Selasa, 22 April 2014

Comics Stuff Produk Kreatif Indonesia

Sudah tahu kan ya kalo Ayahnya Thifa itu komikus? *sok tenar

Ayah dan saya punya obsesi untuk memajukan komik Indonesia yang masih kalah pamor ketimbang komik luar meskipun di negeri sendiri.

Komik-komik Indonesia

Tahun 2005 saya dan Ayah kepikiran untuk membuat merchandise dari komik-komik yang ayah buat. Selain untuk bisnis sampingan ya ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan obsesi kami tadi, memajukan komik Indonesia sekaligus produk kreatif Indonesia. Jadi ntar tokoh-tokoh komik ngga hanya muncul di komik aja, tapi bisa juga di kaos, mug, tas, boneka, dll. Tahu Hello Kitty, Mickey Mouse, SpongBob dan Naruto kan? Creatornya pasti kaya banget ya. Bukan hanya komik atau filmnya aja yang tenar tapi juga merchandisenya. Kami juga pengen lho produk Indonesia bisa mendunia kayak gitu.



Karakter Koro, Jim, dan Titi yang ada di komik Odd Bugs

Waktu itu kami masih buta sama sekali tentang bisnis marchendise ini. Ngga tahu juga tempat produksi dan sablon yang murah dimana.

Kamipun memutuskan untuk memulai bisnis itu dengan membuat kaos. Saya membeli kaos-kaos polos warna-warni di pasar. Kemudian di kaos itu kami sablon dengan desain yang sudah dibuat si Ayah. Kami beri label comics stuff. Satu desain untuk 12 pcs, eksklusif kan, jadi jangan protes kalo harganya lebih mahal dibanding kaos yang satu desain kembarannya ada ratusan, udah gitu pake gambarnya orang tanpa ijin :p

Dulu belum rame socmed kayak sekarang, jadi kami njualnya langsung ke temen-temen. Ada juga yang dititipin ke tokonya temen. Lumayan laris lho. Trus nyoba dititipin ke distro tapi ditolak karena kualifikasinya belum sesuai.

Kamipun mengevaluasi kualitas dari produk kami, membandingkan dengan kaos yang ada di distro. Emang sih beda, dari bahannya yang kaos distro lebih adem, sablonan juga lebih bagus. Tapi ya itu harganya juga lebih mahal, dua kali lipat :p

Suatu hari kami bertemu temen lama yang kebetulan suaminya bisnis di bidang clothing. Beberapa distro membuat produknya melalui dia. Kamipun mencoba untuk membuat barang yang lebih berkualitas melalui dia. Kami coba memesan t-shirt, boxer dan tas. Desainnya tentu saja tetap dari kami. Setelah jadi hasiklnya memang bagus. Kamipun lebih berani menitipkannya ke beberapa distro dan diterima.

buka toko di rumah
ada komiknya, ada kaosnya

Alhamdulillah.. mudah-mudahan saja apa yang kami lakukan ini, selain bisa menjadi ladang rejeki yang barokah, bisa benar-benar memajukan lagi dunia perkomikkan Indonesia. Saya membayangkan suatu saat kamar Thifa dan Hana penuh dengan beragam aksesoris bergambar karakter komik koro buatan ayahnya. Bantalnya, bonekanya, sepre, bedcover, keset, pokoknya semua. Aamiin.

Untuk kamu yang cinta produk dalam negeri, yuk hadiri Pameran Produksi Indonesia yang akan diselenggarakan di Bandung, Harris Convention Festival CTLink, 22-25 Mei 2014.

Yang ngga cinta? semoga segera kembali ke jalan yang benar, Aamiin hahaha

Tulisan ini dikutsertakan dalam lomba blog "Karya Kreatif Anak Bangsa"


20 komentar:

  1. Kreatif, sangat kreatif, saya apresiatif kepada para kreatr-kreator semacam ini, yang jadi pertanyaan saya, itu dari mana saja biasanya dapat ide untuk membuat komik dan gambar selucu itu, saya kira jika saya harus terus mencipta, sepertinya bakal pusing cari ide!

    BalasHapus
  2. Kreatif mbk..sukses ya mbk ;)

    BalasHapus
  3. wow keren banget gambar2 kartunnya.. bener2 profesional... :)

    BalasHapus
  4. komiknya keren bahkan sudah dibuatkan merchandise nya
    Keren sekali mbak, kereennn ,,,,

    BalasHapus
  5. mbaaak kreatif dan keren hehehe

    BalasHapus
  6. Semoga sukses dengan usaha barunya mbak...
    Keren pokoknya

    BalasHapus
  7. wah hebat mbak, sesmohga sukses ya

    BalasHapus
  8. di Bandung ya?? jauh mba, hiks..
    Semoga sukses ya

    BalasHapus
  9. Majuuuu indonesia maju Thifa *eh

    BalasHapus
  10. kreatif dan inspiratif... :)

    BalasHapus
  11. keren mak, semoga sukses usahanya :-)

    BalasHapus
  12. owwh pantes buat komik miss hagemaru gambaranya keren, ternyata begono toh hehee ^_^

    BalasHapus
  13. Kreatif itu keren. Semoga sukses ya Mak... :)

    BalasHapus
  14. wah kraetif pisan mak... suka ngiri sm orang yg kreatif dah gt punya jiwa entrepreneurship...sukses maak :)
    salam

    BalasHapus
  15. Miss Hagemaruuuuu. . . :D
    Saya sekarang sudah jarang baca komik e.. .

    Moga menang lombanya ya, Mba. . .

    BalasHapus
  16. Wuih keren. Ay majukan dunia perkomikan di Indonesia. ^^

    BalasHapus
  17. suami saya juga suka banget sama komik2 lokal. Mungkin karena ceritanya biasanya nyeritain keseharian dan deket banget dengan kehidupan kita kali yah..
    Eh ya, semoga menang ya Mbak Rahmi <3

    BalasHapus
  18. So you, as the restorer, have to set realistic goals as to
    exactly what parts of the car you are going to restore to their
    original states and what parts of the car you are willing to restore "as close as possible" to
    their original states. Once you do that take a spray bottle filled with 4 cups of warm water and a tablespoon of detergent and spray the stain.
    It includes 4 different frequencies so you can race against your friends.


    my weblog; tek part izle

    BalasHapus
  19. The proceeds of selling your older car can go to the operations
    of the charity like giving food or clothing to the family that they supported.
    Now you will soon forget about key-fobs as well since new biometric revolution is going to allow you to enter your
    car with your fingerprint, face detection or eyeball recognition. You can visit Monaco Motors for your
    classic car's regular check-up and you can also do your own daily car care so your vintage
    car will look as new and luxurious as ever.

    Take a look at my site :: free riot points

    BalasHapus