Kamis, 15 Juni 2017

Makin Nyaman Mudik dengan Transportasi Udara

Halo temans, adakah yang sudah persiapan mudik? Ngomong-ngomong mudiknya lewat jalur mana nih? Darat, laut, udara, atau pintu kemana sajanya Doraemon? #eh

Saya sih mudiknya dekat, cuma ke Kudus, sekitar 2 jam perjalanan, jadi pakai jalur darat dan persiapannya nyuante banget soalnya di sana udah ninggal beberapa helai pakaian. Kalo kurang juga tinggal nyomot punya mbak atau adek hehe.

Di saat momen mudik kaya gini kadang suka teringat jaman merantau jauh dari kampung halaman. Meski bersyukur sekarang domisilinya lebih dekat dengan kampung halaman, ntah kenapa ada rasa rindu yang kerap menyeruak #tsaaah

Waktu SD dulu saya pernah tinggal di Makassar karena Papa dinasnya dipindah ke sana. Mudik ke Kudus, ke rumah mbah, biasanya setahun sekali pas lebaran, menggunakan transportasi udara.



Semakin lama saya merasakan makin nyaman mudik dengan transportasi udara dibanding dulu. Meski udah sejak tahun 2009 saya tidak mudik lewat jalur udara, tapi masih pernahlah naik pesawat beberapa kali untuk keperluan pekerjaan dan jalan-jalan, sehingga saya bisa ngerasain perkembangannya.

Lebih nyamannya bagaimana?

1. Cari dan beli tiket pesawat lebih mudah karena sekarang banyak jasa booking tiket pesawat online.
Jaman dulu tiap kali saya mau mudik dengan pesawat, saya biasanya menelepon beberapa agen perjalanan, tanya-tanya harga tiket beberapa maskapai penerbangan. Ngga cuma itu, saya biasanya tanya juga, kalo berangkat tanggal sekian, tiketnya harga berapaan, kalo besoknya lagi harga berapa, wis pokoknya berusaha cari yang paling murah, jadi segala macam ditanyakan xixixi. Nanti kalo udah dapat yang cocok, saya booking, terus siangnya atau besoknya datang ke tempat penjualan tiket untuk bayar tiketnya. Bandingkan sekarang, sambil selonjoran di atas kasur kita bisa cari tiket penerbangan. Proses booking maupun pembayaran juga bisa dilakukan hanya dengan satu ketukan jari, mudah, murah, aman, dan nyaman.

2. Banyak pilihan pesawat murah
Saya baru baca artikel di suatu portal berita online kalau tiket pesawat di Indonesia itu termurah ke-6 di dunia. Jadi inget dulu ketika tahun 1999 saya pindah dari Makassar menuju ke Denpasar, sempat membatin, "Ah ntah kapan bisa kembali ke Makassar lagi," karena ngerasa Makassar itu jauuuh, tiket pesawatnya mahal. Tapi Alhamdulillah tahun 2002 saya kembali ke sana, dan perasaan tiketnya juga ngga mahal-mahal amat. Semakin ke sini semakin banyak pilihan penerbangan murah. Kenapa bisa lebih murah? Kalo perkiraan saya, salah satunya karena mereka menekan biaya di service makan. Untuk pesawat yang harganya masih di level atas, biasanya disediakan makan nasi dan lauk yang komplit, tapi untuk pesawat ekonomi, konsumsinya biasanya hanya roti dan air mineral. Ada juga yang tidak menyediakan konsumsi sama sekali. Tapi bagi saya itu sih ngga masalah, karena waktu perjalanan singkat dan masih bisa bawa bekal dari rumah, asalkan faktor keselamatan, kemananan, dan keyamanan tetap jadi prioritas.


3. Pembayaran airport tax jadi satu dengan tiket pesawat.
Kalau ngga salah peraturan ini berlaku sejak tahun 2015. Menurut saya, ini lebih nyaman bagi penumpang, sehingga tidak riweuh lagi nanti di bandara, dan dari awal sudah tahu berapa biaya total yang akan dikeluarkan jika kita hendak bepergian dengan transportasi udara. Saya ada pengalaman memalukan tapi lucu kalau diingat sekarang, tentang airport tax ini. Dulu saya masih kuliah semester awal-awal. Bersama kakak mau ke Makassar ke rumah ortu. Saya sudah ingatkan kakak untuk bawa uang cash, tapi kakak menggampangkan, katanya bisa ambil nanti ajalah di ATM bandara. Pas mau ambil, lha kok ATM nya ngga bisa ngeluarin duit, paniklah kita, karena uang untuk bayar airport tax kurang. Akhirnya dengan menahan malu, kami bilang ke petugasnya kalo uangnya kurang, dan petugasnya itu berbaik hati mengikhlaskan. Makasih lo mas, moga rejekinya dilancarkan selalu :)

4. Bisa Check in Lewat  Web
Istilahnya Web check in. Dengan web check ini kita bisa mencetak boarding pass sendiri, bisa pilih nomor kursi juga. Untuk pilih nomor kursi ini ada yang free adapula yang dikenakan biaya, jadi cek dulu syarat dan ketentuan yang berlaku di maskapai peerbangan yang sudah dipilih. Web check in ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatan fasilitas yang ada di badara. Dengan web check in kita ngga perlu terlalu terburu-buru lagi datang ke bandara. Ngga perlu ngantri di counter check ini kecuali kalau kita bawa bagasi. Akan tetapi jangan juga mepet pet sepuluh menit sebelum pesawat berangkat baru datang di bandara ya. Karena umumnya gerbang keberangkatan ditutup 20 menit sebelum pesawat berangkat.

Thifa dan Hana nungguin tante Taro Self Check In di bandara


5. Adanya komunitas #SobatAviasi
Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Senangnya bergabung menjadi #SobatAviasi kita dapat banyak info dan pengetahuan baru yang berkaitan dengan transportasi udara. Misalnya sosialisai tentang check in online juga tips agar perjalanan kita selamat, aman, dan nyaman (disingkat "selamanya"). Berguna bangets. Coba aja deh kamu follow instagram dan fanpagenya,

Jadi setuju kan temans, yang saya bilang tadi, sekarang terasa makin nyaman mudik dengan transportasi udara.

Ohiya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Kemnetrian perhubungan lagi ngadain lomba vlog loh. Hadiahnya kece banget ada Xiaomi Yi Action dan trip ke Raja Ampat! Wawww mupeng berats!

Caranya cukup dengan membuat video berdurasi 2-5 menit dengan tema "Keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan" Yuk ikutan, info lengkap bisa cek di selamanya.id


56 komentar:

  1. Asik ya kalau mudik dengan jalur udara, hemat waktu dan tentu nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya asalakan di kampung halaman ada bandaranya hiihi

      Hapus
  2. Hadiahnya asikkk banget, ke Raja Ampat. Trus mikir bikin vlog nya, huhuhuu, dipikirin dulu deh Mi, hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mbaa, periode masih sampai 21 Agustus kok

      Hapus
  3. Kebayang ribetnya adik2ku kalo pas mudik. Untung mudikku deket hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa, dulu aku pernah kepengen tinggal yang agak jauh lagi dari ortu biar ada sensasi pas mudik. Tapi enakkan deket ternyata.

      Hapus
  4. Aku suuka naik pesawaaat enak liat pemandangan dari atas sungguh-sungguh cakep :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kaya liat miniatur ya Sepp

      Hapus
  5. Aku suka web check in mak apalagi bawa anak2 kan jd pengenya ga pake ngantri2 lama hehhehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa santai ya mak kalo web check in

      Hapus
  6. Setuju dong.
    Sekarang banyak flight domestik yg memang nyaman plus murah.

    Happy mudik mbak Rahmi...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak pilihan, kalo yang murah biasanya ga dapet makan

      Hapus
  7. Moga moga bs naik pesawat jd ngerti prosesnya cek in.hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin, diimpikan dulu mba, InsyaAlloh kesampean:)

      Hapus
  8. Wah udah makan asam.garam dalam.hal perpesawatan y mbak Mi hihi. Sy br 2x naik pesawat padang-jkt. Pengen lagi deh meski deg2an saat take off wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piknik GR IIDN booking pesawat po? :D

      Hapus
  9. Aku senang naik pesawat, tapi kalau mudik mah lebih enak pakai kendaraan pribadi, soalnya nanti ngerepotin untuk yang jemput di bandara, kalau ke jakarta dulu naik pesawat tapi nanti dari jakarta ke bandung tetep butuh kendaraannyam belum koper dan oleh2 bawaan ngabisin bagasi, kalau pesawat memang lebih cepet ya, kalau jalan-jalan ke luar negeri aja pakai pesawat mah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kota tujuan sewa mobil aja mba Vit hehe

      Hapus
  10. wahh baru tau ttg sobat aviasi. harus ikutan nih...secara sering hrs menggunakan pesawat krn urusan pekerjaan dan juga rumah ortu yg gak tinggal sekota.thx infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa follow IG nya mak, banyak info

      Hapus
  11. Iya dulu tuh bayar airport tax misah ya, skrg lbh nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh ngga enak kalo bayarnya printil2an gitu, mending langsung sepaket.

      Hapus
  12. Sobat Aviasi sangat membantu, ya ...

    BalasHapus
  13. Apalagi anak2 pasti seneng banget naik pesawat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalo ada yang jual mainan di pesawat ^^'

      Hapus
  14. Tahun ini saya ga mudik, soalnya ortu dan bumer di Jogja semua..hehe.tapi dulu2 memang memilih transportasi udara soalnya bawa anak2 jadi spya cpt sampai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudiknya deket, tinggal melumpat yo mak hehe

      Hapus
  15. Senyumnya manis banget yg mau naik pesawat dan lekas bertemu dengan kesayangan yaa, happy mudik yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhukkks makasi Manda, manis tapi tak semanis bakpia dan teh buatanmu hehe

      Hapus
  16. Iya sekarang makin nyaman n mudah naik pesawat terbang, moga yg pada mudik tahun ini selamat, aman n nyaman, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa tapi sekarang udah ga mudik dengan pesawat lg krn deket, jalan2 aja de yang naik pesawat hehe

      Hapus
  17. Airport tax ini kadang bikin ketar-ketir, ya kalau sudah 1 paket dengan tiket. Ternyata memang sudah, ya.

    Jadi urun lega

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sejak 2015 udah dijadiin satu, enak, ngga perlu repot pas di bandara.

      Hapus
  18. Naik pesawat itu pilihan paling praktis buat mudik
    Apalagi kayak aku yang memang diseberang pulau (Bali dan Sulawesi)
    Mau naik kapal laut atau darat butuh waktu panjang boooo
    Tapi memang sebagai pengguna, kita wajib mentaati setiap aturan dalam penerbangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah seklai naik kapal laut dari Makassar mba, seru sih, tapi lama dan kurang nyamannya banyak yang duduk atau tiduran di dek kapal.

      Hapus
  19. Pengen sih mudik pakai pesawat tapi sayangnya mudikku deket paling naik bus aja.

    BalasHapus
  20. Aku sih sukanya lewat jaur laut. Tapi kalau sama anak2 emang lebih tepat pakai pesawat. Soalnya lebih cepat sampai. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat jalur laut seru juga, tapi lama ya, dulu pernah seklai aku Makassar-Semarang naik kapal laut.

      Hapus
  21. Sampai sekarang, saya belum pernah naik pesawat :D

    BalasHapus
  22. Mudikku dekat sih, jadi naik kereta aja hehe. Kapan2 pengin nyobain transportasi udara ah *entah kapan :D

    BalasHapus
  23. Sekarang tiket pesawat murah udah banyak ya mbak, utamanya kalau beli di agen2 onlen. Sementara harga tiket KA eksekutif jg hampir sama ma tiket pesaat jd mending pesawat hehe TFS

    BalasHapus
  24. Mudik lewat jalur udara itu cepat, gg uyuk2an....hehehe

    BalasHapus
  25. Makasih tipsnya, Mbak. Aku tahun ini enggak mudik pakai pesawat karena enggak pulang ke rumah mertua. Jadi cuma ke rumah nenek aja di Bandung. Deket.
    Kalau jauh-jauh mending lewat udara, nyaman.

    BalasHapus
  26. Wah... saya kan mudik selalu naik pesawat

    BalasHapus
  27. Zaman sekarang naik pesawat terbang malah lebih murah, cepat, dan efisien yaaa

    BalasHapus
  28. Iyaaa, check in sekarang bisa online. Ini bikin nyaman. Btw, aku belum pernah ke Makassar. Pingin laah. :D

    BalasHapus
  29. Huhuhu.. Baca ini jadi sedih 😞😞
    Lebaran tahun ini aku gak mudik..

    BalasHapus
  30. Lewat jalur udara memang jadi favorit keluarga sekarang. Apalagi ada krucil2. Kan lebih cepat sampainya. :)

    BalasHapus
  31. Engga capek mabok dan lehih cepet ya mb

    BalasHapus
  32. Mudik paling nyaman dan ga capek memang Naik pesawat. Apalagi banyak Tiket promo bertebaran.

    BalasHapus
  33. Ayolah kita mudik selamanya, selamat aman nyaman :)

    BalasHapus
  34. Bener banget mbak. Dengan adanya layanan beli tiket online semuanya jadi makin mudah sekarang.

    Ingat banget dulu kalau beli tiket mesti ke agen atau tempat penjualan tiketnya langsung. Tiketnya harus dicetak pula :D

    BalasHapus
  35. Wah, baru tahu saya ada chekin web gtu. klo untuk cetak boardpassnya semua bandara sudah ada ya?

    BalasHapus
  36. Pesawat murah online memang sekarang semakin banyak untuk dipakai mudik. Malah kalau untuk liburan, beli tiket pesawatnya lebih murah jika sekalian beli voucher penginapannya :)

    BalasHapus