Rabu, 06 Maret 2013

Cermat Berbelanja: Kemasan Besar Belum Tentu Lebih Menguntungkan


Umumnya sih beli grosir itu lebih murah daripada beli eceran. Dan biasanya orang seneng beli sesuatu yang kemasannya besar sekalian, karena dianggap lebih ekonomis. Tapi ternyata tidak semua produk seperti itu lo. Kita harus cermat berbelanja, kemasan besar belumtentu lebih menguntungkan.

Kemarin, waktu belanja bulanan di sebuah supermarket, tidak lupa saya menyambar beberapa bungkus beng-beng. Itu makanan favorit kami bertiga (saya, ayah, n thifa). Sekarang kan kemasannya ada dua, yang kecil sama yang max. Biasanya sih kalo belanja saya selalu itung-itungan. Dengan seksama melihat harga kemudian netto (berat bersih) nya. Trus cari harga pergramnya jadi berapa, nah kalo di kemasan yang nettonya lebih gede, jadinya lebih murah atau lebih mahal *percayalah proses ini akan berlangsung cepat jika anda telah terbiasa hihihi konsumen yang  pelit cerdas.



Tapi.. pada saat itu saya kondisi lagi terburu-buru, Mana liat antrian kasir kayak choki-choki lagi, panjang… dan lama. Jadinya saya langsung ambil aja, enam bengbeng kecil dan dua bengbeng max.

Sesampai di rumah saya langsung meneliti struk belanja. Oh harga bengbeng kecil Rp.995,-, trus bengbeng max Rp.2.085,-. Berarti dua kali lipatnya lebih dikit ya. Habis itu saya liat nettonya. Loh kok netto bengbeng max cuma 32 gr, ngga nyampe dua kalinya bengbeng kecil yang nettonya 20 gr dong? Setelah saya coba, menurut saya sih ya… rasanya sama aja.

seperti inilah penampakan keduanya
Inilah kali kedua saya menemukan penentuan harga dengan cara yang aneh. Setelah sebelumnya saya pernah membeli gorengan yang jika satu harganya Rp.600, tapi kalo beli tiga harganya jadi Rp.2000,-. Ini kira-kira teori marketing apa yang dipake ya?

Sampai sekarang sih saya masih menjadi penikmat setia bengbeng. Tapi belinya ya yang kecil aja.

17 komentar:

  1. kadang emang tergantung promosi jadi yang package gede belum tentu jadi lebih murah per satuannya.

    kalo disini ya, di supermarket, di setiap tag harga yang ditaruh di rak selalu ada informasi jadi per satuan terkecilnya jadi berapa duit. jadi kita gampang compare nya, gak perlu ngitung pake kalkulator. :D

    BalasHapus
  2. wew itu kok lucu sih mba harga gorengannya
    hihihi

    BalasHapus
  3. Wehehe keingetan aku liat teh botol 250 ml harganya 1950
    kalo yang 200 ml 2150 wkwkwkwk

    BalasHapus
  4. aku juga seperti itu mbak, apalagi kalo beli pembalut, teliti banget ngitungnya, hehe

    BalasHapus
  5. Cara belanjanya sama dengan saya, hehehe..
    semua detail dilihat, dr ukuran besar kecilnya mana yang lebih menguntungkan, expirednya malah sampai ingredientnya.
    tapi betul juga tuh, ngga semua ukuran besar itu menguntungkan

    BalasHapus
  6. aku tertipu bengbeng maxi juga, huhuhu... *kembali hanya cinta benbeng ukuran lama*

    BalasHapus
  7. namanya emak2 ya sekecil apapun suka dibandingkan. oh ya kalau beli beng2 biasanya diwarung jangan di minimarket harganya beda lebh mahal :)

    BalasHapus
  8. Kalau ada harga barang yang kalau dihitung jatuhnya lebih murah jika beli yg ukuran kecil memang amat aneh ya Mbak. Nggak masuk akal.
    Tapi kalau untuk pajak sich bisa diterima karena untuk membatasi kepemilikan. Punya mobil 3 kalau pajaknya akan melebihi jumlah pajak dari 3 orang yg masing2 punya 1 mobil

    BalasHapus
  9. di Batam gorengan 3 2000 mbk....sama ya harganya ternyata hehehe
    wah,kl saya sih msh tertarik sama yg beng2 ukra kecil,lebih enak :D

    BalasHapus
  10. tapi emang enakan beng2 kecil sih. kl buat bekel anak sy lebih muat :D

    BalasHapus
  11. hihihi,, sama mak,,, teliti klo beli, biasanya beli pembalut yg jumlah bnyk
    kq gorengan harganya gitu ya? hihihi

    BalasHapus
  12. wah mungkin ambil keuntungan 200 rupiah hehe

    BalasHapus
  13. Berarti beli beng-beng yang kecil lebih oke neh....
    (saya juga setujuuuu...)

    BalasHapus
  14. Saya sama ayak mbak Rahmi, suka ngitung2 begitu. Khas emak2 banget ya hehehe. Tapi ibu2 memang kudu begitu kan ... :)

    BalasHapus
  15. Baiklah...klo gitu beli beng2 ukuran kecil aja deh...hihihi...yg ngitung gorengan kok aneh ya???

    BalasHapus
  16. Kalo Ibu gak bias hemaaaatt... wah bias jebol dapur ye.....

    BalasHapus
  17. betul juga itu mbak...lebih nikmat yg kecil mbak,Tp skg yg kecil 1500 an..

    BalasHapus