Senin, 14 Maret 2016

Ketika Anak Susah Tidur

[PLACEMENT ARTICLE]

Masalah soal anak yang susah tidur kadang menjadi kendala bagi ibu rumah tangga karena waktu tidur akan sedikit terganggu padahal besok harinya masih banyak kegiatan menanti.

Setelah browsing sana sini, kayaknya saya mulai menemukan beberapa cara untuk membuat jam tidur anak jadi konsisten, deh. Rencananya sih saya mau mulai mencobanya hari ini. Mau tau apa saja cara yang akan saya coba?

Perjalanan kudus-semarang, tertidur di pangkuan


Pastikan Tubuh Anak Sudah Bersih Sebelum Tidur
Tubuh yang bersih dan segar pasti membuat anak-anak merasa lebih nyaman. Hasilnya, anak pun jadi lebih mudah tertidur kalau tubuhnya sudah bersih. Sejak dulu sih saya sudah membiasakan Thifa dan Hana untuk sikat gigi, cuci tangan, dan kaki sebelum tidur. Rasanya pasti segar dan wangi sehingga mereka siap untuk segera tidur.


Tetapkan Jam Tidur yang Konsisten

Ini nih yang harus dimulai oleh para orangtua. Para ibu dan ayah harus konsisten menetapkan jam tidur anak. Jangan sampai waktu tidur jadi terlambat karena anak masih mau main, bercanda atau sekadar nonton televisi. Secara gak langsung, lama kelamaan hal ini pasti membuat anak tidur di jam yang sama setiap harinya.

Berikan Kebebasan pada Anak

Kebebasan yang dimaksud adalah kebebasan anak untuk memilih piyama tidurnya, boneka, warna seprai atau kebutuhan tidur lainnya. Gak perlu repot-repot kok mengajak anak membeli kebutuhan untuk tidur. Belanja hemat aja di MatahariMall. Waktu sedang bersantai dengan anak-anak saya bisa mengajak mereka untuk belanja online di MatahariMall.

Aneka pilihan produk mulai dari boneka, seprai, dan baju piyama tentu ada di MatahariMall. Belanja hemat di toko online yang satu ini pasti gak akan bikin kita boros.

Bacakan Dongeng Saja

Membaca dongeng memang baik untuk anak-anak. Selain melatih imajinasi dan kepekaan anak dalam menyimak, anak-anak biasanya juga jadi cepat tertidur kalau dibacakan dongeng. Thifa dan Hana senang sekali nih jika saya membacakan dongeng kepada mereka. Saat membaca dongeng bersama, kedekatan antar ibu dan anak juga lebih mudah tercipta loh karena interaksi yang lebih intens.

Karena tidur yang cukup akan mendukung tumbuh kembang anak, saya pasti mencoba cara terbaik untuk mengatur waktu tidur Thifa dan Hana. Adakah yang punya pengalaman menghadapi anak susah tidur seperti saya?

7 komentar:

  1. yang susah nyuruh bobo ciang bu

    BalasHapus
  2. Dulu waktu anak saya masih kecil harus dielus-elus dulu punggungnya baru mau tidur mbak :)

    BalasHapus
  3. Hasna banget itu.. apalagi tidur siang. huhu.. T.T
    perlu diterapkan nih tipsnya

    BalasHapus
  4. sepertinya ini problem banyak orang tua nih. anak-anak emang seneng banget kalau sudah maen. terutama tidur siang, susah banget dibilanginnya. perlu dicoba nih tipsnya.

    BalasHapus
  5. Noofa skrg hampir ga pernah tidur siang

    BalasHapus
  6. Gemes itu liat pipinya pada tembem" kaya bakpao, hhi

    BalasHapus
  7. matikan lampu lama2 jgga tidur nanti :)

    BalasHapus