Wednesday, September 2, 2015

Berkat Ngeblog

Berkat ngeblog, apa saja yang sudah kamu dapatkan?


Saya jadi inget waktu awal-awal dulu mulai aktif ngeblog (di blogdetik) temen saya nanya, "Udah dapet berapa Mi dari ngeblog."

Saya bilang sih belum dapet materi apapun dari blog. Waktu itu saya ngeblog sebatas mencurahkan si hati dan isi kepala. Biar plong. Saya kan hobinya cerita, ada sesuatu apa gitu bawaannya pengen ngomentarin panjang lebar. Tapi suka ngga ada objek penderitanya. Biasanya kan suami, tapi kalo pas suami kerja masa ya ngobrol sama tembok makanya trus ditulis di blog. Dapet komen sebijii aja udah seneng, maklum dulu belum gabung di komunitas blogger. Apalagi kalo masuk headline tulisannya puass bener.

Selain itu tujuan ngeblog saya untuk mendokumentasikan kehidupan. Seneng aja gitu baca-baca tulisan lama.

berkat ngeblog bisa seru-seruan kaya gini, foto by Lestari

Kalo sekarang? Alhamdulillah, yang saya dapatkan berkat ngeblog lebih dari alasan sederhana kenapa harus ngeblog. Ini juga saya sampaikan pada saat saya mendapat kesempatan mengisi acara bertajuk "Personal Branding Lewat Blog." Iya supaya para peserta termotivasi untuk ngeblog.

  1. Mendapat banyak teman baru dari komunitas blogger dan blogwalking. Dulu kalo baca blognya orang-orang.  suka heran, kok yang komen kaya pada akrab gitu ya. Apakah mereka teman seperguruan? Asli ngga tahu bener kalo ada yang namanya komunitas blog. Dan saya juga kalo ke blognya orang biasanya cuma baca ngga pernah komen. Sampai suatu hari dimasukkan Melly ke komunitas dblogger (komunitas blogger pertama saya). Habis itu masuk-masuk ke komunitas blogger lain dan sekarang juga buta komunitas blog sendiri, khusus blogger perempuan Semarang dan sekitarnya bareng Dedew, Mba Uniek, Wuri, dan Lestari. Oya, nama komunitas kami Gandjel Rel :)
  2. Hadiah lomba blog. Alhamdulillah beberapa kali ikut lomba blog pernah mencicipi kemenangan. Pernah dapet juara satu lomba blog yang diadain dotsemarang dapet sejeti, juara satu lomba blog manulife (aseli yang ini sama sekali ngga nyangka dan ngga terlalu ngarep sebenarnya) dapet tiket PP ke Singapura untuk dua orang (tapi dihibahkan ke adek ipar tiketnya) plus uang saku, pernah sekali mennag ngablogburit dapet 500 ribu, sama beberapa kali mennag hadiah-hadiah hiburan. Jauh sih ya kalo dibanding sama yang udah langganan juara. Masih harus banyak belajar nih gimana memikat hati para juri hehehe.
  3. Jadi kontributor web travelling HelloSemarang.com. Sekitar enam bulan lalu ezytravel nyari blogger untuk menjadi kontributor web. Alhamdulillah saya dikasih tahu info ini dari Wuri dan capcus ndaftar. Padahal sebelumnya saya paling bingung kalo nulis tentang traveling. Ini namanya the power of money hahaha. Kalo ngga gitu mungkin saya ngga akan belajar nulis traveling.
  4. Follower twitter bertambah.  Saya daftar twitter sebenarnya sebelum saya aktif ngeblog, cuma ya ngga aktif. Trus aktif lagi karena buat ngelengkapin syarat lomba blog. Jumlah followernya MENGENASKAN sekali cuma 29 orang. Itu sampai pertengahan tahun 2012. Setelah mausk komunitas blogger, ngefollow teman-teman blogger, Alhamdulillah sekarang jumlah follower twitter saya 1186. Meski belom banyak-banyak banget ya mayanlah kalo diliat orang ngga ngenes-ngenes banget. Ada yang belum follow? Ni akun twitter saya @rahmiaziza. Akun IG sekalian ya hihihi @rahmi.aziza
  5. Dapet job buzzing di twitter.  Alhamdulillah setelah follower agak banyakan ditawari job untuk jadi buzzer di twitter salah satu produk minuman. Ternyata yang ngasih job ini temen blogger juga.
  6. Dapet uang dari iklan blogroll. Ini pendapatan saya dari iklan blog yang pertama tapi di blog yang blogdetik. Tau-tau ada yang ngimel, nanayain rate kalo webnya dimasukkin ke blogroll saya berapa.
  7. Dapet tawaran job review dan job placement. Bedanya apa antara job review dengan job placement. Kalo job review tentu saja mereview produk, kalo placement minta salah satu atau beberapa kata di artikel kita di linkkan ke web tertetu. Tapi meskipun ini job yang berbayar, InsyaAlloh review yang saya buat sesuai dengan kenyataan yang ada. Apa yang saya tahu dan saya rasakan tetang produk yang bersangkutan.
  8. Penghasilan bulanan. Sebagai istri dari wirausaha, jujur saya senang dengan pekerjaan suami saya tapi ada sedikit kecemasan. Ya apalagi kalau bukan gajian yang tidak tetap. kadang dapet banyaak seklai, kadang sedikit, bsia juga ngga dapet sama sekali dalam sebulan. Profesi saya sebagai blogger pun demikian. Job dari blog tidak rutin datang,  bisa sebulan dapet berkali-kali, bisa cuma seklai, bisa juga ngga ada sama seklai. Sampai suatu hari saya berdoa pengeeen banget bisa punya penghasilan tetap dari ngeblog yang ntah saya sendiri ngga tahu caranya gimana. Kayak mustahil sih sebenarnya. Ngga lama kemudian ada peluang untuk bisa dapet gaji tetap bulanan dari blog. Alhamdulillah sampai sekarangpun masih jalan :')
  9. Terbit komik Mak Irits. Terbitnya komik Mak Irits versi cetak awal mulanya karena ada editor yang blogwalking dan menemukan blog mak irits (dulu namanya miss hagemau). Makanya bisa dibilang berkat ngeblog juga. Udah pada beli komiknya belum ;)
  10. Jadi pembicara. Saya ingat pernah bicara gini ke suami, "Target saya selanjutnya setelah jadi penulis adalah jadi pembcara, ngisi workshop kepenulisan dan blogging." Alhamdulillah udah kesampaian waktu ngisi pelatihan blog di Ungaran dan ngisi seminar personal branding. Alhamdulillah juga dari komunitas blogger Gandje Rel kerjasama dengan IIDN Semarang sekarang punya program baru yaitu roadshow pelathan menulis gratis. Jadi kalo ada sekolahan, komunitas, atau kelompok tertentu mau bikin pelatihan menulis, kami siap jadi pemateri. GRATIS.
  11. Mengurangi gaptek. Saya ini orangnya gaptek akut. Dulu awal-awalnya ngarepin si ayah bisa bantuin utak-atik blog kalau dibutuhkan. Tapi ternyata dia juga ngga bsia dan ngga sempet. Akhirnya saya belajar sendiri gimana mempercantik blog, bikin banner, bikin slide show foto, ngubah template yang bukan standar blogspot, dll. Dulu sempet sennag banget utak-atik kode html, gonta-ganti template. Sampe ngga sempet nulis gara-gara itu hahaha. Ya mayanlah berkat ngeblog ngga cuma belajar nulis aja, tapi mengurangi gaptek.
  12. Diundang ke acara-acara penting.  Seperti launching, seminar, dll. Lumayan dapet ilmu baru, bahan buat nulis, ketemu orang-orang baru tambahannya bisa dapet makan siang gratis, gudibek, dll hehehe.
Itulah beberapa yang saya dapatkan berkat ngeblog, gimana dengan kamu temans?

twitter: @rahmiaziza
IG       : @rahmi.aziza

46 comments:

  1. bagi tips nya dong gimana bisa dapet penghasilan bulanan yang tetap dari blog... :)

    ReplyDelete
  2. Mantabh, blognya Mbak Rahmi emang inspiratif kok! :D

    ReplyDelete
  3. Aku belum nyampe ke titik bikin buku sama jadi pembicara, mak'e. Kalo yang lainnya udah nyicip, tapi belum secihui emak. Doain ya mak, biar bisa punya penghasilan tetap juga dari ngeblog :))

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, udah banyak ya berkah dari ngeblog mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah disyukuri meski banyak yang lebih cihuy prestasinya :)

      Delete
  5. kalau saya, secara materi belum dapet. tapi udah sering dititipin pesen sama kenalan2 suamiku buat terus nulis tiap hari, katanya sih ditunggu2. itu aja senengnya udah mentok luar dalam hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa seneng kalo tulisan kita dibaca dan ditunggu orang ;)

      Delete
  6. banyak sekali ya berkat ngeblognya mak rahmi, mau juga jdi kontributor sepertinya seru ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, tunggu aja mba Dwi siapa tahu ntar bakalan ada Hello Surabaya hehehe

      Delete
  7. keren, aku malah nggak pernah kepikiran buat nyari uang lewat blog. blogku isinya ngaco semua sih haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dulunya ngga kepikiran, eh dateng sendiri trus ketagihan hehee

      Delete
  8. Hebat... salah satu blogger favorit saya nih... Btw, makasih ya voucher hadiah Sariaternya, mau ngomong ini lupa terus... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih mak rin, dikau lah yang lebih pantes dipaporitiin. Sama2 mak :)

      Delete
  9. Daku dapat apa ya Mi? Ni kerjaan kantor lagi banyak, postingan paling seminggu sekali :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerjaan kantor bisa jadi bahan buta postingan kong hihihi *buka rahasia perusahaan*

      Delete
  10. Replies
    1. Iya mba Rina, seneng bnayak temen sesama blogger :)

      Delete
  11. Pengen juga mbak punya penghasilan tetap dari nge-blog. Tapi ya saya tahu, saya harus belajar lebih giat lagi buat nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ikaa dirimu udah rajin banget sekarang ngeblog InsyaAlloh peluang itu akan datnag sendiri :)

      Delete
  12. Ikutan ah belajar ngeblog, semoga bisa dapat iklan dari blog hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa kripik singkong dan jus-nya biar tambah gayeng hehehe

      Delete
  13. Wahhh memang ngeblog itu banyak ya manfaatnya :D

    ReplyDelete
  14. Banyak banget ya, yang didapet dari ngeblog.
    Aku sih belom.

    ReplyDelete
  15. Wuaaa... buanyak itu berkah ngeblognya. Btw... yg nomor 10...aku malah gal mau krn pemalu aslinya..wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi justru itu melatih pede mbaa, aku juga pemalu, ngga pede, tapi kalo ada kesempatan ambiiil :D

      Delete
  16. Cie cie.. keren ni temenku satu ini.. sukses ya mi.. berkat blog bakulan mama akma jd dikenal orang.. malah ada juga yg langsung order.. alhamdulillah.. klo dpt penghasilan bulanan caranya gmn mi? Siapa tau bisa nambah uang belanja hahaha

    ReplyDelete
  17. Dapat hadiah uang, buat nambah2in uang jajan. Bikin nambah2in PD buat serious ngeblog.

    ReplyDelete
  18. yg jelas krn ngeblog jd kenal mbak Rahmi. hehe...

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah ya berkah ngeblog nya berlimpah. Jadi pengen belajar biar gak gaptek, hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mbaa belajar bareng aku juga maish gaptek tapi ya ngga seakut dulu sebelum ngeblog

      Delete
  20. Keren mak....blogku gitu2 aja hiks....hehe...

    ReplyDelete
  21. Waah keren.
    Kadang kl mau nulis, nungguin anak bobo. Tp pas anak bobo, emaknya jg ngorok. Telerrr, huaaaa... kpn nulisnya dong.

    ReplyDelete
  22. punya sih blog... tapi ya gitu deh, hehehe. mulai sekarang semangat ah... biar dapet keuntungan banyak berlipat ganda :D

    ReplyDelete
  23. Suka baca blognya mba Rahmi....bahasanya kadang bikin ketawa tapi sarat informasi...salam kenal mba :D

    ReplyDelete
  24. Buat saya yang paling seruuu adalah teman.. Dan jejaring. Itu yang paling asyik mak ;)

    ReplyDelete