Rabu, 17 Desember 2014

Siomay Buatan Sendiri

Minggu kemarin pas saya ke Kudus, pas kakak saya bikin siomay. Meskipun bentuknya agak tak beraturan tapi rasanya enak dan yang terpenting Thifa suka. Daripada tiap sore jajan siomay mending bikin sendiri kan, lebih terjamin.

Salut banget saya sama kakak pertama ini. Dulunya dia paling antipati sama dapur. Pas masih lajang, untuk pekerjaan rumah angga dia lebih milih nyuci pakaian. Biasanya yang masak kakak kedua, kalo saya lebih suka setrika.

Sekarang setelah berumah tangga, punya anak dua masih kecil-kecil, kerja kantoran pula. Masih sempet masak bikin cemilan buat anaknya. Pas anak pertama konsisten sampe umur setahun anaknya dikasih makanan homemade. Kalo anak keduanya sekarang masih dua bulan. Selain itu sekarang lumayan aktif ngeblog pula!

Balik ke siomay, saya tanya bahan dan cara buatnya. Simpel. Udang 100gr (cincang), ayam 300gr (cincang), tepung sagu 4sdm, telur 1 butir, 4 siung bawang putih cincang, 2 batang daubn bawang, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula, 1/2 sdt merica, 2sdm kecap ikan, 1sdm kecap wijen. Nah semua itu dicampur jadi satu buat isian siomay.

Hmm kok kayaknya mudah, jadi langsung berniat buat kalo udah di Semarang. Karena ada beberapa bahan yang ngga saya dapat, akhirnya saya modifikasi. Kecap ikan nyari di pasar ngga dapet, skip. Trus tepung sagu ga ada saya ganti sama campuran terigu dan tepung kanji. Tambahin wortel yang diiris dadu kecil. Jadinya begini taraaa...

tarok adonan di kulit pangsit

ini isinya siomay, kentang, dan tahu, semuanya digoreng

Untuk bumbu kebetulan kemarin pulang Kudus ibu bikin sambel pecel dan saya dibawain satu wadah lumayan gede.

Kata Ayah rasanya sih enak, cuma kurang empuk dikit. Kalo kata saya sih, enak ngga ada kurang-kurangnya hahaha. Ngga ding, kurangnya menurut saya sih justru di kulit pangsitnya, kok meskipun udah dikukus ga bisa lemes ya. Tapi kalo digoreng sih jadi enak. Makanya Thifa ngga mau makan yang ada kulit pangsitnya. Keras katanya.

Ternyata masak ngga sesulit yang dibayangkan ya. Pengen lebih rajin masak lagi. Itu resolusi 2015 ku. Paling ngga bisa menghidangkan masakan yang enak dan sehat buat keluarga. Aamiin ;)

Bagaimana dengan resolusimu temans?

@rahmiaziza

38 komentar:

  1. Bentuknya ga beraturan karena ga ada kulit pangsitnya Nyuk. Btw untuk memperlembut siomay bisa pakai labu kuning, banyak modifikasi resep kok *berasa chef beneran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga baca di resepnya orang tentang labu kuning itu, kapan2 coba ahh

      Hapus
  2. Kok suka nyetrika sih Mbak? @.@

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak Una pertanyaannya kok suka sih setrika? Huahahahaha.
      Amiiin semoga terwujud resolusinya ya mba Rahmi.. :)

      Hapus
    2. Ngga sukaa, tapi terpaksa hahaha, ketimbang masak n nyuci aku lebih pilih setrika siih hehe

      Hapus
  3. Rahmiiii...
    Aku merasa sangat terkhianati olehmu, karena ternyata selama ini dikau punya hobi nyetrika!
    Tega banget siiiiih!

    Duh, bikin siomay yah Rahmi?
    Beli di abang2 yang lewat depan rumah aja deeeeh...
    *belum apa2 udah cemen duluan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bibi bukan hobi lahh, tapi gimana lagi aku harus memilih satu diantara sekian yang sebenarnya tidak ingin kupilih hihihi.

      Dlu aku juga males bi masak2 yang aneh2 paling goreng tempe ma tahu aja, tapi begitu liat kk bikin n caranya gampang jadi pengen bikin jugaa

      Hapus
  4. wih.. kelihatan enak tuh mbak rahmi..
    boleh minta nggak?
    kalau buat aku gk bisa soalnya..hehe

    BalasHapus
  5. Coba bikin juga aaaah... ngileeeer :)

    BalasHapus
  6. belum sah bilang enak kalau saya gak dikirimin hasilnya hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuk siniih, pengen bikin lagi nih masih ada sisa bahan :)

      Hapus
  7. Biar lemes, bila sdh matang & mau disajikan disiram dulu dg air panas mak... insyaallah jd lembut kulitnya...
    Sy kmrn jg bikin mak tp dr daging ikan tenggiri ( mumpung murah ) hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh gitu toh mak triknya, oke deh ntar dicoba tengkyu yaa

      Hapus
  8. Aku juga kesulitan cari kecap ikan mbak. Mesti beli di mart besar deh kayaknya

    BalasHapus
  9. aku dari dulu penasaran pengen bisa bikin siomay. tapi gairahku (halah) buat masak itu jelek bingit. males karena aku penganut quick cook hehehe... sama kayak Erry, enakan beli jadi. (lalu dipelototin calon suami. hah, calon suami yang mana? entaaaah hihihi eh malah curcol).

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah ayo mak coba bikin calon suami pasti seneng deh :D

      Hapus
  10. Jadi kepingin makan siomay malan-malam hehe.. Saya catat ya resepnya, suka dengan masakan yang simple. Makasih sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip mak, kalo udah dicatet janagn lupa bikin :)

      Hapus
  11. mauuuu..aku sering buat nih, hehee...abis memang favorit siiih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di NY ada yang jual somay ga mama bo?

      Hapus
  12. aku suka siomay, tapi ada yang jual siomay jalanan bentuknya ga kayak gini ya? kayak adonan tepung dikasih sambel kacang.. opo ya jenenge koyo kethoprak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ada yang dibungkus kulit pangsit, tetep siomay juga sih namanya

      Hapus
  13. aku dah lama ga bikin somay sndiri. padahal wktu riweuh2nya punya bayi malah rajin masak. kenapa eh kenapa...

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. ngasih rejeki sama tukang somay ya mak hehe

      Hapus
  15. mba.. salam kenal ya.. aku ijin make resepnya ya :)

    BalasHapus
  16. pernah bikin, tapi ngebentuknya itu susah. jadi hasil akhirnya nggak kayak siomay yg sering dibeli. bentuknya bagus gitu.
    ini sambil ngebayangin masha and the bear saat bikin siomay bareng si panda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang tanpa kulist pangsit aku bikin bentuknya juga tak beraturan, gapapalah yg penting bisa dimakan :D

      Hapus
  17. Bener deh... Jadi mendadak pingin makan siomay mak :D

    BalasHapus