Senin, 12 November 2012

Terlalu Modern, Repot Juga

pup di pispot
Cerita tentang Thifa lagi ah....

Dari umur dua bulanan, thifa udah mulai ditatur loh. Waktu itu dikit-dikit saya udah bisa nandain jadwal buang air kecilnya. Biasanya, bangun tidur dan stelah mimik, di luar itu tiap dua jam sekali coba ditatur juga. Dibanding berhasilnya, lebih banyak kecolongannya sih. Jadi paling sehari berhasil ditatur 3-4 kali selebihnya ya ngompol.

Umur empat bulanan, thifa jarang ngompol waktu malam. Tidur malamnya udah mulai nyenyak, kalo kebangun langsung ditatur dan dia mau. Sekitar umur 14 bulan, saya berani ngajak dia keluar kota tanpa pampers, Alhamdulillah ngga ngompol.

Udah sejak beberapa bulan lalu tifa udah bisa bilang "pipis, dan ee'" *ngga perlu disesor yak. Bahkan sekarang saya amati dia selalu bilang "pipis" kalo kita ngelewatin pom bensin. Ooh kayaknya tahu deh, dia begitu karena biasanya kalo lagi di jalan n mau pipis pas kita nyarinya pom bensin. Jadi bagi dia pom bensin sama dengan tempat pipis. Hihihi.

Kebiasaan lainnya, tiap kali kita berhenti di suatu tempat dia pasti bilang "pipis" padahal barusan juga buang aer kecil. Ni anak kayak mau menandai daerah kekuasaannya aja sih. 

Beberapa hari lalu, pas lagi jalan-jalan di mall bareng kakek dan omnya, seperti biasa dia bilang "pipis". Dibawalah dia ke kamar mandi. E tapi kamar mandinya itu pake kloset duduk dan ngga ada ember, kran, selang maupun gayung. Jadi kalo kita buang air kecil n mau bersih-bersih, ada pencetan yang bisa ngeluarin air dan ntar tepat mengenai "anu" kita. Ya gitulah udah pada familiar pasti kan.

Kembali ke Thifa, didudukin di kloset dia ngga mau. emang sih biasanya dia jongkok aja di lantai gitu.

Nyoba ke ruang khusus bayi, di situ ada wastafelnya. Ya udah deh dijongkokin di situ aja. Eh ternyata kerannya ituh otomatis, jadi kalo ngedetect ada anggota tubuh di bawahnya langsung mancur aja airnya. Thifa jadi ngga konsen dah akhirnya ga mau buang air kecil. Untung masih bisa disuruh nahan sampe rumah. Sebelumnya kita sempet jalan keliling mall dulu loh, hihihi.

Terlalu modern, repot juga ya. Besok-besok kayaknya perlu bawa pispot kemana-mana deh.

pnampakan wastafel kayak gini



14 komentar:

  1. Jangan2 diacarakan d wastafel ha ha ha ha ha.
    Kadang saya juga risau kalau toilet pakai sistim sensor airnya. Terpaksa ketok2 dulu di depannya agar air segera muncrat.
    makanya saya lebih senang toilet yang ada kran khusus sehingga puas.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah pakde wastafel td aku tulis kran yah? hehehe

      Hapus
  2. aku malah sering bawa air mineral dalam botol n tisu segebok kalau mau ke toilet umum yang begituan.... wagagagagagagaga.... jadi berasa aneh. kalau udah keluar dari toilet malah sering ngecek dulu, masih berbau gak ya.... gigigiigigigigiigigig

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa air mineralpun kalo BAK nya di lantai kan ga enak juga, kayaknya konsep wc nyah itu kamar mandi kering mas Ridwan :D

      Hapus
  3. Lucunya Thifa.. anak kecil emang dibangun dari kebiasaan ya Mba Rahmi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas Dani kalo ga gitu susah ngajarin toilet training nya ntar

      Hapus
  4. Jangankan anak-anak, kita aja masih suka kagok kalau ketemu hal2 baru. Model kloset yg seperti itu kalau ga pas bisa basah pakaian kita. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya binda, aku baru2 bisa loh BAK di toilet begituan

      Hapus
  5. masih ingat pertama kali keponakan saya kenal toilet 'gituan' aernya bisa sampe keluar pintu dan bajunya basah semua
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal ngga dipelototin sama petugas cleaning service nya mba hihihi

      Hapus
  6. Hebat ya, Tifa udah bisa minta pipis.
    Ehm... sepertinya ada pula anak yang lebih memilih toilet duduk. Kebanyakan sih anak2 yang agak gendut, karena mereka sulit untuk jongkok. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe gitu ya kak.. kalo pake potty dia mau duduk kaka' akin... tp kalo kloset dewasa kan kegedean buat dia

      Hapus
  7. untung thifa bs tahan ya mbak.. kl bw diapers cadangan thifa mau gak mbak.. maksud sy, kl ketemu yg modern lg toiletnya thifa langsung di pakein diapers.. nanti kl udah keluar BAKnya di copot lagi diapersnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dipakein diapers gt takutnya ngerubah kebiasaan dia yang udah bisa pipis di kamar mandi mma ke2nai

      Hapus