau cek meteran blog nya :D hahahaha keren sarannya terutama yang sumber energi baru mba

    BalasHapus
  15. keren banget deh komiknya sama idenya :) semoga menang ya Mak....

    BalasHapus
  16. wah tulisane apik tenan..good luck mak

    BalasHapus
  17. hei mama sok bijak! wkwkwkwkwk mauuu dong yg ide keduanya hihihihihi :P

    BalasHapus
  18. Ilustrasinya kereeeennn... isinya lebih keren lagi. Semoga menang ya mak.

    BalasHapus
  19. Mau ikutan tapi lihat tulisan ini langsung ciut nyali, haha.. gudlak ya mak, lucu bgt kayak aku tulisanyna.. #ehh haha..

    BalasHapus
  20. Hihihihi. Lucuuuu Mba Rahmi, semoga menang yaaa.. :)

    BalasHapus
  21. Rahmiiiii...
    Niat banget itu bikin fotonyaaaaa...lucu dan kreatif deeeeh :)

    Moga menang yaaaah :)

    BalasHapus
  22. foto-fotonya lucu Mak, idenya kreatif, moga menang yee...:)

    BalasHapus
  23. Makasiih semua yang udah komen dan mendoakan.. maap ngga bisa bales satu2 tapi yang jelas love u all deeehhh. InsyaAloh aku balik mampir ke rumah mayanya yaaa

    BalasHapus
  24. hahahaha kereeen ilustrasinyaa .. kakak gabisa nonton kartun ..

    BalasHapus
  25. saya jagoin tulisan ini! Keren, Mak!

    BalasHapus