Rabu, 22 Januari 2014

Emak Unik bin Nyentrik [Resensi Buku Mother Keder]

Judul: Mother Keder (Emakku Ajaib Bener)
Penulis: Viyanthi Silvana Kosasih
Penerbit: Bukune
Tebal buku: X + 210 halaman
ISBN: 9786022200987

Kalau biasanya kita disuguhi cerita yang mengharu biru tentang ibu, beda halnya dengan buku yang satu ini. Viyanthi Silvana Kosasih atau yang akrab dipanggil Vivi menceritakan ibunya dengan cara tak biasa. Ya karena ibu yang satu ini memang bukan ibu biasa alias ibu AJAIB.

Lewat buku ini Vivi menceritakan keseharianya dengan sang ibu tercinta yang agak nyentrik, nyeleneh, dan penuh kejutan. Yang bikin Vivi selalu waspada tiap kali pergi bareng, karena seringkali ada hal-hal terduga yang terjadi, yang bikin Vivi tepok jidat berkali-kali.

Seperti waktu mereka makan di sebuah restoran cepat saji dengan menu andalan ayam goreng. Emaknya Vivi memesan paha ayam sama mas-mas pramusajinya. Ketika ditanya "Paha apa bu?" yang mana jawaban seharusnya adalah paha atas atau paha bawah, eh emaknya Vivi malah njawab "Paha kanan"! Saya rasa juru masak sekelas Chef Junapun belum bisa membedakan mana paha kanan dan paha kiri ketika tu ayam sudah dimutilasi alias berubah menjadi ayam potong. Ckckck...

Emaknya Vivi memang bukan ibu biasa. Di mana ibu lain biasanya membawakan tempat bekal lucu untuk anaknya, Vivi kecil justru dibawakan rantang susun tiga yang biasa buat antar catering. Ibu lain biasanya menginginkan peran putri raja pada drama sekolah untuk anak perempuannya, tapi emak Vivi justru meminta bu guru memberikan peran anak babi untuk Vivi.

Terkesan aneh, tapi Vivi sadar bahwa pada akhirnya, itulah yang membuat dia sekarang berani tampil beda dan percaya diri.

Buku ini bukan hanya menghibur tapi juga memberi pesan pada kita semua, bahwa seperti apapun kondisi ibu kita - unik bin nyentrik sekalipun seperti ibunya Vivi- tapi percayalah mereka tetaplah ibu yang mencintai kita, mungkin dengan cara yang berbeda.

14 komentar:

  1. iya, aku yo terkikik2 lho pas baca ini. kupikir ibuku tuh udah ibu tergokil sedunia, ternyata masih gak tandingan mamanya Vivi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang blom prnah ktmu maknya mak uniek, pgn mnyaksikan lngsung kegokilannya hehe

      Hapus
  2. saya belum baca bukunya mak, tapi dari resensi yang mak rahmi buat sepertinya ini buku menarik.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo akhirnya bnyak yg beli buku ini krn resensi dariku harus minta royalti nih hihihi

      Hapus
  3. elum baca bukunya,tapi kayaknya seru ya bukunya...g banyak ibu yg ngajarin anak jalan keluar dari jalan aspal dan memilih masuk ke hutan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mencinta dengan cara berbeda.. :)

      Hapus
  4. Jadi pengen bacaaaaaaa. Seru keknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo mas dani cari di toko buku atau persewaan buku terdekat :D

      Hapus
  5. jangan-jangan sama kaya emakku gokilnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang maknya kyk mana? ceritain doong, kli aja bs jadi buku juga hihi

      Hapus
  6. mau doong mba minjem. hehehe *gak modal

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntr Syifa klo anggota klub oemah buku udah baca semuaa, ini buku rame2 soalnya hihi

      Hapus
  7. Wah, bisa masuk daftar mustread nih mbak. suwun ya.

    BalasHapus