Monday, December 30, 2013

Met Ultah Matir

30 Desember 2013 sehari sebelum ultahku *halah woro-woro maksud loooh?!!!

Hari ini dari pagi cuaca menduung terus, sempet panas bentar sih lumayan lah bisa berjemur bareng Hana, biar kulit eksotis dikit haha.

Jadi inget, dulu jaman masih lajang en kerja jadi penyiar, hawa-hawa kayak gini ini bikin malas berangkat kantor. Bawaannya ngantuuk terus. Habis subuhan pengen tiduran lagi. Sampe ga berani tidur di kamar, takut bablas.

Ngomongin kantor jadi pengen nyeritain temen kerja dulu, namanya Ratih. Sebagian memanggil dia Matir alias emak tiri. Mungkin karena kelakukan dia persis ibu tiri yang di sinetron-sinetron kali yee.. *ampuuun jangan usir aku dari rumah buuu. Dia ultah hari ini.

Saturday, December 28, 2013

Berhasil IMD

Dari kemaren cerita Thifa mulu ya... sekarang mau nyeritain Hana ah... Cerita tentang IMD yang berhasil

Jadi waktu itu, menjelang HPL nya Hana, saya udah nanya-nanya ke dokter tentang IMD alias inisiasi menyusi dini. Inisiasi Menyusu Dini adalah proses bayi menyusu segera setelah dilahirkan, di mana bayi diletakkan di atas dada ibu dan dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri.

Kata dokter sih, itu by request, jadi kalo saya mau IMD bilang dulu sama tenaga medis yang di sana.

Akhirnya, waktu saya udah di RS tempat buat melahirkan, tiap ada yang meriksa, ntah itu suster, ko-ass, PPDS, atau dokter yang bersangkutan (iya bener di RS itu yang meriksa banyak beneerrr), saya bilangin mau IMD.

Friday, December 27, 2013

Ngaca Dulu Deh!

Yang paling menonjol dari kemampuan  yang dimiliki Thifa adalah kemampuan berbicaranya. Dari usia beberapa bulan Thifa udah menunjukkan gejala hobi bicara. Ntah tiru siapa, padahal emaknya ini kecilnya pendiam lo, stelah jadi emak-emak juga tetep kalem kok :p

Semakin bertambah usia, semakin jelas artikulasi bicaranya, semakin banyak bertanya dan suka cerita. Kalo ditanggapin hanya dengan "iya" atau "hem", suka ngga terima.

Apalagi sekarang, jadi kayak emak-emak suka kasih wejangan ini ituh. "Mamah.. di kamar mandi jangan nyanyi..."

"Kalo makan jangan sambil ngomong mah...."

Thursday, December 26, 2013

Cerita Anak Kosan

Hal pertama yang saya lakukan setelah melihat pengumuman ujian masuk kampus dan lulus adalah mencari kos.

Saya sudah punya bayangan ideal sebuah kosan. Deket dari kampus, murah, bersih, terpisah dari rumah ibu kos, dan sekamar sendiri, 

Seperti halnya mencari pasangan. Tidak selalu kita mendapatkan seseorang yang sempurna dan ideal menurut kita. Dapet yang cakep tapi tongpes, atau sebaliknya, kaya raya mukanya pas-pasan. Begitupun dengan kosan. Ada yang murah tapi jauh dari kosan. Ada yang deket dari kosan tapi mahal atau jorok setengah mati. Ada sih yang murah, bagus, deket dari kampus tapi di Jogja!

Tuesday, December 24, 2013

Belajar Mandiri

Harusnya sih, sekarang komputer ini udah mati dan saya balik ke dapur, asah-asah. Tapi.. karena si Thifa ntah apa maksudnya, ngidupin nih kompi, ya udah sekalian posting ajalah, daripada hidup segan mati tak mau, maksudnya sia-sia nih kompi diidupin gitu...

Udah sejak lama emang Thifa bisa ngidupin komputer sendiri. Antara menguntungkan dan merugikan sebenarnya. Untungnya bisa disuruh-suruh ngidupin, ruginya ya suka seenaknya sendiri mencet-mencet.

Dan sekarang kebisa (atau sok bisa) an dia udah semakin bertambah. Lagi belajar mandiri dia..  Tiap pagi dia bilang pengen mandi sendiri. Emaknya diusir-usir katanya "Mama urusin dedek aja sanah.". Dia juga pengennya ambil baju n handuk sendiri.

Sunday, December 22, 2013

Happy Mother's Day Mom

Kalo kata Raditya Dika, seharusnya, semakin tua umur kita, kita tidak semakin ingin mandiri dari orangtua

Kalimat itu dia tulisakan dalam salah satu judul cerita di bukunya Manusia Setengah Salmon. Etapi postingan ini tujuan utama bukan untuk ngeresensi ya. Cuma tersentuh aja dengan ceritanya. *Cerita kocak bisa menyentuh juga? Selalu terkesan dengan si Radit :)

Mungkin kamu juga pernah ngerasain hal yang sama seperti Raditya Dika dalam buku itu. Bete, dibawelin nyokap, diingetin ini itu, ditelponin pas bepergian atau di smsin mulu.. Ya emang gitu kayaknya sifat dasar emak-emak ya, ntar kalo udah jadi emak juga ngerasain.

Friday, December 20, 2013

Belanja Online, Menghemat Lebih Banyak

Akhir-akhir ini disela ngeblog, fesbukan, dan twitteran, saya suka ngintipin situs belanja online, salah satunya Lazada.

Saya emang ngga begitu suka jalan ke mall, biasanya kalo jalan-jalan ke menara eifel sih ya.. hihi

Kalo menurut saya sih jalan-jalan ke situs belanja online itu lebih aman daripada ke mall. *maksudnya ga ada copetnya gituuh?*

Apalagi di Lazada ini varian barang yang dijual juga ga kalah dengan mall, banyak banget. Mulai dari fashion, barang elektronik, alat rumah tangga, barang otomotif sampai perlengkapan anak dan bayi.

Wednesday, December 18, 2013

Membimbing Bukan Berarti Memaksa

“Ayahnya dokter, kok anaknya nggak ada yang jadi dokter?” Begitulah bebeapa orang sering berkomentar tentang keluarga mertua saya.

Ayah mertua saya memang seorang dokter. Tepatnya dokter spesialis Patologi Anatomi, dan belum ada seorang pun dari keempat anaknya yang mengikuti jejak beliau.

Anak sulungnya yang merupakan suami saya, bekerja mandiri sebagai ilustrator. Anak kedua sedang menyelesaikan S2 Arsitektur dan saat ini ikut bekerja bersama suami saya sebagai colorist. Anak ketiganya dalam tahap mengerjakan skripsi nyambi berdagang. Sementara anak keempat masih duduk di bangku SMU, itupun sepertinya tidak menunjukkan ketertarikan untuk menjadi dokter.

Kedua mertua saya bukannya tidak mengharapkan anaknya ada yang menjadi dokter. Ibu mertua pernah cerita langsung pada saya, sebenarnya ingin sekali melihat, minimal ada salah seorang anaknya yang bisa jadi menjadi dokter. Tapi, kalau pada kenyataannya anak sudah punya pilihan hidup lain ya apa boleh buat.

Meskipun sedikit kecewa, tapi mereka tetap mensupport kegiatan anak-anaknya selagi positif.

Ketika sulungnya (saat itu belum menikah dengan saya)  baru merintis usaha jasa ilustrasi bersama teman-temannya, mereka tidak berkeberatan garasi rumah dipinjam sebagai kantor. Setiap hari ramai anak-anak muda berkumpul di sana. Tidak jarang pula ada yang bermalam karena tempat tinggalnya jauh. Meskipun sedikit mengganggu privasi tetapi mereka tetap bersedia menampung.

Thursday, December 12, 2013

The Last Day

Saya emang pernah berencana mau meng home schooling kan Thifa. Pertama tentu saja mencoba dari PAUD dulu. Kalo PAUD kan cuma main-main doang kan ya biasanya, jadi saya pikir ngga perlu sekolah lah. MAin kan bisa sama tetangganya di sini, atau di ajak ke arena bermain gituuh.

Tapi.. semua itu buyar ketika ada sekolah gratisan. Iya, gratis. Bayarnya pake potongan dus susu gitu. Jadi patut dipertanyakan yak, emang niat bener pengen homeschooling apa cuma karena ngga mau bayar uang sekolah? Hihihihi..
di depan kelas

Tuesday, December 10, 2013

Si Peniru

Sudah sewajarnya kalau anak batita memasuki fase suka meniru. Apa saja. Mulai dari dialog di tv sampe percakapan mamanya sama bakul sayur juga ditirunya.

Yang harus diwaspadai di fase ini adalah... bukan hanya temen-temen sepermainannya atau tayangan yang ditontonnya. Tapi diri kita sendiri, iya orang tuanya, khususon emaknya yang paling sering bersamanya.

Percaya... kalo emak ngga mungkin ngomong jorok, kasar atau sejenisnya di depan anak karena takut ditiruin *tapi entah ya kalo anak ngga ada hihihi.

Monday, December 9, 2013

PR Blog Turun? Mending Nulis Ajah!

Di tengah-tengah euforia kenaikan Page Rank (PR) blog yang dialami sebagian temen-temen blogger, eh PR blog saya yang satunya malah turun, sekaligus dua, saya ulangi DUA!!!

Bolak-balik ngecek ke prchecker berharap yah sapa tahu penurunan itu sasuatu yang error, tapi ya tetep aja rank nya sgitu.

Sebenarnya sih rada aneh juga. Penurunan PR ini justru terjadi di saat saya lumayan sering update looh. Padahal dulu waktu PR nya naik, justru pas blognya lagi sering error trus saya jarang update. Nah lho. LAntas apa yang jadi tolak ukur naik turunnya PR ini yak?

Pas ngecek PR blognya tetangga *kepo banget yak gueh*, ada juga yang PR nya turun sekaligus dua kayak saya. Padahal dia termasuk blogger yang rajin update, hampir tiap hari deh kayaknya. Senin sampe jumat nine to five *eh emang PNS???

Monday, December 2, 2013

Galau On The Weekend

Duh lama ngga ngeblog...

Tapi ngga mau mengkambinghitamkan Hana ataupun Thifa. Harusnya sih sempet, kalo nggak kebluk, alias ngurangin jatah tidur. Sama ngga pesbukan mulu :D

Sebenarnya selama beberapa hari kemaren saya udah berniat ngga akan online, terutama fesbukan. Membayangkan, betapa mengerikannya ketika banyak temen-temen blogger yang upload poto-poto di acara Kopdar Blogger Nusantara, sementara saya hanya mampu menatapnya dengan nanar, karena berhalangan pergi ke sanah. Padahal, tempatnya deket banget dengan Semarang. Tapi ternyata saya gagal, yang ada malah penasaran.

Kenapa siih acara kopdar BN ituh ngga diadain aja di Kalimantan, atau Sumatera, atau Merauke sekalian. Kenapa???

Wednesday, November 27, 2013

Barang Turun-temurun

Sepertinya sudah suratan takdir, barangsiapa yang lahir belakangan, dialah yang akan mendapatkan barang lungsuran alias bekas dari mereka yang lahir duluan...

Dulu.. waktu mempersiapkan kelahiran Thifa, jangan tanya berapa biaya yang habis untuk membeli perlengkapannya. Kayaknya sih barang prentil-prentilan ya, yang harganya juga ga gitu mahal.. paling cuma popok dua lusin, gurita selusin, baju baby selusin, bantal guling bayi, popok lurik, kain bedong.. lah kok ternyata banyak juga. Habisnya banyak dipakenya cuma bentar.. pfiuuh...

Masih mending loh, perlengkapan yang lainnya ngga beli sendiri melainkan sumbangsih dari eyang dan neneknya, kayak ember mandi, kojong, exel buat nyimpen pakaiannya, stroller, belakangan malah dapet kado steamer sama bonchair. Alhamdulillah...

Wednesday, November 20, 2013

Prediksi Jitu, Tepat dan Akurat

Harusnya sih hari ini eikeh ngadain blog confrence tentang Hana, adeknya Thifa. *uhuk berasa artees.

Tapi kok tiba-tiba terlintas ide untuk tema kedua PKK-nya Warung blogger tentang Prediksi Jitu. PKK itu Peduli Kata Kunci yak, bukan pertemuan ibu-ibu RT yang biasa diadain tiap bulan di kompleks perumahan ituh. Btw, kalo PKK yang pertemuan ibu-ibu RT itu singkatan dari apa ya? Saya kok malah ngga tahu *Ketua PKK macam apa saya inih! Moga habis ini dikudeta, dan dijadikan anggota biasa saja lah ya...

Thursday, October 31, 2013

Notebook Tipis, Bikin Online Makin Praktis

Sebagai emak-emak dengan anak batita, bisa dibayangkan betapa rempongnya saat bepergian. Tas bakalan dipenuhi segala barang milik si kecil. Mulai dari pakaian ganti, bekal makanan dan minuman, sampai mainannya. Langsung mbayangin enaknya kalo punya kantong doraemon, kantongnya kecil tapi isinya buanyak. Ringkes, simple, dan praktis.

Kalo bawaan udah banyak gituh, saya bakalan berusaha ngurang-ngurangin apa yang skiranya ngga bgitu perlu-perlu amat dibawa. Males ajah kemana-mana nenteng tas yang beratnya ngga kira-kira. Mengorbankan barang-barang si kecil untuk tidak dibawa sih kayaknya ngga mungkin ya. Kalo di jalan rewel malah tambah repot. Ya satu-satunya jalan pasti mengurangi bawaan pribadi saya.

Makanya waktu kapan hari itu si Ayah pernah menawarkan untuk membelikan notebook, saya sempat menolak *hihi nggaya. Pertimbangan saya, kalo di rumah kan udah ada PC. Paling ya perlunya untuk dibawa mobile gituh. Tapi kok berasa males yah pergi-pergi bawa notebook. Karena itu artinya tas saya bakal bertambah berat dan besar *berasa jadi kuli angkut dah.

Wednesday, October 30, 2013

StarkLED Solusi Terang, Hemat, dan Ramah Lingkungan

Beberapa waktu lalu saya lagi kumat isengnya, memperhatikan tulisan yang ada di kemasan lampu hemat energi (LHE) yang biasa saya gunakan. Lagi kehabisan bahan bacaan ceritanya, hihihi. Yaa sebenarnya ngga bisa dibilang iseng juga sih... Belakangan saya emang jadi orang yang taat pada aturan pakai. Jadi setiap mau beli atau pake produk apa gitu pasti tak lupa saya baca-baca brosur atau dus kemasannya.

Nah di dus lampu itu ada gambar tempat sampah yang disilang. Konon katanya, gambar itu memberi pesan pada kita bahwa produk yang ada di dalamnya tidak boleh dibuang ke tempat sampah.

jangan buang di tempat sampah!

Thursday, October 24, 2013

Produktif dengan Notebook Tipis

Dari dulu saya termasuk orang yang tidak terlalu suka mengikuti tren. Kalo memang saya belum butuh ya ngga usah ikut-ikutan pengen punya atau pengen pake.

Sama halnya ketika notebook sedang ngetrend-ngetrend nya. Baik itu di kalangan remaja, mahasiswa, pekerja kantoran, sampe emak-emak rumahan yang sehari-harinya dasteran. Saya teteeep aja setia sama Personal Computer (PC) jadul yang udah saya pake sejak jaman kuliah. Pokoknya sebelum PC saya bodol, saya ngga bakal berpindah ke lain hati lah.

Tapi itu dulu sebelum ada Thifa diantara kita *beuuh…

Setelah Thifa lahir, otomatis kebersamaan saya dengan si PC semakin berkurang. Ya iyalah, kalo itu wajar aja yak, kan ada kesibukan baru. Mulai dari nyusuin, nimang baby, sampai nyuci popok.

Pikir saya sih itu ngga bakal berlangsung lama, ntar Thifa agak gedean, udah bisa mainan sendiri, pasti saya bisa kembali berdua-duaan dengan si PC tercintah, buat ngeblog.

Thursday, October 17, 2013

Kebanggaan Seorang Ibu

Kalo ditanya apa arti kebanggan buat lo. Mungkin banyak yang akan menjawab, ketika sudah melakukan sesuatu yang membuat orang lain terkagum-kagum.

Ya saya juga berpikir seperti itu, dulu..

Tapi kemudian ada sesuatu yang menyadarkan saya bahwa ternyata melelahkan sekali jika kita hanya mengejar pengakuan dari orang lain. Karena, kepuasan itu dari hati bukan dari pujian orang-orang di luar sana.

Tuesday, October 8, 2013

Pecah Telur

Ketika kita udah berusaha sekian lama, berulangkali gagal kemudian berhasil. Horeee, pecah telur. Begitu kata orang-orang. Kenapa harus telur? Kenapa bukan pecah.. kan saja gelasnya biar ramai biar mengaduh sampai gaduh #duuh..

Dan pecah telur itu juga terjadi pada saya. Ketika pertama kalinya artikel yang saya kirim tembus ke majalah Ummi bulan September kemaren.

Saturday, October 5, 2013

Ultah Perkenalan

Kemaren reminder HP yang udah lama ga saya aktifkan tiba-tiba mengingatkan kalo hari ini adalah ultah perkenalan saya dan Ayah yang ke sembilan. Asli, sebenarnya saya lupa kalo ngga nengok reminder itu. Kok ya kebeneran pas dimainin Thifa HPnya trus dia minta HP itu dihidupin.

04 Oktober 2004 adalah pertemuan saya dengan Ayah di sebuah lembaga kursus bahasa Inggris (yang kata temen saya, dilarang menyebut merek hahah). Saya ingat benar pertama kali mau berangkat ke tempat les, perut saya mules-mules. Grogi. Iya dari dulu ada dua pelajaran yang membuat saya takut, ntah kenapa, yaitu bahasa Inggris sama komputer. Padahal jaman sekolah banyak yang menganggap saya itu jago bahsa Inggris. Sampai-sampai guru Bahasa Inggris menunjuk saya untuk ikutan lomba pidato bahasa Inggris, atas dasar apa coba. Dia lagi khilaf kali ya.. hihi. Temen saya juga ada yang aneh, curhat sama saya pake bahasa Inggris, katanya curhat skalian berlajar. Kau curhat dan belajar pada orang yang salah nak hihihi.

Tuesday, October 1, 2013

Cintaku Tertambat di Facebook

Cintaku Tertambat di Facebook adalah sebuah komik kompilasi. Kalo temen-temen saya di komunitas kebanyakan memulai debutnya dengan buku antologi, saya justru komik. Eit tapi bukannya karena saya bisa nggambar. Bagaimana mungkin, lha wong nggambarin Thifa ayam aja malah diprotes, "itu bukan ayam mah... bebek!" katanya. Halah ayam sama bebek kan 11 12 to nak hihihi. Di sini saya cuma penulis naskah dari salah satu ceritanya, yang nggambarin salah satu komikus temennya ayah. Temenku juga berarti ya..


Friday, September 27, 2013

Sifat Bawaan Gender

Yang namanya hidup berkeluarga, ada bertengkar-bertengkar kecil, wajarlah ya... Kata orang anggap aja itu seperti pemanis, atau bumbu penyedap, asal jangan MSG ya, racun ituh!

Sama halnya dengan my parent. Belakangan, mungkin karena anaknya udah gede-gede ya, papa kadang suka curhat kalo lagi bertengkar sama ibu. Masalahnya sih sepele. Misalnya ibu ngambek, gara-gara Papah ke tempat Pakde yang berjarak hanya sekian meter aja dari rumah tapi lupa pamit sama ibu. Padahal sih udah pamitan sama anak-anaknya yang kebetulan keliatan. Atau Papa sebel karena ibu kadang mengungkit kembali masalah-masalah kecil yang udah lewat. Papa kayaknya lupa nih, kata Mario Teguh kebanyakan wanita itu kan ahli sejarah, hihihi.

Ketika Papa curhat, itu seperti de javu, kayak pernah ngalamin kejadian ituh, alis seperti sedang bercermin. Soalnya saya sama si ayah juga gitu sih, hihihi.

Tuesday, September 24, 2013

Lagi Berkhayal

dulu suka nulis diary ngga? gbr: dr google
Dulu jamannya blog belum ada *apa sayanya yang belum gaul yak, saya sering menuliskan mimpi atau khayalan-khayalan saya pada sebuah buku diary berwarna pink dan bergembok mini.

Saya sih lebih suka mengkhayalkan sesuatu yang real yah. Dari dulu semenjak kanak-kanak, seingat saya, kok kayaknya  ngga pernah tuh mengkhayal yang semacam ini: pengen terbang dengan sayap sendiri, pengen punya kantong ajaibnya Doraemon, atau pengen suatu saat bertemu dengan pangeran tampan berkuda putih. Mmmhh.. apa jangan-jangan saya bukan anak yang normal?

Waktu kecil, tiap kali ditanya tentang cita-cita, saya seringkali menjawab ingin menjadi GURU. Ntah apa pulak alsannya saya ngga ngerti, mungkin hanya asal njeplak aja ya. Pernah juga pengen jadi POLWAN, demi menegakkan kebenaran di muka bumi ini, tsaaah... Sempat juga ingin jadi astronout, biar bisa keliling luar angkasa, penasaran aja ada apa sih di sana? Ada kehidupan juga kah seperti di bumi ini?

Wednesday, September 18, 2013

LG G2: Smartphone Teknologi "All in One"

Saya memang bukan tipikal orang yang gadget mania, yang kemana-mana ngga bisa lepas dari gadget. Tapi saya akui kalo saya juga butuh sama yang namanya gadget.

Dulu, kriteria HP yang saya miliki sederhana aja. Yang penting bisa buat telpon sama SMS. Cukup. Ngga perlulah yang berwarna, yang banyak game nya, atau yang bisa connect ke internet. Pikir saya toh bisa internetan di rumah. Sesuai kebutuhan aja lah.

Tapi.. yang namanya kebutuhan pasti berkembang kan ya, mengikuti jaman atau aktivitas si pemakai. Nah berhubung belakangan ini saya cukup aktif ngeblog, saya jadi merasa mulai butuh punya ponsel seperti  yang up to date, yang bisa buat motret dengan kualitas gambar oke, connect internet dengan kecepatan tinggi, lebih bagus lagi yang nyaman buat posting blog. Pokoknya teknologi all in one lah. Biar praktis, ngga ribet, kemana-mana ngga perlu bawa barang berharga banyak-banyak. Cukup satu ponsel aja dijagain dari incaran copet :)




Thursday, September 12, 2013

Komo vs Barney

Beberapa waktu lalu, Parsa, cucu angkat dari neneknya Thifa main ke rumah. Anaknya sebaya dengan Thifa, lebih muda 1,5 bulan lah.

Ceritanya waktu itu dia habis jalan-jalan sama bundanya beli tas sama boneka Barney.

Pas saya tanyain ke Thifa, "Ini boneka apa namanya?"

Thifa jawab, "KOMO!"

Anak jaman sekarang ternyata masih ada yang lebih mengenal Komo daripada Barney ya...

Pesan dari Thifa: "Cintailah ploduk-ploduk Indonesia..."

dedek Parsa dengan bonek Barneynya


lagi main masak-masak sama Thifa

Thursday, August 29, 2013

Berenang Bareng Thifa

Mumpung blog udah bisa dibuka posting ah.. Ngga enak juga menelantarkan blog ini gara-gara ikut tantangan #30HariNonStopNgeblog. Lagian emang bayak cerita yang pengen saya abadikan di sini salah satunya kemaren waktu berenang bareng Thifa.

Sebenernya udah cukup lama angan-angan mau beliiin Thifa pelampung, trus rutin ngajak dia berenang. Tapi pelampungnya baru dapet minggu kemaren. Harganya lumayan murah cuma Rp.18.500.

Jadilah waktu hari Minggu kemaren pas liburan ke rumah nenek, Thifa kita ajak berenang di BSB Sport Center, yang ngga terlalu jauh dari rumah neneknya.

Awalnya sih dapet rekomendasi dari sodara. Katanya anaknya kalo berenang di situ, bayarnya perorang Rp.30.000. Kalo cuman masuk aja ngga renang, ngga perlu bayar. Sebenarnya sih ngerasa agak mahal, kalo di tempat lain setahu saya cuma 20 ribuan. Tapi gapapalah sesekali ini.

Monday, August 19, 2013

Masih Seperti Dulu

Thifa sekarang baru 2tahun 7 bulan, tapi saya suka ngebayangin gimana kalo dia gede nanti. Pasti banyak kebiasaan dia yang akan berubah. Akankah dia selalu mencari mamanya ketika bangun tidur? Akankah ia selalu ingin ikut kemanapun mamanya pergi? Ah tiap ibu pasti menginginkan anaknya tambah gede tambah mandiri kan ya. Tapi pasti nanti saya akan merasa kangen dan kehilangan juga.

Jangankan anak sendiri. Dulu waktu adek saya masih kecil, sempet terbersit ingin dia kecil terus jangan gede-gede. Biar tetep lucu dan imut. Hihihi. Sekarang dia udah lulus kuliah bahkan udah kerja.

Terkadang saya juga kepikiran, mungkin Papah dan Ibu merasakan hal yang sama. Apalagi keempat anaknya udah dewasa semua, yang tiga bahkan sudah menikah dan punya anak.

Thursday, August 15, 2013

Nyobain Tahu Gimbal Semarang

Rasanya agak lucu. Secara udah 11 tahun tinggal di Semarang baru kali ini makan tahu gimbal.

Sebelumnya saya memang antipati sama tahu gimbal. Bukan karena udah pernah nyobain trus rasanya ngga enak, atau ada orang yang cerita jelek tentang tahu gimbal. Jadi ceritanya, jaman saya SMA n tinggal bareng mbah di Kudus, tiap hari mbah Putri selalu masakin mbah Kakung (alm) tahu bumbu kacang plus kecap. Kayaknya itu memang makanan favorit mbah kakung deh. Soalnya meskipu tiap hari makan itu ngga pernah komplain tuh.

Nah suatu hari, saya ikutan makan tu tahu kecap.Trus mbah Putri tanya, "kowe doyan to?". Saya sih mengiyakan aja, memang rasanya lumayan enak kok. Habis itu, tiap pagi mbah bikinin kita sarapan dengan lauk tahu kecap, ngga ada pilihan lauk lain kayak biasanya. Dan setelah kejadian itu saya berjanji ngga mau lagi makan yang namanya tahu kecap, trauma dakuh! hihihi lebay yah.

Setahu saya sih tahu gimbal itu hampir sama lah kayak tahu kecap, cuma mungkin ada tambahan gimbalnya aja kali ya. Jadi saya ngga pernah mau makan makanan itu.

Tapi kemaren kebetulan ada temen lama waktu jaman masih siaran dulu di Makassar datang ke Semarang. Namanya Dini. Tapi sering dipanggil Bundin, kayaknya sih singkatan dari "Bunda Dini". Emang orangnya keibuan sih. Bundin berlibur ke rumah buleknya. Kebetulan lagi rumah buleknya itu deket dengan rumah saya. Kita pun janjian ketemuan, setelah sekitar 6 tahun berpisah.

Abis itu saya ngajak bundin jalan. Sempet bingung mau makan apa ya yang khas Semarang. Penyetan, Bakso, atau Tahu gimbal. Akhirnya pilihan jatuh ke tahu gimbal yang ada di taman KB. Asalnya saya ngga mau ikutan pesen makanan itu, tapi setelah dipikir-pikir ngga ada salahnya juga mencoba.

Tuesday, August 13, 2013

Back to Reality, Back to Rutinity

Mumpung masih suasana lebaran mo ngucapin, Selamat Idul Fitri.. Maap lahir batin ya teman-teman....

Ngga kerasa libur lebaran udah selesai. Rasanya masih pengen ngeruntel bareng Papah, Ibu, kakak, n adek di Kudus. Rame-rame gruduk rumahnya orang trus ngabisin isi toplesnya xixixi.

Back to reality, back to rutinity. Rasanya males... banget, masih pengen libur. Meskipun libur di Kudus bukan berarti 100% leyeh-leyeh sih. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibagi-bagi untuk dikerjakan, karena asisten rumah tangga ngga masuk.

Monday, July 29, 2013

Cewek Lagi

Waktu kontrol dokter kandungan sekitar seminggu yang lalu, saya emang udah niatin, mau nanya ke dokternya, babynya cewek atau cowok.

Dulu sih waktu Thifa masih di perut saya emang ngga nanya-nanya sama dokternya. Pikir saya biar ajalah ntar pas lahir baru tahu. 

Tapi yang sekarang ntah kenapa penasaran, dan biar siap mental aja gitu...

Lazimnya, orang kalo udah dapet anak cowok pasti kehamilan berikutnya pengen cewek. Begitupun sebaliknya. Yang udah dapet cewek pengen juga dapet anak cowok dong. Pengen ngerasain aja ngrumati anak cowok. Harapannya juga biar si cowok bisa ngelindungin sodaranya yang cewek nantinya. Ya pokoknya yang kayak gitu-gitu deh. Apalagi saya kan bersaudara empat cewek semua.

Jadilah pas di USG kemarin, di usia kandungan sekitar 5 bulan, saya tanya ke dokternya. "Laki-laki apa perempuan dok?"

Dan ternyata.... 

Friday, July 26, 2013

Akhirnya Datang Juga

Udah hampir seminggu ini, sayah ngga update Facebook, Twitter, maupun blog *mulai resah dengan alexa rank*, gara-garanya komputer di rumah rusak *alhamdulillah.. dapet kambing hitamnya hihi biar ga dibilang males*, dan harus nunggu ayah selesai ngebenerin.

Padahal kan udah ada tab, yang seharusnya bisa dibuat online juga *pamer*.

Tab yah.. bukan tape. Soalnya kemaren tiba-tiba mbak saya yang nomor dua tanya sama saya "Udah nyampe dek hadiah radionya?"

Tuesday, July 16, 2013

Hari Pertama Puasa, Thifa Sakit

Niatnya sih pengen ikut meramaikan #NgabuburitSMG Dot Semarang, yang mana selama bulan Ramadhan ada event ngeblog berhadiah. Temanya, seputar kegiatan selama bulan puasa di sekitar. Bisa berupa tulisan, video ataupun foto. Tapi agak bingung juga mau nulis apa, karena sejak hari pertama puasa, Thifa sakit. Otomatis saya kebanyakan di rumah nemenin dia. Jadi ga gaul gitu deh.

Hari pertama puasa, tepat ketika baru aja pulang dari rumah ortu di Kudus, malamnya Thifa demam, setelah sebelumnya muntah-muntah, batuk, dan pilek. Pertolongan pertama sih saya kasih obat yang bisa meredakan batuk sama penurun panas. Agak dilema juga, bawa ke dokter apa ngga ya? Soalnya sebulan yang lalu dia sakit yang sama, dibawa ke dokter dan dikasih antibiotik. Kasian kalo kebanyakan minum antibiotik, pikir saya.

Friday, July 12, 2013

Pok Ame-ame Versi Thifa

Pok Ame-ame belalang kupu-kupu
Siang Makan nasi kalo malam minum susu

Hapal mati banget sama lagu itu. Dulu waktu kecil suka dinyanyiin sama ibu, atau orang besar lain di sekitar. Setelah jadi ibu suka nyanyi untuk anak sendiri. Dan setelah lahir ponakan-ponakan yang usianya lebih kecil dari Thifa suka nyanyiin buat ponakan.

Thifa juga udah hapal lo sama lagu itu. Karena sepupu-sepupunya lebih muda dari dia, dia juga suka ikutan menyanyikan Pok ame-ame buat mereka. Tapi versinya beda. Entah siapa yang ngajarin apa dia ngarang-ngarang sendiri ya, lagunya dibuat sesuai kenyataan yang sedang dialaminya saat ini.

"Pok ame-ame belalang kupu-kupu.... nggak mimik nenen lagi..." Begitulah lagu Pok ame-ame versi Thifa.

Thifa bersama Fatih, Faza, n adek di perut Mama

Thursday, July 11, 2013

Waspadalah... Waspadalah...!!!

Sebelum posting mau ngucapin met puasa dulu ahhh, biar kayak orang-orang pada umumnya hehehe....

sumber gambar: google
Kali ini mau cerita tentang modus penipuan!

Jadi ceritanya, beberapa waktu lalu, yah mungkin sekitar 10 menitan stelah ayah pamit berangkat kerja (yang mana tempat kerjanya dengan rumah itu deket banget, bisa ditempuh 5 menit dengan motor) telepon rumah berdering.

Tebakan saya, paling ayah yang nelpon, mau konsultasi celana dalam apa yang sebaiknya dia beli, yang merek apa dan batas harga maksimal yang saya tetapkan berapa. Takut kali saya ngomel kalo harganya kemahalan. Emang, sebelum berangkat kantor, ayah berencana mampir dulu indomaret karena CD nya pada belom kering, istrinya kalo nyuci seminggu sekali sih hihihi *buka aib*.

Tuesday, July 2, 2013

Make a Wish and be Careful

Be careful with your mouth. Mulutmu harimaumu. Hati-hati bila mengucapkan sesuatu karena mungkin saja bakal beneran terjadi. Tapi.. tak jarang juga lo kejadiannya justru sebaliknya.
gambar dari google
Di rumah, sendok-sendok makan yang sudah dicuci bersih setelah dipakai saya letakkan di rak piring bagian khusus sendok. Posisinya, gagang panjang yang buat pegangan tangan di bawah. Ada sebuah sendok makan yang males banget saya pake, karena ukuran pegangannya agak lebih besar dari sendok makan pada umumnya. Tapi anehnya hampir tiap kali mau makan kemudian mengambil sendok, justru sendok itulah yang selalu keambil!

Saya lantas merenung dan mulai mengkaitkan "peristiwa sendok" dengan the real life kita sebagai manusia.

Wednesday, June 26, 2013

Thifa, Mama, dan Musik

Cherrybelle style-nya Thifa
Sebulan ini Thifa udah mulai sekolah lo. Cuma seminggu sekali, tapi lumayanlah untuk kegiatannya di luar. Apalagi udah sejak lama Thifa ngerengek-rengek pengen sekolah, karena ngeliat anak tetangga yang biasa main dengan dia udah masuk TK.

Pelajaran favorit Thifa di sekolah adalah musik. Kalo gurunya udah putar lagu, dia paling bersemangat. Padahal awalnya, Thifa itu ngga mau lepas dari emaknya, disuruh ngapa-ngapain sama gurunya, pasti emaknya ikut diseret-seret. Eh begitu musik dimainkan, dia langsung bergoyang mengikuti gerakan gurunya, sampe maju-maju ke depan, dan tanpa sadar udah jauh dari emaknya. Setelah agak lama, trus noleh ke belakang baru ngeh, kalo posisi saya dan dia begitu jauh, langsung deh lari lagi ke pangkuan saya.Hihihi lucu.

Kesukaan Thifa akan musik sebenarnya sudah keliatan sejak lama. Tiap kali dia mendengar suara yang berirama dia pasti akan bergoyang-goyang. Ngga cuman lagu aja lo, bahkan mendengar suara burung berkicau, saya ngulek bumbu, atau tukang ngetok-ngetok paku dengan palu, anggota badannya langsung ikut bergerak. Kalo suaranya berhenti dia langsung bilang “Mah.. lagi mah.. lagi.” Thifa.. masak mama sepanjang hari disuruh ngulek siiih?!

Kalo kata orang-orang, prilaku anak itu bisa jadi terpengaruh karena kebiasaan ibunya pada saat mengandung kan ya. Nah, dari situ saya berpikir, mungkin Thifa jadi begitu suka musik karena selama hamil Thifa, saya siaran radio.

Monday, June 24, 2013

Bertandang ke Rumah Cah Kesesi Ayu Tea

Bismillahirrohmanirrohim.... (dungo sik biar menang :p)

Pada tau kan acara tivi yang masuk ke rumahnya orang, biasanya sih artis. Trus membahas tiap ruangan sampai perabotan yang ada di dalamnya. Nah ceritanya saya lagi pengen bikin acara kayak gitu tapi versi blog. Yang bakal kita kunjungin rumah juga, tapi rumah maya ya.

Kali ini saya lagi pengen bertandang ke rumah "Cah Kesesi Ayu Tea" milik Noorma. Begitu mendengar nama blognya langsung kebaca identitas si pemlik blog, pastilah wanita berparas Ayu yang berasal dari Kesesi, Pekalongan.

Thursday, June 6, 2013

Janji ya Thifa....

Kayak udah lama ngga cerita tentang Thifa ya....

Masih seperti dulu, thifa itu selalu pengen ikut kalo ada orang yang pergi. Ntah itu mamanya, ayahnya, eyang, om, tante, ataupun kakek neneknya.

Tapi thifa kadang suka rewel gitu juga kalo udah sampe di tempat tujuan. Yang minta pulanglah, minta ini minta itu. Makanya sebelum pergi saya suka suruh dia berjanji.

Thursday, May 30, 2013

Romantisme di Meja Makan

Dari dulu saya orang yang paling jarang makan di meja makan. Biasanya lebih suka makan di depan tivi, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, sambil menyelam minum air. Multitasking bo! Tapi beberapa waktu lalu saya makan di meja makan berdua dengan mbak Ika!

Rasanya ngga adil kalo kemaren udah bikin tiga postingan tentang tiga orang yang ultah di bulan ini, Ibu, Mbak Lia, dan Dek Dila.. sementara mbak Ika belum dibikinin.

Udah lewat dari ultahnya sih yang tanggal 20 Mei. Udah ditraktir mie Bandung pula kemaren pas di Kudus. Tapi saya bilang kadonya skalian pas Fatih (anaknya) ultah aja ya.. hihihi curang.

Friday, May 24, 2013

Ibu-ibu Doyan Nulis Bukan Pengangguran

Rahmi Jr. sedang nulis nih :D
Sebenarnya saya tipikal orang rumahan yang betah berlama-lama di rumah, asalkan satu syaratnya ada internet!

Kenapa internet? Ya karena dari sana saya bisa melihat dunia meskipun hanya berada di dalam rumah. Apalagi setelah adanya facebook kemudian mengenal blog, rasanya jadi tambah gaul ajeh. Terpatahkan deh tuh pendapat orang-orang yang mengatakan wanita yang ngga ngantor sama dengan minim pergaulan. Mereka yang bilang begitu pasti belum mengenal peradaban deh hihihi.

Tapi lama kelamaan di rumah terus ternyata juga bikin jenuh ya. Udah kayak katak dalam tempurung, pengangguran tingkat akut. Mulai goyah dengan status di KTP "Mengurus Rumah Tangga". Kok rasanya kurang keren, itu seperti istilah lain untuk "ibu-ibu pengangguran", hiks.

Pengen jalan keluar, tapi bingung juga mau kemana. Apalagi Semarang ini kan minim tempat wisata yah. Eh sebenarnya banyak ding tapi sayang ngga dikelola dengan baik (menurut saya loh..). Paling-paling ya ke mall. Tapi gimana wong saya juga bukan tipikal orang yang suka jalan-jalan ke mall. Habisnya kalo belanja di mall ngga bisa nawar sih hihihi *naluri emak-emak*.

Mau ngajak temen jalan.. ah mereka kan juga udah punya urusan masing-masing susah juga. Pengennya sih kalo keluar rumah, keluar yang bermanfaat gituh.

Suka iri ngeliat temen-temen blogger atau penulis ikut kegiatan ini dan itu.. Sayang di Jakarta, mau ikut berat diongkos. Mbok sesekali ngadain kegiatan di Semarang gitu *yang ini giliran mereka yang berat diongkos hihihi*.

Suatu hari dikala sedang blogwalking, seorang blogger menyebut-nyebut nama Wuri Nugraeni yang merupakan salah satu anggota komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang. Baru tahu saya kalo ternyata di Semarang ada komunitas penulis juga. Langsung saya cari nama itu di FB, kemudian tanya-tanya tentang komunitas IIDN.

Friday, May 17, 2013

Thursday, May 16, 2013

Belajar Trik SEO Sederhana

Selain meet&greet sama penulis buku anak mba Dian Kristiani dan sharing tentang blog with me hihihi, di kopdar IIDN Semarang kemarin, kami juga belajar trik SEO Sederhana. Mau langsung praktek di postingan ini ah...
gambar: search google

Wednesday, May 15, 2013

Hidup Tanpa TV itu...


penampakan tv yang dulu mirip-mirip gini
Hidup tanpa TV itu... bagaikan makan bakwan tanpa cabe. Haha.. secara saya suka banget ngeletus Lombok gitu loh. Dan kata mutiara ituh saya ciptakan bersama kakak waktu jaman SMA saat TV lagi rusak.

Waktu itu TV adalah satu-satunya hiburan yang lumayan variatif, meskipun channelnya cuma 8, ga pake remot, jadi kalo mau pindah channel pencet-pencet langsung dari pesawatnya berisik banget bunyinya. TV jadul gitu loh.

Ada sih radio, tapi salurannya AM sama SW tok ga ada FM nya. Haduh sebenarnya gue tinggal di pedalaman mana seh ya, di jaman kapan hihihi.

Tuesday, May 14, 2013

Jadi Orang Jangan Kepengenan!

Want to be everything, not to be anything. Hihi itu bener ngga sih tata bahasanya. Payah setahun les conversation, bahasa inggrisnya tetep aja kacau. Lah niat les buat cari jodoh sih bukan cari ilmu hihihi. Jadi yang mau saya bilang ini loh.... “Ingin jadi segalanya malah tidak menjadi apapun”.



Pesan itu saya dengar untuk yang kedua kalinya, pertama dari si ayah yang kedua dari mbak Dian Kristiani waktu acara kopdar Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang kemaren.

Kata mba Dian banyak orang yang kepengenan. Liat orang lain nerbitin buku anak, pengen. Liat orang lain bikin teenlit pengen... liat orang lain menang lomba blog pengen juga. Walhasil ngga ada satupun yang didapat. Ngga fokus sih.

Emang ngga boleh jadi generalis? yang bisa melakukan banyak hal dan bisa menulis banyak genre? Ya boleh aja, asalkan kita fokus dulu sama salah satunya, gali ilmu sebanyak-banyaknya, usaha, trus doa. Ntar kalo udah berhasil baru merambah ke yang lain.

Monday, May 13, 2013

Rasanya Baru Kemarin

Rasanya baru kemarin... saya berjalan kaki dari sekolah ke rumah bersalin tempat ibu saya melahirkan untuk melihat adek.
Rasanya baru kemarin... saya dan kakak mencari kado di minimarket untuk menyambut kedatangannya.
Rasanya baru kemarin.. saya selalu mengambil kapur tulis dari sekolahan *baca: nyolong hihi* untuk mengajarkan adek menulis 
Rasanya baru kemaren saya menjemputnya pulang dari sekolah TK
Rasanya baru kemarin saya menemaninya bermain di Timezone dan mendapatkan kupon hadiah yang banyak sekali
Ah ternyata itu sudah bertahun-tahun yang lalu....

Wednesday, May 8, 2013

Ibu, Aku Memanggilmu....

daku (tengah) waktu kecil
Saya pernah cerita kan ya, kalo saya bisa sembuh dari sakit dengan cara yang aneh. Bukan dengan obat, bukan pula karena dijampi-jampi lo yaaa.

Dari dulu tiap kali sakit orang pertama yang saya cari adalah Ibu. Saya pasti akan manggil-manggil ibu, memintanya duduk di sampingku, mengelus-elus kepalaku, sambil cerita-cerita. Rasa-rasanya itu bisa sedikit demi sedikit mengobati rasa sakitku.

Sampai sekarang, sampai saya berumah tangga dan punya anak satu (eh hampir dua) tiap kali ngerasa sakit saya juga masih suka lo manggil-manggil ibu. Meskipun saya tahu ibu ngga akan mendengar apalagi datang. Lha gimana wong ibu di Kudus saya di Semarang kok. Tapi ntah mengapa dengan menyebut "Ibu" seolah rasa sakit itu terobati.

Harusnya postingan ini ditulis kemarin pas ibu ultah, tapi... enggg *bingung nyari kambing hitam hihi* karena sesuatu hal tertunda sehari. Gapapa lah ya bu, kan kemaren udah telpon hehe.

I love you mom, semoga ibu sehat dan bahagia selalu. Selamat bentar lagi udah mau punya cucu yang ketiga. :D 

Monday, May 6, 2013

Semenjak Hamil....

ini waktu hamil Thifa
Semenjak hamil saya kok jadi males masak yah... Aih kayak kalo lagi ngga hamil rajin masak ajah hihihi..

Semenjak hamil juga jadi gampang ngantuk.. *haduuh kasian kau nak jadi kambing hitam 

Dan semenjak hamil, makanan yang dulu saya suka banget sekarang jadi ngga suka, kayak pempek sama bakso ikan *hii menulinya aja udah bikin saya ngerasa mual loh.

Tapi saya emang pernah baca sih di sebuah artikel seringkali ibu hamil selera makanannya jadi berubah, yang dulu suka banget malah jadi ngga suka, yang dulu ngga suka bisa berbalik jadi suka. Bahkan ada yang katanya saat hamil ngga suka mencium bau suaminya sendiri. Aneh tapi nyata ya...

Tapi satu hal yang saya yakini. Ada kesukaan yang tidak berubah dari seorang wanita ntah itu dia mau hamil apa ngga hamil. DUIT. Hihihi... halah ini sih elo aja kaliiiii... *eh seriusan ada wanita yang ga suka duit? sinih saya tampung* :)))

Saturday, May 4, 2013

Hadiah Ultah Buat Mbak Lia

Mei, bulan boros hihihi. Bayangin aja di keluarga saya, ada empat orang sekaligus yag ultah bulan ini. Pertama mbak Lia yang ultahnya tepat tanggal 4 Mei hari ini. Habuis itu ibu tanggal 7 Mei, Dek Dila 10 Mei, dan Mbak Ika 20 Mei. Harusnya bulan yang penuh traktiran juga ya.. tapi biasanya sih makan-makannya jadi satu. Curaaaang.

Pake bilang bulan boros segala, emang selalu ngasih kado buat semuanya tiap tahun, ya ngga juga sih... Kadang saya ke Kudus sekali di bulan Mei trus bawain makanan, jadi itu skalian kado buat berempat, tapi saya juga ikutan makan doong hahaha.

Tapi tahun ini udah bertekad mau ngasih semuanya kado satu-satu minimal kado postingan hihihi produktip nulis apa pelit neh.

Karena ini tanggal 4, jadi ngomongin yang ultah tanggal ini aja ya, yaitu Mbak Lia.

Tuesday, April 30, 2013

Me vs Anak Kecil Tetangga Sebelah


Kata ayah, saya itu aneh, masak musuhan sama anak kecil. Biarin, salah sendiri anak itu nyebelin! Tuh beneran aneh kan hihihi.

Sebenarnya dulu anak itu baik lho. Sedari Thifa kecil suka ngajak main Thifa. Bisa bantuin saya momong. Jadi kalo pas ngerjain apaaa gitu ada dia, saya bisa santai karena thifa ngga rewel kalo ada yang nemenin.

Nah karena terbiasa sama tuh anak, Thifa jadi seneng banget main sama dia, tiap ketemu selalu excited. Lama kelamaan, mungkin karena punya temen baru yang seusia (sama-sama TK) dia jadi suka males-malesan main sama Thifa. Kalo diikutin Thifa suka ngga mau.

Kadang dia main sama anak-anak kecil lainnya tapi kayak sengaja nyuekin Thifa. Tapi kalo pas lagi ngga punya temen main, ya datengin Thjifa juga di rumah. Ntar pas temennya pada bermuncyulan Thifa ditinggalin dah. Sebagai emaknya emosi langsung tersulut dong.

Saturday, April 27, 2013

Sekolah Untuk Thifa

Thifa sekarang sih baru dua tahun lebih beberapa bulan, masih lama memang sekolahnya, tapi saya dan ayah udah memikirkannya dari sekarang.

Apalagi thifa sering bilang "Kakak mau sekolah, tas kakak mana?" Yah namanya anak kecil, liat anak-anak yang gedean dikit dari dia menyandang tas, mau berangkat atau pulang sekolah kepengennya ngikut.

Ayahnya sih sebenarnya kepengen thifa home schooling aja. Tapi saya bilang, "Ya kita liat sikonnya, kalau thifa memang pengen sekolah biarin aja, ngga usah dipaksa home schooling, tapi tetep kita pantau juga gimana sistem pembelajaran di sekolahnya."

Di Semarang sini ada yang namanya sekolah alam. Saat ini jenjangnya mulai dari PG sampai SMP. Tempatnya juga lumayan deket dari rumah. Sempet kepikiran ntar masukkin thifa di situ aja. Tapi habis liat-liat websitenya kok jadi ragu ya.

Sunday, April 21, 2013

Rendang Padang, Makanan Tradisional Selera Internasional

Dulu, jamannya masih ikut ortu, tiap kali Idul Adha dan ibu tanya "Ini dagingnya mau dimasak apa?". Pasti saya bakalan jadi orang pertama yang menjawab, "Rendang!!!".
Saya memang suka banget sama rendang padang sejak pertamakali mencicipinya. Saya yang biasanya makan cuma secuil ini (sampe badan kurus kering kerontang) mendadak kalap kalo lauknya rendang. Bisa nambah sampe berkali-kali bo! Apalagi kalau tingkat kepedasannya mencapai level 11 (emang ada ya?!), wuiih mantap!

Belakangan saya sadar, jangan-jangan ibu jarang masak rendang kecuali pas lebaran karena takut nombok beras hihihi.

Rendang Padang yang yummi, gambar dari sini

Thifa menikmati rendang plus sayur daun singkong

Friday, April 19, 2013

Rumah Sendiri vs Rumah Ortu

Ini saya masih di Kudus lo.... tumben-tumbenan update blog hihihi..

Masalahnya beberapa waktu lalu habis dapet penghargaan nominasi blogger terupdate gituh versi dblogger *haduh jadi inget piagamnya blom dipajang di tembok :p Udah gitu tadi pagi saya dikejutkan mention oleh salah seorang temen blogger, si maknya Noofa. Entah iseng, ntah khilaf masak dia memilih saya jadi Kartini inspiratif IIDN. Makanya ngga enak kan kalo lama ga update *ciie... cuih...

Sdikit ceritakejadian hari ini, tentang ponakan saya Fatih. Ntah kenapa, dia belakangan ngga mau saya ajak. Kalo saya yang gendong sampek nangis geru-geru. Tapi sama yang lain mau. Padahal, saya yang pualing mirip sama emaknya, sampe-sampe banyak orang yang kliru manggil kami kebalik-balik. Rahmi jadi Rizka, Rizka jadi Rahmi. Mbok kamu kliru juga sesekali gitu loooh hihihi mewkso.

Gegara itu langsung ngaca, apa bener muka gueh kayak preman pasar Oh ponakanku.. kelak kau akan tahu dibalik wajah sangar tantemu ini, ternyata tantemu adalah seorang yang... ngga bisa naik motor (bener banyak yang tertipu dalam hal ini loh hihii).

Sekarang balik ke tema tentang rumah sendiri vs rumah ortu. Rumah ortu di sini termasuk rumah ortunya suami juga ya alias mertua.

Saturday, April 13, 2013

Thifa Mau Punya Adek...

Insya Alloh Thifa mau punya adek.. :D

Rabu 10 April kemaren USG yang kedua kalinya. Dokter asalnya bilang ga usah di USG, soalnya baru dua minggu yang lalu juga. Tapi saya bilang "Yah.. dok kan kepengen liat perkembangannya."

Emang saya agak-agak parno, pernah ada riwayat kuret waktu hamil sebelum thifa karena janin tidak berkembang.

Akhirnya dokter pun mengiyakan, Alhamdulillah, ukuran janin udah bertambah besar dari kemaren. Dan yang membuat saya lebih bersyukur lagi, hasil tes toxoplasma udah baik, jadi ngga perlu minum obat.

Thifa udah saya bilangin kalo mau punya adek, dia suka pengen menggendong perut saya yang segede gaban (padahal baru 10 minggu hihihi), maksudnya mau gendong adek gitu.

Dan waktu ditanya, "Thifa, ntar kalo punya adek mau dikasih nama apa?".

Sungguh dia memberikan ide yang sangat brilian dan tak pernah terlintas sebelumnya di pikiran.

"Eskrim atau bengbeng!" gitu katanya. -,-

Wednesday, April 10, 2013

Bonnie si Foto Model Kucing


Perkenalkan ini Bonnie alias Bonchan kucing berjenis Persia yang pertamakali kami miliki.

Kami? Ih sok ngaku-ngaku deh. Sebenarnya kucing ini tinggal di Kudus di rumah ortu, jadi kalo saya jadikan HM juga gapapa dong hihihi.

Bonny pemberian dari salah seorang seppuou yang kucing persianya udah beranak pinak. Dia berbaik hati memberikan salah satu anak kucingnya buat kami yang emang pencinta kucing *kecuali ibu*

Waktu kakak ipar beli kamera baru, Bonnie mendapat kehormatan menjadi model pertama yang fotonya dijanjikan akan diunggah di FB. Langsug deh dia bergaya serius kayak gini.

"What? apah? foto gueh bakal dipajang di facebook? Kalo gitu gueh harus jaim, bergaya sebaik mungkin, berlari dengan anggun, kali-kali aja ada kucing jantan yang melirik," hihihi begitu kali ya yang ada di pikirannya.

Bon... fotomu ngga hanya dipajang di facebook tapi juga di blog pribadiku, sebagai bukti kecintaanku padamu. Ngga sia-sia kan kamu bergaya anggun kayak gituh?  :D

Sebenarnya postingan ini terinspirasi dari GA tentang kucing-kucing gitu yang baru saya tahu kemaren, etapi ternyata GA nya udah tutup. Gapapalah buat nambah2 postingan hehehe....

Tuesday, April 9, 2013

Me and My Sisters

saya yang pake baju hitam bunga-bunga looo

Hayo siapa yang bisa mengurutkan dari anak nomer satu sampe nomer empat? Hihihi...

Ini adalah foto saya bersama tiga orang saudara perempuan saya. Dua kakak dan satu adik. Mirip ngga sih kami berempat? Banyak yang bilang kami tuh setelah segede gini jad kayak sodara kembar, lah besarnya sepintas hampir sama semua.

Usia saya dan kedua kakak emang ngga jauh beda. Sama kakak kedua, terpaut setahun tujuh bulan sementara sama kakak pertama tiga tahun tujuh bulan, tapi kalo dengan si bungsu terpaut lumayan jauh sih, lebih dari enam tahun lo.

Enaknya punya sodara dengan ukuran tubuh hampir sama, bisa pinjem-pinjeman baju atau sepatu. Hehehe...

Foto ini diambil waktu acara traktiran ultah kakak pertama sekitar empat tahun lalu. Dan postingan ini diikutsertakan dalam CAPek-Ma Berbagi  dengan Tema “Me and Family”.


Berubah Pikiran


Sebenarnya sih saya bukan tipikal orang gadget mania, di mana ketika muncul teknologi baru kemudian sekonyong-konyong ingin memilikinya juga. Buktinya nih ya, dikala orang berbondong-bondong meggunakan Blackberry saya masih aja bertahan dengan hape Sony Ericson jadul yang saya beli tahun 2007 lalu. No kamera, no internet, yang penting bisa buat telpon dan SMS sama satu lagi kalkulator! (tipikal emak perhitungan).

Begitupun dengan laptop. Sudah sejak lama barang ini ngetrend kan ya. Dulu di kampus, kalo sedang nunggu dosen atau mata kuliah, biasanya mahasiswa akan baca-baca buku, ke kantin atau kalo ngga ngerupi sama temannya. Tapi sekarang pemandangan yang saya lihat adalah mereka sibuk dengan laptopnya masing-masing ntah lagi garap tugas kuliah, main game, internetan, atau nonton video paaa giu. Yah banyak hal yang orang bisa lakukan dengan laptopnya kan.

Meskipun begitu saya ngga minat tuh puya laptop. Selagi di rumah ada komputer dan jaringan internet 24 jam. Lagian menurut saya kok ngetik atau online dari PC lebih nyamna ya ketimbang lewat laptop.

Friday, April 5, 2013

Cerita di Balik Noda: Perjuangan Meraih Mimpi Sampai Kerelaan Membantu Sesama



Selalu ada cerita di balik noda. Inilah yang disuguhkan kumpulan  kisah inspiratif yang dirangkum dalam Buku Cerita di Balik Noda hasil kerjasama Kepustakaan Gramedia dengan Rinso Indonesia.

Berisi 42 kisah inspiratif. Empat diantaranya karya Fira Basuki, penulis puluhan buku best seller. Sementara 38 lainnya  ditulis oleh para peserta lomba menulis bertema “Cerita di Balik Noda” yang di adakan oleh Rinso Indonesia melalui Facebook.

Apalah arti noda jika dengan itu kita bisa meraih cita. Noda masih bisa dibersihkan, tapi kesempatan menggapai mimpi belum tentu datang kembali.­­­

Ada cerita yang menggelitik, namun ada pula yang mengharu biru.  Tapi yang pasti, semua kisah yang disajikan, membuka mata kita, terutama para ibu yang seringkali kesal ketika lagi-lagi mendapati noda di baju si kecil, bahwa ternyata berani kotor itu baik.

Monday, April 1, 2013

Bahasa Thifa Nan Ajaib

Di umur dua tahun lebih tiga bulanan ini, Alhamdulillah kosa kata Thifa udah tambah banyak. Dia mulai bisa ngomong sekalimat meskipun masih banyak artikulasinya yang terdengar unyu.

Jumat kemarin, ntah ada angin apa tiba-tiba dia muntah. Menurut analisis saya sih, mungkin karena dia habis makan semacam kerupuk yang super duper pedes gituh. Udah dibilangin jangan makan yang itu pedes banget tetep nekat, malah bilang "Enak mah." Ckckck.

Mana habis itu dianya lompat-lompat terus lagih, kayakya sih terinspirasi dari si Noofa hihihi. Oya sebelumnya saya sama Noorma kopdar di warung mie ayam trus dilanjut ke warnet *yang udah disulap jadi kayak posyandu hihihi*, n Thifa ngeliat Noofa lagi seneng-senengnya lompat-lompat gituh.

Kopdar bareng Noofa dan emaknya

Monday, March 25, 2013

Thifa Suka Jalan-jalan


Waktu Thifa masih bayi banget, paling malas mengajak dia jalan-jalan  jauh. Jangankan pergi jauh,  ke rumah neneknya yang jarak tempuh hanya sejam dari rumah saja sudah repot, bawaannya segambreng, seperti mau pindahan rumah. Mulai dari baju, popok, perlak, selimut bayi, troller, bonchair, penuh deh tuh isi mobil.

Sekedar jalan-jalan ke mall juga jarang. Kecuali kalau ada orang dewasa lain yang menemani entah itu ayah atau eyangnya. Mau pergi berdua aja dengan Thifa? Waw, siapa nanti yang mau gantian menggendong, belum lagi kalo dia rewel, atau tiba-tiba di jalan saya kebelet pup hihihi.

Tapi, setelah Thifa usia di atas setahun, bosan juga di rumah terus, jenuh menjadi katak dalam tempurung, hehe. Ingin aktif lagi ikut kegiatan yang sempat vakum setelah berbagai kerepotan mengurus baby. Apalagi setelah Thifa mulai bisa jalan dan sudah tidak ngompol lagi, rasa-rasanya bepergian meskipun hanya berdua dengan Thifa sudah bisa lebih santai. Bawaannya juga sudah tidak sebanyak dulu.

Sunday, March 24, 2013

Dulu dan Sekarang, Ngga Ada Bedanya?

Banyak yang bilang dari dulu sampe sekarang, wajah saya ngga ada bedanya. Ajeg, tetep seperti ini. 

Berarti ada dua kemungkinan ya. Pertama, dari dulu wajah saya udah keliatan tua, atau sampe sekarang saya masih terlihat imut.

Tapi feelingku mengatakan yang bener kemungkinan kedua deh. Bukannya nyombong ya, dulu waktu mau ambil raport adek yang masih SMA, saya sama satpamnya dikira anak SMA situ juga. Padahal status saat itu sudah menikah lo. Lalala....

Emang dulu wajah saya seperti apa sih? Seperti ini nih.. trala....

saya yang pake jilbab yah!

Thursday, March 21, 2013

Semarang Juga Punya Batik

Batik biasanya identik dengan Pekalongan, Jogja, atau Solo. Tapi tahukah kamu, Semarang juga punya batik lho.

Jumat 15 Maret 2013, saya diajak Asmarie dari dot Semarang ikut acaranya Blue Bird keliling kota Semarang. Namanya juga jalan-jalan, dan GRATIS, pastilah saya ndak nolak. Tentunya masih tetap dengan membawa thifa.

Kami start dari Kota Lama. Ada beberapa kendaraan yang sudah disiapkan pihak blue bird termasuk dua buah taxi.

Destinasi pertama ke Sam Poo Kong. Dilanjutkan ke Vihara Buddhagaya Watu Gong, kemudian Masjid Agung Jateng (skalian sholat Jumat), lalu makan siang di soto Bangkong. Setelah itu kami diajak mengunjungi sanggar batik yang ada di Meteseh.

Meteseh sebenarnya tidak jauh dari tempat saya tinggal. Tapi saya baru tahu kalo ada tempat sekeren ini di sini #kuper.

Wednesday, March 13, 2013

Mendidik Anak dengan Cinta


Sabtu kemaren habis ikut seminar parenting-nya Kak Seto. Temanya Medidik Anak dengan Cinta.

Di awal perbincangan Kak Seto langsung bertanya pada ibu-ibu yang hadir (eh ada bapak-bapak juga ding meski cuma segelintir). Siapa yang cinta sama anaknya? Semua ngacung dong.

Kak Seto yang dari dulu mukanya gini2 aja, tidak menua :D

Habis itu Kak Seto nanya lagi. Siapa yang pernah menjewer anaknya? Membentak-bentak anaknya? Kali ini yang ngacung ngga sebanyak tadi. Kalo saya? Sebagai orang jujur saya termasuk yang ngacung dalam hati, sambil beralibi “marah itu kan tanda cinta kak” hihihi.

Katanya Kak Seto hak-hak anak sekarang ini banyak yang terlanggar. Ya salah satunya itu tadi, kalo kita suka marah-marahin mereka, bahkan main tangan untuk sesuatu yang sebenarnya lazim dilakukan anak-anak. Itu KDRT juga lo dan bisa mengganggu perkembangan mental anak.

Wednesday, March 6, 2013

Cermat Berbelanja: Kemasan Besar Belum Tentu Lebih Menguntungkan


Umumnya sih beli grosir itu lebih murah daripada beli eceran. Dan biasanya orang seneng beli sesuatu yang kemasannya besar sekalian, karena dianggap lebih ekonomis. Tapi ternyata tidak semua produk seperti itu lo. Kita harus cermat berbelanja, kemasan besar belumtentu lebih menguntungkan.

Kemarin, waktu belanja bulanan di sebuah supermarket, tidak lupa saya menyambar beberapa bungkus beng-beng. Itu makanan favorit kami bertiga (saya, ayah, n thifa). Sekarang kan kemasannya ada dua, yang kecil sama yang max. Biasanya sih kalo belanja saya selalu itung-itungan. Dengan seksama melihat harga kemudian netto (berat bersih) nya. Trus cari harga pergramnya jadi berapa, nah kalo di kemasan yang nettonya lebih gede, jadinya lebih murah atau lebih mahal *percayalah proses ini akan berlangsung cepat jika anda telah terbiasa hihihi konsumen yang  pelit cerdas.

Saturday, March 2, 2013

Bahasa Daerah: Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung

Kalo ditanyain "Orang mana?" Pasti saya akan jawab "Orang Jawa".

Kenapa? Pertama saya lahir di Kudus, Jawa Tengah. Papah orang Kudus asli, dari lahir sampe kuliah tinggal di sana. Ibu, meskipun lahir dan besar di Sumatera tapi ortunya orang Jawa juga, istilahnya "Puja Kesuma" Puteri Jawa Kelahiran Sumatera :)

Pertanyaan selanjutnya yang biasanya terlontar adalah "Kok logatnya kayak bukan orang Jawa?"

Begini ceritanya.. di Kudus saya emang numpang lahir doang. Setelah itu ikut bertualang bersama Papa yang kerjanya berpindah-pindah. Saya sempet tinggal di Bandung selama delapan tahun, Trus di Makassar 5,5 tahun. Di Denpasar cuma enam bulan namatin SMP. Setelah itu SMA ikut mbah di Kudus, LDR-an deh sama ortu. Kuliah di Semarang en setelah lulus kerjanya di Makassar, waktu itu Papah udah tinggal Makassar lagi. Kalo sekarang sih balik maning nang Semarang.

Karena pernah tinggal di berbagai kota lintas pulau, saya jadi tau banyak bahasa daerah. Tapi tahunya ya setengah-setengah bahkan ada yang cuma seperempat hihi. Belajarnya nanggung sih.

Tuesday, February 26, 2013

Thifa dan Yang Papah

Dulu, waktu belom laku, waktu mata masih suka jelalatan kemana-mana berburu cowok yang bisa dikecengin saya selalu terkesima dengan cowok yang sama anak kecil keliatan ngemong.

Jaman SD dulu bahkan pernah ngefans sama temen satu TPA. Dia anak pertama, adiknya ada tiga kalo ngga salah. Berempat mereka ngaji di tempat yang sama. Si cowk itu sama adek bungsunya keliatan sayaaang banget. Kalo pulang ngaji adeknya suka minta gendong, dan si kakak memenuhi permintaan adiknya dengan senang hati. Ternyata eh ternyata kakak saya juga ngefans lo sama dia hihihi.

Loh kok ujug-ujug cerita inih? Iya soalnya sebuah Kontes Potret Laki-laki dan Dunia Anak, ntah kenapa mengingatkan saya kembali dengan memori itu.



Sempet bingung mau posting foto yang mana. Foto Thifa banyak banget, ada yang bersama ayahnya, omnya, maupun eyang kakungnya. Kalo foto emak sama bapaknya waktu kecil mah kudu mbongkar2 album lama dulu ya.



Ya udah jadilah saya ambil poto yang ini, Thifa bersama Yang Papah. Thifa itu suka ikut-ikutan manggil Papah ke Yangkungnya. Mungkin karena denger kami manggil gitu ya. Suka kita benerin juga, "Itu eyangkung bukan papah." Malah sekarang sering manggil Yang Papah, mungkin biar ga pasaran gitu ya panggilannya hihihi.

Ini foto waktu di kebun binatang Jogja. Umur Thifa kira-kira baru setahun 4 bulan. Difoto menggunakan kamera digital 7,2 Mega Pixels. Editannya cuma dijadiin hitam putih biar kliatan klasik, sama resolusinya aja dikecilin.

Spesial untuk Ibu FauzanMama OlivePapanya Cintya-Agas.