Rabu, 15 Januari 2014

No Captcha No Moderation

Kalo dateng ke rumah orang disuguhin capcay seneng doong. Berasa ingin dateng terus ke rumah orang itu, besok minta somay ya.. hihih

Tapi.. kalo berkunjung ke rumah maya, trus mau komen disugati captcha gimana? Beberapa orang termasuk saya, kadang bete sama yang namanya capca ini. Kalo capca mudah kayak cuma angka-angka aja yang terlihat jelas, atau model soal matematik kayak 2+2=... itu sih masih bisa ditembus ya.

Tapi ada lho capca yang ngajak berantem. Ngeliatnya bikin kepala kliyengan. Nyoba sekali, dua kali, sampe sepuluh kali masiiih aja salah. kadang udah berhasil menembus capcanya, masih melewati proses moderasi pulak, jadi ntar komen baru tampil kalo udah diijinkan sama pemiliknya gitu. Sistem pengamanan berlapis lah istilahnya ya..


ada yang bisa baca capca inih? gbr dari sini

Beberapa orang memang sengaja menggunakan captcha untuk menghindari komentar spam atau robot. Sementara moderasi biasanya digunakan untuk menyaring komen-komen yang ngga patut atau ngga nyambung. Ada emang orang yang suka komen dengan kata-kata kasar dan ada juga yang apapun artikelnya, komennya ya begitu selalu begitu itu, "Artikel yang sangat bermanfaat, terimakasih infonya" eh padahal isi postingannya curhat galau karena diputusin pacar.

Kalau saya sih saat ini memilih no captcha dan no moderation untuk blog saya. Ahamdulillah komentar robot secara otomatis masuk ke folder spam, jadi kalo mau menghapus tinggal sekali klik aja. Semua komen yang masuk juga bakal langsung tayang. Kalo ada komen yang aneh-aneh atau ngga nyambung tinggal hapus aja. Tapi lebih sering saya biarin aja.

Mengenai capca dan moderasi ini sih sebenarnya pilihan masing-masing orang ya. Tapi ternyata ada juga orang yang blognya menggunakan capca dan moderasi, bukan karena sengaja mengaktifkannya, tapi karena ngga tahu kalo kedua hal ini bisa disetting sesuai keinginan.

Ada blog yang memang tidak bisa diilangn capcanya, kayak blogdetik. Ada juga blog yang bisa kita atur mau pake capca atau ngga nih. Kayak misalnya blogspot. Saya ngga tahu kalo wordpress karena ga punya blog di sana. Ya meskipun blogdetik (blog saya yang satunya) makenya wordpress juga, tapi kan udah di custom.

Nah berhubung kemaren ada beberapa yang nanya cara nonaktifkan kode capca dan moderasi sekalian saya kaish di sini tutorialnya singkatnya yak.

Menonaktifkan Moderasi
(Eng) Setting --> Post and comment --> Comment Moderation pilih NEVER
(Ind)  Pengaturan --> Pos dan Komentar ---> Moderasi Komentar pilih TIDAK PERNAH

Menghilangkan Capthca
(Eng) Setting --> Post and comment --> Show word verification pilih NO
(Ind)  Pengaturan --> Pos dan Komentar ---> Tampilkan verifikasi kata pilih TIDAK

Oya satu lagi yang sering dikeluhkan para calon komentator blog yaitu ketika mengisi identitasnya sebagai komentator.

Ada blog yang disetting hanya orang-orang tertentu yang bisa komen, misal orang yang punya akun google aja. Nah jadinya kasian kan yang mau komen tapi ngga punya akun google. Kayaknya sih.. Untuk merubah pengaturannya, coba ke post and comment kemudian di bagian who can comment pilih ANYONE.

Jadi semua orang bisa komen di blog kamu. Ya kecuali kalo kamu memang sengaja membatasi siapa-siapa aja yang boleh komen. Ada juga kok yang kayak gitu, bahkan ada yang mensetting agar di blognya ngga ada yang bisa komen. Ya ngga papa.. suka-suka yang punya blog doong :D

Tiap orang punya selera.. punya alasan sendiri kenapa mensetting blognya seperti ini atau seperti itu. Kalau saya sih, saat ini (saat ini lho ya.. ngga tahu kalo besok-besok berubah pkiran) memilih No Captcha No Moderation. Kalo kamu?

@rahmiaziza

16 komentar:

  1. iya lah mendingan no captcha... kalo moderation sih gua tetep pake untuk orang yang baru pertama kali komen. tapi begitu udah pernah di-approved bakal langsung masuk tanpa moderasi lagi.

    yang gua heran ya, entah kenapa gua gak bisa post comment di blogspot (dan blog2 yang berbasis blogspot) di handphone. kalo wordpress gak masalah...

    BalasHapus
  2. Trims sharingnya mak cantikk!!

    BalasHapus
  3. Salam kenal Mak. Saya moderation 'yes', captcha 'no' , he he ..

    BalasHapus
  4. terimakasih. kebetulan lg nyari2 tutorial ini

    BalasHapus
  5. Wah ak baru tau kalo no captcha bisa disetting, thanks mba info nya :)

    kalo ak pilih dimoderasi dan no captcha. soale sering pundung komen, gara2 masukin captcha nya gak sukses. hahahaaa

    BalasHapus
  6. dulu sempat g tau caranya hehe...pusing kalo udah dua kali gagal mulu,close ajalah...pusing heheh

    BalasHapus
  7. iya nih,,masalah capcay ini kdg2 jg bikin males komen,,klo cm moderasi sih,,okelah,,tp klo capcay,,apalagi yg mlungker2 emang agak repot mba,,tp aku lbh repot lg klo ngga ada pilihan nama dn url,,aduuh,,musti pake g+ nnti msh hrs log out lg,,*menghela nafas

    BalasHapus
  8. terima kasih infonya gan *kemudian langsung dimoderasi dan dihapus
    hahahahahaha
    Eh beneran kok info inih sangat amat bermanfaat... :D

    BalasHapus
  9. kalau saya ketemu blog bercapjay, mau komentar jadi langsung males mbak, apalagi capjaynya yg sulit2 :D

    salam kenal

    BalasHapus
  10. captcha itu sama kaya verifikasi gitu ga mb...
    saya juga suka pusing kalo kodenya agak susah bacanya dah gagal melulu..langsung ditinggal deh hehe...

    salam kenal ya mb :)

    BalasHapus
  11. baru tau nech mak....semoga blog saya ga pake catcha....

    BalasHapus
  12. makasih ya mak rahmi,, saya termasuk yang ga sadar kalo rumah saya ada captchanya.. hehe

    BalasHapus
  13. Saya pakai moderasi mbak, dan saya juga merasakan pengunjung rumah saya agak berkurang.

    BalasHapus
  14. Makasih maak...tutorialnya mudah ;)

    BalasHapus