Kamis, 13 April 2017

Polusi Bikin Depresi, Pakai Masker Yuk!



Apa kamu sering merasa muram, sedih, sampai perasaan tertekan? Hati-hati, jangan-jangan kamu sedang depresi. Naudzubillahimindazlik semoga ngga ya.. Tapi ga ada salahnya juga kita antisipasi, sebab katanya ketiga tanda yang saya sebutkan tadi memang merupakan tanda-tanda depresi. Salah satu penyebab depresi, bisa karena polusi lho!

Saya jadi inget jaman masih sering luntang-lantung naik motor sama temen. Polusi emang bikin stres banget. Apalagi kan dulu itu belum wajib pakai helm standar yang ada tutupan di bagian mukanya. Kebanyakan orang masih pakai helm cakil, yang mana sebatas nutupin kepala bagian atas doang, jadi bagian mukanya polosan ngga ditutupin apa-apa. Helm tanpa tutupan bagian muka dan tidak pakai masker pula. Haduuh.

Dulu belum punya kesadaran kalo paparan polusi udara dalam jangka panjang itu bisa membahayakan kesehatan manusia, baik fisik maupun psikis. Penyakit fisik yang sering terjadi akibat polusi adalah pusing dan sesak napas. Dan gangguan psikisnya bisa sampai bikin orang menjadi depresi.

Menurut literatur yang saya baca, pada tahun 2015, WHO mencatat lebih dari 300 juta orang menderita depresi atau setara dengan 4,4 persen dari populasi dunia. Hampir setengah dari orang-orang ini hidup di wilayah Asia Tenggara dan Kawasan Pasifik Barat. Dan 3 juta kematian per tahun akibat terpapar polusi udara, di mana 90 persen kematian banyak terjadi di negara berkembang. Sementara di Indonesia sendiri, sebanyak 9,1 juta orang menderita depresi atau sekitar 3,7 persen dari populasi!

Pada bulan Oktober 2016, World Health Organization (WHO) meluncurkan kampanye satu tahun untuk memastikan banyak orang yang terkena depresi di semua negara harus mendapatkan bantuan. 

Nah sebagai bentuk dukungan terhadap program WHO dan kepedulian agar depresi tidak meluas di tengah masyarakat, Portal Otomotif No. 1 di Indonesia, Mobil123.com dan media online lifestyle Otospirit.com mengadakan kegiatan sosial "mask for bikers". Sebanyak 1.000 masker dibagikan kepada pengguna kendaraan sepedamotor yang melintasi Jalan Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur.

Kegiatan ini ternyata menimbulkan daya tarik para pemotor yang melintas dengan menghampiri dan mengambil masker-masker untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berkendaran sepedamotor.


Regia Glamouria selaku Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut Hari Kesehatan Dunia yang setiap tahunnya diperingati pada 7 April oleh seluruh penduduk bumi. Nah, untuk tahun ini, temanya global Hari Kesehatan Dunia adalah “Depression: Let’s Talk”.

“Kami merasa masalah depresi ini menjadi tanggung jawab bersama. Kami telah memutuskan untuk fokus Hari Kesehatan Dunia 2017 dengan menggelar kegiatan yang mengarah pada kesehatan lebih baik dengan membagikan masker kepada pengguna sepedamotor," kata Regia Glamouria di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Menurut Regia, kegiatan ini dilakukan untuk menghindari pengguna sepedamotor terpapar polusi udara yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor, di mana dampaknya akan sangat mengganggu kesehatan di kemudian hari.



"Satu hal yang perlu diingat, polusi udara berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia. Masker sangat bermanfaat bagi pemotor agar terhindar dari polusi saat berangkar ke sekolah, kampus atau tempat kerja," ucap Regia.

Nah, teman-teman sudah tahu kan begitu besar dampak buruk dari polusi udara bagi kesehatan. Jangan lupa ya, menggunakan masker saat bepergian dengan menggunakan kendaraan motor. Salam sehat :)

21 komentar:

  1. Bener juga masker itu penting biar tidak terhirup langsung asap karbondioksida, di kantor juga lagi pada pake masker karena lagi direnovasi, dan aku kalau naik motor gak pake masker pasti besoknya kena ispa, gak kuat ama asap dan udara kering semarang

    BalasHapus
  2. gerkan yang sangat bagus,, stop polusi!

    BalasHapus
  3. aku motoran nih mbak dan masih bandel belum pakai masker, aku mau pakai masker ah biar gak depresi

    BalasHapus
  4. Siapin masker ah, aku juga suka lupa ga pakai

    BalasHapus
  5. Aku klo naik ojek selama ini suka males klo ditawari pake masker. Padahal penting yaa ternyata

    BalasHapus
  6. Aku biasanya pake masker yg hijau itu padahal itu ga ngefek ya hiks

    BalasHapus
  7. Penting bangeeet ya ini mba.. aku ngga mau paru-paruku jadi korban polusi yang makin parah ;(

    BalasHapus
  8. Pakai masker emang penting tapi aku masih malas pakainya. Hahahaha. Sesak napas. Suka ngerasa nggak bebas. Kudu dilatih yaa kalau begini.

    BalasHapus
  9. Aku ga pernah lepas dari masker Mi tiap kali naik motor. Sekali aja pernah ga pake, rasanya muka langsung kayak kesembur berbagai kotoran. Ga enak banget deeehhh...

    BalasHapus
  10. Aku klo motoran jg pake masker pasti bisa bersin sepanjanv jalan klo ga. Alergi parah

    BalasHapus
  11. aku selalu warning kalo mau motoran mesti bawa masker :-D

    BalasHapus
  12. Ahh beneran deh kudu pakai masker, polusinyaa

    BalasHapus
  13. Wah aku jadi pengen beli masker kayak yang di gambar. Kalo masker biasa susah masangnya soalnya pake hijab, gak bisa dicentelin di kuping. :D

    BalasHapus
  14. aku udah gak pernah pakai masker lagi. Ternyata harus ya.

    BalasHapus
  15. Aku kalau naik motor sendiri memang pake masker, soalnya polusi itu berbahay buat kesehatan.

    BalasHapus
  16. Bener banget, Mbak. Selain nggak baik untuk kejiwaan, polusi juga mengurangi kecantikan. Bisa bikin wajah kusam dan jerawatan. Polusi bisa bikin depresi dan tensi darah naik. Apalagi kalo polusinya asap rokok. Asapnya keliatan, sumbernya keliatan, baunya bikin sesak napas. Gemeees, rasanya pingin nyakar cerobong asapnya, hihihi... Memang solusi yang pas banget ya itu, pake masker.

    BalasHapus
  17. Wah bener banget bunda. Beberapa tahun yang lalu waktu saya masih mengajar. Kemana-mana pake motor dan slalu pake masker. Soalnya klo ga pake masker itu trus klo kena polusi. Aq suka marah2 sendiri 😂

    BalasHapus
  18. Sering lupa pakenyaa, padahal kemana2 motoran dan angkot, lumayan biar muka juga ndak belang yaa

    BalasHapus
  19. Duh kak jadi pengen dipakein masker sama mbaknya yang baris itu. *Loh *SalahFokus Hahaha.

    BalasHapus
  20. Polusi sekarang ada dimana" saya paling kesel kalo dapet polusi dari truk atau bus yang asapnya hitam pekat... bagus bgt kalo sering di adakan kegiatan begini apalagi yg makein masker mbak"nya hehe..

    BalasHapus
  21. Waah baru baca ini.. Untung aku tiap hari selalu pake masker selama diperjalanan :D

    BalasHapus