Sabtu, 16 September 2017

7 Hal Berkesan di Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor 2017

Assalamualaikum manteman, tulisan ini udah nangkring di draf sekian lamanya, tapi baru diselesaikan hari ini. Maklum orang syibuk. Syibuk bermalas-malasan hahaha.

Mungkin kamu udah baca beberapa tulisan mengenai Temu Bunda Mombassador 2017. Udah liat juga di IG, FB, maupun twitter saya keseruannya (dih GR). Kali ini saya mau share tentang 7 hal berkesan di Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor 2017. Yes, tanggal 24 Agustus kemaren saya turut menghadiri acara Temu Bunda SGM Eksplor di Jogja selama 3 hari dua malam. Alhamdulillah saya terpilih menjadi Mombassador SGM di tahun ini. Tahun sebelumnya pernah daftar tapi ngga lolos. Hiks. Ternyata rejekinya di tahun ini, ga jadi hiks, hehe.



Kabarnya sih, tahun ini yang daftar ada 600an namun yang diterima tidak lebih dari 100 orang. Pas acara kemarin sih yang hadir ada 92 orang.

Ohya, udah tahukah apa itu Mombassador SGM? Mombassador SGM Eksplor adalah komunitas bunda-bunda SGM Eksplor yang dibentuk oleh SGM Eksplor untuk mendapatkan edukasi & pelatihan dalam berbagai kegiatan seru bersama dengan mombassador lainnya. Komunitas ini bertujuan untuk mengajak bunda-bunda di Indonesia menjadi lebih paham dan peduli terhadap nutrisi & perkembangan anak, serta menjadi bunda yang berdikari, dan bermanfaat untuk bangsa.
Saya masuk dalam Mombasador batch 5, itu artinya ini tahun kelima diadakannya Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor. 

Kalau disuruh memberikan tiga saja gambaran tentang acara Mombasaador SGM eksplor kemarin, saya akan bilang, seru, nambah ilmu, dan nambah teman baru. Setidaknya ada 7 hal berkesan di Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor 2017, kemarin apa sajakah tu? 


1. Me Time Bunda. Jika ditanya apa yang memotivasi ikut daftar mombassador? Saya akan jawab jujur, salah satu tujuannya adalah untuk me time. Sebelum mendaftar saya sudah tahu nantinya akan ada temu bunda bagi yang terpilih sebagai mombassador. Ini yang paling saya incar. Urusan untuk menambah ilmu, endebre-endebre lainnya itu tujuan kesekian, hahaha sungguh tak mulia kali tujuanku yaa.



Ya gapapa dong sesekali bunda-bunda macam saya pengen punya aktivitas yang beda. Yang sehari-harinya bangun tidur, sholat Shubuh udah uprek di dapur, kali ini pengennya leyeh-leyeh, tanpa memasak pun udah ada makanan terhidang di meja makan. Ga perlu beretsin tempat tidur, pulang-pulang dari keiatan, kamar udah rapi nyaman untuk ditiduri kembali. Ahhh surgaaa, tapi tetep sih yang begini juga ga akan mungkin bisa berlama-lama, sehari sampai tiga hari cukup. Kelamaan bakal kangen juga dengan rutinitas harian hehe. 

2. Bertemu dengan teman-teman baru. Kalo selama ini banyak gaulnya paling sama tetangga rumah atau temen-temen penulis dan blogger aja yang seprofesi, kali itu kita banyak ketemu teman-teman baru, ada yang profesinya kuter alias kuis hunter, ada yang reporter, guru, make up artist, banyak deh. Mulai dari Aceh, sampai Papua semua kumpul jadi satu. Saya sendiri dapat teman sekamar sesama blogger tapi berprofesi juga sebagai jurnalis di bidang hiburan namanya Mba Alia Fatkhiyah. Selama ini cuma kenal sekilas lewat dunia maya, pernah beberapa kali mampir ke blognya, tapi baru dapat kesempatan bertemu langsung dan bobo bareng kemaren itu, senangnya.... 



3. Kopdar sama temen-temen di area Jogja. Di sela-sela acara Mombassador saya sempatkan untuk bisa ketemu sama temen-temen lain yang tinggalnya di area Jogja. Sebelumnya saya intip dulu rundown acara, mana yang free time Jadi jangan sampai juga mengganggu acara utama. Alhamdulillah di sela-sela jadwal acara yang padat merayap bisa ketemuan sama temen SMA yang udah sekitar 9tahunan nggga ketemu dan bisa kopdar sama temen blogger dari Jogja, Manda blogger pemilik tamasyaku.com, Mba Irfa blogger Magelang yang sering merapat juga ke Jogja, dan Mak Situ Hairul alias Mak Irul yang anaknya enam homeschooling semua.


4. Mendapat ilmu baru. Yes banyak banget ilmu baru yang saya dapat, baik itu dari official acara Temu bunda maupun dari sharing temen-temen. Nambah ilmunya itu bukan cuma seminar dengerin nyatet, gitu ya.. ah itu sih bakal ngebosenin banget. Banyak sesi sharing yang membuat kita jadi banyak tahu dengan cara yang fun. Selain takshow ada juga games-games yang menguji pengetahuan mengenai gizi dan tumbuh kembang anak. Mudah-mudahan ilmu baru yang saya dapat bisa saya bagi ke banyak bunda lain dan terutama saya terapkan bagi diri keluarga saya sendiri. Oya selain nambah ilmu, bertabur hadiah juga tentunya, asyiiik.

Games seruu nambah ilmu. Photo by FB Diah Arini

5. Terhibuuur, aseliiii. Jangan pikir karena acara ini yang menyelenggarakan SGM kita bakal dijejali info produk muluk atau diisuruh mengkampanyekan susu. Nggaaak sama sekali yaaa. Kita memang dibekali ilmu nutrisi dan tumbuh kembang anak, ada juga sih info mengenai produk SGM (ya iyalah penyelenggaranya gitu loh). Tapi sama sekali kita ngga dirongrong untuk beli produknya apalagi jualan produknya, trus cari downline (eh emang MLM). Jadi yaa sekedar pengetahuan aja, biar makin banyak yang kita tahu. Dan yaa temu binda ini aseli bikin saya terhibur, Mulai dari welcome dinner yang dipandu oleh mas Novan, lucu menggelitik. Saya yang awalnya udah terkantuk-kantuk jadi segar kembali. Terus games seru di hari kedua juga seru, pemandunya lucu-lucu. Sampai gala dinner di Sekar Kedaton, games plus duo MC nya mas Novan dan Mbak Tako aseli bikin saya terpingkal-pingkal sepanjang acara. 

Gala dinner yang penuh tawa

6. Berkunjung ke pabrik Sari Husada di Klaten. Waah ini udah lama banget saya nanti-nantikan. Saya pernah lihat temen blogger menulis tentanga kunjungan ke pabrik Sari Husada dan ini jelas bikin saya mupeng melihat dari dekat bagaimana produksi susu Sari Husada. Pabrik Sari Husada berdiri di atas lahan seluas 14 hektar. Dari keseluruhan lahan, sekitar 70% diperuntukkan lahan hijau dan 30% nya pabrik. Sebelumnya kami sudah diberitahu dulu syarat dan ketentuan untuk bisa masuk ke pabrik SGM. Yang pertama harus menggunakan pakaian yang sopan, kalo pakai celana atau rok harus panjang. Harus pakai sepatu yang tertutup jari-jarinya, harus dalam kondisi sehat, harus mengikuti peraturan kemanana, anatara lain hanya boleh berjalan di garis kuning, tidak boleh melihat HP sambil berjalan, dan tidak boleh memotret.

Foto di depan pabrik Sari Husada


Oya pabrik Sari Husada ini juga menerima kegiatan factory visit secara gratis dengan syarat ketentuan antara lain umur minimal 14 tahun, hari kunjungan Selasa-Kamis, dan mengirim proposal minimal 1 bulan sebelum hari rencana kedatangan. Keterangan lengkap bisa cek di sini ya. 

7. Bisa naik pesawat juga ke Jogja hahaa. Meski udah sering ke Jogja, tapi baru kali ini lah ke Jogja naik pesawat. Semarang-Jogja aja naik pesawat, nggaya. Hahaha, ya beginilah cara Sari Husada memanjakan para mombassador. Sebisa mungkin naik pesawat biar nyaman dan cepat sampainya. Meski dari segi waktu hampir sama aja sih antara jalur darat dan udara, dengan catatan transit pesawat ngga lama dan ngga delay. Eh kok transit? Iya jadi kalo naik pesawat ke Jogja itu, kita terbang Jakarta duu terus ganti pesawat menuju Jogja. Enaknya naik pesawat ngga pegel bokong, karena selama sekitar empat jam waktu yang dibutuhkan untuk sampai jogja, kita kan pindah-pindah. Tapi jalurnya jadi lucu gitu hehe, mau ke Jogja aja ndadak ke Jakarta dulu hihi. Tapi pulangnya saya memilih jalur darat supaya sensasinya beda, hatsyaaah.



Nah itulah 7 hal berkesan di temu bunda Mombassador SGM Eksplor 2017. Bagi temen-temen yang mau mendaftar Mombassador batch 6 siap-siap yaa, karena kabarnya akan segera dibuka. Ohiya saya mau kasih beberapa tip nih buat next mombassador, supaya bisa lebih menikmati acara dan bawa pulang banyak hadiah dari acara temu bunda:

1. Usahakan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Yang namanya orang lagi kurang enak badan pastilah menjalani segala macam aktivitas jadi kurang nikmat. Kalo mulai kerasa kurang enak badan beberapa hari H langsung aja deh minum multivitamin, konsumsi banyak buah, pijet dll yang sekiranya bisa membuat tubuh lebih bugar.

2. Persiapkan diri untuk pisah selama 2 hari 3 malam dari anak. Karena ikut acara Temu Bunda ini tidak bisa membawa anak yaa. Jadi yang mau daftar yang udah yakin bisa pisah sementara sama anak-anaknya (dan suami) selama 3hari 2 malam. 

3. Pede. Iya percaya diri aja, untuk SKSD sama teman-teman baru, kalo pas kuis mau tahu apa ngga tahu jawabannya pede aja ngacung. Jawaban salah atau benar urusan belaangan, biasanya tetep dapat hadiah juga kok meski salah hihihi.

4. Pantengin fanpage Aku Anak SGM sedari sekarang, solanya pertanyaan kuis banyak yang mengenai nutrisi, tumbuh kembang anak, sari husada, dll yang infonya bisa kita dapat dari fanpage Aku Anak SGM.







21 komentar:

  1. Beruntung ya bunda bisa jadi salah 1 dari bunda2 terpilih, s
    Semoga di lain waktu kita bisa bersua kembali ya bun..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa moga ada event reunian yah 😁😁

      Hapus
  2. Asik banget acaranya ya. Hmm...jadi pengen daftar juga

    BalasHapus
  3. Makin penasaran sama keseruan acara ini, Mbak. Pengen banget bisa ikutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut Ika, bocah dititipin dulu 3 hari 😁😁

      Hapus
  4. Seru banget acaranyaaaa, bisa ketemu bunda2 lainnya ya.
    Nggak boleh bawa anak ya? Sesekali me time nggak bawa anak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Li ikutan kan anaknya udah gede udah bisa ditinggal2 hehe

      Hapus
  5. Seru banget acaranya....
    aku daftarnya kalo anak2 udah besar ah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling ga udah di atas dua tahun InsyaAlloh lebih tenang ninggalinnya 😊😊

      Hapus
  6. wah pasti asyik banget ya acaranya. pengen daftar yang gelombang berikutnya sayangnya anakku masih belum bisa ditinggal jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih bayi banget kesian ya mba ninggal2. Aku brani ninggal bocah ke luar kota setelah 2th ke atas

      Hapus
  7. wah senannya ya bsia berkumpul bersama ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa asik banget mbaa, me time hehe

      Hapus
  8. Kasih tau kriteria apa yang bikin mommy terpilih dong. Saya juga pengen hehehe 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya salah satu penilaiannya dari socmed. Dan aktivitas sosial. Kayaknya sih hihi

      Hapus
  9. Seru! Jd tertarik ikutan... Tp kpn ya bs daftar... 3 tahun lg msh ada ga ya, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii nunggu dedek gede dulu ya Nat 😊😊

      Hapus
  10. Aaah...😭😭😭
    Pengen ikutan
    Coba masih tinggal di semarang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah ga di Semarang juga kan bisa ikut mba, itu bunsal dari Lombok. Ada dari Papua juga malah. Dibiayai semua 😊😊

      Hapus
  11. Cita2 saya nih... Tapi nanti deh kalau anak dah balita, baru deh daftar. Hihi. Sekarang si ddedek masih dalam perut. Habis seru bgt acaranya, kan jadi mupeng

    BalasHapus